Review Program Vokasi UI – Administrasi Keuangan Perbankan

Alasan berminat kuliah di Program Vokasi UI

Seperti anak-anak lainnya yang baru saja lulus dari SMA, tentu saya juga ingin untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas. Saya ingin melanjutkan kuliah di tempat yang terbaik, saya memiliki mimpi untuk berkuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini yaitu Universitas Indonesia.

Berbagai prestasi yang telah dicetak para mahasiswa-nya, alumni-alumni yang memiliki peran penting di bidang pemerintahan maupun bidang lainnya serta fasilitas kampus yang sangat lengkap, membuat kampus ini semakin bergengsi dan diminati oleh ribuan lulusan SMA di seluruh negeri ini.

Tentu tidak mudah menjadi mahasiswa dari kampus kuning ini. Namun, saya berjuang keras hingga berhasil masuk Program Vokasi jurusan Administrasi Keuangan dan Perbankan.  Alasan saya memiliki Program Studi ini karena industri keuangan memiliki peluang kerja yang sangat luas sehingga saya akan bisa bersaing dengan lulusan universitas lain.

review kampus program vokasi ui

Selain itu, jurusan ini telah mendapatkan akreditasi A sehingga sudah terbukti kualitasnya. Program Vokasi UI juga merupakan program pendidikan diploma terbaik di negeri ini. Sehingga besar harapan saya untuk mendapatkan ilmu ilmu dan pengalaman baru dengan menjadi mahasiswa Program Vokasi Universitas Indonesia.

Proses pendaftaran mahasiswa baru

Terdapat berbagai jalur masuk untuk menjadi mahasiswa Universitas Indonesia. Jalur pertama ialah SNMPTN dimana para calon mahasiswa diseleksi berdasarkan nilai rapot yang telah mereka raih selama lima semester. Jalur kedua ialah PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar), di mana pada jalur ini calon mahasiswa juga diseleksi berdasarkan nilai rapot, namun calon mahasiswa hanya bisa memilih program kelas pararel (S1)  maupun vokasi (D3). Perbedaan mendasar kelas regular dan paralel ialah biaya pendidikan.

Jalur ketiga ialah test masuk SBMPTN/UTBK, dalam ujian masuk ini para calon mahasiswa harus melaksanakan ujian tertulis, apabila nilai mereka mencukupi mereka dapat menjadi mahasiswa UI.

Jalur terakhir yang bisa dipilih calon mahasiswa Universitas Indonesia ialah SIMAK UI. SIMAK UI ialah program test mandiri yang dilakukan oleh pihak Universitas Indonesia. Calon Mahasiswa bisa memilih maksimal 8 program studi dengan komposisi maksimal 3 kelas regular, 3 kelas pararel dan 3 kelas vokasi.

Proses orientasi kampus

Setelah melakukan pendaftaran ulang di balairung Universitas Indonesia, setiap mahasiswa akan diberikan jadwal orientasi kampus yang harus mereka jalani selama kurang lebih sebulan. Program orientasi kampus ini wajib dilakukan oleh semua mahasiswa baru apabila mereka menginginkan jaket kuning yang menjadi simbol kebanggaan mahasiswa UI.

Program Orientasi di Universitas Indonesia secara garis besar dibagi menjadi 3 tingkatan. Tingkatan pertama ialah orientasi tingkat kampus dimana setiap mahasiswa dari semua fakultas harus mengikuti kegiatan ini. OKK (Orientasi Kehidupan Kampus) dilaksanakan selama dua hari di Balairung Universitas Indonesia, dalam acara ini banyak dihadirkan para alumni Universitas Indonesia yang telah menjadi orang sukses, sebut saja Sri Mulyani dan Najwa Shihab. Tak lupa dalam OKK UI ini para mahasiswa akan  membentuk formasi tertentu seperti Makara UI serta Kepulauan Indonesia.

Setiap mahasiswa baru juga wajib melaksanakan latihan paduan suara, paduan suara ini nantinya akan mengiringi upacara kelulusan wisudawan sekaligus menjadi acara penyambutan mahasiswa baru. 

Di tingkat fakultas acara dilaksanakan oleh para panitia di setiap fakultas. Di Fakultas saya yakni Program Vokasi, kegiatan orientasi dilakukan selama 3 hari berturut-turut dan juga setiap hari Sabtu selama satu bulan. Dalam melaksanakan orientasi ini, para mahasiswa baru wajib menggunakan jaket kuning ketika berada di lingkungan kampus. Orientasi tingkat fakultas merupakan pengenalan sistem akademik fakultas dan berbagai kegiatan seru lainnya.

Di hari terakhir pelaksanaan orientasi, para panitia dan mahasiswa baru melaksanakan colour run sebagai pesta penutupan.

Tidak sampai di situ, mahasiswa baru Universitas Indonesia juga masih disibukkan dengan orientasi tingkat jurusan. Di jurusan saya yakni Administrasi Keuangan dan Perbankan, orientasi dilakukan setiap hari selama sebulan. Banyak kegiatan menarik dan acara acara yang seru setiap harinya.

Tidak lupa, ada acara marah-marah dari senior yang akan membuat para mahasiswa baru ini sedikit ketakutan. Menjadi mahasiswa baru UI memang melelahkan, dari awal masuk saja para mahasiswa ini sudah dilatih menjadi mahasiswa yang sibuk dan harus pintar membagi waktu.

Hal ini memang sangat dibutuhkan oleh setiap mahasiswa UI yang aktif dalam organisasi namun juga tidak menomor duakan masalah akademis.

Kondisi organisasi kemahasiswaan

Siapa bilang Mahasiswa UI hanya fokus dalam belajar dan kegiatan akademis saja? Universitas Indonesia memiliki berbagai organisasi serta unit kegiatan kampus yang bisa dijadikan tempat para mahasiswa menyalurkan bakat mereka.

Dalam bidang organisasi, mahasiswa bisa bergabung dalam BEM Universitas Indonesia, tentu kalian sering mendengar bahwa BEM UI sering melakukan aksi dan kritis terhadap kebijakan pemerintah yang dinilai merugikan rakyat.

Selain itu, mahasiswa UI juga bisa bergabung dengan MWA (Majelis Wali Amanat). Dalam MWA ini tidak sembarangan orang yang bisa bergabung, karena MWA ini adalah perwakilan mahasiswa yang nantinya akan berhubungan dengan sekretariat UI bahkan rektor UI dalam mendiskusikan kebijakan.

Di setiap fakultas juga terdapat organisasi BEM dan DPM, mahasiswa bebas memilih untuk mengikuti organisasi tingkat Universitas atau Fakultas.

Dalam unit kegiatan mahasiswa terdapat banyak pilihan untuk mahasiswa menyalurkan bakat mereka dibidang kesenian,  olahraga maupun petualangan. Di bidang kesenian terdapat UKK Liga Tari UI yang merupakan salah satu UKK yang paling diminati para mahasiswa UI karena UKK yang satu ini telah tampil di berbagai acara bahkan sudah Go Internasional.

Bagi kalian yang sudah  menonton So Hok Gie, kalian pasti tau apa UKK yang diikuti oleh GIE. Ya So Hok Gie mengikuti UKK Mapala UI. UKK ini adalah komunitas pecinta alam yang sering melakukan kegiatan naik gunung yang pastinya seru seru.

Masih banyak lagi UKK berprestasi yang ada di UI mulai dari basket, sepak bola, tennis, renang hingga berkuda.

Kondisi lingkungan sekitar kampus

Kampus utama Universitas Indonesia terletak di Depok, Jawa Barat. Bagi mahasiswa yang menggunakan transportasi umum tidak perlu khawatir, ada dua stasiun kereta yang ada di lingkungan kampus UI. Stasiun pertama ialah Stasiun Universitas Indonesia dan Stasiun Kedua ialah Stasiun Pondok Cina.

Bagi mahasiswa perantau, banyak sekali wilayah yang bisa dipilih sebagai tempat tinggal. Karena fakultas saya ialah Program Pendidikan Vokasi, saya memilih kawasan Kukusan Kelurahan (Kukel) sebagai tempat kos saya. Saya hanya membutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki untuk sampai di kampus.

Ada juga kawasan Kukusan Teknik (Kutek) biasanya mahasiswa teknik dan ekonomi kos di daerah ini. Bagi mahasiswa Fisip, Hukum dan Psikologi biasanya mereka akan kos di daerah Barel ataupun Kober. Kawasan ini terletak di belakang rel kereta.

Bagi kalian yang ingin tinggal di apartemen ada Mares dan Tamel sebagai pilihan utama. Kampus ini juga dekat dengan pusat Depok yakni Margonda, para mahasiswa biasanya sering berjalan jalan di kawasan Margonda dan Margo City.

Fasilitas kampus

Di lingkungan kampus Universitas Indonesia, semua wilayah dilengkapi dengan jaringan hotspot UI kecepatan tinggi yang bisa diakses oleh mahasiswa UI menggunakan nomor induk mahasiswa. Di setiap kelas, dilengkapi dengan infocus sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar dan AC sehingga proses belajar menjadi lebih nyaman.

Apabila ada kuliah umum, banyak sekali gedung yang bisa digunakan untuk melakukan kuliah dengan peserta diatas 100 orang.

review kampus program vokasi ui - auditorium

Di program vokasi sendiri terdapat Auditorium mewah yang sering digunakan untuk kuliah umum. Ada juga Pusat Studi Jepang dan Balai Sidang yang sering digunakan dosen untuk melaksanakan kuliah umum.  Terdapat website scele.ui.ac.id yang dikhususkan bagi para mahasiswa untuk melakukan berbagai ujian secara online, diskusi online dan mengupload tugas yang telah diberikan oleh dosen sebelumnya. 

Fasilitas laboratorium Prgram Vokasi UI

Sebagai program Vokasi yang melaksanakan lebih banyak praktik dibandingkan dengan teori, tentu Program Pendidikan Vokasi dilengkapi berbagai laboratorium dengan fasilitas lengkap yang menggambarkan kondisi yang sebenarnya.

Program studi saya memiliki dua lab yakni lab perbankan dan lab kredit. Di lab perbankan ini, situasi benar-benar seperti bank sungguhan . Mahasiswa sudah diajarkan bagaimana cara bekerja di frontliner maupun kerja di bagian back office.

review kampus program vokasi ui - laboratorium penyiaran

Untuk program studi lainnya mereka memiliki lab yang dapat menunjang proses belajar mereka. Di program studi komunikasi mereka memiliki studio siaran radio dan televisi. Ada juga lab pengadilan pajak bagi mahasiswa pajak. Lab fisioterapi, ruangan memasak, serta miniatur ruang pameran bagi mahasiswa pariwisata. Untuk lab komputer umum sendiri, Vokasi memiliki setidaknya 5 kelas yang berisi 30 komputer yang bisa digunakan semua mahasiswa dari berbagai jurusan.

Fasilitas perpustakaan kampus

review kampus program vokasi ui - perpustakaan

Universitas Indonesia memiliki perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Perpustakaan yang dikenal sebagai Crystal of Knowledge ini memiliki luas lahan 2.5 hektar dengan luas bangunan 33.000 meter persegi.

Baca juga: Review STFT – Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana, Malang

Perpustakaan ini terletak di depan danau yang membuat mahasiswa betah berlama lama disini. Di lantai bawah terdapat berbagi toko makanan serta kedai kopi yang menyediakan hidangan yang nikmat. Terdapat juga gym yang sering didatangi mahasiswa UI untuk melakukan olahraga. Ada juga kebon apel yang menyediakan berbagai komputer Mac yang bisa digunakan mahasiswa UI.

Untuk masuk ke ruang koleksi harus menggunakan kartu tanda mahasiswa UI, bagi masyarakat umum yang ingin memasuki ruang koleksi ini harus membayar uang masuk sebesar 5.000 rupiah.

Perpustakaan UI ini terdiri dari 8 lantai dengan ribuan koleksi lengkap mulai dari buku pengantar kuliah hingga skripsi dan jurnal yang bisa dibaca para pengunjungnya. Mahasiswa UI bisa meminjam hingga 8 buku dari perpustakaan.

Fasilitas kampus lainnya

review kampus program vokasi ui - bis kuning

Wilayah Universitas Indonesia sangat luas, bagi mahasiswa yang ingin menuju fakultas mereka tersedia bis kuning yang bisa digunakan siapapun secara gratis. Bis kuning ini akan memutari wilayah kampus. Terdapat juga sepeda kuning yang bisa digunakan gratis oleh Mahasiswa UI.

Bagi kalian anak rantau, kalian bisa tinggal di Asrama UI. Asrama UI memiliki harga yang terjangkau dan memiliki kantin yang luas.

Universitas Indonesia juga memiliki klinik yang dikenal sebagai klinik Makara. Klinik ini ditujukkan bagi mahasiswa  yang sakit dan ingin berobat, klinik ini juga gratis bagi setiap mahasiswa UI.

Terdapat berbagai fasilitas olahraga lainnya seperti lapangan bola, lapangan tenis, dan lainnya yang bisa digunakan mahasiswa.

Kebersihan WC kampus

Kebersihan kamar mandi adalah hal yang harus diperhatikan setiap mahasiswa yang berkuliah di UI. Di setiap lantai di gedung perkuliahan Program Vokasi terdapat kamar mandi yang dilengkapi dengan kaca yang luas dan tempat yang bersih. Di setiap kamar mandi terdapat 3 WC dan 3 Wastafel yang bersih.

Setiap hari tim cleaning service melakukan tugasnya untuk melakukan pembersihan kamar mandi. Namun memang toilet yang sudah dibersihkan setiap hari tidak akan tetap bersih apabila para mahasiswa sembarangan membuang sampah dan menggunakan kloset duduk sebagai kloset jongkok. Namun, di lingkungan kampus UI semua mahasiswa mengerti kewajiban mereka untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan kamar mandi sehingga orang lain tetap nyaman ketika menggunakan kamar mandi.

Kebersihan kampus secara umum

Kampus Universitas Indonesia menerapkan konsep green campus yang ramah lingkungan. Berbagai pohon pohon membuat suasana Depok yang panas menjadi lebih sejuk di lingkungan kampus UI. Para petugas kebersihan pun selalu menjaga kebersihan kampus, setiap sudut tempat disediakan tempat sampah yang dibedakan menurut jenis sampah.

Secara keseluruhan, saya melihat lingkungan UI adalah lingkungan yang bersih, meskipun di beberapa tempat masih sering ditemukan sampah yang dibuang sembarangan.

Kondisi danau UI juga sangat diperhatikan, sehingga tidak ada barang-barang yang mengambang di danau UI.

Namun sesekali hal yang membuat saya kesal adalah kebersihan kelas. Ketika kelas bergantian dengan jurusan lain, mereka tidak membersihkan sampah sehingga kelas terasa kotor dan dipenuhi sampah. Seharusnya para mahasiswa lebih mengerti lagi tentang pentingnya menjaga kebersihan kelas agar proses belajar lebih nyaman.

Struktur kurikulum Program Vokasi UI

Di program Pendidikan Vokasi, Mahasiswa nantinya akan mendapat gelar A.Md. Untuk meraih gelar ini, mahasiswa harus mengambil 112 SKS. Di Program Vokasi, mata kuliah yang diambil setiap mahasiswa sudah dipaket sehingga mahasiswa tidak bisa memilih mata kuliah mana yang ingin diambil.

Masa pendidikan Program Vokasi ditempuh selama 6 semester atau 3 tahun dan maksimal 10 semester atau 5 tahun.

Untuk program studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, di semester pertama mahasiswa akan mendapatkan dasar-dasar keuangan seperti akuntansi, pengantar bisnis dan juga dasar-dasar perbankan. Di semester akhir mahasiswa harus menjalankan kegiatan magang dengan durasi 3 bulan. Pada kegiatan magang ini mahasiswa harus melaporkan hasil magang mereka dalam bentuk tugas karya akhir yang menjadi komponen utama dalam menentukan kelulusan.

Metode pengajaran Program Vokasi UI

review kampus program vokasi ui - ruang kelas

Metode pengajaran oleh dosen ialah partisipasi aktif oleh Mahasiswa. Dosen sering membuka diskusi kelas sehingga mahasiswa bisa saling bertukar pendapat. Dosen tetap memberikan materi kepada mahasiswa sebelumnya dilanjutkan dengan presentasi yang dilakukan baik secara kelompok maupun individu.

Karena program pendidikan vokasi ialah program yang mengutamakan praktik, para dosennya pun merupakan praktisi ahli dalam bidangnya. Dosen-dosen di Administrasi Keuangan dan Perbankan ialah mereka yang sudah memiliki posisi yang baik di lembaga keuangan seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan), BI (Bank Indonesia) dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Sering diadakan kunjungan ke lapangan seperti BEI (Bursa Efek Indonesia) untuk mengetahui bagaimana kerja di bidang yang sesungguhnya. Dosen juga sering mengajak dosen tamu yang merupakan para ahli untuk membagikan pengalaman dan ilmunya kepada para mahasiswa.

Website kampus dan prasarana IT kampus

Situs Web Universitas Indonesia sangat beragam, semua website memiliki fungsi untuk melayani para mahasiswanya. Salah satu website yang paling sering diakses oleh Mahasiswa ialah academic.ui.ac.id. Website ini menampilkan kelas yang diambil oleh mahasiswa mulai dari semester pertama hingga lulus. Ditampilkan juga para dosen yang mengajar serta jadwal kelas. Nilai-nilai juga akan ditampilkan di website ini. Pada awal semester, website ini akan sering down karena banyaknya mahasiswa yang mengakses situs ini untuk memilih kelas.

Selain itu ada journal.ui.ac.id, dalam situs ini terdapat banyak jurnal dan hasil penelitian yang bisa diakses mahasiswa UI untuk mengerjakan tugas maupun skripsi.

Dan bagi calon mahasiswa UI, kalian bisa mengakses penerimaan.ui.ac.id untuk mengakses biaya pendidikan, tanggal tes dan segala hal lainnya yang berhubungan dengan penerimaan calon mahasiswa UI.

Kemudahan administratif intra kampus

Bagi para mahasiswa yang ingin mengurus berbagai kebutuhan administratif di Universitas Indonesia, baik untuk kegiatan organisasi kampus atau pun keperluan pribadi mahasiswa seperti berbagai surat keterangan dari kampus, pihak kampus/fakultas memberikan kemudahan untuk mengurusnya.

Bahkan bagi para alumni yang membutuhkan ijazah yang dilegalisir mereka dapat mengurusnya secara online.

Dalam menggunakan fasilitas fakultas, mahasiswa tinggal mengisi form dan menunggu selama tiga hari untuk menggunakan fasilitas yang ada di Program Pendidikan Vokasi.

Bagi mahasiswa UI yang ingin menggunakan fasilitas di tingkat Universitas seperti lapangan ataupun meminjam bis kuning secara khusus, mereka bisa mengurus proses peminjamannya melalui online.

Kelebihan kampus secara umum

Secara keseluruhan Universitas Indonesia memberikan fasilitas yang lengkap untuk mendukung kegiatan mahasiswanya. Selain itu lingkungan kampus yang teduh dan sejuk membuat mahasiswa nyaman. Berbagai situs juga disediakan agar mahasiswa bisa mengunduh berbagai file sebagai bahan pembelajaran. Koleksi buku yang sangat lengkap di perpusatakaan Universitas Indonesia membuat para mahasiswa memiliki banyak literatur yang lengkap dan tidak perlu mengeluarkan uang lebih.

Setiap tahun ada tiga agenda besar yang dilaksanakan di UI yakni Olimpiade UI, UI Art War dan Olimpiade Ilmiah Mahasiswa. Ketiga acara ini dibuat untuk menjadi wadah para mahasiswa dalam bidang olahraga, kesenian dan pendidikan untuk mengembangkan bakatnya. Hal ini menunjukkan UI tidak hanya berfokus pada akademik namun juga memperhatikan bakat bakat non-akademik para mahasiswanya.

Kekurangan kampus secara umum

Kekurangan dari Universitas Indonesia ialah biaya kuliah yang cukup mahal dan seakan selalu naik terutama pada program Pararel dan Vokasi. Sebagai mahasiswa Vokasi tentu saya mendengar keluhan adik-adik kelas saya tentang kenaikan biaya pendidikan ini.

Memang, bagi para mahasiswa regular, biaya pendidikan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan mereka. Biaya yang mahal ini memang diubah menjadi berbagai fasilitas yang baik dan dapat dinikmati para mahasiswa.

Di lingkungan Vokasi jalanan menuju kampus cukup gelap, sehingga apabila mahasiswa memiliki kegiatan pada malam hari cukup kesulitan untuk kembali ke daerah kosan yang harus melewati jalanan Vokasi.

Secara fasilitas dan kualitas pendidikan, saya rasa tidak ada kekurangan yang berarti karena dua hal ini sangat diperhatikan oleh Universitas Indonesia sehingga mahasiswa merasa tenang dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Kesan dan pengalaman saat kuliah di Program Vokasi UI

Kesan saya ketika berkuliah di Program Pendidikan Vokasi sangatlah banyak. Segala sesuatu hal yang baru saya dapatkan ketika menjadi mahasiswa UI. Lingkungan kampus yang nyaman dan teman-teman yang pintar memacu saya untuk belajar lebih giat lagi. Tidak ada alasan untuk tidak dapat berkembang di kampus ini, karena berbagai fasilitas telah tersedia.

Menjadi mahasiswa salah satu universitas terbaik di Indonesia merupakan suatu kebanggaan tersendiri, namun bukan berarti kami tidak memiliki beban. Ekspektasi yang tinggi membuat kami harus melakukan hal yang terbaik dan lebih dari mahasiswa universitas lain. Namun, hal ini yang memicu saya untuk belajar lebih baik lagi.

Ketika saya berkuliah di UI saya berusaha untuk mendapatkan beasiswa, di UI banyak sekali beasiswa yang tersedia meskipun di program vokasi, beasiswa yang diberikan tidak sebanyak mahasiswa regular. Saya menemukan banyak teman dari berbagai daerah dengan berbagai karakter unik.

Banyak yang mengatakan mahasiswa UI adalah anak anak gaul dan kaya, ya memang benar tapi bukan berarti mereka sombong. Mereka tetap seperti mahasiswa lainnya yang membaur dan belajar serta berorganisasi bersama. Mereka juga masih ngedanus kok untuk menjalankan program kepanitiaan.

Di kampus ini juga saya belajar mengenai passion dosen-dosen saya. Bisa dikatakan dosen yang mengajar saya sudah memiliki pendapatan yang besar bahkan lebih besar daripada gaji sebagai dosen itu sendiri. Namun, mereka masih tetap ingin mengajar meskipun baru saja kembali dari luar kota. Mereka mengajar dengan tulus tanpa mengharapkan apapun.

Berbagai acara asik dan seru ada di UI, hampir setiap minggu ada acara musik di berbagai fakultas. Disini saya mengerti bahwa menjadi seorang mahasiswa harus kreatif dan tidak selalu berkutat dengan masalah akademis.

Ucapan terima kasih kepada: semua dosen yang sudah memberikan ilmunya kepada saya dan membuat saya memiliki cara pandang yang lebih luas. Terimakasih juga kepada teman teman saya yang selalu berbagi tawa dan duka, kehidupan kuliah tidak akan sama tanpa adanya kalian. Terimakasih UI, telah menjadi bagian dari hidup saya.

Review kampus Program Vokasi UI oleh alumni Program Vokasi jurusan Administrasi Keuangan dan Perbankan, Universitas Indonesia Angkatan 2015.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!

Ada yang Terlewat?