9 Kelebihan Instagram dan Pinterest untuk Mengembangkan Bisnis

Kelebihan Instagram dan Pinterest. Mana yang pas untuk bisnis Anda?

Jawabannya adalah a) tergantung dan b) dua-duanya!

Instagram dan Pinterest menonjol sebagai dua platform utama media sosial visual-centric saat ini. Jika Anda ingin mendapat perhatian — apalagi pengikut — Anda harus memiliki gambar yang cantik dan berkualitas tinggi di keduanya.

Cuma ini satu-satunya kesamaan utama, selain prioritas pada gambar indah dan bahwa keduanya bisa membantu bisnis Anda, hanya sedikit kesamaan antara kedua platform ini. Instagram punya kelebihan, demikian juga Pinterest, masing-masing bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda, bila Anda paham apa yang diinginkan pengguna mereka.

Pengguna kedua situs ini bahkan punya preferensi jenis gambar yang sangat berbeda, baik dari segi subjek maupun estetika visual.

Dalam artikel ini, kita akan membandingkan kelebihan Instagram dan Pinterest, sekaligus membahas perbedaan utama antara dua raksasa media sosial ini.

Aspek utama yang kita perbandingkan adalah pola penggunaan, fitur unik, dan jenis gambar seperti apa yang ingin dilihat audien keduanya.

Anda akan tahu bagaimana cara meningkatkan pemasaran Anda pada setiap platform alih-alih buang-buang waktu di dalamnya.

Kelebihan Instagram vs Pinterest: Apa Perbedaannya?

Kedua platform ini adalah tentang estetika. Komunikasi visual adalah cara komunikasi utama pada kedua media sosial ini.

Jadi apa bedanya?

Terlepas dari kesamaan yang disebutkan di awal, Pinterest dan Instagram adalah platform yang sangat berbeda. Manfaatkan dengan benar, dan keduanya bisa menjadi alat yang efektif dalam sebagai senjata pemasaran Anda.

Berikut adalah perbedaan utama antara kedua raksasa medsos visual ini.

Artikel terkait: 5 Kelebihan Website Sendiri daripada Facebook: Apakah Saya Butuh Website

1. Tujuan Instagram vs Pinterest

Instagram dan Pinterest memiliki tujuan yang sangat berbeda.

Instagram digunakan terutama untuk berbagi foto milik seorang pengguna; Pinterest terutama digunakan untuk meng-kurasi dan menyimpan konten yang sering diunggah oleh pengguna lain.

Instagram lebih banyak tentang berbagi, sementara Pinterest lebih banyak tentang menemukan.

Kelebihan Instagram dan Pinterest untuk Mengembangkan Bisnis, Gambar 1. Instagram lebih banyak tentang berbagi, sementara Pinterest lebih banyak tentang menemukan.

Ini berpengaruh pada cara pengguna berinteraksi dengan konten pada masing-masing platform.

Gambar yang cantik akan bekerja dengan baik, baik pada Pinterest maupun Instagram, tetapi di Pinterest gambar juga perlu memiliki nilai lain.

Foto ice cream cake yang sangat cantik tidak akan mendapat banyak repin di Pinterest jika tidak ada resep atau instruksi DIY (Do It Yourself) yang ditambahkan, walaupun foto yang sama bisa sangat sukses di Instagram. Teks dan deskripsi konten Anda juga harus mencerminkan hal ini.

Kelebihan Instagram dan Pinterest untuk Mengembangkan Bisnis, Gambar 2. Foto ice cream cake yang sangat cantik tidak akan mendapat banyak repin di Pinterest jika tidak ada resep atau instruksi DIY (Do It Yourself) yang ditambahkan, walaupun foto yang sama bisa sangat sukses di Instagram

2. Audien

Audien Instagram jauh lebih beragam daripada Pinterest, juga jauh lebih besar daripada Pinterest.

Hootsuite mengumpulkan top Instagram demographics, hasilnya bahwa audien Instagram:

  • Mencapai 1 Miliar pengguna aktif
  • Lebih dari 70 persen pengguna Instagram berusia di bawah 35 tahun
  • Pengguna Instagram yang paling aktif adalah demografis berusia 18 hingga 29 tahun
  • Lebih banyak wanita (39%) daripada pria (30%) menggunakan Instagram
  • Untuk pengguna berusia 18 hingga 34 tahun: ada 20 juta lebih banyak pengguna pria daripada wanita.

Audien Pinterest juga lebih dominan wanita (meskipun basis pengguna pria Pinterest masih berkembang).

Pada Maret 2017, Pinterest:

  • Memiliki 200 juta pengguna aktif
  • 17% pria aktif di platform, dan 45% wanita yang aktif
  • 36% pengguna berusia 18-29 tahun
  • 34% berusia 30-49 tahun
  • 28% berusia 50-64 tahun
  • 68% memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi

Sederhananya: lebih banyak wanita menggunakan Pinterest, dan Pinterest memiliki audien yang sedikit lebih tua daripada rata-rata Instagram.

3. Desktop vs Mobile

Ini aspek minor, tapi perlu diperhatikan. Pinterest berfungsi penuh di desktop dan ponsel. Saya secara pribadi bahkan lebih suka menggunakannya di desktop, meskipun ada fitur hebat tambahan pada aplikasi ponsel (seperti Buyable Pins atau opsi ‘show me more like this’). Karena tingkat konversi e-commerce jauh lebih tinggi di desktop daripada seluler, ini menguntungkan Pinterest.

Instagram, hampir secara eksklusif dikembangkan untuk menjadi aplikasi seluler. Anda dapat melihat konten di desktop dan mengomentari kiriman pengguna lain, tetapi Anda tidak dapat mengunggah sesuatu yang baru. Anda juga tidak akan melihat iklan atau bisa melihat atau mengunggah Instagram Stories dari aplikasi desktop. Instagram saat ini secara bertahap meluncurkan fitur belanja in-app Shopify, yang secara signifikan bisa meningkatkan daya jual platform.

4. Kemampuan Berbagi Tautan

Pinterest memprioritaskan berbagi tautan dan penyimpanan. Instagram tidak memiliki fitur ini sama sekali.

Instagram saat ini merupakan satu-satunya platform yang tidak memungkinkan Anda untuk membagikan tautan pada postingan. Anda bisa memposting tautan di profil Anda, dan Anda dapat menambahkan tautan ke Instagram Ads (termasuk Story Ads) yang Anda jalankan.

Saat Anda ingin mendistribusikan konten, Pinterest adalah pilihan terbaik. Mempromosikan konten Anda di Instagram masih bisa efektif, dengan menambahkan tagar #linkinbio.

5. Penggunaan Tagar

Tagar adalah bagian penting dari Instagram.

Pengguna suka membaca dan membuat tagar baru dan inovatif, yang tidak ada sebelumnya. Tagar Instagram juga berfungsi sebagai metode ampuh untuk membantu Anda terhubung dengan audien sasaran. Audien lokal bisa menempatkan konten mereka di depan audien mereka dengan tagar #Bandung atau #ILoveJakarta.

Walaupun banyak pengguna mencantumkan tagar di Pinterest, tagar ini tidak ada gunanya.

Karena pin sudah diberi label dengan tepat untuk meningkatkan akurasinya dalam hasil pencarian, Anda tidak perlu tagar di Pinterest supaya muncul di depan target pemirsa Anda. Sudah ada kategori yang bisa Anda pilih. Tagar yang dimasukkan oleh pengguna yang tidak paham di Pinterest gunanya hanya menambah teks yang tidak ingin dibaca oleh pengguna lainnya.

Kelebihan Instagram dan Pinterest untuk Mengembangkan Bisnis

Perbedaan Gambar di Instagram dan Pinterest

Sejauh ini, kita telah melihat perbedaan fungsi antara Instagram dan Pinterest yang berpengaruh bagi marketer.

Namun, ada perbedaan lain antara kedua platform, yang mungkin kurang jelas tetapi bisa menenggelamkan upaya pemasaran Anda dengan cepat.

Yaitu perbedaan gambar.

Pengguna menyukai gaya gambar yang sangat berbeda di kedua platform, Anda akan lihat dalam daftar perbandingan di bawah ini. Ingatlah hal-hal berikut ini dan sesuaikan konten Anda bila perlu.

6. Wajah Manusia

Di Pinterest, gambar tanpa wajah manusia di-repin 23% lebih sering daripada gambar dengan wajah.

Itu sebabnya Anda akan lebih sering melihat gambar pakaian yang terputus di dagu pemakainya.

Kelebihan Instagram dan Pinterest untuk Mengembangkan Bisnis, Gambar 3. Di Pinterest, gambar tanpa wajah manusia di-repin 23 persen lebih sering daripada gambar dengan wajah.

Instagram justru sebaliknya.

Sebuah studi oleh Mashable menemukan bahwa posting Instagram dengan wajah manusia yang tersenyum mendapat 38% Like lebih banyak daripada yang tanpa wajah. (Tolong, jangan ada selfie dengan muka bebek).

7. Preferensi Warna Primer

Audien Instagram lebih suka gambar dengan rona kebiru-biruan sebagai warna utama, dan posting dengan komposisi seperti ini mendapat 24% lebih banyak Like daripada rona kemerahan.

Pinterest, ternyata sebaliknya, lebih suka gambar dengan banyak warna merah; gambar seperti ini mendapat repin dua kali lebih banyak daripada gambar dengan warna primer lainnya.

Kelebihan Instagram dan Pinterest untuk Mengembangkan Bisnis, Gambar 4. Pinterest, lebih suka gambar dengan banyak warna merah

8. Jumlah Warna Dominan

Instagram suka membuat segala sesuatunya sederhana; pengguna lebih suka gambar dengan warna dominan tunggal. Posting seperti ini menghasilkan 17% Like lebih banyak daripada yang memiliki banyak warna dominan.

Kelebihan Instagram dan Pinterest untuk Mengembangkan Bisnis, Gambar 5. Pengguna Instagram lebih suka gambar dengan warna dominan tunggal

Sekali lagi, Pinterest justru sebaliknya. Gambar dengan beberapa warna dominan mendapat repin 3x lebih banyak.

Kelebihan Instagram dan Pinterest untuk Mengembangkan Bisnis, Gambar 6. Pinterest justru sebaliknya. Gambar dengan beberapa warna dominan mendapat repin 3 kali lebih banyak

9. Close Up vs Background

Kebalikan yang lainnya. Gambar Instagram dengan background mendapat 29% lebih banyak Like, sementara foto close-up memiliki kinerja lebih tinggi di Pinterest.

Kelebihan Instagram dan Pinterest untuk Mengembangkan Bisnis, Gambar 7. Gambar Instagram dengan background mendapat 29 persen lebih banyak Like, sementara foto close-up memiliki kinerja lebih tinggi di Pinterest.

Kesimpulan

Selain dari fakta bahwa Pinterest dan Instagram sama-sama memiliki banyak potensi pemasaran dan memprioritaskan gambar dan video yang indah, kedua platform ini tidak memiliki banyak kesamaan.

Kelebihan Instagram bisa menjadi kekuatan produk Anda, demikian juga kelebihan Pinterest. Memahami perbedaan utama mereka akan memungkinkan Anda menyesuaikan konten Anda untuk masing-masing media sosial ini, dan mengarah pada peningkatan kesuksesan pemasaran Anda.

Bagaimana menurut Anda? Apa kelebihan Instagram dan Pinterest yang paling mengejutkan Anda? Platform apa yang Anda suka? Tinggalkan komentar dan beri tahu pendapat Anda!

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Ikuti kami di media sosial yuk!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!