Ragam Hiasan Aquarium dan Tips Dekorasi

Sending
Rating Pembaca (Klik Bintang)
0 (0 votes)
Rating dari Komentar 0 (0 reviews)

Hobi memelihara ikan di aquarium adalah kesenangan pribadi yang seringkali dihubungkan dengan kreativitas dimana dibutuhkan ide untuk menghiasnya dan membuat tampilan akuarium tampak lebih menarik dan menyegarkan. Namun jangan lupa, merawat akuarium harus diiringi dengan ketelatenan.

Macam-macam Hiasan Aquarium

Bagi Anda yang sedang mencari ide untuk menghias aquarium jangan bingung ya, kami punya ide hiasan aquarium atau dekorasi aquarium yang indah dan mudah. Yuk baca rekomendasi hiasan aquarium dan tips dekorasi aquarium di bawah ini sampai selesai.

1. Hiasan Aquarium dari Bahan Plastik

Hiasan Aquarium dari Bahan Plastik
Klik pada gambar.

Hiasan aquarium dari bahan plastik lebih murah dan popular, tersedia dalam berbagai bentuk seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan aneka bentuk lainnya. Umumnya dijual mulai dari harga Rp20.000 saja.

Namun Anda harus pandai menilai kualitasnya, hindari bahan plastik yang memiliki kandungan metal atau zat beracun lain di dalamnya agar tidak mudah berkarat dan tidak membahayakan kesehatan ikan. Untuk penempatan dan ukurannya tentu Anda bisa menilai dari besar dan dimensi akuarium Anda sendiri ya.. Hias dan dekorasikan saja tempatnya sesuai selera.

2. Hiasan dari Bahan Kayu/Driftwood

Hiasan Aquarium dari Bahan Kayu/Driftwood

Hiasan akuarium driftwood atau dari bahan kayu memiliki artifisial yang lebih adem dan alami, umumnya aksesoris ini dibuat dari kayu alami yang telah berlubang, menua, dan ditemukan di alam bebas seperti pantai, sungai/danau, atau taman.

Hiasan dari jenis ini memiliki kepadatan dan bobot yang lebih kuat sehingga Anda bisa menempatkannya di dasar aquarium dengan tepat agar tidak mengapung (biasanya sebelum beberapa minggu atau bulan driftwood ini masih mengapung) dan tidak membusuk. Hiasan berbahan kayu jenis ini sudah banyak tersedia di berbagai toko akuarium atau ikan hias dengan berbagai variasi bentuk yang unik.

Hiasan aquarium driftwood ini bisa Anda pasang dengan selang sebagai suplay oksigen untuk ikan, bentuknya yang berlubang sangat cocok untuk menyembunyikan selang aerator agar tak tampak dari luar.

3. Dekorasi Aquarium Batu Keramik

Dekorasi Aquarium Batu Keramik

Hiasan jenis batu ini memiliki harga yang lebih tinggi dibanding bahan lainnya, umumnya berbentuk bebatuan kecil dan memiliki kualitas yang tinggi. Kehadiran hiasan aquarium dari batu keramik bisa memberi manfaat yang lebih tinggi yakni sebagai anti stress untuk ikan karena memberikan lingkungan dasar aquarium yang lebih solid daripada permukaan kaca yang transparan atau mengkilat. Selain itu sebagian memiliki lubang sebagai tempat ikan beristirahat dan menyembunyikan diri.

Penempatan bisa Anda letakkan di dasar aquarium dengan bentuk yang merata atau di sisi tertentu, warna-warni yang beragam bisa Anda piliih untuk memberi kesan lebih menarik dan unik.

4. Hiasan Aquarium Berbentuk Tanaman

Hiasan Aquarium Berbentuk Tanaman

Hiasan aquarium yang memiliki bentuk tanaman biasanya terbuat dari bahan plastik yang diberi pemberat ataupun pengait pada bagian dasarnya. Khusus untuk ditempatkan di dasar aquarium umumnya mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau. Anda akan menemuinya dengan mudah di berbagai toko peralatan akuarium atau penjual ikan dengan harga yang murah meriah.

Anda bisa berkreasi dengan membuat tema hutan, yakni dengan mengkombinasikan berbagai hiasan ataupun material, tambahkan pula lumut Jawa (Java moss) atau pakis yang mudah dirawat dan tahan lama sehingga memberikan kesan yang lebih alami. Jangan lupa pastikan hiasan aquarium berbentuk tanaman yang Anda beli bebas dari bahan kimia berbahaya untuk menjamin kelangsungan hidup bagi ikan Anda.

5. Hiasan Aquarium dari Bahan Rumah Tangga

Hiasan Aquarium dari Bahan Rumah Tangga

Bahan-bahan di rumah bisa Anda jadikan sebagai hiasan aquarium, Anda bisa memilih benda tidak terpakai yang masih bagus. Misalnya ialah cangkir kecil yang antik, teko dari tanah liat, atau mangkuk piring.

Tentunya bahan rumah tangga tersebut selain memberikan keindahan yang berbeda juga bisa dipakai sebagai tempat istirahat dan bersembunyi ikan Anda. Dengan kreatifitas, Anda bisa memiliki dekorasi aquarium yang tidak pasaran tanpa harus membayar biaya yang mahal.

6. Poster Gambar Dekorasi

Dekorasi Aquarium Poster Gambar

Jika Anda memiliki aquarium mini dan ingin membuatnya tampil cantik tanpa harus mengurangi ruang untuk ikan di dalamnya, Anda bisa memilih untuk memberikan gambar cetak sebagai latar belakang (background) aquarium. Anda bisa memberikan gambar apa saja sesuai inspirasi. Pastikan gambar yang Anda pilih dicetak di kertas glossy yang tebal dan tempelkan di balik layar kaca akuarium.

Pastikan pula hasil print memiliki detail yang tajam dan warna cantik sehingga tampak alami. Dengan demikian aquarium Anda akan tampak terhias dengan indah tanpa membuat ikan Anda merasa sempit berada di dalamnya.

7. Dekorasi Batu Koral

Hiasan Aquarium Batu Koral

Batu koral merupakan batu asal Bengkulu yang didapatkan dari lautan. Warnanya abu-abu mencolok, memberikan dekorasi aquarium dari batu koral ini bisa Anda letakkan di dasar kolam, dengan demikian aquarium Anda akan tampak lebih luas dan alami. Batu koral ini juga relatif mudah didapatkan, Anda bisa membelinya secara online untuk proses yang lebih mudah.

8. Dekorasi Aquascape

Hiasan Aquarium Tanaman Aquascape

Tanaman aquascape mampu memberi dekorasi alami untuk aquarium Anda karena membuat aquarium tampak lebih hijau dan asri, tanaman ini juga cocok untuk tempat persembunyian ikan yang sesuai untuk ekosistem aquascape sehingga ikan akan jauh dari stres.

Ragam tanaman aquascape ini sangat banyak dan akan tumbuh dengan baik jika didukung oleh pencahayaan, suhu, dan kondisi khusus yang memudahkan fotosintesis. Anda bisa membeli tanaman ini secara online atau di toko tanaman aquascape terdekat.

9. Hiasan Akar Bonsai

Hiasan Aquarium Akar Bonsai

Akar bonsai adalah akar yang berasal dari kayu senggani, memiliki bentuk ramping dan bercabang. Akar jenis ini banyak ditemukan di gunung atau lereng gunung, semak belukar, sungai, atau tebing. Warnanya yang cantik kecoklatan tentunya bisa membuat aquarium Anda nampak lebih menarik.

Selain itu akar bonsai juga bisa membuat air aquarium Anda lebih sehat karena memiliki sifat menghambat pertumbuhan lumut. Jadi ikan Anda akan merasa hidup di lingkungan aslinya yang alami, bersih dan tenang.

10. Dekorasi Aquarium Lava Rock

Dekorasi Aquarium Lava Rock

Lava rock juga bisa menjadi pilihan untuk bahan dekorasi aquarium yang ramah lingkungan dan ideal untuk air. Di permukaan lava rock terdapat pori-pori yang menjadi rumah bagi bakteri baik yang mampu meningkatkan kualitas air dengan cara memakan amonia dan nitrit yang berbahaya dan mengubahnya menjadi nitrat yang tidak berbahaya. Air akuarium Anda pun senantiasa terlihat bersih dan jelas akan berdampak positif untuk ikan penghuninya.

Lava rock ini merupakan hiasan aquarium unik dan sangat alami, untuk penempatannya Anda bisa berkreasi, menyusunnya di dasar aquarium atau membentuknya menjadi sebuah bangunan atau bentuk khusus untuk ikan bersembunyi. Lava rock umumnya dijual per kilogram dengan harga sekitar Rp10.000. Sangat terjangkau dan tinggi manfaat bukan?

Patut diketahui bahwa lava rock biasanya memiliki pH (tingkat kemasaman) tinggi, dan dapat membuat pH air menjadi basa. Apalagi bila digunakan dalam jumlah banyak atau berlebihan dibandingkan dengan ukuran aquarium atau jumlah air aquarium. Hal ini bisa berpengaruh negatif bila jenis ikan atau tanaman air yang dipelihara tidak sesuai.

11. Batu Fosil Pasir

Hiasan Aquarium Batu Fosil Pasir

Batu fosil pasir adalah hiasan aquarium yang berkualitas tinggi, tampilan aquarium terlihat lebih asri dan indah, Anda bisa dengan mudah mengatur letak batunya. Harganya juga murah, rata-rata hanya Rp15.000 saja.

12. Hiasan Rumah Buah

Hiasan Aquarium Rumah Buah

Hiasan aquarium lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan membeli di toko online adalah rumah buah, salah satunya ada cute pineapple house fish tank aquarium ornament home. Rumah Sponge Bob dan kawan-kawan yang tampil dengan warna kuning ceria.

Dekorasi aquarium yang satu ini bisa juga melindungi ikan di dalam akuarium dimana sudah dilengkapi dengan lubang untuk ikan bisa berenang dan menjelajahinya. Bahan terbuat dari resin yang aman dan tahan lama.

13. Hiasan Kerikil Bercahaya

Hiasan Aquarium Kerikil Bercahaya

Kerikil bercahaya atau juga disebut batu hias berwarna-warni (glow in the dark) ini cocok untuk Anda jadikan hiasan aquarium. Bahan ini ramah lingkungan, dibuat dari resin yang bisa menyerap cahaya dan tidak beracun. Permukaannya juga sangat halus, tidak akan melukai ikan Anda.

Kerikil bercahaya ini akan membuat air aquarium Anda tampak lebih sehat dan jernih. Terlebih di malam hari, akuarium Anda akan tampak lebih menawan layaknya hiasan lampu-lampu kota. Jika Anda tidak menemukannya di toko aquarium langganan Anda, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di berbagai di toko online.

14. Pemandangan Gunung

Hiasan Aquarium Pemandangan Gunung

Dekorasi pemandangan gunung di aquarium yang juga terbuat dari bahan resin ini bisa Anda jadikan pilihan, gunung memberikan kesan lebih nyaman dan tenang, bentuknya yang tidak rata juga bisa dijadikan tempat persembunyian ikan.

Hiasan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah baik itu berbahan plastik, batu, maupun resin.

15. Dekorasi Aquarium Rumput Air

Dekorasi Aquarium Rumput Air

Untuk Anda yang suka menikmati lingkungan hijau sekaligus jernihnya air, Anda bisa memilih hiasan aquarium dari rumput air dengan beragam jenisnya. Rumput air bisa membuat ikan lebih sehat karena interaksi langsung dengan ekosistem tumbuhan, juga memberikan kesan yang natural.

Caranya dengan membeli bibit rumput air dan meletakannya di dasar aquarium dengan media aquascape. Rumput air tidak akan mudah rusak dan mudah perawatannya, ikan juga bisa selalu merasakan kualitas air yang segar kaya oksigen dan jernih.

16. Hiasan Aquarium Rumah Hantu

Hiasan Aquarium Rumah Hantu

Hiasan aquarium ini adalah dekorasi yang paling unik dan masih terbilang jarang ditemui. Hiasan aquarium ini dibuat dengan metode aquascape minimalis. Caranya dengan membuat bentuk rumah dari kayu yang terlihat seperti rumah hantu di sebuah padang rumput. Di sekitarnya juga bisa Anda tambahkan hiasan pohon rindang lengkap dengan pagarnya.

Anda juga bisa menambahkan batu keramik di sekitarnya atau apa pun dengan imajinasi horor anda. 😀 Dekorasi aquarium ini terlihat simpel namun sangat unik dan berkualitas tinggi dimana diperlukan skill dalam membuatnya. Akuarium Anda akan tampak seperti sebuah film horor fantasi yang luar biasa unik untuk dipandang.

Tips Mendekorasi Aquarium

Selain kreatif dan selektif dalam memilih hiasan aquarium, Anda juga perlu memperhatikan hal lain terkait dengan dekorasi aquarium tersebut, tidak semata untuk memberi kesan indah saja namun juga untuk membuat ikan di dalamnya lebih nyaman dan tidak stress agar selalu sehat dan berusia panjang. Untuk itu Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Pilih bahan yang aman

Berbagai jenis bahan untuk hiasan aquarium yang telah penulis bahas di atas adalah bahan yang aman, Anda bisa memilih sesuai budget atau selera. Sebaiknya juga tidak memasukkan hiasan terlalu banyak agar bahan hiasan (walaupun aman) tidak punya peluang untuk merusak atau menurunkan kualitas air dan membahayakan kehidupan ikan di dalam aquarium itu sendiri.

2. Sesuaikan dengan ukuran aquarium

Pastikan ikan Anda di aquarium tetap bisa bergerak dengan bebas dan bernapas dengan nyaman walaupun Anda mempercantik interior akuarium. Hindari membuat aquarium tampak sesak hingga ikan kesulitan untuk berenang atau menjadi sering berkelahi dengan ikan lain (bila anda memelihara lebih dari satu ekor ikan). Atur agar ruang air di dalamnya masih luas untuk aktivitas dan pergerakan ikan.

3. Rawat dengan maksimal

Memiliki hiasan yang indah saja tidak cukup, pada awalnya semua akan nampak indah, namun air aquarium bagaimanapun seiring waktu akan mengalami penurunan kualitas. Agar nampak lebih menawan dengan perawatan maksimal, bersihkan hiasan aquarium secara rutin agar kualitas air tetap terjaga, jika bahan hiasan Anda dari bahan alami seperti kayu, segera ganti juga kayu mulai rapuh atau membusuk.

Ingat, jangan gunakan air PDAM secara langsung untuk mengganti air aquarium karena memiliki kandungan kaporit/klorin (chlorine) yang berbahaya bagi nyawa ikan dan mikro organisme penting lainnya dalam akuarium. Gunakan air sumur, atau bila tidak ada pilihan lain, diamkan air PAM pengganti air aquarium selama 24 jam pada wadah terbuka sebelum digunakan untuk mengganti air.

Nah, memberi hiasan aquarium memang penting untuk mempercantik tampilannya dan membuat pikiran anda yang suntuk menjadi jernih kembali, namun jangan lupa untuk rutin membersihkannya ya, agar hiasan yang Anda gunakan dan aquarium secara keseluruhan tetap bersih, dan nyaman untuk ikan penghuni akuarium. Selamat berkreasi.