7 Produk Frame Sepeda Favorit dan Unggulan

Frame sepeda Thrill Ricochet T160

Frame sepeda ini sangat kuat dan tahan korosi karena terbuat dari bahan alloy yang juga akan terasa lebih ringan. Frame ini juga sudah mendukung sistem pengereman hidrolik yang canggih dan tentunya lebih aman dan futuristik. Pilihan Editor.

Editor's Rating:
4.9

Kerangka, atau yang biasa dikenal dengan nama frame sepeda adalah sebuah komponen utama yang membentuk bagian dari sepeda tersebut. Frame inilah yang nantinya menghubungkan setiap bagian berbeda untuk membentuk sebuah sepeda yang utuh. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana pentingnya sebuah kerangka alias frame sepeda ini bukan?

Jenis-Jenis Bahan Utama Frame Sepeda

Frame sepeda juga terbuat dari beberapa bahan-bahan dasar yang berbeda. Setiap bahan dasar pembentuk frame ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Untuk memaksimalkan kualitas sepeda yang akan digunakan, tentunya kita harus menggunakan dan memilih jenis frame yang tepat. Untuk itu, yuk kita kenali terlebih dahulu beberapa bahan dasar pembentuk frame sepeda di bawah ini.

1. Hi-Ten Steel

High Tensile Steel alias bahan baku pembuat frame sepeda yang berupa baja adalah salah satu jenis bahan baku yang sering digunakan. biasanya untuk produk sepeda dari kelas menengah – bawah, hingga jenis sepeda sport amatiran. Jika dibandingkan dengan bahan utama pembuat frame yang lain, maka hi-ten steel ini termasuk bahan pembuat frame yang paling murah. Hanya saja, baja terasa lebih berat daripada bahan lainnya. Berikut kekurangan dan kelebihan frame yang terbuat dari baja, yaitu:

  • Lebih murah jika dibandingkan dengan bahan utama pembuat frame lainnya.
  • Sangat kuat alias durable.
  • Jika terjadi masalah atau kerusakan, misalnya saja ada bagian yang penyok, maka akan lebih mudah untuk diperbaiki.
  • Lebih mudah berkarat dan akan lebih berat.

Review sebelumnya: Pilihan Helm Sepeda Unggulan dan Harganya

2. Aluminium Alloy

Frame alloy adalah jenis frame sepeda yang sudah sering digunakan untuk kebanyakan produk sepeda terbaru saat ini. Jenis frame yang terbuat dari bahan alloy ini sangat populer dan paling banyak digunakan oleh produsen sepeda. Walaupun tidak sekuat jenis frame baja, namun frame ini tetap durable dan ringan untuk digunakan. Berikut kelebihan dan kekurangan frame alloy, yakni:

  • Lebih ringan, sehingga sepeda lebih mudah untuk digunakan.
  • Tahan terhadap proses korosi (karat).
  • Harga yang dibutuhkan untuk pembelian frame ini lebih bervariasi naun masih lumayan murah.
  • Penurunan kualitas akan lebih terasa seiring berjalannya waktu pemakaian.
  • Lebih mudah untuk mengalami kerusakan akibat benturan.
  • Akan lebih sulit diperbaiki jika mengalami penyok atau kerusakan yang disebabkan oleh benturan saat bersepeda.

3. Chromoly (CrMo)

Frame sepeda yang satu ini adalah bahan yang merupakan campuran dari chromium, baja dan molybdenum. Walaupun frame sepeda yang satu ini terlihat mirip dengan frame baja, tapi kualitasnya tergolong lebih baik. Jika dibandingkan dengan frame baja, maka frame ini akan sedikit terasa lebih ringan namun lebih kuat. Berikut kelebihan dan kekurangan frame chromoly, yaitu:

  • Sangat tahan dan lebih kuat dari frame baja.
  • Murah, sedikit kaku dan berat walaupun lebih ringan jika dibandingkan dengan frame baja.
  • Mudah terkena masalah korosi.

4. Carbon Fiber

Frame sepeda yang satu ini memiliki kekakuan dan kelenturan pada beberapa sisi sesuai dengan yang diinginkan oleh produsen sepeda yang menggunakannya. Jadi, frame ini akan terasa lebih unik dengan kombinasi tersebut. Berikut kelebihan dan kekurangannya, yaitu:

  • Memiliki bentuk yang keren, unik karena terbuat dari bahan material yang mudah untuk didesain sedemikian rupa.
  • Memiliki daya tahan terhadap masalah korosi.
  • Tidak tahan terhadap panas, lebih mahal dan beratnya akan sangat relatif (bisa terasa ringan dan berat tergantung desain dan campuran bahan utama).

 5. Titanium

Frame ini merupakan salah satu jenis frame sepeda yang terbaik dan populer. Memiliki kombinasi terbaik dari sisi bobot yang ringan serta ketahanan yang lebih kuat terhadap benturan. Berikut daftar kelemahan dan kelebihan dari frame titanium, yaitu:

  • Lebih kuat, ringan dan tahan lama.
  • Tidak mudah rusak dan tidak mudah terkena masalah korosi.
  • Kaku, lebih sulit diperbaiki jika terjadi kerusakan dan lebih mahal.

Daftar Produk Frame Sepeda Terbaik

Setelah kita mengetahui jenis-jenis bahan utama pembuat frame sepeda, maka kali ini kita juga akan membahas daftar produk frame terbaik serta unggulan, yaitu:

1. Dartmool Primal 27.5 Hard tail

Frame sepeda Dartmool Primal 27.5 Hardtail
Klik pada gambar.

Produk frame sepeda yang dijual seharga Rp3.971.000 di Shopee ini tersedia dalam 4 ukuran yang berbeda. Primal 27.5 adalah produk frame yang keren dan bisa digunakan untuk jenis sepeda MTB agar bisa dipacu dengan kondisi medan yang berbatu sekalipun.

Tersedia dalam ukuran S, M, L dan XL. Produk ini juga tersedia dalam 4 warna menarik, yakni merah, biru, kuning dan hitam. Frame yang sangat kokoh, keren dan cocok untuk digunakan bagi pesepeda yang sangat suka petualangan.

2. Nicolai ION 16 Atomic

Frame sepeda Nicolai ION 16 Atomic

Frame sepeda yang satu ini bisa dibeli seharga Rp29.000.000 di Blibli. Tersedia dengan pilihan warna-warna cerah yang memukau. Frame ini akan membantu menyokong kestabilan, keamanan dan kenyamanan saat bersepeda nantinya.

Sangat baik jika digunakan bagi pesepeda yang suka mengendarai pada medan off road, all mountain, light downhill maupun di jalanan perkotaan yang mulus.

3. Mosso MSL Pro

Frame sepeda Mosso MSL Pro

Frame yang dijual seharga Rp2.750.000 di Shopee ini diklaim sebagai salah satu frame sepeda MTB yang paling ringan. Dengan berat yang hanya mencapai 1,3 kg, frame yang terbuat dari bahan alloy ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berkendara.

Ulasan terkait: Rekomendasi Sepeda MTB Polygon Terbaik

4. United Patrol 473

Frame sepeda United Patrol 473

Produk frame ini bisa dijumpai seharga Rp6.875.000 di Blibli. Frame ini didesain untuk bisa digunakan pada medan-medan yang tidak mulus dan datar dengan baik. Jadi, penggunanya bisa tetap melaju tanpa harus takut akan kerusakan akibat benturan.

5. United Avand Alloy

Frame sepeda United Avand Alloy

Frame sepeda yang dijual cukup murah seharga Rp1.120.000 di Shopee ini sangat kokoh dan nyaman untuk digunakan. Frame yang terbuat dari bahan aluminium ini sangat ringan dan sudah menggunakan sistem pengereman V-Brake yang stabil dan aman.

6. Thrill Ricochet T160

Frame sepeda Thrill Ricochet T160

Jika ingin memiliki salah satu frame sepeda MTB terbaik, maka produk satu ini akan menjadi jawabannya. Frame ini dijual seharga Rp17.900.000 di Shopee.

Frame ini sangat kuat dan tahan korosi karena terbuat dari bahan alloy yang juga akan terasa lebih ringan. Frame ini juga sudah mendukung sistem pengereman hidrolik yang canggih dan tentunya lebih aman dan futuristik.

7.  Mosso Sprint

Frame sepeda Mosso Sprint

Bagi yang menginginkan produk frame sepeda yang berkualitas dan tetap bisa dibeli dengan harga terjangkau, maka produk dari Mosso ini akan menjadi jawabannya. Mosso Sprint sendiri dijual seharga Rp2.025.000 di Shopee.

Frame yang terbuat dari bahan aluminium ini tergolong ringan dengan bobot 1,4 kg.  Ketahanannya juga sudah dibuktikan oleh pengguna sepeda dan mudah digunakan untuk beragam jenis medan jalan yang berbeda.


Nah, demikianlah ulasan kami mengenai 7 produk frame sepeda favorit dan unggulan. Kira-kira, produk yang mana yang ingin anda miliki?