Review Sekolah SMAN 3 Malang

Sending
Rating Pembaca (Klik Bintang)
0 (0 votes)
Rating dari Komentar 0 (0 reviews)

1. Alasan berminat sekolah di SMAN 3 Malang

Sebagaimana yang diketahui warga Jawa Timur khususnya Malang. SMAN 3 Malang adalah sekolah favorit yang murid dan lulusannya selalu dibanggakan dimana-mana. Salah satunya adalah Dr. Gamal Albinsaid, CEO Indonesia Medika.

Selain itu, SMAN 3 Malang juga pernah masuk Top 10 SMA terbaik Se-Indonesia. Tempat para peraih medali Olimpiade Sains Nasional dan sering jadi juara di kompetisi antar-sekolah. Alumninya juga begitu, dari sebelum masuk saya sudah mendengar kalau lulusan dari SMAN 3 Malang langganan masuk 4 PTN unggul : UI, UGM, ITB, dan UNIBRAW.

Saya, yang memang dari sekolah menengah punya cita-cita untuk jadi medalis pun tergiur dan pada akhirnya memilih SMAN 3 Malang untuk melanjutkan pendidikan. Cukup pesimis sebelumnya, karena saya dari sekolah swasta, denger-denger harus punya nilai super-tinggi agar bisa bersaing dengan SMP bergengsi di Malang.

Tapi mengingat lagi kualitas dari SMAN 3 Malang, siapa gitu yang nggak mau masuk sekolah ini?

2. Proses pendaftaran SMAN 3 Malang

Tahun saya masuk saat itu adalah 2016. Jadi, sebelum bisa daftar ke SMAN 3 Malang (atau lebih lanjutnya kita singkat aja jadi “Smanti” ya), kita harus nunggu pengumuman hasil Ujian Nasional dulu. Setelah keluar Ijazah, baru deh datang ke Smanti dengan foto copy nilai rapor semester 1-6, foto copy Ijazah, nilai UN dan nilai US. Nanti kita tinggal kumpulkan datanya ke pihak Smanti yang bertugas.

Nah, pada tahun saya, persaingan nilai untuk daftar di Smanti ini disajikan secara real-live di layar yang disediakan di parkiran sekolah. Jadi, kita bisa tahu perkembangan ranking 1 hingga ranking kuota terakhir hingga batas waktu yang ditentukan untuk pendaftaran.

Kalau dirasa kurang yakin dan posisi rank kita nggak aman, kita juga bisa langsung ke ruangan “Cabut Berkas” di lantai dua.

3. Proses orientasi sekolah Smanti Malang

Masa orientasi siswa atau yang dikenal dengan nama MPLS  (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) hanya berlangsung 3-4 hari saja. Tahun saya kebetulan mudah, tugas utamanya hanya membuat kartu nama sesuai ketentuan dan membuat buku sesuai ketentuan beserta isinya. Gitu aja. Nggak ada yang namanya datang sebelum subuh dan push-up sebagai hukuman.

Selama MPLS, kita bekerja dengan kelompok masing-masing yang disebut ‘ton’, ada sekitar 10 sampai 11 ton. Disana sumber pertama kita mendapat kenalan baru. Kita juga bakal dapat lebih banyak kenalan baru karena deadline tanda tangan. Dalam 3-4 hari, kita diwajibkan meminta tanda tangan dari beberapa teman angkatan, kakak kelas, guru, dan staf sekolah, beserta identitasnya.

Biasanya di hari terakhir akan ada pengerjaan proyek angkatan dan juga inaugurasi dari setiap ton. Akan ada penghargaan untuk beberapa ton yang dirasa menjalani proses MPLS dengan baik.

4. Kondisi organisasi siswa

organisasi siswa SMAN 3 Malang

Ini salah satu yang paling saya jagokan dan saya yakin kebanyakan anak Smanti akan setuju.

Lingkup organisasi, ekskul (ekstra kurikuler), dan kepanitiaan Smanti sangat suportif, mandiri, dan positif. Selama saya di Smanti, banyak sekali ilmu keorganisasian yang bisa saya dapat, mulai dari bagaimana menjalankan organisasi selama masa jabatan, membuat konsep acara dari 0, mendapatkan sumber dana, hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum hari h, hingga eksekusi hari H.

Rasanya sudah menjadi kebiasaan untuk mengatur hal-hal tersebut. Berguna sekali untuk memasuki dunia kerja nantinya.

organisasi siswa SMAN 3 Malang

Banyak organisasi dan ekskul yang dapat diikuti di Smanti, yakni yang pertama OSIS sebagai organisasi utama yang membawahi semua organisasi, ekskul, dan acara di sekolah.

Ada juga yang lain seperti : SKI (Sub-sie Kerohanian Islam), Bhawikarsu Christian Family, Bhawikarsu Olympiad Team, B-Beam (Basketball Team), Bhawikarsu Best Dancer, BX-4 (Pecinta Alam), Bhawikarsu Orchestra, ICTeam (ekskul IT), dan sebagainya.

Kurang afdol jika masuk Smanti tanpa daftar organisasi dan kepanitiaan!

Kembali ke atas

5. Kondisi lingkungan sekitar sekolah

Gerbang SMAN 3 Malang

Smanti berada di posisi yang strategis untuk anak sekolah. Hanya perlu melangkah untuk ke lembaga-lembaga bimbel (bimbingan belajar) seperti Inten, Ganesha Operation, SSC, dan Neutron.

Berada di wilayah yang mudah dijangkau, yakni di sekitar balai tugu Kota Malang, bersatu dengan wilayah SMA 1 dan SMA 4, hanya terpisah tembok dan Aula Tugu.

Dekat dengan Masjid SKODAM untuk para laki-laki yang hendak melaksanakan Shalat Jum’at.

Kondisi lingkungan sekitar SMAN 3 Malang

Dan lebih serunya lagi, dikelilingi oleh tempat jajanan dan warung makan yang harganya bersahabat! Di area sekitar Taman Trunojoyo, terdapat Pujasera (pusat jajanan serba ada) yang menyediakan jajaran makanan lokal yang murah.

Kalian pasti pada tahu Warunk Upnormal  kan? Tinggal modal jalan sedikit aja ke utara sudah bisa makan disana!

6. Fasilitas pengajaran SMAN 3 Malang

ruang kelas SMAN 3 Malang

Untuk fasilitas pengajaran, standar aja seperti sekolah negeri pada umumnya di Indonesia. Jumlah ruang kelas standar untuk 3 angkatan (27-30 kelas). Ada AC di beberapa ruangan. Meja kursi masih menggunakan kayu, mungkin pengecualian di Laboratorium Perbankan dan Ruang Multimedia.

Ada rooftop semi-outdoor yang dihiasi dengan vertical garden dan kebun kecil di sebelahnya, difungsikan untuk pembelajaran seni, mungkin agar kesannya lebih luwes dan lebih segar untuk mengasah otak kanan.

Fasilitas pengajaran SMAN 3 Malang

Ada juga laboratorium perbankan untuk pembelajaran ekonomi, buah kerjasama dengan bank BRI. Yang ini ruangannya paling enak, favorit. Ada karpet, meja kursi sudah bukan kayu, papan tulis lebih bagus, kesan ruangannya lebih classy pokoknya.

7. Fasilitas laboratorium SMAN 3 Malang

Fasilitas laboratorium SMAN 3 Malang

Terdapat 5 jenis laboratorium di SMAN 3 Malang. Yakni Lab. Fisika, Lab. Kimia, Lab. Biologi, Lab. Komputer, dan Lab. Perbankan. Masing-masing utamanya digunakan untuk pelajaran yang berkaitan sesuai namanya.

Biasanya Laboratorium Komputer juga digunakan untuk ekstrakurikuler IT (Information Technology/Teknologi Informasi) setiap hari Sabtu. Lab. Lainnya digunakan untuk tempat pembinaan olimpiade juga.

Kondisi masing-masing laboratorium rapi, bersih, dan yang terpenting dilengkapi oleh fasilitas yang memadai sesuai dengan mata pelajaran yang berkaitan.

Ada 4-5 baris jajaran komputer di Lab.Komputer. Poster-poster mengenai biologi, kerangka tubuh, perlengkapan praktikum dan beberapa awetan hewan di Lab. Biologi.

Sama seperti yang lain, Lab. Kimia dan Fisika juga dipenuhi peralatan praktikum dong, dan nilai plus, Lab. Fisika Smanti punya teleskop lho!

Kembali ke atas

8. Fasilitas perpustakaan SMAN 3 Malang

Fasilitas perpustakaan SMAN 3 Malang

Untuk perpustakaan, Smanti sendiri punya perpustakaan yang kondusif dan nyaman untuk membaca, diskusi kecil, hingga alternatif tempat melakukan kegiatan belajar mengajar bagi para guru. Bisa juga sambil melihat suasana lapangan basket dan lapangan voli dari atas. Kalau mau pinjam buku, gampang aja. Masuk perpustakaan, isi absen di lembar daftar kelas, pilih bukunya dan bawa ke petugas perpustakaan.

Yang paling saya suka dari perpustakaan Smanti adalah : Koleksi novelnya!

Novel yang disediakan di perpustakaan SMAN 3 Malang nggak cuman novel ala-ala. Ada novel-novel  tentang hidup karya Paulo Coelho, novel-novel fantasy seperti The Hobbit. Novel kesukaan remaja-remaja jaman now karya Tere Liye dan juga Dilan pun lengkap lho. Bahkan novel sekelas buatan Dan Brown-pun ternyata ada di perpustakaan Smanti.

9. Fasilitas lain yang belum disebutkan

Ruang Serbaguna SMAN 3 Malang

Untuk fasilitas pendukung SMAN 3 Malang, saya memilih untuk mendeskripsikan Ruang Serbaguna atau yang biasa disingkat dengan “Sergun”.

Dilihat dari kesan ruang dan meja utamanya, ruang spesial ini fungsinya untuk pertemuan formal, misal pertemuan orang tua, study tour dari instansi sekolah lain, maupun untuk pertemuan antar lembaga pendidikan. Kalau untuk siswa, biasanya digunakan untuk keperluan kumpul yang sifatnya semi-formal, seperti rapat besar kepanitiaan, keperluan diklat, hingga foto buku tahunan sekolah.

Di dalamnya dilengkapi kamar mandi dalam, gudang kecil, ruang kecil untuk mengatur pengeras suara. Untuk pinjam ruang yang satu ini harus rebutan tanggal dan waktu ya, karena memang banyak yang memerlukan, jadi harus sudah dari jauh-jauh hari.

10. Kebersihan kamar mandi atau WC sekolah

WC sekolah SMAN 3 Malang

Kamar mandi di Smanti sayangnya tidak begitu banyak jumlahnya, menurut saya. Namun mungkin memang cukup untuk bangunan Smanti sendiri yang tergolong kecil. Untuk kebersihan, saya nilai baik-baik saja. Petugas kebersihan selalu rutin membersihkan kamar mandi dan WC dan warga Smanti juga turut ikut menjaga.

Di setiap kamar mandi, ada kertas keterangan mengenai keadaan kamar mandi dan WC di area itu. Biasanya setelah dibersihkan dan dicek oleh petugas kebersihan, kertas akan diberi keterangan dan centang pada aspek-aspek yang ditanyakan di lembar.

Selain itu, kamar mandi lantai satu baru saja diperbaharui tahun 2019 ini, jadi lebih nyaman digunakan dan fasilitasnya jadi lebih oke.

Kembali ke atas

11. Kebersihan sekolah secara umum

Kebersihan SMAN 3 Malang

Kebersihan sekolah SMAN 3 Malang secara umum juga baik. Lagi-lagi karena kerjasama yang baik antara petugas kebersihan dan anggota sekolah sendiri.

Tempat sampah di Smanti sudah cukup banyak dan penempatannya sudah pas. Di setiap beberapa kelas, ada 3 buah tempat sampah dengan stiker yang membedakan sampah organik dan non-organik.

Disediakan juga sapu dan peralatan kebersihan lainnya di ruang petugas kebersihan di sebelah Mushola. Jadi jika kita tidak sengaja bikin kotor, menumpahkan barang dan sebagainya, bisa kita bersihkan sendiri, nggak perlu menunggu petugas.

Kebersihan sekolah SMAN 3 Malang

Setelah melakukan kegiatan, panitia dari anak Smanti sendiri juga selalu membereskan dan membersihkan area yang sudah digunakan. Hal ini memang ditekankan selalu oleh guru-guru dan Kepala Sekolah, bahwa seusai kegiatan, kondisi sekolah harus sama seperti sebelumnya.

Baca juga: Review Jurusan Akuntansi Universitas Jambi

12. Metode pengajaran oleh guru

Pengajaran yang dilakukan oleh guru-guru Smanti tentunya menyesuaikan ya dengan kurikulum terbaru. Terlebih, SMAN 3 Malang juga ditunjuk sebagai Sekolah Rujukan Nasional, jadi sistem pembelajaran paling baru dari pemerintah termasuk diterapkan paling dulu disini.

Angkatan tahun 2018 dan 2019 menggunakan sistem UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri), yakni dengan sistem pengerjaan SKS secara mandiri oleh tiap siswa dan semua dimasukkan dalam program 5 semester.

Mungkin karena faktor input siswa yang masuk sudah dianggap cukup mumpuni, pengajaran disini saya rasa cenderung cepat dan mandiri. Siswa itu sendiri yang lebih pro-aktif dalam menyusul materi. Namun, kita tetap bisa meminta tambahan dari para guru jika hendak memperbaiki pemahaman terhadap materi.

13. Website sekolah dan prasarana IT SMAN 3 Malang

Laman website Smanti dapat dilihat di http://www.sman3-malang.sch.id, tampilannya baru saja diperbaharui tahun ini, lebih berkelas dan up-to-date. Namun isinya masih perlu lebih sering diperbarui. Website ini diatur dan dikelola oleh staf IT SMAN 3 Malang.

Prasarana IT lain juga ada yang disebut E-Cafe. Dengan, E-Cafe ini, transaksi pembayaran di kantin Smanti sudah diterapkan Cashless payment, tidak perlu uang tunai, cuma perlu kartu khusus yang sudah diisi saldo.

Selanjutnya, ada juga aplikasi SMAN 3 Malang khusus orang tua/wali siswa. Aplikasi ini dapat memantau kehadiran siswa, pengumuman terbaru, dan info-info penting lainnya yang ditujukan untuk para orang tua. Jadi, bapak dan ibu tidak perlu takut ya ketinggalan info dari sekolah. Aplikasi ini kalau nggak salah baru diterapkan di tahun kedua saya sekolah, sekitar tahun 2017.

14. Kemudahan mengurus administrasi

Membahas tentang administrasi, kalau dilihat dari segi uang SPP bulanan, biaya SPP SMAN 3 Malang relatif lebih tinggi daripada standar sekolah negeri, karena ada iuran biaya untuk acara tahunan seperti PSCS (Pagelaran Seni Citra Smanti), Bedhol Bhawikarsu, dan lain sebagainya.

Di tahun akhir (kelas 12), juga akan ada kenaikan SPP bulanan untuk biaya wisuda dan bimbingan belajar khusus.

Bagi siswa yang kurang mampu, setahu saya bisa dibicarakan dengan sekolah untuk mendapat keringanan. Selain itu, untuk pengeluaran di luar SPP seperti untuk event sekolah, kami biasa menerapkan sistem subsidi silang untuk membantu teman-teman yang sekiranya keberatan untuk membayar. Serba fleksibel kalau di Smanti.

Kembali ke atas

15. Kelebihan (+) sekolah secara umum yang belum disebutkan

Kelebihan SMAN 3 Malang yang paling saya suka adalah lingkungan mandiri, fleksibel, dan pekerja keras. Dari proses pembelajaran hingga kegiatan di luar akademik, kita dituntun untuk bisa problem-solving.

Contohnya dari segi belajar mengajar, kita bukan cuman based on textbook namun dianjurkan untuk selalu cari sumber info lain. Selain itu, presentasi, presentasi, dan presentasi, yang juga mengasah skill kita untuk berbicara di depan orang lain.

Kalau yang saya rasakan, banyak juga diskusi yang dilakukan selama belajar, jadi wawasan kita jauh lebih luas daripada sekedar buku paket.

Pada aspek di luar akademik, paling mantap di kepanitiaannya. Salah satu acara terbesar kebanggaan Smanti, yakni PSCS, selalu menyuguhkan konsep-konsep yang baru dan fresh. Saya terlibat menjadi panitia juga dan merasakan sendiri betapa ribetnya mengadakan sebuah acara besar dari nol.

16. Kekurangan (-) sekolah secara umum yang belum disebutkan

Kekurangan Smanti yang mau saya dibahas disini mungkin dari penerapan sistem moving class. Dengan sistem ini, tidak ada ruang kelas tetap namun siswa berpindah-pindah tiap pergantian pembelajaran.

Pada akhirnya, timbul banyak dampak negatif di antaranya; 1) barang yang tertinggal dan hilang, 2) menjadi salah satu celah untuk tidak mengikuti pelajaran berikutnya, 3) bisa juga jadwal penggunaan kelas yang bertabrakan sehingga mengurangi efektivitas pembelajaran.

Terkadang adanya miskomunikasi juga menyebabkan siswa atau guru tidak bisa menemukan kelas yang dituju yang nantinya malah menghabiskan waktu pembelajaran untuk menunggu dan terbuang sia-sia.

Yang kedua, mungkin bangunan yang relatif kecil, karena wilayahnya terbagi untuk tiga sekolah. Untuk menggunakan aula tugu, kita juga harus mengajukan perizinan ke SMA 1 dan SMA 4.

Penutup. Kesan dan pengalaman pribadi saat reviewer bersekolah di SMAN 3 Malang.

Setelah 3 tahun menjalani kehidupan di Smanti, saya akhirnya paham betul kenapa sih kok sekolah ini jadi sekolah unggulan dan favorit. Saya nggak ada kecewa sama sekali karena memilih SMAN 3 Malang jadi sekolah saya, sangat bangga rasanya pernah menjadi bagian dari Bhawikarsu.

Bahkan setelah lulus dan memasuki dunia kuliah pun, para alumni yang disebut Ikasmariagitma masih terus support dan mengayomi sesama arek Smanti.

Walaupun lingkungan Smanti lumayan kompetitif tapi Smanti mengutamakan persaudaraan, lingkungan pergaulannya bukan tipe pilih-pilih, semua teman. Adik kelas ke kakak kelas dan juga sebaliknya, nggak ada perlakuan yang membuat antar angkatan terpecah belah, saya pribadi dekat dengan angkatan sebelum maupun sesudah saya.

Selain itu, saya belajar begitu banyak dengan mengikuti organisasi dan kepanitiaan, yang notabene non-stop sampai awal semester 6. Merasakan sendiri jatuh bangunnya untuk menjalani hidup berorganisasi di Smanti. Terutamanya PSCS, wah itu jadi salah satu bagian penting di hidup saya, kalau boleh bilang.

Dari brainstorming konsep, mencari sumber dana, bagaimana seluruh siswa dan guru smanti berpartisipasi untuk mempersiapkan penampilan yang megah, nggak main-main.

PSCS baru satu dari banyaknya kegiatan di Smanti ya, jadi jangan kaget kalau masuk Smanti nantinya akan terbiasa untuk pulang lebih telat daripada biasanya. Sampai menginap juga kalau sudah dekat dengan hari-H acara.

Tapi jangan salah, ikut banyak ekskul dan organisasi, jadi bagian dari acara-acara Smanti nggak akan menghalangi kamu untuk mendapat prestasi di bidang akademik, bukan penutup jalan kamu untuk masuk kuota SNMPTN juga.

Smanti juga turut mengikuti lomba-lomba hingga ke tingkat Internasional dan pihak sekolah selalu berusaha untuk mendukung penuh, mulai dari biaya hingga perizinan, semuanya fleksibel dan bisa diatasi.

Sekali lagi, saya bangga banget bisa jadi bagian dari Smanti.

Ucapan terima kasih:

Terima kasih banyak kepada Kepala Sekolah, Waka dan jajaran staff, para guru, teman-teman dan juga para alumni dari SMAN 3 Malang. SMAN 3 Malang bisa jadi instansi yang hebat dan unggul juga karena dukungan dan kerjasama dari segala pihak, Terima kasih!

Ulasan sekolah oleh seorang alumni SMAN 3 Malang angkatan 2016 yang memilih untuk tidak dipublikasikan namanya.

Tags:,

Apa Komentar/Ulasan Anda?

Sending