8 Rekomendasi Sepeda MTB Polygon Terbaik

Sebelum kita membahas daftar rekomendasi sepeda MTB Polygon terbaik, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu sepeda MTB (Mountain Bike). Sesuai namanya; mountain bike, sepeda MTB adalah sepeda gunung yang akan memudahkan penggunanya untuk menjelajahi medan gunung yang kasar.

Seperti yang kita ketahui, jalur yang ada di jalan biasa dengan jalanan di pegunungan tidak sama. Oleh karena itu, bagi pecinta olahraga sepeda, adanya jenis sepeda MTB ini akan sangat berguna.

Sepeda MTB sendiri memiliki banyak jenis yang berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalur yang akan di tempuh. Inilah sebabnya mengapa ada banyak produsen sepeda MTB yang mengeluarkan produk-produk unggulan terbaik mereka termasuk Polygon.

Untuk mengenali lebih jauh tentang jenis-jenis sepeda MTB ini, berikut klasifikasi sepeda MTB berdasarkan jenis suspensi yang digunakan:

  • Fully Rigid: Ini merupakan jenis sepeda MTB yang sejatinya tidak memiliki suspensi. Pada tahun 80 hingga 90-an ini adalah jenis sepeda gunung yang sempat populer dan memiliki banyak peminat (karena tidak ada atau tidak banyak juga jenis suspensi sepeda MTB lainnya).
  • Hardtail: Jika ingin mendapatkan sepeda MTB yang dilengkapi suspensi di bagian depan, maka carilah yang berjenis ini. Hardtail adalah suspensi sepeda yang biasa digunakan untuk menanjak, dan medan XC alias cross country. Sepeda MTB yang satu ini juga sangat efisien jika digunakan di jalur pegunungan dengan kondisi kemiringan yang datar.
  • Dual atau Full Suspension: sepeda MTB ini merupakan jenis yang biasa dinamai dengan istilah fulsus. Sesuai dengan namanya, MTB yang satu ini memiliki suspensi di bagian belakang dan juga bagian depan. Jenis suspensi sepeda ini merupakan salah satu tipe yang nyaman digunakan pada jenis medan jalan berbatu, jalan tanah atau jenis jalan yang bergelombang (tidak rata). Hanya saja, jenis sepeda MTB yang satu ini akan kurang responsif jika digunakan untuk jalan yang menanjak mulus. Karena memiliki efek bobbing atau efek rantai yang suka mengendor maupun mengencang dengan sendirinya.

Tidak hanya berdasarkan posisi dan jenisnya, suspensi yang dimiliki oleh sepeda MTB juga terdiri dari beragam jenis. Ada yang berupa virtual pivot point, four bar linkage dan juga single pivot point. Bahkan, teknologi terkini sudah menyediakan fitur untuk memaksimalkan kayuhan dengan penambahan fitur lock.

Daftar Rekomendasi Sepeda MTB Polygon Terbaik

Setelah kita mengenal apa itu sepeda MTB, maka kali ini kita akan membahas tentang rekomendasi sepeda MTB Polygon. Polygon sendiri adalah salah satu produsen sepeda MTB yang namanya sudah tidak asing lagi di Indonesia.

Polygon yang memang sudah ada semenjak tahun 1989 ini berhasil mengembangkan sayapnya di Indonesia dan berbagai negara luar negeri. Dengan keunggulannya, berikut beberapa rekomendasi sepeda MTB Polygon terbaik yang beredar di market Indonesia, yaitu:

1. Sepeda MTB Polygon Cascade 2.0

Sepeda MTB Polygon Cascade 2.0
Klik pada Gambar

Jika anda mencari sepeda MTB Polygon yang satu ini, maka akan seringkali kehabisan stock. Karena, ini adalah jenis sepeda MTB Polygon yang tergolong populer dan laris di pasaran. Penampilannya yang memukau dan beragam fitur terbaik membuat banyak kalangan yang menyukai dan mencari sepeda yang satu ini.

Bahkan, ini adalah varian sepeda gunung Polygon yang sudah dilengkapi dengan rem cakram yang bisa menjadi salah satu perangkat yang canggih untuk menghentikan sepeda. Untuk masalah guncangan dan beberapa hentakan yang kerap dirasakan saat menjelajah medan yang kasar, sepeda ini dilengkapi dengan shock Zoom yang menjadi solusi hal tersebut.

Dengan segala jenis keunggulannya, sepeda MTB Polygon Cascade 2.0 ini adalah jenis sepeda gunung unggulan yang sering dijadikan varian favorit. Tentunya, ini tak luput dari beragam fitur terbaik yang sudah dilengkapi dan bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Bobot sepeda MTB Polygon yang satu ini adalah 17 kg. Produk ini bisa ditemui di toko lokal dan online seharga Rp2.600.000.

2. Sepeda MTB Polygon Broadway 3.0

Sepeda MTB Polygon Broadway 3.0

Produk yang satu ini juga merupakan salah satu pilihan dari sepeda gunung Polygon terbaik. MTB Polygon Broadway 3.0 ini sudah dilengkapi dengan fitur double shock di bagian tengah dan bagian depan. Fitur tersebut berguna untuk mengurangi goncangan dan hentakan yang dirasakan pengendara saat bersepada di medan jalan yang tidak rata. Produk ini juga memiliki desain frame yang cukup unik dan menarik.

Jika dilihat penampakannya secara lebih seksama, ini adalah jenis sepeda gunung yang mengusung jenis All Mountain. Sepeda ini juga bisa digunakan untuk segala jenis medan di pegunungan. Dilengkapi juga dengan bagian frame yang ringan serta tangguh dengan bahan dasar alloy.

Mengusung warna dasar cerah yakni putih, sepeda ini memiliki tampilan broadway yang indah dan terlihat sangat berkelas. Untuk pengamanan pengendara yang lebih optimal, sepeda ini sudah dilengkapi dengan rem cakram di kedua roda depan dan belakang. Produk ini bisa dibeli dengan harga Rp2.750.000.

3. Polygon Premier 3.0

Sepeda MTB Polygon Premier 3.0

Polygon premier 3.0 adalah salah satu produk sepeda gunung yang tangguh. Walaupun dirancang khusus untuk digunakan pada medan gunung yang lebih ekstrim, penggunaan sepeda yang satu ini tetap bisa dilakukan pada daerah perkotaan dengan jalanan yang mulus dan rata. Ini adalah jenis sepeda gunung yang lebih cocok untuk digunakan oleh pria.

Desain dan fitur yang disematkan pada produk satu ini tergolong multi fungsi dan mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun. Memiliki 2 jenis varian warna, yakni : charcoal dan hitam. Memiliki ukuran ban yang didesain lebih besar. Tersedia dengan harga Rp3.325.000 di Tokopedia.

Baca juga: Model dan Harga Sepeda Fixie Terbaik

4. Polygon Rayz 1.0

Sepeda MTB Polygon Rayz 1.0
Klik pada Gambar

Nah, jika kita mencari sepeda gunung multi fungsi lainnya dari Polygon, maka Rayz 1.0 akan menjadi jawaban yang tepat juga. Sepeda MTB Polygon Rayz 1.0 ini merupakan jenis sepeda gunung yang terasa nyaman dan aman digunakan di berbagai medan perjalanan. Kenyamanan dengan roda sepeda yang memiliki ukuran besar dan juga penggunaan dual suspension menjadi andalan produk yang satu ini. Produk ini bisa ditemukan di Bukalapak dengan harga Rp3.600.000.

5. Polygon Hybrid 700c Heist 2.0

Sepeda MTB Polygon Hybrid 700c Heist 2.0

Kemudian, jika ingin merasakan produk sepeda gunung Polygon yang memiliki sistem pengereman yang lebih unik dan berbeda, maka Polygon Hybrid 700c Heist 2.0 inilah jawabannya. Sepeda gunung yang satu ini telah dilengkapi dengan teknologi pengereman hidrolik. Ini merupakan teknologi yang memiliki daya pengereman hampir sama dengan kendaraan bermotor.

Nah, unik dan sangat modern bukan? Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan fitur 24 operan gigi yang memudahkan pengendara. Produk sepeda gunung ini bisa kamu dapatkan di Blibli dengan harga Rp3.199.900.

6. Polygon Monarch 5 (M5)

Sepeda MTB Polygon Monarch 5 (M5)
Klik pada Gambar

Jika kita berbicara masalah sepeda MTB Polygon terbaik dan yang paling murah di antara sekian banyak versinya, maka Monarch bisa menjadi kandidat utama. Polygon sendiri menyediakan versi Monarch dalam berbagai series. Bahkan, di tahun 2018, masih terdapat produksi dari Monarch 2 hingga yang terbaru adalah Monarch 5 ini. Monarch 2 sendiri terdiri dari 2 tipe yang bisa digunakan oleh pengendara wanita dan pria. Sedangkan seri atas dari Monarch dibuat untuk pengendara pria.

Monarch sendiri menggunakan jenis ban yang lumayan besar dengan menggunakan ukuran diameter sebesar 26 inci. Hanya saja, ini bukanlah jenis sepeda gunung yang cocok untuk pengendara yang tinggi badannya lebih dari 196 cm. dikarenakan, sepeda ini hanya tersedia dalam bingkai alias frame ukuran S. Polygon Monarch 5 ini sudah menggunakan bingkai kuat terbuat dari Alloy, adapun seri di bawahnya masih terbuat dari besi. Produk ini bisa didapatkan di toko sepeda lokal dan online dengan kisaran harga antara Rp2.000.000 sampai Rp7.500.000.

Kekurangan dari jenis sepeda MTB Polygon yang satu ini adalah fasilitas rem cakram yang tidak terlalu canggih. Oleh karena itu, rasanya kurang mantap jika dibandingkan dengan sistem MTB lain yang sudah mengusung teknologi rem terbaik. Hanya saja, series ini merupakan seri MTB yang memiliki pilihan warna yang banyak. Di Monarch 5 saja kita disuguhkan dengan 4 pilihan warna berbeda.

7. Polygon Xtrada 3.0

Sepeda MTB Polygon Xtrada 3.0

Jika ada yang sedang mencari sebuah sepeda gunung nan canggih serta kuat, maka Polygon Xtrada 3.0 akan menjadi salah satu jawabannya. Ini merupakan produk yang dibuat berdasarkan peningkatan fitur dari hardtail cross country. Dimana bingkai sepeda sudah menggunakan bahan alloy. Sepeda ini juga merupakan salah satu rekomendasi sepeda gunung yang tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan sepeda gunung bagus lainnya.

Ini mungkin dikarenakan sistem yang digunakan tidak terlalu modern. Misalnya saja masalah fitur pengereman hidrolik yang belum diterapkan pada seri sepeda MTB Polygon yang satu ini.

Namun, jangan khawatir untuk menggunakannya, sepeda ini memang secara khusus dirancang untuk bisa memaksimalkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Jadi, pengendara tidak perlu ragu masalah performa sepeda MTB ini. Produk ini bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp8.295.000.

8. Polygon Xtrada 5.0

Sepeda MTB Polygon Xtrada 5.0
Klik pada Gambar

Masih berada pada seri yang merupakan salah satu unggulan sepeda MTB Polygon terbaik yakni Xtrada, kali ini kita memasukkan Xtrada 5.0. Selain seri Xtrada 3.0, pilihan terbaik lainnya yang bisa dicoba adalah Polygon Xtrada 5.0 ini. Frame yang dimilikinya akan membuat kamu lebih mudah berkendara karena lebih ringan. Bisa dibeli di toko sepeda lokal terdekat atau di toko online dengan harga Rp5.500.000.

Nah, demikianlah rekomendasi sepeda MTB Polygon terbaik. Dimana nantinya kamu yang ingin menemukan sepeda gunung pilihan tidak lagi salah pilih dalam membeli.