5 Kelebihan Website Sendiri daripada Facebook: Apakah Saya Butuh Website

Artikel ini berlaku juga untuk membandingkan kelebihan website sendiri dibandingkan dengan halaman sosial media lainnya seperti; Instagram, Twitter, Pinterest, dan halaman pada direktori bisnis seperti Yelp, Trip Advisor, Zomato, Google Bisnisku, dll.

Kelebihan Website Sendiri vs Facebook: Apakah Facebook Lebih Baik

Jutaan bisnis di dunia sekarang memiliki halaman Facebook dan harus diakui FB adalah tool yang berguna untuk menjangkau target audien dan berinteraksi dengan pelanggan potensial bisnis Anda. Tapi apakah halaman bisnis Facebook lebih baik daripada memiliki situs web sendiri (self hosted)?

Jawaban singkatnya sih tidak, tapi bukan berarti bahwa Facebook tidak memiliki peran dalam keseluruhan strategi pemasaran digital Anda. Mari kita lihat apa kelebihan memiliki website sendiri daripada Halaman Facebook (Facebook Page).

1. Jangkauan Potensial: Website Sendiri Vs Halaman Facebook

Dengan menggunakan Facebook Anda memiliki kemungkinan untuk menjangkau orang yang ingin Anda targetkan. Algoritma iklan yang cukup canggih yang dimiliki FB memungkinkan Anda untuk memasarkan bisnis Anda kepada calon customer yang mungkin membutuhkan tetapi belum mengetahui bisnis Anda.

Jika Anda memahami media sosial, ada banyak cara dan sarana di Facebook untuk terlibat dengan lebih banyak orang melalui konten pintar seperti video, foto, dan pembaruan (update). Namun, untuk bisa melihat value dari halaman Facebook Anda, Anda harus bekerja keras, dan bersiaplah untuk mengeluarkan banyak uang. Bahkan jika Anda memiliki banyak uang untuk iklan sekalipun, laba atas investasi (ROI – Return on Investment) Anda mungkin tidak sepadan dengan konsumen yang dihasilkan melalui iklan FB.

Itu pun dengan asumsi bahwa pelanggan Anda adalah konsumen pengguna Facebook, yang disodori iklan Anda saat mereka menggunakan Facebook. FB jauh lebih tidak berguna apabila bisnis Anda bersifat B2B.

Situs web juga memiliki jangkauan. Sebagian besar hal ditemukan seseorang secara online dengan cara melakukan pencarian – milyaran pencarian dilakukan di Google setiap hari, walaupun mungkin hanya satu per sekian persennya saja yang cocok dengan penawaran Anda, tapi ini adalah angka yang besar dan bisa dijangkau tanpa mengeluarkan investasi besar pada iklan seperti FB ads.

Yang manapun pilihan Anda, jika tidak online, jelas Anda sudah kalah bersaing. Dengan strategi SEO (Search Engine Optimization) yang baik, Anda dapat menyaring noise pencari untuk memastikan situs web Anda menjangkau orang yang tepat – dan memang sedang mencari layanan yang disediakan bisnis Anda.

Baca juga: SEO lokal: Bagaimana Bisnis Restoran Menempati Peringkat Satu di Google Tanpa Website

2. Menonjol di Tengah Keramaian

Seperti disebutkan di atas, ada jutaan halaman bisnis di Facebook saat ini, dan semakin kita menandai ‘Like‘ pada apa yang kita lihat di Facebook semakin sedikit yang akan kita lihat karena tidak ada cukup waktu dan ruang di umpan berita Facebook Anda untuk bisa menampilkan semua hal. Bahkan jika Anda telah membayar Facebook Ads lebih mahal untuk membuat tawaran bisnis Anda dilihat orang yang tepat, sama sekali tidak ada jaminan bahwa orang tersebut akan melihat atau merespon iklan Anda.

Ingat, Facebook adalah sarana hiburan bagi banyak orang, dan belum tentu mereka siap untuk menerima iklan saat bersosmed di Facebook. Ini artinya Anda harus bekerja ekstra keras supaya terlihat menonjol.

Menginvestasikan jumlah uang yang sama ke Google Ads dan mengoptimasi website Anda dengan SEO bisa jauh lebih efektif untuk menonjol di tengah keramaian, dan setidaknya Anda menempatkan situs web Anda di depan orang-orang yang berniat untuk membeli. Jika Anda dapat membuat mereka mengklik situs web Anda pada saat melakukan pencarian, Anda akan mendapat perhatian penuh dari mereka, meskipun hanya untuk waktu yang singkat.

3. Kredibilitas Bisnis

Katakanlah seseorang kebetulan melihat halaman bisnis Anda di Facebook dan mereka tertarik pada produk atau layanan Anda, apa hal berikutnya yang mungkin mereka lakukan? Kemungkinan terbesarnya adalah mereka akan membuka browser untuk mencari situs web Anda. Dan bila website Anda dicantumkan sebagai tautan pada profil maka proses ini hanya berupa satu buah klik pada layar komputer atau handphone mereka.

Kebanyakan orang masih berharap melihat situs web, dan tidak memiliki situs web dapat mempengaruhi kredibilitas Anda atau memberi kesan Anda tidak seprofesional bisnis lainnya yang sejenis. Tentu dengan asumsi bahwa website Anda yang ditemukan pun terlihat profesional, ini akan semakin menambah kredibilitas Anda.

Inilah kelebihan website sendiri dibandingkan halaman situs sosial media, bagaimana menurut Anda kalau Whatsapp tidak memiliki website sendiri dan mengiklankan produknya via Facebook Page saja. Padahal kita pun yang menggunakan WA kemungkinan besar tidak sering menggunakan fasilitas Whatsapp web.

4. Membangun Merek Bisnis

Sangat sulit untuk membangun identitas merek di Facebook, di mana semua halaman bisnis terlihat sama persis, satu dengan yang lainnya. Kelebihan website sendiri adalah bisa sama persis seperti yang Anda inginkan, dengan domain sendiri, dapat dicari, dengan gambar, deskripsi, fitur, dan fungsi yang Anda tentukan. Pada dasarnya, Anda mengontrol pesan Anda dan Anda dapat membuat kesan pertama yang kuat – dan kesan pertama haruslah menggoda.

Jika bisnis Anda adalah restoran, misalnya, dan orang ingin memesan secara online tetapi kemudian tidak bisa karena Anda tidak memiliki situs web, Anda hanya mempermudah pesaing yang memiliki fungsi tersebut di website-nya.

5. Paket Pemasaran Digital Lengkap

Berhasil memasarkan bisnis Anda membutuhkan strategi menyerang banyak sisi sekaligus – Anda harus melakukannya dari semua sudut, dan bisnis yang paling sukses adalah yang melakukan hal itu.

Jadi cerita lengkapnya adalah; Anda men-setting halaman bisnis Facebook Anda sebaik mungkin dan Anda berhasil mendapatkan engagement dan like. Pelanggan yang potensial termotivasi untuk mencari tahu lebih banyak, sehingga mereka mengunjungi website Anda, di mana Anda mengendalikan basis merek Anda sendiri, kisah perusahaan Anda, beberapa gambar. Mereka mungkin mengecek case studies, mengunduh e-guide, membaca blog, mengisi formulir kontak atau langsung memesan konsultasi yang Anda tawarkan.

Semua proses tersebut merupakan bagian penting dari proses penjualan. Dari situs web Anda, Anda dapat mengoleksi alamat email dan melakukan pemasaran langsung kepada mereka yang ingin menerima berita dan penawaran dari Anda. Sementara Facebook hanya salah satu dari banyak saluran yang dapat Anda manfaatkan yang semuanya berperan sebagai pemberi umpan balik ke situs web Anda, bersama dengan strategi SEO yang baik untuk menangkap mereka yang sedang mencari layanan Anda.

Kelebihan website bisnis Anda adalah sebagai pusat utama untuk semua konten digital Anda. Dari sini, Anda dapat mengoordinasikan strategi pemasaran konten Anda dan membagikan informasi baru dan menarik kembali ke halaman Facebook Anda dan saluran lainnya.

Tanpa situs web, semuanya dimulai dan diakhiri dengan Facebook, dan Anda hanya memanfaatkan sebagian kecil dari kemungkinan pasar potensial yang sedang mencari bisnis Anda.

Kesimpulan:

Facebook sangat bagus untuk digunakan sebagai sarana interaksi dan engagement jangka panjang dengan (calon) konsumen, tetapi bisa saja yang terjadi adalah hit and miss. Strategi digital yang sukses bergantung pada kemampuan memanfaatkan keuntungan dari sejumlah saluran yang berbeda, yang semuanya harus memberi umpan balik ke situs web Anda sendiri dengan kelebihannya. Di mana Anda bisa membuat mereka mendaftar untuk mendengar lebih banyak tentang apa yang perlu Anda sampaikan, mendorong mereka sepanjang proses penjualan sampai pada akhirnya tercipta penjualan. Sehingga jelas kelebihan website sendiri adalah sebagai sentral dari semua channel media bisnis Anda.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!

Reviewer: Dhany Esperanza

5 Kelebihan Website Sendiri daripada Facebook: Apakah Saya Butuh Website 1WordPress enthusiast, gamer, aquarist, teacher, farmer, researcher. An eternal student that love to learn anything new.