Rekomendasi Sepeda Downhill Untuk Pemula

Sepeda downhill Santa Cruz V10

Dari tampilan saja, anda sudah bisa menilai bagaimana menariknya desain dan teknologi yang digunakan. Sepeda downhill Santa Cruz V10 ini sangat cocok digunakan untuk penurunan maupun jalan tanjakan di pegunungan dan bisa menemani di perjalanan panjang sekalipun.

Editor's Rating:
4.9

Bagi pesepeda yang menyukai tantangan dan jalur yang ekstrim, menuruni jalanan di pegunungan adalah hal yang masuk dalam daftar to do. Anda bisa merasakan sensasi kecepatan yang pastinya tinggi dan mewajibkan penggunaan sepeda downhill.

Sepeda gunung yang satu ini memang didesain untuk bisa melaju dengan baik saat meluncur turun di daerah pegunungan dan dapat menyeimbangkan pengendaranya saat mengatasi masalah gravitasi.

Sepeda gunung downhill yang tergolong gagah dan memiliki bagian suspensi belakang terbaik ini tidak melulu mahal dan diperuntukkan untuk pengguna yang sudah berpengalaman. Ada jenis sepeda downhill yang masih sangat ramah dan bisa digunakan bagi para pemula untuk memacu kecepatan mereka.

Persiapan Sebelum Berpacu Dengan Sepeda Downhill

Menyiapkan semua keperluan sebelum memutuskan untuk melaju di lintasan adalah hal yang sangat penting. Dimana anda sebagai pengendara sepeda downhill akan menuruni jalanan menurun yang panjang dan curam, anda harus memastikan untuk tidak mengalami pengalaman yang berbahaya nantinya. Berikut persiapan yang harus dilakukan:

1. Persiapkan Helm

Ada banyak sekali merk helm terbaik yang bisa melindungi kepala jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti benturan saat terpelanting. Pilihlah helm yang memiliki bagian luar cangkang yang kokoh dan tahan. Namun, jangan lupakan bagian dalam yang juga harus nyaman untuk bisa memberikan ruang bagi aliran darah kepala.

Jangan sampai memakai ukuran helm yang tidak sesuai dengan kepala anda. Hal ini akan menekan kepala dan membuatnya tidak nyaman sehingga membuat anda menjadi lebih mudah mual, letih, dan sakit kepala.

2., Baju Yang Tepat

Sebenarnya, tidak ada aturan dalam menggunakan baju jenis apa ketika melaju dengan kecepatan tinggi. Namun, jika anda ingin maksimal saat di perjalanan menggunakan sepeda downhill, ada baiknya menggunakan baju yang tidak terlalu ketat atau terlalu besar.

Usahakan baju ini tidak memiliki banyak aksesoris seperti adanya tali temali yang nantinya bisa menyebabkan potensi kecelakaan karena terlilit selama berkendara.

3. Pelindung Lutut

Sama halnya dengan pilihan baju yang tepat, pelindung lutut ini bisa dibeli dengan harga yang sudah ditentukan di berbagai toko perlengkapan sepeda. Ini merupakan pengaman untuk anda terutama yang masih pemula walaupun bahkan pesepeda profesional juga disarankan sekali untuk menggunakannya.

Pelindung lutut ini berguna untuk memastikan tempurung lutut anda tidak mengalami luka serius jika terjadi benturan ataupun kecelakaan ringan. Sejatinya, alat ini memang diciptakan agar pesepeda tetap bisa berkendara dengan nyaman dan aman.

4. Cek Bagian Rem

Nah, hal yang tak bisa disepelekan lagi adalah untuk selalu waspada dan melakukan pemeriksaan terhadap bagian rem. Walaupun semua sepeda downhill telah dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik dan aman, tapi kesalahan bisa saja terjadi kapan saja. Pastikan rem sepeda yang akan digunakan dapat berfungsi dengan baik. Caranya adalah dengan mengayuh sepeda di jalanan yang biasa terlebih dahulu dan tes kepekaan serta cengkeraman remnya.

5. Balutan Pedal

Biasnya, pedal sepeda downhill ini tergolong keras dan kurang nyaman jika digunakan dalam waktu yang lama. Ini dikarenakan fungsi utama dari sepeda tersebut adalah melaju di penurunan jalan yang ekstrim. Jadi, menggunakan balutan yang berupa aksesori sepeda akan menambah kenyamanan saat berkendara.

Rekomendasi Sepeda Downhill Untuk Pemula

Untuk anda yang masih pemula, berikut telah kami sediakan daftar sepeda downhill terbaik yang bisa dicoba, yaitu:

1. Patrol 871 Full bike Downhill

Sepeda downhill ini dijual seharga Rp36.150.000 di Tokopedia. Dengan harga yang lumayan mahal ini, sepeda tersebut menawarkan banyak fitur terbaik untuk meluncur turun di perbukitan. Misalnya saja body dari sepeda ini yang sangat kokoh, besar dan bertenaga.

Sepeda Patrol 871 Full bike Downhill
Klik pada gambar.

Tidak hanya memiliki body yang bagus, tapi sepeda Patrol 871 Full bike Downhill ini juga memiliki ukuran yang bisa dipilih berdasarkan badan pengguna. Sepeda downhill yang satu ini menggunakan rear shocks DHX2 dan juga dilengkapi dengan seat clamp serta headset. Jadi, anda bisa berkendara dengan nyaman dan aman.

2. United Aveiro 2.0

Sepeda downhill yang satu ini dijual seharga Rp2.490.000 di Shopee. Seperti sepeda gunung yang lain, sepeda ini memiliki frame yang terbuat dari bahan alloy yang kuat dan ringan. Sepeda ini menggunakan fitur shifter Shimano Non Series 3×8 Speed yang akan memberikan kecepatan maksimum saat berkendara. Menggunakan fork SR Suntour XCM3.0 dan juga rear shock coil spring.

Sepeda downhill United Aveiro 2.0

Sepeda United Aveiro 2.0 ini juga sudah dilengkapi dengan ban Maxxis Ikon 27.5×2.20 yang pastinya sangat pas dengan jalan menurun di perbukitan tersebut. Menggunakan rem cakram hidrolik Tektro yang membuat keamanan sepeda menjadi lebih terkendali dan stabil. Sepeda ini juga memiliki rim United 27.5 dan pastinya nyaman untuk dikendarai.

3. MTB Thrill Fervent T120

Sepeda downhill yang satu ini dijual seharga Rp12.350.000 di Shopee. Sepeda ini menggunakan frame terbaru yang dilengkapi in-tubing cable route yang membuat perjalanan semakin nyaman tanpa gangguan kabel-kabel yang berserakan. Sepeda MTB ini menggunakan fork Suntour XCM HLO. Sepeda ini juga dilengkapi dengan shock DNM AOY serta handle bar Thrill.

Sepeda downhill MTB Thrill Fervent T120

Seat post pada sepeda MTB Thrill Fervent T120 ini adalah Thrill AL 6061 yang lebih baik daripada seri sebelumnya. Pedal menggunakan bahan alloy yang ringan, kuat dan tahan. Sepeda ini menggunakan brakes Himano  yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Dilengkapi dengan aksesoris yang digunakan untuk melindungi sepeda agar tetap aman.

4. Polygon Monarch 2.0

Sepeda downhill yang sudah ada semenjak tahun 2015 silam ini dijual seharga Rp1.650.000 di Tokopedia. Sepeda ini dirilis dengan 2 versi berbeda yakni versi gent dan lady. Sesuai dengan namanya, versi Gent adalah sepeda yang diperuntukkan untuk pria dan versi Lady adalah sepeda untuk wanita. Jadi, kedua jenis sepeda ini pastinya sudah didesain sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan baik untuk pria dan wanita.

Sepeda downhill Polygon Monarch 2.0

Sepeda Polygon Monarch 2.0 ini dibuat menggunakan frame yang menggunakan bahan baja dengan tipe Hi-Ten Steel (high tensile steel) yang pastinya aman dan juga dilengkapi dengan fitur anti karat. Jadi, sudah sangat baik bagi sepeda dan memenuhi standar untuk digunakan di jalanan pegunungan.  Dengan banyaknya fitur terbaik yang dimiliki oleh sepeda ini, tidak hanya enak digunakan sebagai sepeda gunung juga nyaman digunakan di jalanan dalam kota.

5. United Avalanche XC 72

Sepeda ini dibuat menggunakan frame yang terdiri dari bahan alloy yang popular di kalangan produsen sepeda. Sepeda ini mampu memberikan kenyamanan dengan bobot ringan yang hanya 12 kg saja. Sebagai salah satu sepeda downhill, tentunya sepeda ini sangat menarik dan perlu dipertimbangkan. Frame sepeda ini juga kokoh dan tangguh, sehingga aman dan mudah digunakan di segala jenis medan jalan.

Sepeda downhill United Avalanche XC 72

Sepeda United Avalanche XC 72 ini juga mampu melesat cepat. Dengan dibekali 7 tingkatan kecepatan yang cocok digunakan saat menanjak di jalanan perbukitan. Penggunaan grafis stiker, sadel dan striping yang digunakan sepeda ini tergolong masih bertemakan konvensional. Sangat menarik bagi yang ingin tetap memiliki sepeda khas dengan penampilan beberapa tahun silam. Harga yang ditawarkan oleh produk ini juga sangat ramah di kantong anda, pada kisaran Rp3.500.000..

6. Pacific Revolt 4.0

Sepeda downhill ini bisa kita temukan seharga Rp1.600.000 di Tokopedia. Sudah dibekali dengan fitur 21 kecepatan yang bisa membawa anda berpacu dengan leluasa. Bingkai sepeda ini dibuat menggunakan bahan baja yang masih tergolong ringan untuk berakselerasi. Dengan 21 transmisi ini, anda bisa memacu dan membawa sepeda ini di medan jalan apapun.

Sepeda downhill Pacific Revolt 4.0

Perpindahan gigi dari satu gigi ke gigi yang lainnya tergolong cepat dan mulus sehingga banyak sekali pengguna yang menyukai fitur sepeda Pacific Revolt 4.0 ini. Tidak hanya urusan kecepatan saja, sepeda ini juga dibekali dengan roda terbaik dan fitur pengereman yang handal. Anda akan tetap aman dan nyaman menggunakan sepeda ini pada kecepatan penuh. Karena, sistem pengeremannya sudah dilengkapi dengan sepasang disk brake yang akurat dalam mengendalikan kecepatan pengereman.

7. Wimcycle Roadchamp 2.0

Sepeda yang dijual seharga Rp1.950.000 di Tokopedia ini sudah dilengkapi dengan frame yang terbuat dari bahan Hi tensile steel diamond. Bahan tersebut akan membuat bobot dari bingkai sepeda menjadi lebih ringan namun tetap kuat tentunya. Dengan bobotnya yang ringan tersebut, tidak jarang sepeda downhill ini digunakan untuk menjelajahi jalanan pegunungan yang berliku dan melintasi hutan.

Sepeda downhill Wimcycle Roadchamp 2.0

Sepeda Wimcycle Roadchamp 2.0 ini juga dilengkapi dengan perangkat pendukung yang bagus dan jempolan. Misalnya saja teknologi yang digunakan untuk meminimalisir getaran saat berkendara yakni front fork yang digunakan. Fitur ini adalah salah satu jenis suspensi yang terbaik digunakan oleh produsen sepeda di produk mereka. Tidak hanya dibekali fitur terbaik, sepeda ini juga hadir dengan desain minimalis dan modern. Sehingga, anda yang menggunakannya tidak akan merasa kalah gaya.

8. Santa Cruz TallBoy

Merk sepeda downhill lainnya yang bisa dipilih adalah Santa Cruz Tallboy yang dijual seharga Rp32.500.000 di Bukalapak. Produsen sepeda yang satu ini memang sudah lama dikenal dengan banyaknya jenis sepeda yang mereka produksi untuk menuruni lintasan yang curam. Jadi, jangan ragukan kehebatan dan ketahanan dari produk yang satu ini. Sepeda ini ringan dengan frame yang terbuat dari bahan alloy.

Sepeda downhill Santa Cruz TallBoy

Sepeda Santa Cruz TallBoy ini juga hadir dengan fitur down tube protector, VPP suspension dan juga molded seat stay. Ukuran ban yang dimiliki sepeda ini beragam. Dapat disesuaikan dengan ukuran sepeda tersebut. Anda bisa memilih ukuran sepeda dari M hingga XL. Jadi, sangat mudah untuk digunakan oleh pengendara karena bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh.

9. Santa Cruz V10

Seperti Tallboy, sepeda ini juga diproduksi oleh produsen sepeda gunung ternama yakni Santa Cruz. Sepeda downhill yang satu ini dijual seharga Rp48.000.000 di Bukalapak. Dengan harga spesial tersebut, kita bisa membayangkan bagaimana kekuatan, ketahanan dan kehebatan dari sepeda ini. Jelas merupakan salah satu sepeda terbaik di kelasnya.

Sepeda downhill Santa Cruz V10

Dari tampilan saja, anda sudah bisa menilai bagaimana menariknya desain dan teknologi yang digunakan. Sepeda Santa Cruz V10 ini sangat cocok digunakan untuk penurunan maupun jalan tanjakan di pegunungan dan bisa menemani di perjalanan panjang sekalipun.


Demikianlah pembahasan mengenai produk sepeda downhill untuk pemula yang kami rekomendasikan. Silahkan coba dan menggunakan salah satu dari rekomendasi diatas untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.