SEO lokal: Bagaimana Bisnis Restoran Menempati Peringkat Satu di Google Tanpa Website

Apakah restoran Anda ingin memanfaatkan saluran digital untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan?

Menarik pelanggan dalam industri yang kompetitif seperti bisnis restoran hadir dengan sejumlah tantangan unik. Salah satu tantangan ini sekarang adalah meningkatnya harapan konsumen untuk dapat mengakses informasi tentang restoran secara online. Jadi hadir secara online adalah hal penting untuk kesuksesan restoran Anda.

Inilah masalah umum pebisnis restoran: Anda punya setumpuk tugas terkait piring (secara harfiah). Menyiapkan menu, negosiasi dengan pemasok, merekrut personel restoran yang tepat, dan memastikan semuanya berjalan lancar. Energi Anda harus terbagi ke semua area bisnis restoran yang Anda jalankan, Anda tidak punya waktu untuk mengelola website apalagi mempromosikannya secara efektif.

Bisakah restoran Anda bertahan tanpa memiliki situs web di era digital ini? Apakah calon pelanggan Anda masih dapat menemukan Anda di mesin pencari?

Kami punya kabar baik, dan kabar yang tidak begitu baik untuk Anda yang berada dalam situasi ini… Saran kami tetap, Anda harus memiliki situs web untuk bisnis restoran Anda. Website adalah aset, properti yang dapat anda kendalikan, yang Anda miliki di dunia online. Namun, dalam jangka pendek masih memungkinkan untuk menempati peringkat pada halaman pertama pencarian Google, walaupun restoran Anda tidak memiliki situs web-nya sendiri.

Ingin tahu caranya?

Syaratnya Anda harus memahami SEO (Search Engine Optimization) lokal. Jadi dalam artikel ini kita akan berbicara tentang cara menggunakan SEO lokal untuk meningkatkan peringkat
restoran Anda di Google tanpa harus memiliki situs web sendiri.

Cara memulai kampanye SEO lokal yang kuat untuk restoran Anda

Meningkatnya persaingan dalam industri restoran berarti Anda harus fokus pada hal-hal unik yang dapat Anda tawarkan kepada calon pelanggan Anda, dan salah satunya adalah kedekatan lokasi, ini menurut survei Local Search Ranking Factors.

Masuk akal.

Tidak ada yang mau berkendara 20 km untuk menikmati makan malam yang lezat. Orang ingin menemukan tempat terbaik yang terdekat dengan mereka. Tentu, dalam bentuk tradisionalnya, Anda tidak dapat memindahkan lokasi fisik restoran Anda, tetapi Anda dapat memengaruhi faktor-faktor lain yang mendorong pencarian prospek pelanggan Anda dan menjadikan restoran Anda sebagai bisnis yang nampak pada peringkat teratas di wilayah Anda.

Menyiapkan kampanye SEO lokal adalah proses yang cukup praktis dan mudah. Namun Anda perlu mengetahui ABC (bukan A-Z) pencarian lokal dan menggunakan alat yang tepat untuk menjadikannya efektif.

Anda tidak butuh situs web yang luar biasa (malah tidak butuh situs web sama sekali!), selama posisi bisnis restoran Anda tetap di puncak hasil pencarian Google dengan strategi di bawah ini.

Mari kita lihat cara mewujudkannya.

Mulailah dengan menyiapkan Google Bisnisku

Menurut Google sendiri“Google Bisnisku merupakan fitur gratis yang mudah digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk mengelola kehadiran online mereka di Google, termasuk di Penelusuran dan Maps. Dengan memverifikasi dan mengedit informasi bisnis, Anda dapat membantu pelanggan menemukan Anda dan menceritakan kisah bisnis Anda kepada mereka.”

Survei SEO lokal yang saya kutip sebelumnya dari Moz menempatkan Google Bisnisku sebagai sumber pencari nomor satu untuk bisnis lokal. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari cara menggunakannya dengan benar.

Kita gunakan bisnis restoran Anda sebagai contoh. Pertama, orang perlu menemukan lokasi Anda dan secara fisik mendatangi Anda (atau dekat jika rumah makan Anda memiliki layanan delivery dalam radius tertentu). Kedua, Anda akan memiliki banyak pesaing, sehingga Anda perlu mengoptimalkan halaman Google Bisnisku dengan sempurna.

Begini caranya.

Langkah 1: Buat Halaman dan Klaim Bisnis Anda

Salah satu langkah pertama untuk menyiapkan Google Bisnisku adalah membuat halaman bisnis dan mengklaim halaman bisnis Anda.

Tujuan Anda adalah membuat sesuatu agar terlihat seperti ini dalam pencarian Google:

SEO local untuk restoran gambar 1. Contoh Knowledge graph pada SERP

Pastikan Anda memenuhi pedoman kualitas Google. Dengan kata lain, sangat penting bagi Anda untuk memahami apa yang diperlukan untuk membuat daftar yang baik dan informasi yang ingin dilihat Google.

Luangkan beberapa menit untuk membaca pedoman Google dengan cermat dan pelajari tentang cara memverifikasi lokasi Anda dan me-representasi bisnis restoran Anda secara akurat.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang persyaratan Google, sekarang saatnya memilih kategori yang tepat untuk bisnis Anda. Berhati-hatilah dengan pilihan ini karena klasifikasi yang Anda pilih akan memengaruhi setiap pencarian Google sejak saat ini. Misalnya, jika “restoran keluarga” lebih cocok untuk bisnis Anda daripada “restoran Italia,” maka itulah kategori yang harus Anda pilih.

Langkah 2: Lengkapi Listing Bisnis Anda

Jika Anda ingin membuat listing restoran Anda menarik bagi mesin pencari dan calon pelanggan Anda, maka Anda harus melengkapi isinya secara menyeluruh.

Karena Google akan selalu memberikan preferensi ke listing yang menawarkan lebih banyak informasi. Plus, pencari juga akan cenderung untuk memilih bisnis yang menyediakan sebanyak mungkin rincian.

Jangan hanya mengisi informasi dasar saja, seperti alamat, jam kerja, atau nomor telepon bsinsi Anda. Anda harus memasukkan juga jam khusus, foto, tautan ke menu Anda, cara pembayaran yang Anda terima, dan sebagainya. Yang paling penting, pastikan bahwa informasi yang Anda berikan akurat.

Berikut adalah contoh listing dari Ribs & Burgers yang diisi dengan informasi yang relevan:

SEO lokal untuk restoran gambar 2. contoh komponen knowledge graph pada SERP

Langkah 3: Ini Presentasi, Bukan Tontonan

Halaman Google Bisnisku bukan tempat pamer trik-trik pemasaran ajaib yang Anda miliki.

Presentasikan bisnis Anda secara profesional dan tawarkan wawasan berharga yang akan meyakinkan pelanggan untuk memilih Anda daripada pesaing Anda.

Bantu prospek Anda melihat hal-hal baik yang dapat mereka temukan di restoran Anda. Misalnya, jangan lupa menyebutkan teras hijau atau resep panekuk spesial yang disukai semua orang. Anda dapat melakukannya melalui foto, video, atau cerita. Halaman yang diperkaya media akan terlihat lebih menarik bagi pencari daripada yang hanya menyediakan informasi dasar.

Di bawah ini adalah contoh daftar Google Bisnisku yang kaya media:

SEO lokal untuk restoran gambar 3. contoh halaman Google Bisnisku yang kaya media

Langkah 4: Berinteraksi dengan Pelanggan Anda

Ulasan/review pelanggan adalah faktor penting yang sangat diperhitungkan orang ketika memilih restoran lokal dari pencarian online – plus review membantu peringkat Google Anda.

Jaga pelanggan eksisting Anda dan selalu cepat dalam menanggapi umpan balik dari mereka. Dorong mereka untuk memberikan ulasan dan biarkan mereka berbicara atas pengalamannya sendiri saat mendatangi restoran Anda.

Menurut studi Brightlocal pada tahun 2018, 84% orang mempercayai ulasan online sama pentingnya dengan rekomendasi pribadi. Gunakan ini sebagai keuntungan Anda dan jangan ragu untuk meminta review dari pelanggan setia Anda.

Pelanggan Anda dapat melihat pilihan ulasan langsung di pencarian Google seperti contoh ini dari Tetsuya di Sydney:

SEO lokal untuk restoran gambar 4. contoh daftar ulasan pada Google Knowledge Graph

Dengan mengklik “View all Google reviews“, daftar semua ulasan pelanggan akan muncul untuk restoran tersebut:

SEO lokal untuk restoran gambar 5. contoh daftar semua ulasan pelanggan

Visibilitas dan aksesibilitas ulasan ini menjadikannya komponen kunci untuk strategi SEO lokal Anda.

Sudah? Jangan berhenti di Google

Jangan berhenti di Google untuk menjadikan bisnis restoran Anda relevan dalam hasil pencarian.

Anda harus tahu situs lain yang digunakan calon pelanggan Anda untuk mencari rekomendasi di niche bisnis restoran Anda.

Misalnya, Anda dapat membangun halaman bisnis di situs web khusus seperti TripAdvisor, Yelp, atau inReview karena mereka akan sering muncul di hasil pencarian Google juga. Ada juga situs agregasi lain seperti Zomato untuk dipertimbangkan.

Gunakan traffic dan audien mereka yang mapan untuk tampil di halaman pertama tanpa harus memiliki situs web restoran Anda sendiri.

Contoh, ketika saya mencari “Pizza Surry Hills” dua hasil pencarian organik pertama adalah TripAdvisor dan Zomato:

SEO lokal untuk restoran gambar 6. contoh hasil pencarian organik halaman 1 Google yaitu Yelp dan Zomato

Pasang geotag pada gambar Anda

Ini adalah trik cerdas untuk membawa lebih banyak pelanggan ke halaman bisnis Anda melalui pencarian Google.

Luangkan waktu untuk membuat daftar kecil sumber daya visual yang restoran Anda miliki seperti gambar berbasis lokasi restoran Anda, wajah happy customer di restoran Anda, visual yang menarik dari menu masakan Anda… apa pun yang bisa Anda pikirkan.

Saat Anda mengunggah gambar restoran Anda ke Flickr, Picasa, atau platform gambar lainnya, isi tag dengan lokasi Anda dan informasi yang kaya kata kunci lainnya. Dengan begitu, Anda meningkatkan peluang restoran Anda muncul di halaman pertama Google. Lebih disukai apabila ada visual yang tampak indah dari sajian khas Anda!

Memberi geotag pada foto bukan proses yang sulit, dan akan meningkatkan performa SEO lokal Anda secara signifikan, jadi manfaatkan sepenuhnya.

Hubungkan akun media sosial ke halaman bisnis Anda

Ada baiknya jika Anda menghubungkan beberapa sumber online yang mengarah ke halaman bisnis Anda, jadi Anda meng-cover aspek virtual sebanyak mungkin – tanpa memiliki situs web sendiri.

Hadirkan diri dan bisnis Anda di Facebook, Instagram atau FourSquare dan selalu sebutkan halaman bisnis Anda dalam deskripsi profil Anda. Dengan cara ini, Anda mendapatkan eksposur tambahan dan lebih banyak calon pelanggan yang dirujuk ke halaman bisnis Anda.

Jangan melakukan spamming, cepat atau lambat konsekuensi melakukan spam akan sangat fatal bagi kehadiran online bisnis Anda.

Semakin banyak orang yang melihat halaman bisnis Anda di Google, semakin besar kemungkinan Google untuk menunjukkannya kepada pencari lain karena Google akan menganggapnya menarik dan relevan. Win-win.

Kesimpulan

Memiliki situs web yang terlihat profesional dan mengoptimalkannya dengan sempurna bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan peringkat satu di Google.

Walau mungkin kedengarannya aneh, tetapi seperti yang telah kami demonstrasikan di atas, SEO lokal sama pentingnya (atau malah lebih penting) daripada memiliki situs web untuk restoran Anda.

Apakah pelanggan menemukan restoran Anda ketika mereka mencari restoran lokal di Google?

Jika tidak, coba pikirkan bagaimana Anda bisa menerapkan tip di atas untuk mendapatkan visibilitas yang Anda inginkan.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!


Reviewer: Dhany Esperanza

SEO lokal: Bagaimana Bisnis Restoran Menempati Peringkat Satu di Google Tanpa Website 1WordPress enthusiast, gamer, aquarist, teacher, farmer, researcher. An eternal student that love to learn anything new.