6 Rekomendasi Sepeda Gazelle Terbaik dan Cara Memilih Serta Merawatnya

Sepeda Gazelle adalah salah satu brand sepeda legendaris dan sudah menguasai pasar sepeda di Indonesia sejak beberapa tahun silam. Hal ini terjadi karena beberapa faktor terbaik yang dimiliki sepeda Gazelle. Sepeda ini juga merupakan sepeda bersejarah yang pastinya memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Beberapa penyebabnya adalah:

  • Tingkat kenyamanan yang diberikan oleh sepeda Gazelle ini sangat tinggi. Bahkan bisa digunakan baik bagi pengendara wanita maupun pria dan sangat populer dari masa ke masa.
  • Menggunakan bahan utama pembentuk yang sangat baik dan kuat. Sehingga bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama dan ini adalah sepeda yang tergolong sangat awet. Tahan akan kerusakan masalah penyok akibat benturan dan juga tidak mudah aus.

Itulah dua alasan utama mengapa sepeda Gazelle sangat diminati dari masa ke masa hingga sekarang ini. Gazelle sendiri merupakan brand sepeda yang dahulu terkenal dan didirikan di Belanda.

Pabrik sepeda yang ternama satu ini membuat sekitar 300.000 sepeda setiap tahunnya. Perusahaan sepeda ternama yang satu ini telah didirikan sejak tahun 1892 silam. Hingga saat ini, produk dari sepeda Gazelle sudah menjangkau banyak negara di berbagai belahan dunia.

Dari semenjak berdirinya perusahaan sepeda Gazelle ini, sudah banyak perkembangan dan pembaruan jenis sepeda yang mereka produksi. Hingga akhirnya pada tahun 2010 silam, survey tahunan yang ada di Eropa memberikan penghargaan terhadap Gazelle. 

Mereka terpilih sebagai salah satu produsen sepeda terbaik dan terpercaya. Sedangkan di Indonesia sendiri, produsen ini lebih dikenal dengan jenis sepeda onthel yang mereka produksi. Walaupun sudah banyak jenis-jenis sepeda modern lainnya, sepeda onthel Gazelle adalah yang terkenal dan paling mahal.

Cara Membedakan Sepeda Gazelle Asli dan Palsu

Karena jenis sepeda ini adalah salah satu yang terkenal dan tergolong sudah lama diproduksi, produknya seringkali dipalsukan. Hal ini dikarenakan harga dari sepeda Gazelle yang cukup mahal dan pastinya membuat peminat oknum pemalsuan sepeda menjadi lebih tertarik.

Agar tidak salah dalam memilih sepeda Gazelle, maka berikut ini cara membedakan produk asli atau palsu:

  • Kenali S-Work atau Specialized: Biasanya, setiap brand sepeda akan memiliki tipe S-work tersendiri. Jadi, ada beberapa detail yang tidak bisa dipalsukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Produk palsu tidak akan bisa mendaftarkan S-work produk tersebut di pabrik resminya.
    Dengan kata lain, hal ini akan didesain secara sembarangan dan tanpa aturan. Salah satu hal yang bisa menjadi penanda untuk S-work palsu adalah ukirannya yang terlihat lebih kasar. Sedangkan yang asli akan terlihat lebih halus dan rapi.
    Tidak hanya masalah kerapian ukiran, perbedaan juga akan terlihat pada dasar pewarnaan. Di mana yang palsu akan terlihat lebih samar dan pudar dan yang asli terlihat lebih cerah.
  • Poin penting berikutnya adalah melihat bagaimana pengerjaan dari frame alias kerangka sepeda. Biasanya, yang palsu bagian pengelasan aluminium hanya terdapat di bagian belakang, sedangkan yang asli akan dilas secara keseluruhan bagian rangka dari belakang hingga bagian depan.
    Pada bagian seat clamp akan terdapat perbedaan juga. Sepeda yang palsu tidak akan terdapat lubang sedangkan yang asli akan memiliki lubang.

Itu adalah dua poin penting untuk bisa membedakan produk sepeda Gazelle asli dan yang palsu. Hal ini sangat penting diketahui oleh para calon pembeli agar nantinya tidak salah pilih dan malah membeli barang tiruan. Sangat penting untuk mengetahui produk asli agar bisa menikmati kemewahan dari sepeda Gazelle ini.

Cara Merawat Sepeda Gazelle

Agar sepeda Gazelle selalu tahan dan tidak mudah rusak, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu cara merawatnya, seperti yang akan diulas di bawah ini. Panduan cara merawat sepeda Gazelle ini akan sangat berguna terutama untuk varian sepeda Gazelle yang tergolong tua dan antik.

1. Pelumas

Hal yang satu ini mungkin terlihat sepele dan selalu diabaikan banyak orang. Padahal, memberikan pelumas secara berkala dan rutin adalah hal terbaik untuk menjaga dan merawat sepeda Gazelle tersebut.
Pelumas ini harus diberikan pada bagian roda dan rantai. Ini bertujuan untuk mencegah terjadinya karat dan menghindari kesulitan saat mengayuhnya. Pastinya anda tidak ingin sepeda kesayangan yang sudah dibeli dengan harga yang mahal menjadi tidak nyaman dikendarai dan rusak hanya karena tidak merawatnya dengan baik bukan?

2. Kontrol rem

Secanggih apapun teknologi pengereman yang diterapkan pada produk sepeda, tetap saja harus dilakukan kontrol secara manual. Hal ini untuk mengurangi dampak buruk yang terjadi jika ada masalah pada bagian rem sepeda.
Pastinya, jika menginginkan jenis onderdil lawas untuk varian sepeda onthel Gazelle yang kuno akan sedikit mustahil. Tapi, anda bisa melakukan alternatif dengan memilih jenis onderdil terbaik yang beredar di pasaran saat ini. Kuncinya adalah melakukan pengecekan secara berkala dan rutin.

3. Lakukan Pengelupasan

Bila anda memilih sepeda onthel antik, sangat mungkin bertemu bagian yang berkarat. Agar karat tersebut tidak menyebar, maka anda harus melakukan pengelupasan secara berhati-hati pada bagian yang mulai berkarat, dan lakukan pengecatan ulang bila perlu. Namun, jangan sampai merusak bagian penting dari sepeda Gazelle ini. Pengecatan terkadang tidak ingin anda lakukan untuk menjaga orisinalitas sepeda antik tersebut, maka lakukan pembersihan ringan secukupnya saja.

4. Pembersihan

Hal penting lainnya adalah dengan melakukan pembersihan secara teratur. Gunakan tekanan air yang sedang untuk melakukan pencucian. Ini adalah solusi yang biasa digunakan agar tidak merusak bagian sepeda yang mudah terkelupas.
Kemudian, jangan lupa memeriksa bagian roda, rantai dan frame sepeda agar tidak banyak mengakumulasi kotoran.

Ulasan terkait: Panduan Memilih dan Rekomendasi Sepeda Wanita Trendi

Rekomendasi Sepeda Gazelle Terbaik

Walaupun kebanyakan kolektor sepeda pastinya akan tetap mengutamakan jenis sepeda Gazelle yang tua dan menarik. Namun, kita tetap bisa menikmati jenis-jenis sepeda Gazelle yang lain. Nah, apa sajakah jenis sepeda Gazelle terbaik tersebut? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Gazelle Esprit C3

Sepeda Gazelle Esprit C3

Ini merupakan salah satu rekomendasi sepeda Gazelle pertama yang bisa dibeli seharga Rp11.000.000 di Tokopedia. Sepeda ini merupakan salah satu seri yang tergolong mewah dan ringan bobotnya. Dengan harga yang tergolong fantastis, sepeda Gazelle Esprit E3 ini mudah dan nyaman untuk dikendarai. Bobotnya hanya mencapai 15 kg saja. Jadi, tidak terlalu berat untuk digunakan sehari-hari.

Sepeda ini sudah menggunakan gear Nexus 3 speed, jadi kecepatan berkendara sudah stabil dan tidak terlalu terasa goncangan saat melaju di jalanan. Menggunakan bingkai dengan bahan utama aluminum hingga kokoh dan tidak mudah rusak. Sepeda ini juga memungkinkan untuk membonceng anak-anak di bagian belakang. Dibekali juga dengan garansi selama 2 tahun.

2. Gazelle Tour Populair T3 Ladies

Sepeda Gazelle Tour Populair T3 Ladies

Sepeda Gazelle T3 Ladies ini tetap mengusung tema retro klasik yang unik dan terkesan elegan. Dibanderol dengan harga Rp19.000.000 di Tokopedia. Dengan membuat penyangga dan tempat duduk yang didesain senyaman mungkin hingga sang pengendara bisa menggunakan sepeda ini dalam waktu berkendara yang lama.

Bagian bingkai alias frame sepeda ini dibuat dengan mengikuti sudut 65 derajat. Sehingga akan terasa sangat nyaman dan kita bisa menggunakannya dengan lebih santai.

3. Gazelle 60 Seri 1

Sepeda Gazelle 60 Seri 1
Sumber: https://onthelpotorono.wordpress.com/2012/01/17/gazelle-60-seri-1-tetap-bernilai-di-usia-tua/

Jika anda adalah penyuka jenis sepeda onthel Gazelle tua nan klasik, maka Seri 1 dari Gazelle 60 adalah jawabannya. Sepeda ini dijual seharga Rp6.500.000 di Tokopedia. Bahan yang digunakan sebagai penyusun bingkai sepeda ini adalah logam pilihan berkualitas. Sehingga ketahanannya tidak kalah jauh dengan jenis sepeda baru yang telah menggunakan teknologi metal terkini. Kita bisa menjumpai bagian yang dilapisi vernikel di bagian-bagian pangkal maupun ujung fork.

Jadi, jika terkena cahaya matahari akan terlihat mengkilap dan sangat unik dan timeless. Logo asli Gazelle juga bisa dilihat tepat di bagian gir dan juga bagian pipa depan. Velg Lepper digunakan untuk menyangga roda depan dan belakang sepeda Gazelle 60 seri 1 ini.

Jika dihitung, ini adalah salah satu seri tertua dari sepeda Gazelle yang mungkin sudah berusia setidaknya 90 tahunan.

4. Gazelle Seri 11

Sepeda Gazelle Seri 11

Varian sepeda Gazelle Seri 11 ini bisa dibeli seharga Rp16.000.000 di Bukalapak. Ini merupakan jenis sepeda onthel tua bersejarah yang menggunakan tipe “L”. Di masa permulaan produksi, sepeda ini merupakan salah satu jenis terbaik yang menggunakan bahan-bahan pilihan di kelasnya. Sehingga dahulu ini adalah salah satu varian sepeda Gazelle yang sangat mahal jika dibandingkan varian Gazelle lainnya.

Biasanya, sepeda seri ini juga dikenal dengan nama Gazelle Pastur. Ini dikarenakan bentuk dari frame sepeda yang melengkung. Poin unik ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat varian ini masih digemari hingga saat ini. Tak sedikit pencinta sepeda antik selalu memburu varian Gazelle tersebut. Varian sepeda onthel ini termasuk jenis yang langka dan banyak diburu. Tak heran mengapa sepeda ini dijadikan legenda dan mahal harganya.

5. London Taxi CRB L 26

Sepeda London Taxi CRB L 26

Nah, walaupun bukan produksi Gazelle, kita juga memasukkan model sepeda onthel modern yang dikhususkan untuk kaum hawa. London Taxi CRB L 26 ini terlihat sangat feminin dan menarik. Sepeda ini bisa dibeli dengan harga Rp4.350.000 di Bukalapak. Tidak terlalu mahal bukan?

Hadir dengan warna yang lembut, sangat cocok jika dijadikan sebagai alat transportasi harian kaum wanita. Juga dilengkapi dengan tempat duduk yang lembut dan nyaman. Sepeda ini tidak terlalu tinggi sehingga cocok digunakan oleh rata-rata wanita di kawasan Asia. Sepeda ini memiliki sistem pengereman yang stabil dan baik.

6. Gazelle N1

Sepeda Gazelle N1

Sepeda Gazelle N1 yang unik dan elegan dan sangat spesial buatan Belanda ini dijual seharga Rp12.850.000 di Tokopedia. Tidak jauh berbeda dengan beragam spesifikasi sepeda Gazelle lainnya, varian ini juga merupakan seri terbaik yang menggunakan bahan aluminium kokoh untuk bagian kerangka sepeda.

Gazelle N1 juga, dilengkapi dengan pedal yang mantap untuk bisa melaju kencang dan lebih stabil saat dikendarai. Sistem pengereman yang digunakan juga sudah dirancang secara baik dengan menggunakan cakram dan bisa melakukan pengereman secara baik kapan pun dibutuhkan.

Harga yang dicantumkan untuk membeli varian sepeda Gazelle ini memang tergolong mahal. Apalagi untuk mendapatkan beragam seri terlawas seperti seri 1 hingga seri 11. Namun, seperti kata pepatah, ada harga ada nilai. Sehingga harga yang akan anda bayar akan sesuai dengan keamanan dan kenyamanan saat bersepeda menggunakan sepeda tersebut nantinya.

Jadi, dengan adanya varian sepeda Gazelle di atas, anda bisa memilih jenis mana yang cocok dan pas untuk kebutuhan dan cocok untuk budget yang anda miliki.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!