25 Langkah Panduan SEO Pemula

Panduan SEO #3: Contoh Menyesuaikan Strategi

Setiap website punya goal yang berbeda, goal ini yang akan menentukan jenis keyword yang ingin diincar, bagaimana komposisi audien-nya, seberapa besar persaingannya, seberapa kuat modal dan waktu yang mampu anda keluarkan.

Di panduan SEO nomor 3 ini akan saya tampilkan contoh kustomisasi strategi SEO pada dua jenis proyek yang berbeda:

Situs A adalah situs informasi (bukan situs produk) yang fokus pada niche tertentu. Sifat ini menentukan kata kunci/keyword yang hendak “ditembak”. Kata-kata kunci tersebut (begitu juga dengan target niche-nya) memiliki tingkat persaingan rendah, sehingga dibutuhkan sedikit saja kerja, waktu, dan biaya yang perlu dikeluarkan agar Situs A ini mendapat posisi #1 untuk target keyword-nya. Kemudian, ditentukan bahwa Situs A ini akan sangat mengandalkan traffic dari mesin pencari.

Dengan informasi ini, ada dua alternatif solusi – pertama, anda bisa menekan biaya dengan melakukan SEO ‘gratis’ dan tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk membayar tautan dan directory submission. Atau, anda bisa menghemat waktu dengan membayar beberapa direktori dengan otoritas tinggi untuk menempatkan tautan agar hasilnya cepat berefek di mesin pencari.

Contoh lain:

Situs B adalah website korporat sebuah perusahaan yang sedang berkembang pesat dalam industri yang cukup kompetitif secara offline, tapi persaingan di dunia online-nya belum terlalu sengit. Sebagian kata kunci yang lazim digunakan dalam industri ini memiliki tingkat kompetisi rendah sampai menengah.

Kemudian diketahui bahwa mesin pencari hanya salah satu aspek dalam strategi online marketing perusahaan tersebut. Tujuan utama situs ini adalah untuk menekankan keunggulan layanan dan produk mereka, dan mengincar sejumlah kata kunci utama (dengan level persaingan yang tinggi).

Berdasarkan informasi ini, anda tahu bahwa untuk mendapat posisi #1 perusahaan harus menginvestasikan waktu dan uang. Membayar directory submission menjadi wajib, begitu pula membeli tautan. Sebagian dari kata kunci tersebut juga perlu upaya link building terpadu dan ter-koordinasi serta biasanya perlu waktu cukup lama sebelum hasilnya terlihat di halaman pertama SERP (Search Engine Results Page).

Dalam kasus ini, strategi SEO anda juga akan tergantung pada seberapa luwes kebebasan anggaran Anda dan dalam hal melakukan perubahan pada website, karena anda mungkin diminta memperlihatkan dulu contoh hasil terdahulu sebelum proposal anggaran disetujui, dan dana yang dibutuhkan cair. Selain itu, melakukan perubahan pada situs korporat biasanya tidak terlalu mudah karena hambatan-hambatan birokratis dan non-teknis lainnya.

Tentu saja, apapun jenis proyeknya, anda harus memutuskan sendiri kustomisasi strategi SEO yang harus dibuat, saya bisa memandu, tapi andalah yang harus membuat keputusan.


Selanjutnya: Panduan SEO #4: Cara Berpikir SEO

Sebelumnya: Panduan SEO #2: Menyesuaikan Strategi

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!