Sepeda Tandem untuk Kebersamaan dan Belajar Sepeda

Sepeda Pedego Tandem-Electric

Ini merupakan salah satu sepeda tandem elektrik terbaik. Faktanya, tidak banyak produsen sepeda tandem elektrik yang mengeluarkan kualitas terbaik mereka.

Editor's Rating:
4.9

Bermain sepeda menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama pasangan, teman, maupun keluarga. Tentunya bersepeda bersama akan jauh menyenangkan ketimbang bermain sepeda sendirian. Namun, bagaimana jadinya jika mereka tidak bisa bersepeda seperti anda? Nah, sepeda tandem ini juga merupakan solusi bagi yang tetap ingin bersepeda bersama meskipun masih perlu belajar sepeda.

Para pemula, khususnya akan memerlukan bantuan dalam menguasai cara bersepeda yang baik. Dan memang membutuhkan waktu yang lumayan lama agar seseorang bisa bersepeda. Salah satu alternatif terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersamaan sambil mengajar pemula cara bersepeda adalah menggunakan sepeda tandem.

Apa Itu Sepeda Tandem?

Sepeda tandem adalah sepeda “bersama” yang akan memberikan pengalaman berharga bagi penggunanya. Tidak hanya membonceng saja, sang pemula bisa merasakan bagaimana rasanya langsung mengayuh sepeda tersebut. Jadi, yang baru belajar tidak hanya menjadi orang yang pasif yang dibonceng saja, tapi juga bisa ikut merasakan bagaimana rasanya menjadi pengayuh sepeda.

Mungkinkah para pemula langsung belajar mengayuh sepeda bahkan tanpa roda bantuan? Ya, hal ini sangat mungkin jika menggunakan sepeda tandem. Sepeda ini memiliki dua (atau lebih) set pedal, sadel, dan setang yang memungkinkan pemula untuk ikut aktif. Walaupun peran penting seperti kendali setang, pengoperasian gigi dan pengereman tetap dipegang oleh salah satu pengendara yang lebih ahli.

Namun, yang menjadi penumpang tetap harus memberi tenaga dengan ikut mengayuh, dan menjaga keseimbangannya agar sepeda tandem ini dapat berjalan dengan baik. Keduanya harus sama-sama menginjak pedal dan mengayuh secara bersamaan. Hal inilah yang penting, di mana keduanya harus secara dinamis dan bersamaan dalam mengayuh sepeda tersebut.

Sepeda unik yang satu ini sudah banyak dijual secara bebas di pasaran. Sepeda ini juga sudah banyak yang menyukai dan menjadi penggemarnya. Bagaimana tidak, sepeda ini bisa menyatukan dua orang dengan irama kayuhan yang sama. Bentuknya juga tidak jauh berbeda dengan sepeda yang biasa. Hanya saja, memiliki dua setang dan dua pasang pedal sehingga memiliki dimensi yang lebih panjang dari sepeda pada umumnya.

Kelebihan Sepeda Tandem

Setelah kita mengetahui apa itu sepeda tandem, kali ini kita akan membahas sedikit tentang kelebihannya, yaitu:

Menjalin Kebersamaan

Seperti yang telah kita bahas di atas, bahwa sepeda ini mengutamakan kebersamaan. Orang yang mengayuh di depan atau yang bertindak sebagai kapten bisa mengajak orang lain untuk bersepeda bersama. Tentunya ini akan menghasilkan pengalaman yang seru dan menyenangkan. Di mana kita bisa bersepeda bersama tanpa harus menggunakan dua sepeda yang terpisah.

Melatih Kekompakan

Tentunya kekompakan dan kerja sama tim menjadi terlatih dengan baik saat mengendarai sepeda tandem ini dengan benar. Jika tidak, maka keseimbangan tidak akan terjaga sehingga sepeda akan mudah jatuh saat para pengendaranya tidak kompak. Untuk itu, komunikasi agar tercipta ritme yang baik antara kapten dan penumpang sangatlah perlu dalam menguasai sepeda ini.

Daftar Produk Sepeda Tandem Terbaik

Berikut beberapa produk sepeda tandem pilihan yang bisa dijadikan pilihan, yaitu:

1. United Tandem Stellar

Sepeda ini dijual seharga Rp3.850.000. Seperti kebanyakan sepeda tandem lainnya, sepeda ini memiliki desain ramping dan cocok untuk dikendarai oleh dua orang sekaligus. Sepeda ini memiliki warna putih yang terlihat sangat rapi, kasual dan modern. Frame atau rangka sepeda ini juga terbuat dari bahan alloy yang populer dan biasa digunakan oleh para produsen sepeda saat ini.

Sepeda United Tandem Stellar
Klik pada gambar.

Bahan frame sepeda United Tandem Stellar ini akan membuat bobot sepeda menjadi lebih ringan dan kuat serta tahan terhadap karat yang mengganggu. Sepeda ini dibekali dengan fitur Shimano 6 speed untuk menyesuaikan kekuatan kayuhan dan kecepatan sepeda tersebut. Tentunya, sepeda tandem ini sudah didesain secara khusus untuk digunakan oleh dua orang dengan nyaman dan mudah untuk diseimbangkan.

2. Polygon Impression AX

Bagi anda yang ingin bersepeda dan menghabiskan waktu bersama pasangan, teman atau bahkan anggota keluarga, maka produk ini sangat direkomendasikan. Sepeda tandem ini dijual seharga Rp6.250.000. Sepeda ini didesain dengan baik oleh Polygon. Kita tahu, bahwa Polygon memiliki posisi sebagai salah satu produsen sepeda terbaik di Indonesia. Bahkan, sudah ada banyak sekali produk Polygon yang beredar di pasaran.

Sepeda tandem Polygon Impression AX

Sepeda tandem yang satu ini memiliki sistem pengereman yang didesain dengan baik menggunakan teknologi V-brakes. Rangka sepeda Polygon Impression AX ini terbuat dari bahan alloy yang kuat, tahan banting serta ringan. Sepeda tandem ini menggunakan produk Shimano di bagian rem yang berkualitas tinggi untuk mengendalikan kecepatan sepeda. Kalaupun dapat dianggap sebagai kekurangan, adalah pedalnya yang terbuat dari bahan plastik.

3. Kulana Lua Cruiser

Ini merupakan salah satu produk sepeda tandem yang memiliki desain terbaru di pasar internasional. Harga yang ditawarkan untuk sepeda tandem ini adalah Rp4.353.000. Sepeda ini dirancang dengan ukuran body 26 inci yang pastinya kuat dan nyaman untuk digunakan menempuh beragam medan jalan. Sepeda ini juga memiliki warna yang mencolok dan indah.

Sepeda tandem Kulana Lua Cruiser

Jadi, sangat enak dan berkesan untuk menggunakannya bersama dengan pasangan. Bagian sadel sepeda Kulana Lua Cruiser ini dilengkapi pegas dan bagian pedal juga dirancang untuk mudah digunakan dan terasa lebih nyaman. Sehingga, anda dan pasangan tidak akan merasa sakit ketika menggunakan sepeda ini dalam waktu yang lama.

4. Mantis Taureno

Sepeda tandem yang satu ini sudah dirancang dengan baik, di mana pedal dibuat dari bahan nilon. Pelek dan roda sudah disesuaikan dengan ukuran body sepeda sehingga menjadi mudah digunakan. Kemungkinan ban selip akan sangat kecil.

Sepeda tandem Mantis Taureno

Sepeda yang satu ini dijual seharga Rp3.267.000. Sepeda tandem yang sudah dilengkapi dengan sistem V-Brake ini memudahkan pengemudi untuk melakukan pengereman dan membantu para pengendaranya menjaga keseimbangan.

Sepeda Mantis Taureno ini juga dilengkapi dengan pegas di bagian pedal yang menambah kenyamanan saat mengendarainya. Soal desain, tidak diragukan lagi. Sepeda satu ini sudah memiliki desain menarik yang memastikan penggunanya tetap tampil trendi dan terlihat futuristik.

5. PFiFF Collecttivo

Harga sepeda ini adalah Rp6.478.000 di Amazon. Sepeda ini menggunakan rangka dengan bahan aluminium yang kuat dan tahan lama. Peleknya memiliki bagian dinding ganda yang juga terbuat dari aluminium. Bagian bannya menggunakan ban reflektif Schwalbe Marathon Plus. Menggunakan sistem pengereman coaster yang memanfaatkan putaran pedal ke arah belakang. Menambah tantangan soal kekompakan. 🙂

Sepeda tandem PFiFF Collecttivo

Sepeda tandem PFiFF Collecttivo ini juga memiliki bagian sandaran kaki ganda yang memudahkan kedua penggunanya. Memiliki set percepatan dengan 7 kecepatan yang memungkinkan pengemudi lebih mudah memacu sepeda dengan stabil sesuai dengan tingkat beban. Sepeda ini sebagian besar terbuat dari bahan aluminium yang pastinya kokoh, tahan karat dan awet lebih lama.

6. Pedego Tandem-Electric

Sepeda tandem yang dijual seharga Rp42.358.000 di website resmi mereka yakni Pedego Electric Bikes, merupakan sepeda elektrik untuk berdua. Sepeda ini melengkapi dirinya dengan sistem penggerak supercharged yang bertenaga besar dan sudah diakui secara internasional. Ini merupakan salah satu sepeda tandem elektrik terbaik. Faktanya, tidak banyak produsen sepeda tandem elektrik yang mengeluarkan kualitas terbaik mereka.

Sepeda Pedego Tandem-Electric

Sepeda Pedego Tandem-Electric ini menggunakan baterai dengan tegangan 48 volt yang lazimnya digunakan pada truk besar. Baterai ini menggunakan bahan lithium ion sehingga kemampuannya menyerupai yang dimiliki oleh mobil elektrik. Bobotnya yang ringan dan mudah digunakan bisa membawa pengendaranya berjalan-jalan sejauh 60 km. Menggunakan mesin elektrik yang tidak berisik dengan output tenaga 500 watt. Sehingga mudah digunakan di jalanan mendaki seperti di perbukitan.

7. Pacific Dualie

Sepeda tandem ini dijual seharga Rp3.845.000 di Amazon. Memiliki desain ramping dengan paduan warna biru yang menyegarkan. Sepeda ini memiliki rangka yang dibuat dari bahan baja sehingga bobotnya akan jauh lebih ringan. Frame sepeda tersebut terbuat dari bahan baja anti karat dan kuat. Menggunakan gear-set 21 speed Twister untuk sensasi perpindahan gigi yang mulus ketika mengendarai sepeda tandem ini.

Sepeda tandem Pacific Dualie

Sepeda tandem Pacific Dualie ini dilengkapi dengan ban tebal yang aman serta velg yang ringan namun tetap kokoh dan kuat. Menggunakan sistem rem linear yang canggih dan membantu akurasi pengereman. Dengan fitur sepeda yang besar dan kuat, sepeda ini bisa digunakan untuk perjalanan di beragam medan jalan. Jadi, anda bisa menjelajah banyak tempat bersama dengan pasangan anda.

8. Schwinn Twinn

Sepeda tandem ini bisa didapatkan dengan harga Rp6.581.000 di Amazon. Ini merupakan salah satu sepeda tandem yang ramah untuk pemula. Bahkan, bagi pengendara dengan tinggi badan yang pendek, sepeda tandem yang satu ini tetap bisa digunakan. Karena dibekali dengan batang/bar di bagian belakang yang menggunakan fitur step thru yang sangat rendah. Sehingga memudahkan pengendara yang lebih pendek untuk menikmati perjalanan menggunakan sepeda ini.

Sepeda tandem Schwinn Twinn

Rangka alias frame sepeda ini terbuat dari bahan aluminium yang sudah terbukti kuat, ringan, dan tahan lama. Sepeda Schwinn Twinn ini dilengkapi dengan Shimano EZ Fire 21 kecepatan hingga membuat pergantian gigi lebih mulus dan mengayuh tidak terasa melelahkan. Dilengkapi juga dengan sistem rem cakram mekanis yang modern dan bisa merespon kebutuhan pengereman seperti apapun dengan baik.

9. KENT Northwoods Dual Drive

Sepeda tandem ini dijual seharga Rp3.789.000 di Amazon. Produk ini merupakan sepeda tandem berkualitas dengan model frame cruiser yang unik dan aman. Sepeda ini menggunakan drive train Shimano Tourney 21 kecepatan yang menyediakan banyak pilihan penyesuaian antara beban dan kecepatan. Walaupun frame-nya unik, namun ketinggian sepeda tandem ini tergolong standar dan bisa digunakan oleh kebanyakan orang.

Sepeda tandem KENT Northwoods Dual Drive

Sepeda KENT Northwoods Dual Drive ini menggunakan jenis ban lebar sehingga tidak mudah selip. Produk ini dilengkapi dengan sistem pengereman V-Brake yang menggunakan tarikan linear yang baik dan memiliki respon cepat. Sepeda ini juga sudah dilengkapi dengan sepasang dudukan/stand botol tempat minum. Sehingga anda dan pasangan berkendara tidak lagi sulit untuk sekedar memuaskan dahaga saat mengendarainya.


Demikianlah review sepeda tandem yang unik dan bisa memberikan pengalaman beraktivitas bersama yang berharga ini. Selain pilihan yang anda lihat di sini, perlu diketahui juga ada banyak sekali sepeda tandem custom yang harganya bervariasi, serta ketahanan dan keamanannya juga bervariasi. Anda bisa memilih sepeda tandem mana pun yang nyaman dan memiliki desain sesuai dengan selera bersama.