25 Langkah Panduan SEO Pemula

Panduan SEO #23: Kenapa Google Mengabaikan Anchor Text Pada Link?

Anchor text, atau teks yang terdapat pada tautan yang mengarah ke website anda memiliki efek besar terhadap posisi situs anda di halaman hasil pencarian (SERP) Google (Panduan SEO pemula langkah #22).

Misalkan banyak situs lain yang menggunakan anchor text “buy blue band” untuk menaut ke situs anda, maka besar kemungkinannya halaman anda yang ditaut tersebut mendapat posisi tinggi untuk frase “buy blue band” pada SERP Google.

Contoh kode HTML sebuah anchor text:

<a href=”http://www.myyoursite.com”>this is the anchor text</a>

Sayangnya tidak semua anchor text akan dinilai oleh Google. Perhatikan hal-hal berikut:

1. Atribut nofollow

Anchor text pada tautan yang mengandung atribut rel=”nofollow” tidak akan mempengaruhi SERP Google (normalnya, walaupun ditemukan beberapa kasus pengecualian). Misal:

<a href=”http://www.myyoursite.com” rel=”nofollow”>great keyword</a>

2. Karakter invalid pada URL

Sebuah URL yang mengandung karakter invalid. maka mesin pencari kemungkinan tidak akan mengindeksnya secara benar. Misal:

<a href=”http://www.myyoursite.com “>great keyword</a>

Pada contoh ini terdapat spasi pada akhir URL.

Perhatikan bahwa kebanyakan browser modern mampu memperbaiki kesalahan kecil ini dan menampilkan halaman dimaksud secara benar. Sayangnya, bot mesin pencari tampaknya kesulitan dengan masalah sederhana ini (atau sengaja menilainya sebagai tanda kualitas link yang rendah).

3. Menggunakan 301 redirects

Matt Cutts dari Google mengkonfirmasi hal ini, bahwa Google tidak akan memperhitungkan semua anchor text yang digunakan pada 301 redirects. Misal:

<a href=”http://www.myyoursite.com/page.htm”>great keyword</a>

Server web me-redirect http://www.myyoursite.com/page.htm ke halaman depan http://www.myyoursite.com dengan 301 redirect, maka ada kemungkinan Google tidak akan memperhitungkan anchor text pada link tersebut.

4. Hanya link pertama yang dicatat

Kalau sebuah halaman menaut lebih dari satu kali ke halaman yang sama maka Google akan menggunakan link (dan anchor text) yang muncul pertama dan mengabaikan yang lainnya. Misal:

<a href=”http://www.myyoursite.com”>This</a> is an example. The link text <a href=”http://www.myyoursite.com”>great keyword</a> will be ignored by Google.

Kedua link menaut ke URL yang sama. Pada kasus seperti ini Google hanya akan mencatat tautan yang pertama dengan teks “This”. Tautan dan anchor teks “great keyword” akan diabaikan.

Jadi perhatikan link yang Anda buat. Detail sebuah link adalah faktor penting kalau bicara soal ranking di Google dan mesin pencari utama lainnya.


Selanjutnya: Panduan SEO #24: Google Geo-targeting

Sebelumnya: Panduan SEO #22: Faktor Ranking Berdasarkan Link

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!