Review Kampus Politeknik Negeri Batam

Kampus Politeknik Negeri Batam

Ulasan kampus oleh Winda Riwayatmi, seorang alumni Politeknik Negeri Batam. Penulis asli dari Jawa yang merantau ke Batam karena mendapat pekerjaan di Batam. Pada tahun 2012, mendapat kesempatan untuk bisa melanjutkan kuliah di Politeknik Negeri Batam. Lulus tahun 2016 dari jurusan Akuntasi Managerial (D4), dan sekarang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Batam sebagai Senior Buyer.

Editor's Rating:
5

1. Alasan berminat Studi di Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam adalah satu-satunya kampus Negeri yang ada di Batam, Biaya kuliah tentunya lebih murah dibandingkan dengan universitas  lain yang ada di Batam. Cocok bagi teman–teman lulusan SMK, yang memiliki waktu lebih belajar praktik daripada teori.

Karena Batam adalah kota industri dan banyak sekali perusahaan–perusahaan manufaktur, sehingga lulusan politeknik akan siap bersaing dan akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Dengan kuliah di politeknik kamu bisa mengenal banyak jenis alat praktikum sesuai bidang ilmu yang kamu pelajari.

Karena akan langsung praktik, otomatis kamu akan terbiasa menggunakan alat–alat yang sesuai dengan bidang yang diminati. Banyak jurusan yang menjadi pilihan kita dan sesuai dengan apa yang kita inginkan seperti; Akuntansi, Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Teknik Mesin.

2. Proses pendaftaran mahasiswa baru di Politeknik Negeri Batam

Politeknik Negeri Batam memiliki beberapa jalur pendaftaran yaitu PMDK, UMPB, UMPN, RPL, dan Bidik Misi.

2.1 PMDK

PMDK adalah Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan. Calon mahasiswa yang lulus pada program PMDK mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa yaitu beasiswa Bidik Misi atau beasiswa PMDK dengan mengajukan pendaftaran beasiswa terlebih dahulu.

Kesempatan mendapatkan Beasiswa Bidik Misi khusus diperuntukkan bagi peserta PMDK yang memiliki keterbatasan ekonomi sedangkan beasiswa PMDK diperuntukkan bagi peserta PMDK yang memiliki prestasi akademik dan non akademik atau nilai ujian nasional murninya tertinggi.

Besaran beasiswa Bidik Misi yang diberikan bagi calon peserta PMDK yang memenuhi persyaratan dan ditetapkan tim seleksi berupa pembebasan biaya kuliah sampai selesai dan bantuan biaya hidup Rp 700.000 per bulan.

Program PMDK ini dibagi dalam 2 kategori, yaitu:

  1. PMDK-Prestasi, proses seleksi sampai pengumuman dilaksanakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan penentuan kelulusannya berdasarkan prestasi non-akademik yang dibuktikan dengan piagam/sertifikat kegiatan ko-kurikuler atau ekstra-kurikuler.
  2. PMDK-PN, proses seleksi sampai pengumuman dilaksanakan serentak oleh Politeknik Negeri se-Indonesia.

Peserta yang dinyatakan tidak diterima pada PMDK-Prestasi tetap mendapat kesempatan untuk mendaftar kembali di PMDK-PN, apabila memenuhi kriteria nilai yang telah ditetapkan. Penerimaan melalui jalur PMDK-PN dibuka untuk seluruh program studi kelas REGULER PAGI.

2.2 UMPB

Penerimaan Mahasiwa Baru jalur seleksi Ujian Masuk Politeknik Batam (UMPB), merupakan ujian tertulis yang diselenggarakan secara mandiri oleh Politeknik Negeri Batam dan peserta hanya dapat memiliki pilihan program studi di Politeknik Negeri Batam saja. Sesuai dengan jenis programnya mencakup Ujian Masuk untuk program studi D3 & D4 reguler pagi, D3 & D4 reguler malam, dan D-3 RPL Malam

2.3 UMPN

Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa lulusan SLTA yang tidak dapat mengikuti penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur PMDK.

Bentuk UMPN berupa ujian tertulis yang pelaksanaannya dilakukan secara serentak di seluruh Politeknik Negeri seluruh Indonesia dengan jumlah dan jenis materi seleksi yang sama.

Keunggulan utama dari mengikuti penerimaan melalui jalur ini adalah peserta UMPN dapat memilih program studi dari Politeknik Negeri lainnya se-Indonesia. Misalnya Tira, seorang lulusan SLTA di Bandung, ingin memilih salah satu program studi di Politeknik Negeri Batam, maka Tira bisa mengikuti UMPN yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Bandung dan memilih salah satu pilihannya ke Politeknik Negeri Batam.

Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika Rangga seorang lulusan SLTA di Batam dan ingin memilih program studi di Politeknik Negeri Sriwijaya misalnya, maka Rangga cukup mengikuti ujian di Politeknik Negeri Batam dan memilih salah satu program studi di Politeknik Negeri Sriwijaya.

2.4 Program Bidik Misi

Program ini merupakan program penyaluran beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup bagi calon mahasiswa/lulusan SLTA yang berprestasi akademik atau non akademik tetapi sangat memiliki keterbatasan ekonomi serta mengajukan diri untuk memperoleh beasiswa Bidik Misi.

Calon mahasiswa yang menerima beasiswa Bidik Misi akan memperoleh paket bantuan yang meng-cover biaya pendidikan setiap semester dan biaya hidup bulanan minimal Rp 650.000 per bulan selama mengikuti perkuliahan sampai lulus sesuai dengan masa studi normal dari jenjang pendidikan yang diikuti.

Untuk dapat mengajukan beasiswa Bidik Misi, calon mahasiswa harus terdaftar pada salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan Politeknik baik dari jalur PMDK dan jalur ujian tertulis.

2.5 RPL

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh sebelumnya baik melalui pendidikan formal, non-formal, informal atau pelatihan-pelatihan terkait dengan pekerjaannya maupun dilakukan secara otodidak selama pengalaman hidupnya.

Di atas adalah jenis–jenis pendaftaran yang dibuka di Politeknik Negeri Batam. Untuk formulir dan pendaftaran untuk mendapatkan nomor test ujian, kita bisa mendaftar online di http://registrasi.polibatam.ac.id untuk biaya pendaftarannya sebesar Rp200.000.

3. Proses orientasi kampus mahasiswa baru di Politeknik Negeri Batam

Saat kita dinyatakan lulus test, kita wajib mengikuti masa orientasi mahasiswa baru, pengumuman bisa kita lihat di website Politeknik Negeri Batam yaitu https://www.polibatam.ac.id, untuk tanggal,  waktu dan baju yang akan kita pakai saat orientasi  sudah ditentukan oleh panitia orientasi mahasiswa baru.

Biasanya orientasi ini berlangsung selama 5-7 hari. Di orientasi ini kita akan diberi penjelasan secara umum bagaimana kita mulai memasuki dunia perkuliahan. Kita juga akan diperkenalkan dengan dosen- dosen pengajar di Politeknik Negeri Batam.

Kemudian akan diperkenalkan berbagai organisasi-organisasi yang bisa menampung bakat dan minat para mahasiswa. Pengenalan  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Pengenalan BEM dimulai dengan pengenalan satu persatu pengurus BEM. Selain dengan pengurus BEM juga dengan BLM (Badan Lembaga Mahasiswa), serta UKM-UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Kampus Politeknik Negeri Batam.

Selain itu, kita juga akan mendapat tugas dari senior-senior yang bertujuan untuk mendidik kita atau mengajarkan kita tentang apa artinya disiplin dan bertanggung jawab. Masa orientasi ini sangat menarik karena banyak sekali hal-hal positif yang kita bisa dapatkan dari senior-senior kita.

4. Kondisi organisasi kemahasiswaan Politeknik Negeri Batam

BEM Politeknik Negeri Batam

Organisasi kemahasiswaan di Politeknik Negeri Batam, kita sebut dengan BEM (Badan eksekutif Mahasiswa). Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Batam merupakan organisasi tertinggi kemahasiswaan di Politeknik Negeri Batam. Organisasi ini merupakan organisasi yang menaungi seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Politeknik Negeri Batam.

Dalam menjalankan roda kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa 2018, BEM mempunyai program kerja yang nantinya menjadi salah satu tolok ukur apakah kepengurusan BEM tahun ini berhasil atau tidak. Program kerja yang BEM buat adalah program kerja yang sesuai dengan tri darma perguruan tinggi. Bukan hanya di bidang akademik maupun kemahasiswaan tapi juga ada program yang bertujuan pada pengabdian kepada masyarakat seperti BEM Mengajar.

Badan Eksekutif Mahasiswa Periode 2019 memiliki nama kabinet yaitu Kabinet GARDA GURINDAM. Di dalam kabinet ini terdiri dari Inti, Kesekretariatan Negara, Keuangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementrian PSDM, dan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

BEM Periode 2019 terdiri dari 89 orang pengurus, dan terdiri dari mahasiswa pada tingkatan yang berbeda (semester 2 – semester 4) sehingga memudahkan dalam hal koordinasi, mudah dalam berbagi informasi serta mudah dalam bekerja sama.

5. Kondisi lingkungan sekitar kampus Politeknik Negeri Batam

Kampus Politeknik Negeri Batam berada di kawasan yang sangat mudah dijangkau kendaraan umum. Sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk menjangkaunya walaupun tidak memiliki kendaraan pribadi.

Lingkungan kampus memiliki fasilitas yang sangat lengkap yaitu perpustakaan, sarana ibadah, teknologi informasi, dan free hotspot. Di luar kawasan sekitar kampus juga terdapat fasilitas umum yang sangat lengkap seperti restoran, café, tempat olah raga, dan kos/asrama.

Kondisi sekitar yang sangat asri dengan pepohonan teduh membuat mahasiswa semakin nyaman untuk belajar di kampus ini.

Tempat parkir kampus ini sangat luas dan pastinya aman, sehingga membuat mahasiswa tenang untuk meninggalkan kendaraannya di parkiran.

6. Fasilitas pengajaran Politeknik Negeri Batam

Sebagai Perguruan Tinggi jalur vokasional yang berorientasi pada penguatan kemampuan praktek dan keterampilan mahasiswanya, proses pendidikan Polibatam didukung infrastruktur gedung yang sangat memadai.

Gedung bebas asap rokok tersebut berdiri kokoh diatas lahan seluas 12,5 ha di pusat kota Batam, Batam Center. Gedung Utama tersebut merupakan pusat aktivitas manajemen, dosen dan proses kegiatan akademik dilakukan.

Fasilitas di gedung ini meliputi 20 ruang kelas, 29 laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, dan ruang layanan informasi serta berbagai sarana umum seperti masjid, kantin, dan auditorium yang cukup luas dengan daya tampung sekitar 1000 orang.

PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING

Lebih efisien, fleksibel, dan akuntabel karena Politeknik  Negeri Batam  telah mengimplementasi sistem pembelajaran elektronik (e-learning system) sejak Tahun 2007. Seluruh mata kuliah di-upload di situs learning Politeknik Negeri Batam yang dapat diakses melalui jaringan internet berdasarkan jurusan masing-masing di alamat: http://learning.polibatam.ac.id untuk jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin; http://learning-mb.polibatam.ac.id untuk jurusan Manajemen Bisnis; http://learning-if.polibatam.ac.id untuk jurusan Teknik Informatika.

Melalui e-learning, mahasiswa dapat mengakses materi setiap mata kuliah secara  lebih bebas, kapan saja dan dimana saja. Selain materi perkuliahan, e-learning system yang dikembangkan Politeknik Negeri Batam juga  telah  mampu  mengelola  proses  pembelajaran  termasuk  untuk  kegiatan  evaluasi  seperti  pengerjaan tugas, kuis, maupun ujian tengah semester dan ujian akhir semester sampai pengelolaan nilai akhir dari suatu mata kuliah.

Dengan demikian, proses pembelajaran akan semakin mudah karena mahasiswa bisa mempersiapkan bahan pembelajaran sebelum dosen menjelaskan.

7. Fasilitas laboratorium Politeknik Negeri Batam

7.1 Teknik Mesin

Fasilitas laboratorium teknik mesin Politeknik Negeri Batam

Berbagai fasilitas laboratorium yang disediakan untuk mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Polibatam antara lain; 1) Laboratorium Welding untuk melakukan pembelajaran ataupun pelatihan welder secara profesional, 2) Laboratorium Metalurgi untuk uji dan pembentukan metal, 3) Laboratorium Manufaktur yang berisi mesin konvensional untuk memaksimalkan toleransi yang tinggi melalui Precision Tool Maker, 4) Laboratorium CNC yang memiliki berbagai macam software untuk keperluan produksi, dan 5) Laboratorium Motor Bakar untuk melakukan pengujian kinerja internal combustion engine.

7.2 Teknik Elektro

Fasilitas laboratorium Teknik Elektro Politeknik Negeri Batam

Berbagai fasilitas laboratorium yang disediakan untuk mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Polibatam antara lain: 1) LAB Elektronika Dasar, 2) LAB Digital, 3) Lab Komputer, 4) Lab Robotika, 5) Lab Pneumatik, 6) Elektro Pneumatik, 7) Lab Automasi, 8) Lab CNC, 9) Lab Dasar Telekomunikasi, 10) Lab Mekanik, 11) Lab Motor Listrik, 12) Ruang Tugas Akhir, dan 13) Teaching Factory Manufaktur Elektronika.

8. Fasilitas perpustakaan Politeknik Negeri Batam

Fasilitas perpustakaan Politeknik Negeri Batam

Fasilitas perpustakaan bisa kita akses dengan mudah melalui website. Website ini di bangun berdasarkan kebutuhan akan informasi buku di lingkungan kampus yang semakin tinggi dan koleksi buku yang semakin banyak.

http://perpustakaan.polibatam.ac.id/

Fungsi dari website perpustakaan online Politeknik Negeri Batam adalah untuk membantu mahasiswa dan para dosen serta tenaga kependidikan dalam mencari buku/jurnal/karya ilmiah/skripsi/TA yang dibutuhkan dan mengetahui status buku secara real time apakah buku tersebut sedang dipinjam, hilang, dan sebagainya.

9. Fasilitas Taman dan Gasebo di Kampus Politeknik Negeri Batam

Fasilitas Taman dan Gasebo di Kampus Politeknik Negeri Batam

Kampus Politeknik Negeri Batam kini mempunyai fasilitas baru gasebo yang berlokasi di belakang gedung utama atau berdekatan dengan kantin kampus. Gasebo ini merupakan salah satu wujud program CSR Bank BNI Tbk. Cabang Batam bidang Bina Lingkungan Bidang Pelestarian Lingkungan Alam “Taman Kampus”.

Fasilitas gasebo ini nyaman sekali untuk bersantai sambil belajar, makan, minum atau berdiskusi dengan teman-teman kita. Fasilitas ini ramai terus digunakan oleh mahasiswa apalagi di jam istirahat.

10. Kebersihan kamar mandi dan WC kampus Politeknik Negeri Batam

Adanya petugas kebersihan khusus di kampus ini menjadikan kamar mandi kampus sangatlah bersih, karena mereka membersihkan secara berkala. Tapi sadarnya mahasiswa akan kebersihan kamar mandi untuk di jaga bersamalah yang menjadikan kamar mandi di kampus ini selalu bersih. Tak jarang BEM mempunyai kegiatan rutin dalam membersihkan seluruh lingkungan kampus termasuk kamar mandi kampus.

11. Kebersihan kampus secara umum

Polibatam bersih adalah suatu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Polibatam bersama seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Polibatam. Pada kegiatan ini seluruh UKM mengirimkan perwakilannya untuk berkontribusi.

Polibatam Bersih biasanya akan  dilaksanakan setiap hari Sabtu, dan diadakan setiap satu kali sebulan. Tujuannya, selain untuk menjaga kebersihan lingkungan juga untuk membangun rasa kebersamaan antar warga kampus Politeknik Negeri Batam.

Kegiatan ini diadakan untuk membersihkan tempat–tempat yang tidak terjangkau oleh petugas CS (Cleaning Service) kampus sehingga kampus Polibatam tetap terjaga kebersihannya dari setiap sudut, “dan CS (Cleaning Service) juga terbantu oleh kita,” Ujar Fifta, koordinator kegiatan. Perwakilan setiap ORMAWA sangat antusias terhadap adanya kegiatan ini.

12. Kejelasan struktur kurikulum Politeknik Negeri Batam

Kurikulum setiap program studi adalah suatu kesatuan susunan mata kuliah dan praktikum yang disusun  terintegrasi  guna  mencapai  kompetensi  yang diinginkan,  dengan  memperhatikan kebutuhan mahasiswa  dan  masyarakat,  perkembangan  ilmu  pengetahuan dan  teknologi,  serta memperhatikan fasilitas, sumber daya dan kemampuan.

Susunan mata kuliah disesuaikan dengan perkembangan pemahaman mahasiswa dalam bidang ilmu terkait. Setiap mata kuliah mempunyai silabus dan beban SKS (Satuan Kredit Semester) tertentu.

Kurikulum memberikan ciri spesifik setiap program studi dan menyajikan gambaran  lengkap mengenai materi, persyaratan dan panduan umum bagi pelaksanaan proses pendidikan di Politeknik Negeri Batam.

13. Metode pengajaran oleh guru/dosen Politeknik Negeri Batam

Pola  pengajaran  dirancang  secara  sistematis  dan  komprehensif,  mulai  dari  teori, tutorial  hingga  praktek melatih keterampilan hands on, baik melalui pekerjaan laboratorium, bengkel atau studi kasus. Pola seperti ini  akan  memudahkan  mahasiswa  memahami  materi  pengajaran  yang  diberikan. 

Penerapan Teaching Factory,  yaitu  pembelajaran  berbasis  permasalahan nyata di industri, diharapkan juga akan memperkaya keterampilan mahasiswa, kepercayaan diri dan kebiasaan bekerja nyata.

Untuk  melaksanakan  pola  pengajaran  yang  selalu  dibarengi  dengan  latihan  dan praktek, mahasiswa polibatam harus mengikuti perkuliahan selama lima hari, dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 16.20. Jadwal kuliah dan  praktik tersebut bertujuan memperkenalkan kedisiplinan dan budaya kerja kepada mahasiswa sejak dini.

Sebagai pengenalan atmosfer kerja dan pembekalan pengalaman kerja sebelum lulus, mahasiswa juga diwajibkan menjalani praktek (Industrial  Attachment) di  beberapa industri dan bisnis yang tersebar di Batam dan sekitarnya. Di masa mendatang, praktek kerja industri di Singapura dan Malaysia akan lebih  dikembangkan guna memberikan pengalaman internasional kepada lulusan.

Politeknik Negeri Batam juga akan membekali para lulusannya dengan sertifikat kompetensi, agar mereka memiliki daya saing tinggi.

14. Kemudahan dalam mengurus berbagai kebutuhan administratif intra sekolah/kampus

Untuk mengurus berbagai kebutuhan administratif di kampus ini sangatlah mudah, mahasiswa bisa menggunakan sistem online dengan menggunakan link http://paket.polibatam.ac.id/pelayanan/ atau  kita juga bisa datang langsung ke bagian informasi dan disana akan dilayani dengan baik semua informasi tentang Politeknik Negeri Batam.

15. Kelebihan kampus lainnya

Akreditasi Politeknik Negeri Batam adalah B, sehingga akan menjadi bahan pertimbangan ketika kita melamar pekerjaan dan siap bersaing di dunia kerja.

Tersedia kelas/kuliah malam bagi karyawan, karena Batam adalah kota industri, sehingga bagi karyawan yang ingin melanjutkan kuliah sambil bekerja, bisa mencoba Politeknik Negeri Batam.

16. Kekurangan kampus secara umum

Dilihat secara keseluruhan, dari informasi kampus, lingkungan kampus dan semua operasional kampus sangatlah mudah di akses, rasanya sangat sulit menemukan kekurangan kampus ini.

17. Kesan dan pengalaman pribadi reviewer saat kuliah di Politeknik Negeri Batam

Secara pribadi saya sangat bangga bisa kuliah di Politeknik Negeri Batam, satu-satunya tempat kuliah negeri yang ada di Batam. Biaya kuliah pun sangat terjangkau. Saya mengambil jurusan D4 Akuntansi managerial.

Fasilitas–fasilitas yang ada di kampus ini sangat membantu dan mempermudah kita dalam menerima pelajaran yang diberikan dosen, seperti perpustakaan yang lengkap dan lab accounting yang memadai.

Setelah lulus dan mempunyai ijazah politeknik saatnya kita bersaing di dunia kerja. Di Batam sendiri adalah nilai lebih jika pelamar merupakan lulusan politeknik Negeri Batam.

Berbagai macam beasiswa bisa kita ajukan untuk membantu mengurangi biaya kuliah. Bahkan sebelum lulus kuliah dari Polibatam, saya sudah bisa mendapat kerja di bagian staf accounting di sebuah perusahaan di Batam.

Bagi orang tua yang menginginkan anak-anaknya cepat bekerja setelah tamat kuliah, tak ada salahnya memilih Politeknik dan mengarahkan putra-putrinya untuk kuliah di Politeknik Negeri Batam.

Ucapan terima kasih: Saya ucapkan banyak terima kasih yang pertama kepada Allah SWT, yang telah memberi Rahmat dan kesempatan kepada saya untuk bisa melanjutkan kuliah di Batam. Kedua, saya ucapkan terima kasih kepada kedua orang tua saya yang telah mendukung secara moril dan materil sehingga saya bisa menyelesaikan studi di Politeknik. Tidak lupa saya sampaikan banyak terima kasih kepada keluarga, sahabat dan teman yang selalu mendukung saya hingga saya bisa menjadi seperti ini.

Ulasan kampus oleh Winda Riwayatmi, seorang alumni Politeknik Negeri Batam. Penulis asli dari Jawa yang merantau ke Batam karena mendapat pekerjaan di Batam. Pada tahun 2012, mendapat kesempatan untuk bisa melanjutkan kuliah di Politeknik Negeri Batam. Lulus tahun 2016 dari jurusan Akuntasi Managerial (D4), dan sekarang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Batam sebagai Senior Buyer.

Ada yang Terlewat?