Tips Membeli Souvenir di Rusia

Melancong ke luar negeri, bagi masyarakat Indonesia adalah hal menarik dan banyak orang yang ingin melakukannya. Salah satu tujuan wisata mancanegara yang cukup menarik minat masyarakat adalah bepergian ke Rusia. Tak lengkap rasanya jika bepergian tidak membawa oleh–oleh hanya sekedar untuk kenang–kenangan atau pun untuk diberikan kepada orang terdekat.

Agar anda tak salah pilih membeli oleh–oleh saat traveling ke Rusia, sebaiknya simak tips membeli souvenir di Rusia pada ulasan berikut ini:

1. Hindari Pembelian Souvenir yang Ditawarkan di Pusat Kota

Seperti halnya di Jakarta, di Moskow yang merupakan ibu kota Rusia dan kota turis yang besar, pastinya harga beragam hal yang ada akan ditawarkan dengan harga yang tinggi. Hal ini wajib diperhatikan agar anda tak salah pilih souvenir yang sebenarnya bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah.

Tempat rekomendasi untuk mendapatkan oleh–oleh dengan harga miring adalah di Pasar Izmaylovsky. Informasi tersebut didapatkan dari masyarakat setempat dan juga beberapa pedagang kaki lima yang ada di Moskow. Anda bisa menemukan pasar tersebut di dekat stasiun bernama Partizanskaya. Jangan malu untuk bertanya jika anda bingung saat menuju ke pasar tersebut, karena masyarakat Rusia cukup bersahabat kok.

Anda beruntung jika bepergian ke Rusia pada hari Rabu, karena menurut pengakuan pedagang disana, setiap hari Rabu biasa diberikan harga grosir pada pembelian souvenir. Hal ini tentu akan membantu anda menghemat biaya.

Waktu paling tepat untuk mendatangi Pasar Izmaylovsky adalah pada pukul 10 sampai dengan 11 siang. Karena pada hari grosir tersebut, ternyata para pedagang hanya membuka toko dalam waktu singkat. Jadi anda harus menyegerakan untuk mengunjunginya ya, terutama saat hari Rabu tiba. Jangan sampai sudah jauh–jauh ke sana ternyata sudah tutup.

2. Selektif untuk Mendapatkan Kualitas Terbaik

Jika anda ingin mendapatkan souvenir yang menawarkan kualitas baik, tentunya harus pandai–pandai dalam memilihnya. Terlebih lagi di Rusia terdapat banyak pilihan yang mungkin saja akan membuat anda bingung, mau pilih oleh-oleh yang mana.

Saat anda tertarik dengan sebuah souvenir, pastikan terlebih dahulu anda melakukan pengecekan secara mendetail terhadap barang yang akan anda beli. Souvenir dalam jenis yang sama belum tentu semuanya menawarkan kualitas yang baik. Jika anda tidak teliti dalam menentukan pilihan, bukan hal yang tidak mungkin anda akan mendapatkan souvenir yang di beberapa bagiannya terdapat cacat atau rusak.

Kerusakan yang timbul bisa saja diakibatkan karena memang cacat produksi atau pun ulah para pelancong sebelumnya yang hanya melihat–lihat saja, namun tidak hati–hati saat melihat dan meletakkannya kembali.

Selain itu, dari berbagai sumber dari masyarakat setempat, sebaiknya anda juga harus selektif saat memilih. Karena kabar yang santer terdengar di kalangan pedagan Rusia bahwa beberapa produk merupakan hasil kerjasama dengan Tiongkok. Jadi souvenir yang dibuat oleh Tiongkok mempunyai kualitas yang lebih rendah, karena merupakan barang tiruan bukan asli buatan Rusia.

3. Melakukan Pengecekan Perihal Label Souvenir

Mengapa harus melakukan pemeriksaan pada label barang yang hendak anda beli? Jika anda lihat tampilan souvenir yang sudah terlihat memiliki kualitas baik, maka anda tak boleh melewatkan untuk melakukan pengecekan pada bagian labelnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan souvenir tersebut benar–benar ditawarkan dengan kualitas yang baik.

Dari label yang anda cek, anda bisa mendapatkan informasi perihal produsen dan bahan–bahan apa saja yang digunakan saat membuat souvenir tersebut. Jadi anda pun bisa lega karena memastikan sendiri kalau souvenir yang anda beli memang asli buatan Rusia, bukan buatan Tiongkok yang tiruan itu. Biasanya sebagian besar souvenir tiruan bisa dengan mudah diidentifikasi melalui harga yang ditawarkan dan juga keberadaan label. Tanpa adanya label, bisa dipastikan souvenir tersebut adalah barang tiruan.

Selain label, anda juga bisa menentukan kualitas barang dari segi kemasannya. Semakin baik, rapi, kreatif dan profesional, tentu saja bisa dijadikan sebagai tolok ukur menilai sebuah barang. Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa sebagian pedagang lokal ada saja yang bertindak curang dengan menipu para pelancong.

Namun jika anda ingin lebih aman lagi, bisa juga browsing terlebih dahulu sebelum bepergian ke Rusia, dimana toko yang menjual souvenir asli dan menawarkan kualitas yang baik.

Tips Membeli Souvenir di Rusia

4. Jangan Mudah Percaya dan Tertarik dengan Penawaran Harga Murah

Ini dia yang seringkali menjebak anda saat membeli berbagai pernak–pernik saat liburan. Budget yang minim menjadi alasan terbesar pelancong tergiur untuk membeli souvenir murah. Resiko barang tiruan mungkin bisa anda dapatkan saat membeli barang berharga murah. Anda wajib tanya secara mendetail kepada pedagangnya perihal informasi mengenai produk.

Anda bisa melakukan identifikasi pada setiap jawaban yang diberikan oleh para pedagang tersebut. Ekspresi wajah yang tidak kebingungan dan bisa menjelaskan dengan detail, tentu saja bisa dijadikan sebagai patokan, apakah pedagang tersebut jujur atau tidak.

Intinya, anda sebagai konsumen dituntut untuk selalu waspada dan berhati–hati, jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu murah. Justru anda harus curiga, jika harga yang ditawarkan tak masuk akal.

5. Jangan Percaya Begitu Saja dengan Tour Guide

Pemandu wisata yang membawa anda mengunjungi berbagai tempat di Rusia, belum tentu bisa dipercaya saat menunjukkan penjual souvenir disana. Ternyata ada saja yang bertindak curang, karena sebelumnya sudah bekerjasama dengan para pedagang setempat.

Jika pemandu wisata merekomendasikan tempat pedagang souvenir tertentu, maka mereka akan mendapatkan komisi dari pedagang tersebut. Hal ini tentu akan merugikan bagi pelancong ya. Untuk itu kehati–hatian saat membeli oleh–oleh di Rusia (atau di mana pun) sangatlah diperlukan. Anda bisa menerapkan poin–poin sebelumnya yang sudah dibahas di atas saat mendapatkan rekomendasi dari para pemandu wisata.

6. Bertanya adalah Kunci Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap dan Akurat

Ada pepatah yang mengatakan bahwa malu bertanya sesat di jalan. Pernyataan tersebut memang benar adanya. Jika anda tak paham perihal suatu produk atau pun tempat, tentu akan lebih baik bertanya untuk mendapatkan informasi lengkap terkait hal yang anda tidak pahami.

Cara ini juga bisa anda terapkan saat membeli souvenir atau oleh–oleh saat di Rusia. Jadilah konsumen yang aktif bertanya dengan mencecar para pedagang menggunakan beragam pertanyaan. Misalnya saja tanyakan perihal produsennya siapa, bahan yang digunakan apa, bagaimana kualitas produk, mengapa bisa ditawarkan dengan harga di bawah pasaran.

Reaksi yang ditunjukkan oleh pedagang bisa anda jadikan sebagai penilaian. Terkadang ada saja pedagang yang merasa risih dan akhirnya marah–marah saat dilontarkan banyak pertanyaan. Karena mereka khawatir, ketidak jujurannya diketahui oleh wisatawan. Namun sebagian ada juga yang memang tidak terlalu paham dengan produk yang dijualnya tersebut.

Jika anda menemukan penjual dengan kriteria seperti itu, disarankan untuk menunda belanja souvenir. Carilah pedagang lain, dan lakukan cara yang sama. Jangan lupa ucapkan terima kasih atau pun permintaan maaf karena tidak jadi membeli.

7. Coba Ajukan Penawaran

Melakukan transaksi penjualan dan pembelian sangat wajar jika dibumbui dengan kegiatan tawar menawar. Selama anda menawarnya tidak sadis, pastinya suasana transaksi masih bisa aman dan nyaman. Coba saja anda mengajukan penawaran dengan harga separuhnya atau 50 persen dari harga yang ditawarkan.

Biasanya para pedagang souvenir akan menaikkan harga dagangan mereka hingga 100 persen. Karena mereka sudah sangat paham dengan perilaku wisatawan yang seringkali menawar.

Namun jika mereka menemui wisatawan yang enggan melakukan penawaran karena malu, tentu akan mendatangkan keuntungan yang besar. Biasanya dalam kondisi ini, pedagang akan memberikan diskon agar wisatawan tersebut merasa senang (fair – toh mereka juga sudah senang). Itu adalah salah satu trik yang baik dari pedagang souvenir di Rusia.

Dalam sebuah kondisi dimana pedagang sudah terlihat menggunakan nada bicara yang kurang menyenangkan, berarti produk tersebut memang sudah mencapai titik angka terendah. Sehingga anda bisa menghentikan kegiatan tawar menawar tersebut agar situasinya tidak menjadi semakin buruk. Anda sebagai pelancong pun wajib menunjukkan rasa hormat dan sopan saat berwisata.

Untuk mendapatkan harga terbaik, bumbui kegiatan tawar menawar dengan pembicaraan yang menyenangkan untuk menciptakan suasana yang baik. Cara ini cukup membantu untuk meluluhkan hati pedagang agar mau melepas souvenir kulakannya dengan harga miring.

Itulah beberapa poin yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memboyong pulang souvenir khas Rusia saat melancong kesana. Mendapatkan oleh-oleh dengan harga terjangkau dan produk berkualitas tinggi, tentu menjadi keinginan setiap pengunjung. Jadi anda sebagai konsumen sudah sepatutnya selektif dalam memilih barang. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Tags: