25 Langkah Panduan SEO Pemula

Panduan SEO #10: Penentuan Tujuan

Panduan SEO nomer 10 ini menekankan bahwa upaya SEO tidak ada gunanya kalau anda tidak punya gambaran jelas tentang:

  • goal website yang di-SEO-kan
  • siapa yang menjadi target audiennya
  • apa yang anda ingin mereka lakukan saat mengunjungi website Anda
  • apa tujuan jangka panjang anda sendiri
  • kemajuan yang dicapai dari waktu ke waktu

Selain itu, anda harus tahu cara terbaik untuk menarik perhatian audien (kata kunci yang paling menarik perhatian) dan berapa besar upaya yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan (analisa persaingan/competitive analysis).

Apa Goal Website Anda?

Tentukan tujuan yang hendak dicapai oleh website anda, tuliskan besar-besar pada kertas atau whiteboard atau media apapun yang mudah terlihat, jangan menulisnya pada komputer kalau harus membuka filenya dulu secara manual.

Bagi sebagian orang, website adalah perpanjangan kehidupan/minat/bisnis mereka, bertujuan untuk mempublikasikan dan menarik perhatian atas apa yang dikerjakan di dunia offline. Untuk sebagian lagi, website ADALAH minat/bisnis itu sendiri. Perbedaan ini tentu mempengaruhi banyak hal dan prioritas.

Apa tujuan utama website anda? Apakah untuk menjual sesuatu? Apakah untuk menarik subscriber ke mailing list? Apakah sebagai etalase online untuk menyediakan informasi dasar tentang produk anda pada kustomer?

Untuk sebagian perusahaan, branding adalah tujuan utama memiliki situs. Untuk perusahaan lain, situs berfungsi sebagai sarana pembangun komunitas untuk produk dan/atau jasa mereka.

Tujuan anda (atau tujuan perusahaan ) dan strategi bisnis yang digunakan memiliki pengaruh besar pada cara setup dan kegunaan situs tersebut.

Untuk mempermudah, saya beri dua contoh, berupa kasus ril sebuah perusahaan online, dan contoh fiktif sebuah bisnis offline yang ingin memanfaatkan website untuk menarik klien.

Contoh #1:

Misal StatCounter, sebuah perusahaan online yang dikenal menyediakan jasa traffic tracking. StatCounter menyediakan layanan hit counter yang mudah digunakan, non-intrusif dan gratis, tentu saja itu cuma ‘pemanis’ agar orang mencoba layanan mereka sebelum menjual jasa berbayarnya (yang menghilangkan berbagai limitasi versi gratis).

Jadi kira-kira apa tujuan utama StatCounter?

Tujuan Utama: Menyediakan layanan hit tracking berbayar terbaik

Tujuan utama akan membantu anda fokus dan tetap pada jalur yang benar ketika anda memutuskan apa yang hendak dilakukan dengan situs tersebut. Tujuan bisa lebih dari satu, untuk itu anda membaginya menjadi satu tujuan utama dan satu (atau lebih) tujuan sekunder.

Kembali pada contoh StatCounter, secondary goal mereka kira-kira adalah:

Secondary Goal: Menjual ruang iklan untuk monetisasi popularitas dan trafik pengunjung sebagai income tambahan.

Contoh #2:

Bayangkan kasus imajiner tentang desainer web freelance; Mbah Urip, yang ingin menggunakan situsnya untuk presentasi portofolio. Kebetulan Mbah Urip punya hasrat mengajar dan ingin membagikan pengetahuan melalui situsnya. Tambahan lagi, Mbah Urip ingin mendapat income tambahan selain dari jasa desain, maka ia juga ingin menjual template situs dan custom script di websitenya.

Tujuan Utama: Untuk menarik perhatian calon klien

Secondary Goal #1: Menulis tentang teknik-teknik desain web dan berbagi pengetahuan

Secondary Goal #2: Mendapat income dari menjual script dan template

Yang bagus dari contoh kedua ini bahwa tujuan-tujuan sekunder mbah Urip mendukung dan masih berhubungan erat dengan tujuan utamanya – template dan artikel adalah sarana tambahan untuk menarik lebih banyak kustomer/klien.

Idealnya tujuan sekunder dibatasi sampai paling banyak 3 (lebih sedikit lebih baik). Fokus tunggal sangat membantu dalam mempertajam upaya-upaya SEO anda.

Tentu saja memiliki banyak tujuan dan berharap banyak hal dari situs anda juga bukan sesuatu yang terlarang. Kalau begitu, bagaimanapun caranya pastikan bahwa anda tidak kehilangan fokus dan membiarkan tujuan berkembang terlalu banyak sehingga tidak satupun yang tercapai.

Langit boleh saja jadi tujuan, tapi ingat bahwa anda tetap harus menempuhnya langkah demi langkah.


Selanjutnya: Panduan SEO #11: Siapa Target Audien Anda?

Sebelumnya: Panduan SEO #9: Membuat Rencana SEO

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!