Review Kampus: Program Ekstensi FEB UI – Jurusan Manajemen

Alasan kuliah di Program Ekstensi FEB UI

Setelah saya menyelesaikan pendidikan diploma selama tiga tahun (Review Kampus sebelumnya: Program Vokasi UI – Administrasi Keuangan Perbankan), saya memutuskan untuk kembali melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar sarjana. Di Universitas Indonesia, terdapat satu program lanjutan yang bernama program ekstensi.

Alasan saya untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia adalah karena saya masih ingin terus mendapatkan pendidikan terbaik dan saya tentu ingin menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Karena jurusan saya sebelumnya ialah program sosial, maka saya memilih untuk melanjutkan di jurusan manajemen.

Pada tahun sebelumnya, UI sebenarnya membuka jurusan lain di program ekstensi yakni Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), namun pada tahun 2018 FIA sudah ditutup. Maka dari itu, setelah lulus diploma 3 saya langsung memutuskan untuk langsung melanjutkan kuliah di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia, tepatnya di Program Ekstensi FEB UI.

Proses pendaftaran mahasiswa baru

Syarat utama untuk menjadi mahasiswa kelas ekstensi ialah telah menyelesaikan pendidikan di program diploma (D3). Setelah itu, kita mendaftar untuk melaksanakan test Simak UI. Pada tahun 2018 biaya test Simak UI sebesar 500 ribu rupiah dimana setiap calon mahasiswa hanya bisa memilih 1 program studi.

Berbeda dengan kelas sarjana regular, untuk masuk kelas Program Ekstensi FEB UI ini hanya ada satu kali test yang dilaksanakan sekali setiap tahunnya. Test dilaksanakan pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Materi test untuk masuk kelas ekstensi juga berbeda dengan kelas regular. Tidak ada materi IPA maupun IPS, materi tes hanya tes TPA dan tes Bahasa Inggris. Setelah test, calon mahasiswa menunggu sekitar 2 minggu untuk proses pengumuman hasil test.

Proses orientasi kampus mahasiswa baru

Karena kebanyakan mahasiswa jurusan manajemen kelas ekstensi ialah para pekerja, jadi orientasi kampus tidak dilaksanakan seperti mahasiswa kelas regular. Proses orientasi hanya dilakukan selama sehari. Dalam kegiatan orientasi ini, dilakukan Pengenalan Sistem Akademis Fakultas (PSAF) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis kelas Ekstensi.

Di kelas ekstensi FEB UI, terdapat dua jurusan yakni Manajemen dan Akuntansi. Pada kegiatan PSAF ini para perwakilan dari program studi menjelaskan gambaran umum mengenai proses perkuliahan, selain itu dijelaskan juga apa saja mata kuliah yang akan diambil para mahasiswa selama berkuliah.

Terdapat juga pengenalan organisasi mahasiswa pada kegiatan PSAF ini.  Dalam PSAF juga dihadirkan alumni FEB UI kelas ekstensi yang berbagi pengalamannya selama menjadi mahasiswa dan setelah menjadi alumni.

Organisasi mahasiswa Program Ekstensi FEB UI

review kampus jurusan manajemen program ekstensi feb ui kemahasiswaan
Klik pada gambar

Bukan berarti karena mahasiswa FEB UI kelas ekstensi adalah pekerja maka kami tidak memiliki organisasi mahasiswa. Di FEB UI kelas ekstensi, kami memiliki Badan Eksekutif Mahasiswa yang membawahi berbagai kegiatan kemahasiswaan. Kegiatan kemahasiswaan di FEB UI kelas ekstensi memang tidak sepadat mahasiswa FEB UI kelas regular.

Kegiatan yang dilaksanakan BEM FEB kelas ekstensi diantaranya ialah belajar bersama, di mana para mahasiswa baru bisa berkonsultasi kepada senior mengenai mata kuliah yang dianggap sulit. Selain itu, BEM FEB UI juga mengadakan berbagai seminar yang mendatangkan pembicara hebat serta melakukan kunjungan ke berbagai instansi seperti kantor Bursa Efek Indonesia. Kegiatan rapat dilakukan pada malam hari setelah selesai kelas atau pada hari Sabtu.

Lingkungan sekitar kampus

review kampus jurusan manajemen program ekstensi feb ui depan gedung mohamad sadli, lembaga management FE UI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis kelas ekstensi berada di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Bagi mahasiswa yang menggunakan transportasi umum, di depan Kampus Salemba UI terdapat halte busway. Kampus Salemba UI juga berdekatan dengan RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) di mana pada mahasiswa kedokteran sering melakukan praktik disana.

Kampus UI Salemba memang tidak sebesar Kampus UI di Depok. Namun, lingkungan kampus masih sangat asri dan sejuk karena terdapat berbagai taman yang sering dikunjungi ketika mengerjakan tugas bersama. Banyak juga pilihan kantin yang bisa dipilih ketika perut sudah mulai kelaparan. Baru saja dibangun satu lahan parkir bertingkat karena memang sebelumnya lahan parkir di kampus Salemba UI masih sangat minim.

Fasilitas kampus

Di kampus Salemba, FEB UI memiliki 2 gedung yakni satu gedung 4 tingkat dan satu gedung 1 lantai dengan 4 kelas. Di setiap kelas dilengkapi dengan AC pendingin. Terdapat Proyektor LED yang membantu dosen serta mahasiswa melakukan presentasi.

Di setiap kelas disediakan satu set komputer sehingga para dosen dan mahasiswa tidak perlu membawa laptop sendiri ketika akan melakukan presentasi di depan kelas. Sama seperti di kampus UI Depok, di Salemba terdapat jaringan hotspot yang bisa diakses menggunakan ID mahasiswa.

Kelas ekstensi FEB UI Salemba mulai sekitar pukul 7 malam dan berakhir sekitar pukul 9.30 malam.

Laboratorium Program Ekstensi FEB UI

Selama dua semester ini saya memang sangat jarang melakukan praktik di laboratorium, para dosen lebih menyarankan setiap murid membawa sendiri laptop  untuk melakukan proses belajar mengajar agar lebih efektif. Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terdapat satu ruangan laboratorium komputer yang bisa digunakan mahasiswa baik untuk praktikum di setiap mata kuliah atau sekedar untuk mengerjakan tugas tugas kuliah.

Karena di kampus Salemba UI terdapat Fakultas Kedokteran maka di kampus ini lebih banyak terdapat laboratorium yang dikhususkan bagi mahasiswa Kedokteran UI. Laboratorium FKUI di kampus Salemba terbilang lengkap karena sebelumnya mahasiswa FKUI berkuliah di kampus Salemba sebelum dipindahkan ke Kampus UI Depok.

Perpustakaan Program Ekstensi FEB UI

review kampus jurusan manajemen program ekstensi feb ui suasana perpustakaan

Tidak seperti perpustakaan yang ada di kampus UI Depok, di kampus UI Salemba tidak terdapat perpustakaan terpusat di mana setiap mahasiswa bisa meminjam buku. Namun, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis kelas ekstensi terdapat satu perpustakaan yang koleksi bukunya cukup lengkap, terutama buku pendukung bagi mahasiswa FEB.

Berbeda dengan Perpusat UI di mana mahasiswa bisa langsung meminjam buku hanya dengan menunjukkan kartu mahasiswa, di perpustakaan Salemba ini mahasiswa harus mendaftar sebelumnya. Mahasiswa harus mendaftar dengan menggunakan KTM dan pas foto sebelum menjadi anggota perpustakaan FEB UI Salemba.

Namun, bagi para mahasiswa yang ingin meminjam buku di perpustakaan FEB UI Depok, juga bisa meminjam disana seperti mahasiswa FEB UI reguler lainnya.

Fasilitas lain

review kampus jurusan manajemen program ekstensi feb ui taman dalam kampus

Di kampus UI Salemba terdapat satu masjid besar yang juga sering dikunjungi oleh masyarakat umum untuk melaksanakan ibadah. Terdapat juga berbagai kantor cabang bank seperti bank CIMB Niaga dan BNI. Kelengkapan ATM di Kampus UI Salemba juga cukup lengkap sehingga mahasiswa, dosen serta petugas kampus tidak perlu kebingungan ketika ingin mengambil uang tunai.

Setiap bulan puasa, pihak kampus FEB UI memberikan takjil kepada mahasiswa untuk berbuka puasa. Terdapat juga banyak tukang fotokopi yang memberikan harga murah bagi mahasiswa yang ingin mencetak tugas maupun skripsi.

Taman yang nyaman juga menjadi salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak kampus, tidak hanya satu namun terdapat beberapa taman yang tersebar di area kampus.

Di Kampus FEB UI kelas ekstensi, terdapat satu kamar mandi wanita dan satu kamar mandi pria disetiap lantai. Selain itu juga terdapat tempat wudhu yang disediakan bagi mahasiswa yang ingin sholat di Musholla lantai 1 dan lantai 4. Di luar gedung juga terdapat musholla yang di depannya terdapat kamar mandi yang bersih dan tempat wudhu yang nyaman.

Kebersihan kamar mandi atau WC kampus

Kebersihan kamar mandi di gedung perkuliahan cukup bersih dan nyaman, kamar mandi tidak becek dan selalu kering. Tisu dan sabun cuci tangan selalu disediakan oleh para petugas kebersihan.

Namun, kamar mandi di lantai 1 sering mengalami masalah seperti keran yang tidak bisa digunakan. Kamar mandi di lantai 1 juga cukup ramai dibandingkan dengan kamar mandi di setiap lantai lainnya.

Kebersihan kampus secara umum

Kebersihan lingkungan kampus secara umum cukup baik karena kampus UI Salemba juga menerapkan konsep green campus. Terdapat berbagai pohon rindang yang ditanam untuk menjaga lingkungan agar tetap asri. Tempat sampah juga disediakan di berbagai sudut dan dibedakan menjadi jenisnya.

Pegawai kebersihan di kampus juga sangat rajin, mereka memastikan kelas yang akan digunakan dalam kondisi bersih sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman. Kebersihan kantin juga terawat dengan baik sehingga makan pun menjadi lebih nyaman.

Yang membuat sedikit tidak nyaman ialah cukup banyak pedagang yang masuk ke daerah kampus.

Kurikulum Program Ekstensi FEB UI

Di program studi Manajemen terdapat dua kelas yang dibedakan berdasarkan periode lamanya mahasiswa menyelesaikan studi. Di kelas A ialah para mahasiswa yang dapat menyelesaikan studinya dalam 5 semester. Mahasiswa ini ialah mahasiswa dari jurusan yang relevan dari jurusan D3 sebelumnya. Jurusan-jurusan yang relevan seperti administrasi keuangan, asuransi, dan akuntansi.

Sedangkan mahasiswa yang memiliki jurusan yang tidak relevan mereka harus menempuh pendidikan selama 6 semester. Hal ini dikarenakan perbedaan pengakuan SKS dari program D3. Mahasiswa yang berasal dari jurusan yang relevan diakui 70 SKS sedangkan yang  berasal dari jurusan lain hanya diakui 50 SKS.

Metode kuliah Program Ekstensi FEB UI

review kampus jurusan manajemen program ekstensi feb ui suasana kuliah di kelas

Metode kuliah yang dilakukan oleh para dosen di kampus bersifat aktif, di mana setiap mahasiswa harus melakukan presentasi pada setiap mata kuliah yang diambil. Biasanya dosen akan memberikan buku pegangan yang harus dimiliki oleh mahasiswa baik berupa hard copy atau pun dalam bentuk ebook.

Meskipun merupakan kelas ekstensi, namun tugas yang diberikan di Program Ekstensi FEB UI sama seperti mahasiswa sarjana regular lainnya. Perhitungan nilai dihitung dari tugas kelompok, tugas individu, keaktifan, UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester).

Komposisi tertinggi dimiliki oleh nilai UTS dan UAS yang mencapai 50 hingga 70 persen tergantung dosen dan mata kuliah. Tidak jarang dalam proses belajar mengajar dihadirkan dosen tamu yang merupakan para ahli di bidangnya.

Website dan prasarana IT kampus

Situs web yang dimiliki oleh FEB UI pada umumnya sama seperti yang dimiliki tingkat universitas. Hal ini karena fungsi web tersebut terintegrasi satu sama lain. Web yang sering digunakan oleh mahasiswa ialah scele.ui.ac.id (Student Centered eLearning Environment), website ini sering digunakan oleh dosen untuk melaksanakan quiz dan juga sebagai fasilitas untuk mengirim tugas.

Sama seperti mahasiswa reguler, mahasiswa program ekstensi FEB UI juga menggunakan situs web academic.ui.ac.id untuk mengambil kelas, melihat jadwal dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Program Studi Manajemen FEB UI memiliki 4 peminatan yakni keuangan, pemasaran, operasi dan SDM. Mahasiswa yang ingin mengambil peminatan keuangan harus mengambil mata kuliah analisis laporan keuangan di semester dua.

Kemudahan administratif intra kampus

Sekretariat FEB UI sangat kooperatif dalam memproses kebutuhan administratif para mahasiswa. Mahasiswa hanya perlu mengajukan formulir untuk membuat surat sesuai dengan kebutuhan lalu menunggu tiga hari.

Untuk melakukan pengajuan cicilan setiap semesternya juga sangat mudah dilakukan. Yang diperlukan hanya formulir dan slip gaji baik milik pribadi maupun orang tua. Mahasiswa bisa mengajukan cicilan biaya pendidikan dengan persentase 50%, 30%, 20% sampai sebelum waktu ujian tengah semester.

Sekretariat UI juga tanggap dalam membuat pengumuman apabila tidak ada kelas, mereka akan mengumumkannya melalui website academic.ui.ac.id.

Kelebihan kampus secara umum dan belum disebutkan

Kelebihan FEB UI kelas ekstensi terletak pada dosen-dosen yang berkualitas dan suasana belajar yang menyenangkan. Berbagai ilmu yang berguna didapatkan dengan berkuliah disini. Selain itu, mahasiswa saling berbagai informasi mengenai materi belajar dan ebook.

Terdapat satu folder di Google Drive yang bisa diakses oleh para mahasiswa. File ini terdiri dari soal soal UTS dan UAS dari tahun tahun sebelumnya dan juga berbagai ebook yang dijadikan buku panduan.

Lokasi kampus yang ada di tengah kota membuat mahasiswa lebih mudah menjangkaunya dengan transportasi umum. Letak kampus ini juga dekat dengan berbagai tempat makan 24 jam yang bisa dijadikan tempat untuk mengerjakan tugas bersama sehabis kelas.

Adanya asistensi yang dilakukan pada hari Sabtu, membuat mahasiswa terbantu untuk mengerti mata kuliah yang dianggap sulit.

Kekurangan kampus secara umum

Pada saat pengumuman penerimaan mahasiswa baru, jeda antara tanggal pengumuman dan daftar ulang sangat dekat hanya 3 hari. Hal ini membuat calon mahasiswa cukup kebingungan karena harus membayar uang yang sangat banyak dalam waktu 3 hari. Sebelumnya tidak ada kejelasan mengenai batas waktu ini.

Selain itu, program ekstensi FEB UI juga cukup ketat dalam masalah absen, padahal banyak dari mahasiswanya yang juga merupakan pekerja. Teman-teman saya yang bekerja sebagai PNS dan harus ditugaskan di luar kota terpaksa merelakan absen karena memang tidak ada izin untuk dinas yang diterapkan di FEB UI.

Harga makanan di kantin terbilang cukup mahal, mungkin para petugas kantin menilai bahwa semua mahasiswa sudah bekerja, padahal masih banyak mahasiswa yang hanya fokus menyelesaikan kuliah saja.

Kesan dan pengalaman pribadi saat reviewer kuliah di Program Ekstensi FEB UI

Selama dua semester saya berkuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis kelas ekstensi, Universitas Indonesia saya merasakan banyak perbedaan dari kuliah saya sebelumnya ketika mengikuti program diploma. Mahasiswa di FEB UI sangat rajin dan pintar, saya jadi terpacu ketika berkuliah di sini.

Terlebih, FEB UI sangat menentang adanya tindakan mencontek ketika ujian dan perilaku plagiarism dalam membuat tugas. Tindakan dari kampus tidak main-main, mulai dari nilai E di mata kuliah tersebut sampai dikeluarkan dari kampus. Tindakan yang tegas dari kampus ini membuat tidak ada mahasiswa yang menyontek ketika ujian.

Selain itu, saya melihat orang orang yang sudah bekerja namun mereka masih menyempatkan waktunya untuk berkuliah pada malam hari setiap Senin sampai Jumat, belum lagi tugas yang menumpuk setiap minggunya. Disini saya belajar bagaimana cara membagi waktu antara bekerja, belajar dan istirahat.

Semua orang seperti bisa diandalkan ketika melakukan tugas kelompok, untuk itu saya juga tidak ingin hanya menumpang nama dalam setiap tugas kelompok, namun saya harus memberi kontribusi pada kelompok saya.

Mendapatkan nilai di FEB UI ternyata lebih  sulit dibandingkan saat saya berkuliah di program vokasi sebelumnya, dosen-dosen FEB UI lebih teliti dalam menilai dan mereka tidak mudah memberikan nilai yang bagus. Hal ini memacu setiap mahasiswa untuk melakukan yang terbaik.

Ucapan terima kasih kepada: semua dosen yang sudah memberikan ilmunya kepada saya dan membuat saya memiliki cara pandang yang lebih luas. Terimakasih juga kepada teman teman saya yang selalu berbagai tawa dan duka, kehidupan kuliah tidak akan sama tanpa adanya kalian. Terimakasih UI, telah menjadi bagian dari hidup saya.

Review kampus: Program Ekstensi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia oleh mahasiswa tahun 2018.

Apa Komentar/Ulasan Anda?