Inilah Pilihan 12 Sepeda MTB Terbaik dan Jenisnya

Sepeda MTB Thrill Vanquish 1.0

Seperti desain sepeda gunung populer lainnya, sepeda MTB Thrill Vanquish 1.0 ini juga memiliki sistem kabel rem sepeda yang dimasukkan ke dalam rangka. Sepeda ini juga sudah mendukung teknologi hydraulic pada bagian pengereman.

Editor's Rating:
4.9

Berpetualang menggunakan sepeda adalah hal yang menyenangkan. Untuk itu, ada banyak sekali jenis sepeda MTB (mountain bike) atau sepeda gunung yang diproduksi oleh para produsen sepeda.

Masing-masing sepeda MTB ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Dan kali ini kami telah memilih 12 sepeda MTB terbaik yang pastinya memiliki banyak kelebihan untuk dinikmati pengguna.

Jenis-Jenis Sepeda MTB

Sepeda MTB ini memang digunakan untuk menamakan sepeda yang bisa digunakan untuk melintasi perjalanan di pegunungan. Namun, ada beberapa jenis lagi yang dikelompokkan sehingga bisa menentukan kegunaan yang lebih spesifik.

Jenis sepeda MTB ini memang secara khusus didesain untuk menjadi pilihan saat menempuh beragam medan jalan yang rumit. Misalnya saja medan jalan yang berbatu, berpasir dan terjal. Untuk lebih mengenal sepeda gunung, berikut kita bahas pembagian jenis-jenisnya.

1. All Mountain Bike

Dikenal juga dengan nama trail bike atau sepeda gunung yang bisa digunakan untuk menaklukkan medan-medan berat. Tidak hanya melintasi medan jalan di perbukitan, sepeda ini juga sangat tangguh untuk digunakan melintasi jalanan di hutan.

Inilah mengapa dinamai sebagai all mountain bike yang menyatakan bisa untuk digunakan dalam semua medan jalan yang berat. Tapi, jika kita membahas masalah bobot, maka jenis ini biasanya lebih berat jika dibandingkan dengan jenis sepeda cross country.

Tentu saja ini berhubungan dengan kemampuannya untuk melintasi beragam medan yang berat, agar lebih stabil. Sepeda jenis ini memiliki jenis travel suspensi yang bisa bergerak sampai 15 cm di bagian depan. Bahkan, sepeda ini juga memiliki body yang lebih besar.

2. Freeride

Jenis MTB yang kedua adalah free ride, ini merupakan perpaduan antara sepeda cross country  dan sepeda downhill. Sebenarnya, tujuan utama dari pembuatan sepeda ini adalah untuk memudahkan pengendara melakukan drop off meskipun berada di kecepatan tinggi.

Jadi, jenis sepeda gunung yang satu ini sangat banyak diminati oleh pesepeda muda yang hobi melakukan aktivitas freestyle. Namun, kelincahan sepeda freeride ini cukup berkurang diakibatkan bobot yang tergolong berat, yakni mencapai 16 atau bahkan 20 kg.

3. Downhill

Jika anda ingin sebuah sepeda gunung yang bisa melaju sangat cepat menuruni jalanan di perbukitan dan tetap aman, maka sepeda jenis downhill jawabannya. Sepeda yang dirancang khusus untuk menaklukkan area pegunungan dan perbukitan ini diberikan fitur suspensi pada bagian belakang. Tujuannya adalah untuk meredam goncangan dan benturan pada kecepatan tinggi.

Bahkan, jika dikendarai dengan kecepatan maksimum sekalipun, sepeda ini bisa tetap melaju di tikungan tanpa adanya goncangan yang hebat. Jadi, sepeda ini tergolong stabil saat anda menggunakannya di medan-medan perbukitan yang berliku.

4. Cross Country

Sepeda gunung ini adalah jenis sepeda yang bisa digunakan pada kondisi medan jalan yang minim rintangan hingga jalanan yang lumayan berat. Sepeda cross country ini juga salah satu sepeda gunung yang bisa digunakan pada jalanan bertanah dan juga jalanan yang sudah di aspal.

Sepeda ini sangat mudah digunakan dan nyaman untuk penggunaan dalam jangka waktu lama. Sebab, bobot sepeda ini sangat ringan, yakni diantara 9 hingga 14 kg. tidak hanya ringan, perawatan dari sepeda ini juga tergolong mudah dan lebih awet.

Rekomendasi Sepeda MTB Terbaik

Setelah kita mengenal jenis-jenis sepeda gunung di atas, maka kali ini kita juga akan membahas rekomendasi pilihan terbaiknya, yaitu:

1. Pacific Lady Livia 1711

Jika ingin mencari salah satu sepeda MTB yang pas untuk wanita dengan desain sepeda sporty, maka Pacific Lady Livia 1711 adalah jawabannya. Tidak sedikit wanita yang menyukai olahraga sepeda dan mereka menyukai sepeda gunung yang satu ini. Sepeda ini dijual seharga Rp2.325.000 di Tokopedia.

Sepeda MTB Pacific Lady Livia 1711
Klik pada gambar.

Walaupun didesain khusus untuk pengguna wanita, tetap saja sepeda ini menggunakan bagian rangka yang kuat dan ringan. Frame sepeda terbuat dari bahan anti karat yang menambah keawetan sepeda tersebut. Bahkan, sepeda Pacific Lady Livia 1711 ini juga memiliki gear-set dengan 21 pilihan kecepatan yang menakjubkan.

2. Polygon Cascade 4

Sepeda MTB yang satu ini sangat pas digunakan bagi anda yang ingin mengisi kekosongan dan bersantai ketika liburan. Pilihan jenis suspensi dan ukuran roda yang dipakai membuat pengendaranya menjadi lebih nyaman dalam menggunakan sepeda ini untuk bersantai.

Sepeda MTB Polygon Cascade 4

Sepeda MTB Polygon Cascade 4 yang dijual seharga Rp3.300.000 di Tokopedia ini memiliki fitur terbaik untuk meredam benturan. Dilengkapi juga dengan frame yang terbuat dari bahan Alloy yang ringan dan kuat. Kemudian dilengkapi juga dengan fitur 24 speed yang bisa digunakan demi kenyamanan berkendara di jalanan perkotaan.

3. Polygon Monarch 3

Sepeda ini merupakan rekomendasi bagi anda yang menginginkan jenis sepeda MTB yang bisa digunakan oleh pemula dan memiliki desain sederhana. Sepeda ini dijual seharga Rp1.875.000 di Tokopedia. Sepeda Polygon Monarch 3 yang didistribusikan tahun 2018 silam ini memang dikhususkan untuk pemula yang ingin merasakan berbagai fitur sepeda MTB.

Sepeda MTB Polygon Monarch 3

Memiliki rem yang futuristik dan bagian shock breaker yang lebih empuk, sehingga lebih kuat untuk digunakan di medan jalan yang berat sekalipun. Menggunakan gigi 21 kecepatan yang mudah digunakan dan memiliki kecepatan yang stabil.

4. Vivacycle Morelli 560

Sepeda yang berkualitas, mudah dilipat dan murah ini bisa dibeli seharga Rp2.548.500 di Tokopedia. Sepeda ini mudah untuk digunakan dan bisa dilipat untuk segala keperluan.

Sepeda MTB Vivacycle Morelli 560

Memiliki ukuran ban yang cocok untuk digunakan dalam berkendara di segala jenis cara berkendara. Frame sepeda Vivacycle Morelli 560 ini terbuat dari bahan Hi-Ten Steel (high tensile steel).

5. Element XC 925

Sepeda ini dijual seharga Rp5.579.000 di Tokopedia. Sepeda ini adalah jenis sepeda gunung yang bisa dibeli jika memiliki budget yang lebih banyak. Salah satu kelebihannya, sepeda dengan frame yang terbuat dari bahan Hydro-form Alloy ini memiliki fitur untuk menyembunyikan kabel-kabel sehingga lebih fungsional.

Sepeda MTB Element XC 925

Kelebihan lainnya, kecepatan yang dapat ditempuh oleh sepeda Element XC 925 ini juga stabil dan dilengkapi rem hidrolik yang futuristik. Keseimbangan bisa dipertahankan dengan baik ketika menggunakan sepeda ini karena dilengkapi oleh fork ION-L suspension.

Bahkan, jenis ban yang digunakan juga bisa mengimbangi penggunaan kasar di jalanan yang licin sekalipun.

6. United Detroit 1.00

Sepeda ini dijual seharga Rp2.150.000 di Tokopedia. Kembali hadir dengan seri terbarunya, sepeda United sudah lama menyediakan beragam produk sepeda terbaik. Ukuran ban, bahan frame yang kuat, membuat sepeda ini stabil, tahan karat, ringan dan kuat.

Sepeda MTB United Detroit 1.00

Review terkait: Ulasan Model dan Harga Sepeda United Terbaik

Sepeda United Detroit 1.00 ini dirancang untuk meminimalisir kecelakaan yang disebabkan oleh ban yang mudah tergelincir. Sehingga diberikan fitur ban lebar yang mencengkram dengan baik ketika anda melakukan pengereman keras. Bahkan, roda yang digunakan pada sepeda ini juga mudah untuk dibongkar-pasang.

7. Polygon Rapid

Sepeda MTB yang desain sangat ringkas dengan harga jual Rp2.300.000 di Tokopedia ini cocok untuk digunakan oleh anak perempuan. Sepeda ini sangat mudah digunakan dengan bobotnya yang berkisar 14 hingga 20 kg saja. Sehingga, mudah untuk dikendarai oleh remaja terutama remaja perempuan.

Sepeda MTB Polygon Rapid

Sepeda Polygon Rapid ini tentunya juga cocok untuk digunakan sebagai teman beraktivitas sehari-hari. Dikarenakan sistem pengereman yang kuat dan aman yakni V-brake. Ukuran ban yang pas juga baik digunakan pada medan jalan yang bergelombang sekalipun.

8. Exotic ET 2651

Sepeda ini dijual seharga Rp2.280.000 di Lazada. Walaupun anda bisa membeli sepeda MTB ini dengan harga yang cukup murah, tapi jangan ragukan keunggulannya. Sebab, sepeda MTB ini memiliki kualitas terbaik dengan banyak fitur andalan.

Sepeda MTB Exotic ET 2651

Sepeda Exotic ET 2651 memiliki bagian frame yang terbuat dari Hi-Ten Steel yang pastinya kuat, mudah dikendalikan dan tahan lama. Sepeda ini juga dilengkapi dengan sistem gir 21 kecepatan yang memudahkan pengguna untuk memacu sepeda tersebut.

Sepeda MTB ini juga dilengkapi dengan ban yang memiliki ukuran pas sehingga lebih stabil dan aman.

9. Thrill Vanquish 1.0

Dijual seharga Rp4.540.000 di Tokopedia, ini merupakan sepeda bagi anda yang mencintai olahraga menggunakan sepeda MTB. Sepeda ini memiliki desain trendi, keren dan sangat kuat untuk digunakan sebagai sepeda gunung. Bobot sepeda ini tergolong ringan, walaupun faktanya sepeda dilengkapi dengan rangka yang besar.

Sepeda MTB Thrill Vanquish 1.0

Seperti desain sepeda gunung yang populer lainnya, sepeda Thrill Vanquish 1.0 ini juga memiliki sistem kabel rem sepeda yang dimasukkan ke dalam rangka. Sehingga secara estetik tidak terlihat seliweran kabel, atau bahkan secara fungsional mengganggu saat digunakan berkendara. Sepeda ini juga sudah mendukung teknologi hydraulic pada bagian pengereman.

10. United Monanza 4.00

Sepeda yang dijual seharga Rp2.212.000 di Tokopedia ini adalah sepeda gunung yang bagus dan memiliki desain menarik. Sebagai salah satu produsen sepeda ternama, United kerap kali memasarkan produk terbaik mereka dengan harga yang terjangkau. Salah satu produk yang layak dimiliki adalah sepeda United Monanza 4.00 ini.

Sepeda MTB United Monanza 4.00

Di bagian frame, kita bisa menemukan fitur shock body yang merupakan desain baru. Dengan adanya fitur ini, maka penggunanya akan lebih aman dan nyaman saat berkendara. Fitur ini didukung juga dengan jenis body yang tergolong besar tapi tetap terlihat ramping. 

11. United Infinite 411

Sepeda ini dijual seharga Rp4.014.000 di Tokopedia. Sepeda ini diproduksi dengan pengembangan dari konsep premium modern. Jadi, anda bisa menikmati desain terbaik dari sepeda ini. Bahkan, komponen yang dimiliki oleh Shimano berperan penting dalam pengembangan fitur-fitur terbaik di sepeda MTB ini.

Sepeda MTB United Infinite 411

Sepeda United Infinite 411 ini memiliki frame yang terbuat dari karbon sehingga tahan, ringan dan mudah digunakan. Ketahanan sepeda ini terhadap medan-medan yang sulit juga sudah dibuktikan. Sepeda ini bisa melaju dengan baik di medan yang curam serta bergelombang. Anda bisa melakukan banyak aktivitas off road jika menjatuhkan pilihan untuk menggunakan sepeda ini.

12. Polygon Xtrada 3.0

Sepeda MTB yang keren satu ini dijual seharga Rp8.160.000 di Tokopedia. Polygon sendiri sudah banyak dikenal lewat produk-produk sepeda unggulan mereka. Untuk kategori sepeda gunung, maka seri Xtrada ini patut dipertimbangkan karena kuat, aman dan ringan bahkan bagi pemula soal sepeda sekalipun.

Sepeda MTB Polygon Xtrada 3.0

Produk sepeda Polygon Xtrada 3.0 ini bisa digunakan di jalanan desa yang hanya memiliki jalan tanah, di perbukitan, maupun berolahraga di jalanan hutan. Frame-nya terbuat dari bahan alloy pastinya ringan, tahan karat dan kuat. Kerangka sepeda ini memiliki 2 varian ukuran, yakni 16 dan 20.


Demikianlah 12 rekomendasi sepeda MTB terbaik dan bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika anda ingin memilih untuk membeli salah satu sepeda gunung tersebut.