25 Langkah Panduan SEO Pemula

Panduan SEO #5: Pentingnya Sistem dan Prioritas

Memiliki sebuah ‘sistem‘ untuk mencapai tujuan adalah langkah berikutnya untuk seseorang yang harus menyelesaikan suatu jenis proyek lebih dari satu kali. Contoh;
desainer web yang harus menyelesaikan 10-20 situs setiap tahun punya sistem, programmer yang bekerja pada proyek, patuh pada sistem kerja mereka, dll.

Kalau anda belum punya sistem, sekarang saatnya memikirkan SEO sebagai sebuah sistem aktivitas dan proses yang efektif untuk menghasilkan trafik terarah (targeted traffic) bagi website anda dari mesin pencari.

Suatu sistem disebut efektif jika sistem tersebut dapat membantu anda memenuhi target setiap saat anda menjalani proyek yang serupa (bukan sama – karena tidak pernah ada proyek yang sama).

Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya tentang cara berpikir SEO, fokus pada cara kerja yang paling efektif dan bisa konsisten dalam jangka panjang, bukan yang paling mudah atau murah, atau paling cepat, atau apa yang dibilang Google (dan mesin pencari lainnya).

Kerjakan apa yang berhasil saat ini dan nanti.

Buat Prioritas

Kalau sudah punya sistem dasar untuk melakukan berbagai aktivitas SEO, membuat prioritas dan menentukan tugas mana yang harus dikerjakan lebih dulu akan jadi lebih mudah.

Seperti halnya dalam kehidupan nyata, di SEO juga terdapat sejumlah aktivitas yang perlu waktu dan usaha tapi berdampak besar pada peringkat di mesin pencari. Ingat aturan 80-20 (hukum Pareto) Hal ini juga berlaku di SEO, dan tentu ini membuat hidup kita sebagai SEOer jadi lebih mudah.

Tugas-tugas SEO yang paling penting butuh waktu sekitar 15-25% dari daur hidup proyek SEO, dan memberikan pengaruh sebesar 70-85% terhadap hasil. Misal:

  • Mengoptimalkan title tag pada blog anda cuma butuh waktu kurang dari 2 menit, tapi hasilnya sangat jelas pada bagaimana halaman-halaman blog tersebut tampil di mesin pencari.
  • Membayar listing direktori (directory submission) di Yahoo butuh waktu 5 menit, tapi tautan yang anda bayar tersebut lebih berharga daripada men-submit ke 100 direktori gratis yang sudah sekarat dibombardir spam. Saat ini link dari direktori bisnis tidak besar pengaruhnya untuk SEO. Gunakan teknik link building lain yang lebih efektif.

Tanyakan diri sendiri seberapa penting yang anda lakukan sebelum anda melakukannya, inilah yang menjadi dasar prioritas. Jadikan ‘bertanya pada diri sendiri’ ini sebagai kebiasaan, karena dengan begitu anda menghemat banyak waktu dan membuat anda lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting dalam SEO.

Ranking BUKAN Segalanya!

Kenyataannya, traffic yang melimpah (karena menempati halaman 1 atau posisi #1) dari hasil SEO tidak ada gunanya kalau anda tidak punya cara untuk memanfaatkan traffic tersebut. Ini fakta.

Kalau anda punya tujuan khusus untuk website tersebut, anda juga akan punya gambaran jelas tentang target audien dan apa yang seharusnya mereka lakukan (action) saat mereka mengunjungi website anda.

Mungkin saja action ini berupa pendaftaran (signup), penjualan, klik pada iklan, memasukkan alamat email, feed/RSS subscription, dll.

Kalau situs anda tidak melakukan ‘tugasnya’, maka semua peringkat dan traffic yang didapat terbuang sia-sia.

Kesimpulannya; SEO adalah sesuatu yang hebat kalau berhasil, tapi anda juga harus tahu bagaimana memanfaatkan traffic tersebut sebaik mungkin.


Selanjutnya: Panduan SEO #6: Strategi Diversifikasi SEO

Sebelumnya: Panduan SEO #4: Cara Berpikir SEO

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!