Review SMA Regina Pacis Bogor

Alasan sekolah di SMA Regina Pacis Bogor

Sebagai pendatang dari pulau lain, saya sendiri merasa asing terhadap pilihan sekolah yang ada di Bogor. Namun, bagi orang tua saya, SMA Regina Pacis Bogor sudah menjadi rekomendasi pertama mereka. Hal ini karena beberapa alasan.

Pertama, lingkungan sekolah. Saya sendiri masuk ke sekolah ini karena orang tua saya senang dengan lingkungan sekolah yang nyaman dan asri yang jarang ditemukan di sekolah lainnya. Orang tua saya percaya lingkungan seperti ini akan membuat hari-hari saya selama sekolah lebih berkesan dan kenyataannya memang terbukti seperti itu.

Kedua, karena kegiatan yang ada selama sekolah. Seiring berjalannya waktu, kegiatan yang diadakan SMA Regina Pacis terus berubah untuk mengakomodasi kebutuhan murid. Pentas seni terkenal karya para murid Regina Pacis yang merangsang kreativitas, kegiatan humanis yang mengajarkan nilai berharga, dan kegiatan akademik yang memberi pendidikan terbaik pada siswanya menjadi poin yang sangat menarik perhatian orang tua saya. Pada akhirnya, terbukti kegiatan-kegiatan ini membuat para alumninya berkembang.

Ketiga, nilai yang diajarkan. Sebagai penganut agama minoritas, awalnya saya agak ragu mendaftar ke sekolah Katolik. Namun alumni yang menjadi referensi orang tua saya justru merasa sekolah ini sangat unggul dalam menciptakan lingkungan antar siswa yang inklusif dan tanpa memandang perbedaan.

Walaupun pelajaran Katolik bersifat wajib, tak ada indoktrinasi sekali pun. Justru yang diajarkan kadang bukanlah teori-teori agama katolik namun merupakan nilai-nilai universal yang ada antara agama.. Walau tak kaku pada ajaran Katolik, ajaran khas sekolah Katolik tetap terasa selama pembelajaran di SMA ini. Ajaran itu umumnya menekankan pada disiplin karakter.

Hal ini lah yang menjadi fokus utama bagi orang tua saya, lingkungan yang terbuka dan edukatif baik dari sisi akademik maupun moral. Ditambah dengan ulasan baik dari alumni lain, akhirnya memilih Regina Pacis Bogor dan saya tidak menyesalinya.

Proses pendaftaran siswa baru

Proses masuk ke SMA Regina Pacis sangat transparan. Untuk mendaftar, sekarang bisa dilakukan secara online dengan cara membeli formulir seharga 275.000. Perlu diketahui bahwa pendaftaran Regina Pacis umumnya dimulai dari awal Desember hingga akhir Januari. Yang diperlukan adalah rapot dan beberapa persyaratan lainnya.

Setelah mengisi formulir, calon siswa akan mengikuti serangkaian tes antara lain tes pengetahuan akademik, tes penjurusan, dan tes narkoba. Semua tes ini tidak terlalu berat, namun untuk tes pengetahuan akademik diusahakan berusaha sebaik-baiknya karena persaingan sangat tinggi. Tes akademik ini akan dibuat menjadi rangking yang menentukan masuk atau tidaknya pendaftar. Tes pengetahuan akademik berisi tes pilihan ganda dengan topik Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Topiknya cukup mirip dengan materi ujian nasional. Seperangkat tes ini memastikan bahwa calon murid SMA Regina Pacis Bogor benar-benar siswa siswi terpilih yang sesuai dengan standar Regina Pacis.

Review Lainnya

Proses orientasi sekolah

Orientasi sekolah sebelum menjadi murid SMA Regina Pacis tidak terlalu berat. Dipastikan selama proses ini tidak pernah ada perpeloncoan dan kekerasan fisik. Saya sendiri dulu merupakan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang menjadi pelaksana orientasi sekolah dan hal pertama yang ditegaskan oleh pengawas OSIS adalah untuk menjadikan orientasi ini sebagai arena perkenalan sekolah dan pembelajaran.

Kegiatan yang dilakukan adalah pembuatan karya seputar sekolah (name tag, kreasi, peta sekolah, yel-yel, dll) dan perkenalan bagian-bagian sekolah. Waktu orientasi juga tidak terlalu lama yaitu sekitar dua hari.

Hal positif yang terlihat dari orientasi SMA Regina Pacis adalah tugas yang diberikan. Setiap hari tugas yang diberikan secara langsung mempersiapkan calon siwa untuk beradaptasi dengan tugas yang akan dihadapi semasa SMA antara lain pembuatan makalah ilmiah bahasa inggris, pembuatan artikel bahasa Indonesia, pembuatan denah, dll.

Jadi dapat dilihat bahwa tujuan utama orientasi bukan sekedar untuk memperlihatkan senioritas namun membimbing anggota baru Regina Pacis agar siap bergabung dengan keluarga besar SMA ini.

Kondisi organisasi siswa SMA Regina Pacis Bogor

OSIS SMA Regina Pacis termasuk aktif dalam mengadakan kegiatan baik secara internal maupun eksternal. Salah satu hasil kegiatan yang sangat terkenal adalah pentas seninya. Pensi ini terkenal karena berskala besar dan mengundang artis-artis terkenal seperti Raisa, Sheila on 7, SID, dan banyak lagi. Hal yang paling baik dari kegiatan ini adalah kegiatan ini sepenuhnya diatur oleh murid. Murid yang berpartisipasi menjadi panitia berkesempatan belajar mengatur event skala besar, mengatur keuangan, bekerja sama, dan kemampuan kepemimpinan lainnya. Kegiatan lainnya yang dijalankan adalah bakti sosial rutin, pentas seni internal, class meeting, dan lain-lain.

Selain itu, organisasi siswa juga terwujud dalam ekstrakurikuler. SMA Regina Pacis cukup terkenal dengan kegiatan-kegiatan dan ekstrakurikulernya. Pilihan ekstrakurikulernya sangat beragam antara lain English Debate, Modern Dance, paskibra, fun art, komputer, bulu tangkis, fotografi, dan lain-lain. Ekskul ini umumnya mendatangkan tutor professional dari luar sekolah contohnya ekskul English Debate yang memiliki tutor asal Universitas Indonesia dan fotografi yang memiliki tutor berupa fotografer professional. Ekskul ini memiliki biaya yang berbeda-beda berkisar dari 150 ribu per bulan sampa 800 ribu per bulan. Walaupun termasuk mahal, ekskul-ekskul ini sangat baik dalam memberi keterampilan pada murid. Tak jarang, berkat pelatihan di ekskul ini, murid memenangkan juara pertama nasional dan juga masuk ke acara pertelevisian nasional, contohnya ekskul modern dance yang masuk ke acara ‘Pensi’ di Trans TV pada 2016.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, murid juga diajarkan kemandirian dalam mengorganisasi dan memajukan ekstrakurikulernya karena umumnya pengurus dari ekstrakurikuler adalah kumpulan siswa. Sehingga, walaupun tak mengikuti OSIS atau organisasi kesiswaan lainnya, semua murid tetap dapat diberi pengalaman kepemimpinan. Proses pembelajaran ini tentunya dibimbing oleh guru sehingga tetap terawasi. Namun banyak ekskul yang seringkali membutuhkan biaya finansial dari kantung sendiri karena setiap ekskul memiliki pembiayaan yang agak terbatas. Hal ini tentu bisa dianggap memberatkan dan menghalangi perkembangan.Tapi, perlu diingat biaya ini bersifat opsional, sesuai dengan keinginan dan kemampuan murid.

Kondisi lingkungan sekitar sekolah

Lingkungan sekitar SMA Recis sangat cocok sebagai tempat untuk hang out. Ada beberapa cafe yang dilengkapi wifi dan pilihan makanan yang enak. Ada juga jajanan gerobak yang digandrungi oleh warga Recis. Selain itu, tepat di seberang Recis terdapat jajaran stall makanan yang isinya makanan lokal dan internasional. Mulai dari cireng sampai takoyaki, semuanya ada dengan harga yang terjangkau, porsi yang mengenyangkan, dan rasa yang tak terlupakan. Bahkan, banyak orang dari luar lingkungan Recis yang datang hanya untuk mencoba makanan di lingkungan ini. Salah satu makanan favorit adalah seblak dan lumpia basah yang dibuat di gerobak kecil di gang seberang Regina Pacis.

Fasilitas pembelajaran

SMA Regina Pacis merupakan sekolah yang cukup besar. Gedung tiga lantai ini tergabung dengan gedung SD, SMP, dan TK yang masih berada di bawah naungan Regina Pacis.

Hal yang menonjol dari sekolah ini adalah kelas-kelasnya yang berkonsep terbuka yaitu tanpa jendela dan tanpa pintu. Hal ini membuat angin bebas keluar masuk sehingga sirkulasi udara tetap dalam kondisi baik. Walaupun hari panas, siswa-siswi tetap bisa nyaman melakukan pembelajaran karena dilengkapi pula dengan kipas angin.

Selain itu, fasilitas SMA Regina Pacis adalah green zone, lapangan basket, lapangan upacara, toilet di semua lantai, ruang komputer, laboratorium, ruang musik, ruang serba guna, dan masih banyak lagi. Fasilitas ini memungkinkan murid-murid melakukan aktivitas dengan leluasa. Bahkan, tidak jarang ditemukan murid-murid bercengkrama dengan teman-temannya di dalam sekolah karena sekolah ini begitu nyaman. Konsep ruang terbuka dapat terlihat sepanjang sudut sekolah ini. Ditambah dengan rumput hijau dan banyaknya tanaman, sekolah ini menjadi semakin asri.

Walaupun memiliki desain bangunan yang kuno, fasilitas pembelajaran di SMA Regina Pacis Bogor sangat up to date dengan kebutuhan pembelajaran para siswa yang semakin bertambah. Komputer berkualitas baik, wifi, tempat fotokopi dan print, dapat menjawab semua kebutuhan murid. 

Fasilitas laboratorium SMA Regina Pacis Bogor

Laboratorium Regina Pacis terbagi menjadi lab bahasa, lab fisika, lab kimia, lab biologi dan lab komputer.

Untuk lab jurusan IPA cukup bersih, luas, dan rapih. Lab yang berada di lantai dua ini sering digunakan untuk praktikum sehari-hari. Fasilitasnya pun cukup lengkap.

Lab komputer Recis dilengkapi dengan AC dan terletak di lantai tiga. Lab ini dilengkapi dengan komputer baru, proyektor, papan tulis, dan alat pembelajaran lainnya. Lab ini tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung empat puluh siswa.

Lab terakhir adalah lab bahasa. Bagi banyak siswa, lab ini yang paling disukai karena dilengkapi dengan AC dan peralatan pembelajaran yang cukup modern. Dengan headphone yang bagus dan komputer berkualitas baik, pembelajaran bahasa inggris dan bahasa lainnya dilakukan dengan menyenangkan.

Baca juga: Review Sekolah SMAN 3 Malang

Fasilitas perpustakaan SMA Regina Pacis Bogor

Di lantai tiga SMA Regina Pacis, dapat terlihat perpustakaan yang memuat ruang multimedia,ruang diskusi, lab bahasa, dan jajaran buku-buku untuk membantu proses belajar. Ruang yang luas ini juga dilengkapi dengan meja panjang untuk duduk bersama atau meja yang dipisah dengan sekat jika ingin belajar sendiri-sendiri. Selain itu, terdapat pula beberapa komputer untuk melakukan riset di ujung perpustakaan.

Buku di perpustakaan ini terbagi menjadi beberapa kategori antara lain bahasa, sastra, sosial, dan buku ipa. Dalam koleksinya terdapat buku baru dan buku yang sudah ada sejak institusi Regina Pacis berdiri. Untuk melakukan tugas sekolah, koleksi buku ini sangat memadai.

Fasilitas lain yang belum disebutkan

Di dalam perpustakaan Regina Pacis terdapat ruang multimedia dan ruang diskusi. Ruang multimedia adalah ruang yang cukup luas yang bisa memuat lebih dari 40 orang. Ruangan ini bisa digunakan untuk pemutaran film dan presentasi kelompok karena dilengkapi fasilitas komputer, proyektor, dan layar putih. Dilengkapi dengan AC, ruangan ini juga sering digunakan untuk proses pembelajaran biasa.

Selain itu adapula ruang diskusi. Ruang ini bersifat multi fungsi. Bisa digunakan untuk presentasi, tempat melakukan tes, kegiatan belajar mengajar, dan lain-lain. Ruangan ini juga dilengkapi dengan  AC dan pencahayaan yang cukup bagus sehingga nyaman untuk tempat belajar.

Gedung lain yang cukup indah di Regina Pacis adalah kapel. Kapel ini dapat diakses murid SD, SMP, dan SMA. Langit-langit yang tinggi dan pencahayaan yang baik membuat kapel ini lebih cantik.

Kebersihan kamar mandi atau WC sekolah

Kamar mandi di Regina Pacis berbeda-beda kualitasnya. Di lantai satu dan tiga, kamar mandi kecil dan terpisah. Namun, pada lantai dua kamar mandi sangat luas dan terdiri dari beberapa toilet yang tergabung. Secara keseluruhan, toilet yang ada di Regina Pacis cukup bersih karena dibersihkan secara rutin oleh cleaning service yang ada.

Walau berfasilitas kuno, kamar mandi cukup nyaman digunakan dan tidak pernah menimbulkan masalah apa-apa.

Kebersihan sekolah secara umum

SMA Regina Pacis selalu dapat ditemukan dalam kondisi yang bersih. Di sekeliling sekolah, kebun yang terawat dan rapi membuat lingkungan SMA Regina Pacis menjadi lebih indah dan asri. Kebersihan ini karena selalu ada tenaga pembersih yang membantu. Selain itu, utamanya juga karena kesadaran tinggi dari siswa regina pacis untuk ikut membersihkan lingkungan. Alasan dari sikap itu adalah SMA ini menganggap masalah lingkungan sebagai poros kegiatan yang utama dengan sekolah yang berusaha menanamkan semangat melestarikan lingkungan dengan menjunjung konsep bahwa lingkungan adalah saudara kita.

review sma regina pacis bogor - taman sekolah

Metode pengajaran

Karena mengikuti kurikulum 2013, guru di SMA Regina Pacis menggunakan metode student centered learning. Umumnya, pembelajaran di Regina Pacis terdiri dari studi kelompok dan proyek kreatif. Sekarang, tugas juga menggunakan media sosial dan tempat pembelajaran online sehingga pembelajaran tidak ketinggalan zaman.Jarang ada pelajaran yang terfokus benar-benar pada buku.

Khususnya untuk jurusan sosial, pembelajaran banyak yang dilakukan di lapangan. Kunjungan museum, observasi sosial, penyusunan laporan ilmiah, adalah kegiatan rutin jurusan sosial di Recis. Bahkan, beberapa pelajaran juga mengharuskan murid untuk menjelajah kota untuk melakukan tugas tertentu. Akibatnya, murid selalu peka terhadap sekitarnya.

Website sekolah dan prasarana IT

Laman online sekolah Regina Pacis adalah https://w3.reginapacis.sch.id/. Laman ini mengintegrasikan informasi tentang SD, SMP, dan SMA Regina Pacis. Isi website ini adalah informasi seputar pendaftaran yang sudah bisa terlihat mulai akhir november. Selain itu, ada pula informasi seputar kegiatan sekolah.

SMA Regina Pacis dilengkapi wifi yang cukup baik sehingga bisa memenuhi kebutuhan pembelajaran digital. Selain itu fasilitas IT juga cukup baik dengan komputer yang berkualitas baik, proyektor, dan earphone untuk lab bahasa.

Kemudahan mengurus administrasi

Untuk mengurus urusan administratif, staff tata usaha akan sangat membantu murid. Sistem untuk menjawab permintaan yang dimiliki siswa juga cukup mudah. Cukup mengambil formulir permintaan yang ada, mengisinya, dan akan diurus secepatnya.

Untuk masalah SPP, dilakukan sistem silang yaitu membayar sesuai kemampuan yang terlihat dari slip gaji dan bukti lainnya. Hal ini memungkinkan adanya keadilan dalam pembayaran.Bahkan ada yang sekolah dengan gratis.

Kelebihan SMA Regina Pacis Bogor secara umum

SMA Regina Pacis seiring waktu berusaha untuk menjadi lebih eco friendly dengan meminimalisir secara ketat pengguna plastik sekali pakai. Hal ini diwujudkan dengan adanya dispenser air di setiap lorong kelas..

Kekurangan SMA Regina Pacis Bogor secara umum

  • Arsitektur yang tua membuat toilet kurang bersih dan tersinari
  • Beberapa kelas yang relatif kecil. Contohnya, kelas jurusan sosial yang kecil dibandingkan dengan peminat yang terus bertambah.
  • Kurangnya AC di ruang kelas yang kadang membuat panas.
  • Wifi tak terjangkau di beberapa tempat

Kesan dan pengalaman pribadi saat reviewer bersekolah di SMA Regina Pacis Bogor

Sebagai murid yang asing terhadap Bogor dan kehidupan SMA yang sangat menuntut energi dan dedikasi, saya senang dapat menyebut SMA ini rumah saya. Terlepas dari fasilitas yang sangat baik dan keadaan fisik lainnya, saya percaya bahwa perasaan nyaman ini berasal dari koneksi antar warga sekolah. Pengajaran nilai universal yang menjadi dasar koneksi itu membuat Regina Pacis dapat menampung saya dan teman-teman saya lainnya menjadi keluarga yang erat. Sampai sekarang, saya bersyukur dapat belajar dari guru-guru yang ada di Regina Pacis dan institusi yang telah ada selama puluhan tahun ini.

Secara akademik, saya sungguh tertantang disini. Dengan teman-teman yang semuanya pintar dan merupakan murid terpilih, saya merasa Regina Pacis mendorong saya untuk menjadi lebih baik. Dari awal, banyak senior yang mengingatkan bahwa tuntutan tugas di Regina Pacis sangat berat bahkan mirip dengan tuntutan tugas perkuliahan. Awalnya saya merasa berat namun justru saya merasa lebih terampil dalam menanggapi banyak tuntutan-tuntutan yang ada.

Secara non akademik pula, saya sangat senang dengan pengalaman-pengalaman yang ada di Regina Pacis. Kegiatan seperti live in (menginap di desa terpencil dengan orang tua angkat) sungguh membuka mata saya tentang peran yang bisa saya lakukan di masyarakat. Selain itu, kegiatan ekskul yang banyak juga membuat saya lebih kreatif. Di kegiatan ini, saya belajar kemandirian. Di sisi lain, dengan guru yang siap menjadi pembimbing walaupun kemandirian menjadi poros, saya selalu merasa saya tidak salah arah dan saya sedang mempelajari hal-hal yang sangat penting untuk saya sendiri.

Regina Pacis memiliki arti ratu damai. Dan melalui seluruh dedikasi warga sekolah, nilai yang diajarkan, dan pengalaman yang diberikan, saya sungguh merasakan damai yang menjadi pusat cahaya sekolah ini. Nilai universal yang dijunjung membuat saya sebagai minoritas tidak merasa terasingkan. Saya yakin, alumni dan warga sekolah juga merasakan hal yang sama. Kumpulan kesan dari masing-masing komponen sekolah memberi pengalaman yang membekas bagi saya dan ratusan alumni lainnya.

Ucapan terima kasih kepada:

Terima kasih sebesar-besarnya ke orang tua saya yang telah memperkenalkan saya dengan sekolah ini karena saya dapat merasakan sekolah yang sungguh luar biasa. Terima kasih juga kepada guru dan warga Regina Pacis yang membuat hari-hari selama sekolah saya berharga.

Review sekolah SMA Regina Pacis Bogor oleh siswa lulusan tahun 2019

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!

Reviewer: Rev

Review SMA Regina Pacis Bogor 1Admin inReview. Mau berbagi ulasan produk, tempat, kampus, event, atau review apa pun untuk dibaca ribuan orang? Lagi cari website yang terima guest blog atau endorse?
Ngobrol yuk. E-mail: inreview.id@gmail.com

Ada yang Terlewat?