Kategori dan Tag Menghilang Pada WordPress Self Hosted

Beberapa kali Kategori dan Tag pada blog berbasis WordPress yang saya kelola (self hosted) menghilang. Gejalanya halaman depan blog menampilkan “error 404 – Not found”, kemudian apabila login ke halaman admin dan meng-klik “Tulisan – Sunting” maka kelihatannya artikel kita masih ada di sana, hanya semua Kategori dan Tag yang sudah kita pasangkan ke artikel tersebut menghilang.

Gejala lainnya adalah bila kita menambahkan Kategori dan Tag baru dengan nama yang sama dengan kategori yang hilang tersebut akan muncul pesan kesalahan bahwa Kategori yang kita tambahkan sudah ada dan kita tidak bisa menambahkan Kategori atau Tag tersebut, walaupun pada daftar kategori atau pun tag sudah tidak ada.

Ternyata penyebab masalahnya sangat sederhana (walaupun sepertinya tidak ada hubungannya), jangan khawatir ini tidak ada kaitannya dengan instalasi WordPress dan anda tidak perlu install ulang WordPress ataupun me-restore salinan (backup) database – sesuatu yang berulang-kali saya lakukan saat hal itu terjadi. 🙁

Masalahnya ada pada direktori /tmp pada server yang digunakan. Sepertinya ngga nyambung yah, tapi betul ternyata itulah penyebabnya. Nampaknya ini terkait dengan cache internal, entah internal WordPress atau internal server hosting.

Cara mengatasinya:

  • Kalau anda punya akses root ke server, jalankan perintah berikut:
    df -h
    Perintah ini akan menampilkan status free space pada partisi server. Pastikan /tmp tidak terpakai 100%, dan hapus berkas-berkas yang ada di dalamnya dengan perintah:
    cd /tmp
    find . -exec rm {} \;
  • Atau kalau anda punya akses ke Cpanel, ada tautan bernama “Service Status” pada sidebar Cpanel (kiri bawah). Klik tautan tersebut dan periksa partisi /tmp. Kalau partisi tersebut penuh, hubungi technical support hosting yang anda gunakan, dan minta mereka untuk mengosongkan /tmp.

Sudah saya buktikan sendiri dan memang masalahnya adalah di penuhnya partisi /tmp ini. O ya, gejala terakhir yang saya lihat adalah masalah ini bersifat intermiten, kadang muncul kadang tidak, ini membuktikan bukan instalasi WordPress dan bukan database yang bermasalah.

Selamat mencoba.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!

Reviewer: Dhany Esperanza

Kategori dan Tag Menghilang Pada Wordpress Self Hosted 1WordPress enthusiast, gamer, aquarist, teacher, farmer, researcher. An eternal student that love to learn anything new.