5 Mainan Populer dari Rusia ini Cocok untuk Berbagai Usia

Mainan mempunyai peran besar dalam tumbuh kembang anak. Sebagai orang tua, sudah menjadi tanggung jawab anda untuk memilihkan mainan mana yang bisa membawa pengaruh baik dan mainan mana yang membawa pengaruh buruk. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini. Jangan asal membelikan tanpa mempertimbangkan matang–matang.

Di Indonesia, walaupun banyak mainan tradisional, namun banyak juga mainan yang sebenarnya didatangkan dari luar negeri. Hanya saja, sebagian orang yang menggunakan tak menyadarinya. Bahkan mainan tersebut populer bertahun–tahun lamanya.

Review Lainnya

Dari banyak mainan yang (pernah) populer di Indonesia, beberapa di antaranya ternyata berasal dari Rusia. Mau tahu permainan apa sajakah itu? Yuk simak pembahasan di bawah ini sampai selesai.

1. Tetris

Bagi anda yang lahir di tahun 80 hingga 90 an, pasti tak asing lagi dengan mainan Tetris ini. Pada kala itu mainan Tetris mampu mendunia. Bahkan anak – anak kala itu ingin sekali memilikinya. Namun bagi mereka yang kurang beruntung, hanya bisa memainkannya dengan meminjam kepada teman.

Sangat disayangkan, menginjak tahun 2000 an, mainan ini mulai ditinggalkan karena berkembangnya pilihan video game; Nintendo, Playstation, dan bahkan perkembangan ponsel pintar yang dianggap lebih menarik. Meskipun demikian, mainan Tetris masih mudah ditemukan di berbagai toko mainan, baik itu offline atau pun online.

Mainan Rusia Tetris
Wikipedia

Tahukah anda sebenarnya mainan Tetris itu asalnya darimana? Sebagian besar orang mengetahuinya bahwa mainan Tetris didatangkan dari Jepang dan Amerika. Anggapan tersebut tak sepenuhnya salah. Karena memang benar mainan Tetris dikomersilkan oleh perusahaan asal Jepang dan Amerika yang berhasil meraup keuntungan besar.

Namun mainan Tetris sebenarnya diciptakan oleh seorang programmer dari Rusia (kala itu masih bernama Uni Soviet). Mainan yang mengadopsi ilmu pemrograman tersebut memang menawarkan daya tarik tersendiri.

2. Nevalyashka

Bagi anak–anak yang lahir dan tumbuh di Rusia, mainan ini dianggap sebagai salah satu mainan pertama yang mereka mainkan. Mainan boneka Rusia ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Boneka kecil yang dikenal dengan nama Nevalyashka ini mempunyai keseimbangan yang sangat baik. Mainan ini pernah populer pada zamannya.

Mainan boneka Rusia Nevalyashka
Russia Beyond

Meskipun anak–anak berusaha keras untuk menjatuhkannya, boneka kecil ini akan selalu kembali berdiri tegak. Secara filosofi, mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya bekerja keras.

Beban yang memang sengaja diletakkan pada bagian bawah mainan ini, membuatnya mampu kembali berdiri tegak meskipun dijatuhkan berkali–kali. Tak sedikit anak yang merasa kesal karena tak pernah berhasil menjatuhkannya.

3. Kaleidoskop Rusia

Mainan asal Rusia selanjutnya adalah Kaleidoskop. Meski bukan penemuan orang Rusia, kaleidoskop ini sangat populer di kalangan anak-anak Soviet dan pasca Uni Soviet. Mainan ini mampu menimbulkan daya tarik karena pantulan cahaya yang indah. Pantulan cahaya tersebut bisa terbentuk karena mainan Kaleidoskop ini mengadopsi cara kerja optik dengan memanfaatkan berbagai cermin. Cara pemasangan cerminnya pun mengacu pada sudut tertentu.

Mainan Kaleidoskop Rusia
Russia Beyond

Mainan ini sempat populer pada zamannya, karena hampir setiap apartemen yang ada di Rusia, sebagian besar mempunyai mainan optik satu ini. Seiring perkembangan zaman, Kaleidoskop tergantikan oleh keberadaan ponsel pintar. Namun bagi anda yang ingin bernostalgia dan menikmatinya, anda bisa men-download-nya di Playstore dalam bentuk digital.

4. Matryoshka

Mainan asal Rusia satu ini tak hanya diminati oleh anak–anak saja, melainkan juga para orang dewasa. Banyak turis mancanegara yang menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk pajangan dan koleksi pribadi. Karena dianggap sebagai lambang kesuburan, boneka Rusia ini banyak diburu oleh para wisatawan. Sampai saat ini, boneka Rusia Matryoshka masih populer dan menjadi salah satu produk dengan jumlah terbanyak untuk diekspor.

Mainan boneka Rusia Matryoshka

Pemberian nama mainan ini, diadopsi dari sebuah nama yang populer di zaman kekaisaran Rusia yakni Matryona. Arti dari nama tersebut adalah ibu, sehingga lambang kesuburan yang disematkan pada boneka tersebut sangatlah tepat.

Di bagian dalam dari mainan Matryoshka, terdapat boneka–boneka kecil lain yang semakin memperkuat filosofi makna kesuburan dari boneka tersebut. Boneka–boneka kecil yang ada di dalamnya dianggap sebagai lambang keturunan.

5. Mainan Tentara Rusia

Mainan tentara Rusia ini tercipta karena terinspirasi dari berbagai kejadian besar yang pernah melanda Rusia (dan Uni Soviet pada masanya). Contohnya adalah kejadian Perang Dunia Dua, Revolusi Oktober, Invasi Napoleon dan kejadian–kejadian besar lainnya.

Mainan Tentara Rusia (Uni Soviet)
Russia Beyond

Mainan ini ditawarkan dalam bentuk set, sehingga tampilannya menjadi lebih hidup dan menarik. Pada zamannya, mainan ini sempat populer. Namun perkembangan dunia digital yang semakin pesat, membuat mainan tersebut tergerus oleh modernisasi zaman.

Mainan tentara Rusia ini bisa disusun secara berjajar sesuai dengan keinginan penggunanya. Semakin banyak jumlah set mainan yang disusun, akan tampak semakin menarik. Set mainan yang tersedia mulai dari tentara tradisional yang menggunakan kuda saat berperang hingga tentara modern yang sudah berseragam dilengkapi dengan senapan.

Bisa dipilih mana saja yang diinginkan sesuai selera penggunanya Bagi orang dewasa, mainan tentara Rusia ini bisa dijadikan sebagai koleksi dan pajangan di rumah.

Itulah beberapa mainan Rusia yang populer hingga ke mancanegara. Dan bahkan sebagian di antaranya masih bertahan hingga saat ini dan banyak diminati oleh masyarakat pada umumnya. Pastinya sebagian dari anda yang membaca artikel ini pernah memainkan beberapa mainan tersebut bukan?

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!

Reviewer: Rev

5 Mainan Populer dari Rusia ini Cocok untuk Berbagai Usia 3Admin inReview. Mau berbagi ulasan produk, tempat, kampus, event, atau review apa pun untuk dibaca ribuan orang? Lagi cari website yang terima guest blog atau endorse?
Ngobrol yuk. E-mail: inreview.id@gmail.com