25 Langkah Panduan SEO Pemula

Panduan SEO #25: Sudahkah Anda Lakukan Dengan Benar?

Rekap dari artikel Panduan SEO pemula.
SEO bukan hal yang sulit tapi harus dilakukan secara benar dalam urutan yang benar juga. Salah satunya tidak benar maka upaya SEO akan sia-sia.

piramida-seo

1. Keywords

Keywords atau kata kunci yang anda pilih adalah fondasi aktivitas SEO selanjutnya dan sangat mempengaruhi kesuksesan proyek SEO. Mengincar kata kunci yang salah, maka semua upaya SEO anda akan percuma.

Pilih keyword secara bijak. Tidaklah tepat mengoptimalkan halaman-halaman web anda untuk kata kunci yang terdiri dari satu kata saja. Optimalkan halaman-halaman situs untuk kata-kata kunci yang sangat terarah dan menarik pengunjung yang tepat. Anda menginginkan ‘pembeli’, bukan cuma pengunjung situs. Semakin terarah kata kunci yang dipilih semakin baik.

2. On-page optimization

Setelah anda tahu kata kunci yang hendak digarap, anda harus mengoptimasi halaman-halaman situs untuk kata-kata kunci ini. Optimalkan sebanyak mungkin halaman yang berbeda untuk keyword yang berbeda. Sebaiknya satu halaman optimal untuk satu kata kunci.

Munculkan kata kunci pada elemen halaman yang tepat dan dapat dikunjungi oleh mesin pencari.

Arsitektur website adalah bagian dari on-page optimization. Navigasi situs web anda sebaiknya mengandung kata kunci kemudian halaman-halaman situs saling terkait topiknya agar mesin pencari dapat mengkategorisasi halaman-halaman tersebut secara tepat.

3. Usability and conversion optimization

Atau diterjemahkan menjadi optimalisasi konversi dan kegunaan. Maksudnya bahwa kalaupun situs anda mendapat ribuan pengunjung setiap hari, belum tentu menghasilkan penjualan satu pun karena halaman-halamannya tidak user friendly, atau tidak tampak terpercaya, atau memang tidak dirancang dengan baik untuk menghasilkan konversi.

Halaman web anda harus mempunyai penampilan menarik, harus mudah digunakan, harus membangkitkan kepercayaan pengunjung, dan harus membuat orang tertarik untuk ‘membeli’ apa yang ditawarkan secara mudah.

4. Link building

Setelah semua elemen di atas berada pada tempatnya, anda bisa mulai membangun backlink. Sederhananya; kalau ada lebih dari satu halaman dengan nilai optimalisasi yang sama, maka halaman dengan backlink terbaik yang akan dipilih untuk menempati posisi lebih tinggi oleh Google.

Backlink (dan segala atributnya) menjadi juri terakhir penentu keputusan.

Backlink sebaiknya mengandung keyword yang sama dengan poin 2 (On-page optimization). Misal kalau sebuah halaman sudah dioptimalkan untuk kata kunci “batik madura terbaik” maka tautan yang menaut ke halaman tersebut harus mengandung kata kunci itu juga.

Semua elemen harus pada tempatnya dan dengan urutan yang benar

Kalau situs anda mendapat banyak backlink tapi halaman web anda tidak mampu mengkonversi, maka ‘penjualan’ tidak akan terjadi. Begitupun kalau halaman web sangat teroptimalisasi tapi keywordnya salah.

Kalau keyword yang anda pilih sudah tepat dan halaman-halaman web yang dibuat sudah optimal dan menarik pengunjung untuk membeli, maka langkah terakhir adalah mendapat backlink yang berkualitas untuk mengangkat posisi halaman tersebut di Google.

Ingat, semuanya harus berada pada tempatnya dan dilakukan dengan urutan yang benar.

Penutup Panduan SEO pemula

SEO itu tidak sulit, tapi upaya SEO yang efektif, terutama tentang link building seringkali butuh waktu, biaya, dan komitmen yang tidak semua orang miliki/bisa lakukan. SEO itu tidak berarti gratis, tapi jika dilakukan dengan baik hasilnya bisa dinikmati dalam jangka panjang.

Sebelumnya: Panduan SEO #24: Google Geo-targeting

Sanggahan/Disclaimer: Dokumen ini adalah arsip panduan SEO (Search Engine Optimization) yang pertama ditulis tahun 2009, oleh Dhany Esperanza. Dokumen ini diperbarui sesuai dengan kondisi saat ini dan ketersediaan waktu penulis. Sesuai namanya; “Arsip” keakuratan informasi panduan ini mungkin tidak sesuai lagi dengan kondisi terkini.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!