Review Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang

Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang

Review kampus Universitas Singaperbangsa Karawang oleh Dwi Agiarti, alumni S1 Akuntansi Unsika.

Editor's Rating:
5

Universitas Singaperbangsa Karawang atau biasa disingkat UNSIKA adalah perguruan tinggi negeri sekaligus perguruan tinggi pertama yang didirikan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Universitas Singaperbangsa Karawang didirikan pada tanggal 2 Februari 1982 oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan.

1. Alasan berminat studi di Unsika

Alasan saya memilih kuliah di Universitas Singaperbangsa Karawang adalah karena Universitas Singaperbangsa Karawang merupakan satu-satunya kampus Negeri yang ada di Karawang, Jawa Barat. Dengan status UNSIKA sebagai Perguruan Tinggi Negeri maka biaya kuliah tentunya jauh lebih terjangkau.

Selain itu UNSIKA juga menerima mahasiswa yang mengikuti jalur program Bidik Misi dan Universitas Singaperbangsa Karawang menyediakan beberapa jenis beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi diantaranya:

  • Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Dikti Depdiknas RI
  • Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dari Dikti Depdiknas RI
  • Beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Pertanian (Khusus Fak. Pertanian) dari Pemkab Karawang
  • Bupati Karawang (semua Prodi) dari Pemkab Karawang
  • Unsika dari Unsika
  • Yayasan Toyota dan Astra dari Yayasan Toyota dan Astra
  • PT Pindodeli pulp and paper mills Karawang

Sejak tanggal 06 Oktober 2014 UNSIKA resmi beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai dengan Perpres RI nomor 123 tahun 2014 tentang pendirian Universitas Singaperbangsa Karawang.

Karena Karawang adalah kota industri dan banyak sekali perusahaan manufaktur yang ada di kawasan industri kota Karawang, sehingga lulusan Universitas Singaperbangsa Karawang yang siap bersaing di dunia industri akan lebih mudah.

Dengan kuliah di Universitas Singaperbangsa Karawang, kamu akan jauh lebih mengenal berbagai macam industri yang ada di Karawang, mulai dari industri otomotif, tekstil, makanan, dan lain sebagainya.

Selain itu banyak fakultas dan program studi yang ada di Universitas Singaperbangsa Karawang. Di antaranya;

  • Fakultas Hukum Program Studi S1 Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis Program Studi S1 Akuntansi, D3 Akuntansi, dan S1 Manajemen
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Luar Sekolah, dan S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
  • Fakultas Pertanian Program Studi S1 Agroteknologi dan S1 Agribisnis
  • Fakultas Agama Islam Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Manajemen Pendidikan Islam, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Islam
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Komputer Program Studi S1 Ilmu Komputer
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Ilmu Kesehatan Program D3 Kebidanan
  • dan juga Pasca Sarjana Magister Manajemen dan Magister Ilmu Hukum bagi kamu yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang S2.

2. Proses pendaftaran maba Unsika

Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke PTN di Indonesia, salah satunya untuk bisa mendaftar di UNSIKA. Jalur ini merupakan jalur favorit yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus dari tingkat SMA/SMK.

Alur pendaftaran SNMPTN ini diawali dari Kepala Sekolah yang mendaftarkan siswa ke alamat pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa melakukan verifikasi data di alamat tersebut.

Selanjutnya siswa melakukan pendaftaran SNMPTN di alamat www.snmptn.ac.id kemudian memasukkan pilihan Universitas Singaperbangsa Karawang beserta program studi yang diinginkan.

Pendaftaran SBMPTN

SBMPTN adalah jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian SBMPTN yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia secara tertulis (PBT) atau menggunakan komputer (CBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk peserta yang memilih Progam Studi bidang Keolahragaan atau Seni.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat https://sbmptn.ltmpt.ac.id/ kemudian memasukkan pilihan Universitas Singaperbangsa Karawang beserta program studi yang diinginkan.

Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIKA Jalur Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNSIKA juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri atau dikenal dengan sebutan SMMPTN UNSIKA.

Seleksi jalur SMMPTN ini dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta yang sebelumnya telah mendaftar di https://pmb.unsika.ac.id/smmptn.

3. Proses orientasi mahasiswa Unsika

Saat dinyatakan lulus di Universitas Singaperbangsa Karawang, kita wajib mengikuti masa orientasi mahasiswa baru (maba) atau disebut PKKMB.

Untuk tanggal, waktu dan berbagai perlengkapan yang akan dipakai saat orientasi sudah ditentukan oleh panitia orientasi mahasiswa baru. Biasanya orientasi ini akan berlangsung selama 2-3 hari yang dibagi orientasi di lingkup Universitas dan Fakultas. Di orientasi ini mahasiswa baru akan lebih dikenalkan tentang kampus UNSIKA beserta penjelasan secara umum bagaimana kita mulai memasuki dunia perkuliahan.

Kita juga akan diperkenalkan dengan dosen-dosen pengajar di Universitas Singaperbangsa Karawang, Pengenalan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Singaperbangsa Karawang, Badan Lembaga Mahasiswa (BLM) Universitas Singaperbangsa Karawang, UKM-UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang), serta mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang akan memicu mahasiswa baru untuk menjadi mahasiswa berprestasi selanjutnya di Universitas Singaperbangsa Karawang.

4. Organisasi kemahasiswaan di Unsika

Unit Kegiatan Mahasiswa Mapalaska Unsika
Unit Kegiatan Mahasiswa Mapalaska Unsika

Sama seperti kampus lainnya, Badan Eksekutif Mahasiswa UNSIKA merupakan organisasi kemahasiswaan di Universitas Singaperbangsa Karawang. Organisasi ini merupakan organisasi yang menaungi seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa tiap Fakultas di Universitas Singaperbangsa Karawang.

Dalam menjalankan roda kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa UNSIKA mempunyai program kerja yang sesuai dengan tri darma perguruan tinggi yang nantinya menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan BEM Universitas Singaperbangsa Karawang.

5. Kondisi lingkungan sekitar Unsika

Tampak depan kampus Singaperbangsa Karawang

Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang berada di Jalan HS Ronggowaluyo, Teluk Jambe Karawang. Akses menuju Universitas Singaperbangsa Karawang sangat mudah, karena mahasiswa bisa menggunakan moda transportasi angkutan umum, ojek online, dan kereta api.

Lingkungan kampus memiliki fasilitas yang sangat lengkap yaitu perpustakaan, sarana ibadah, lab komputer, taman dan pendopo free hotspot. Di luar kawasan sekitar kampus juga terdapat tempat berkumpul mahasiswa seperti restoran, cafe, tempat sewa kamera, laundry, dan lain-lain.

Kondisi Universitas Singaperbangsa Karawang asri dengan pepohonan di sekitar kampus sehingga nyaman untuk belajar di kampus ini. Tempat parkir kampus juga cukup luas.

Baca juga: Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila

6. Fasilitas pengajaran Unsika

Ketersediaan Ruang Kuliah, Laboratorium, Perpustakaan, dll.

Penyelenggaraan kegiatan perkuliahan di Universitas Singaperbangsa Karawang dilaksanakan di beberapa ruang perkuliahan yang tersebar di Gedung Opon Sopandji dan tiap gedung masing-masing Fakultas.

Kegiatan perkuliahan tatap muka dilaksanakan di ruang-ruang kuliah yang disediakan khusus untuk mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang.

Fasilitas Komputer dan Pendukung Pembelajaran dan Penelitian

Di UNSIKA, fasilitas komputer tersedia untuk mendukung kegiatan penelitian dan pembelajaran pada umumnya dengan menggunakan lab komputer yang beberapa terdapat di masing-masing fakultas, Selain itu dengan akses internet, dosen dan mahasiswa dapat mengakses informasi dengan bantuan koneksi wifi yang disediakan di seluruh wilayah Universitas Singaperbangsa Karawang.

Jadi dengan tersedianya akses wifi dosen dan mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang dapat mengakses internet secara langsung dan gratis di ruang-ruang kuliah.

Untuk kegiatan pembelajaran dan penelitian, Perpustakaan Universitas Singaperbangsa Karawang juga menjadi tempat favorit untuk mencari berbagai sumber informasi pembelajaran.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana, khususnya yang terkait dengan kegiatan perkuliahan setiap ruang perkuliahan dilengkapi dengan kursi untuk mahasiswa, meja dan kursi untuk dosen, dan proyektor+LCD sebagai media pembelajaran.

7. Fasilitas perpustakaan Universitas Singaperbangsa Karawang

Perpustakaan Universitas Singaperbangsa Karawang nyaman dan kondusif, berlokasi di Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di lantai 2. Perpustakaan Universitas Singaperbangsa Karawang memiliki ribuan koleksi buku, bukan hanya buku kuliah namun juga terdapat novel yang bisa kamu baca. Ada juga surat kabar beserta skripsi dan thesis yang menambah kelengkapan perpustakaan ini.

Layanan perpustakaan dibuka sejak pukul 09.00-17.00. Tapi jangan lupa untuk selalu membawa Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) jika kamu ingin mendapatkan kunci loker untuk menyimpan barang-barang kamu dan juga jika kamu ingin meminjam salah satu koleksi buku selain skripsi dan thesis

Kamu juga bisa meminjamnya dengan membawa KTM atau kartu anggota perpustakaan. Jangka waktu peminjaman buku maksimal adalah 7 hari.

8. Fasilitas taman dan pendopo

Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang mempunyai fasilitas pendopo yang berlokasi di samping gedung utama Opon Sopandji Universitas Singaperbangsa Karawang. Pendopo ini merupakan salah satu wujud program wifi.id.

Fasilitas pendopo ini nyaman sekali untuk bersantai sambil belajar, makan, minum atau berdiskusi dengan teman-teman. Fasilitas ini ramai terus digunakan oleh mahasiswa.

9. Kebersihan kamar mandi/WC

Kenyamanan dalam kegiatan perkuliahan tentu harus diimbangi dengan kebersihan kamar mandi atau WC di kampus tersebut. Universitas Singaperbangsa Karawang memiliki toilet di tiap gedung perkuliahan.

Adanya petugas kebersihan kampus menjadikan toilet kampus tetap bersih, karena mereka membersihkan secara berkala. Tapi kesadaran mahasiswa akan kebersihan toilet yang digunakannya jauh lebih berpengaruh demi kenyamanan kegiatan perkuliahan.

Selain itu BEM Universitas Singaperbangsa Karawang juga mempunyai kegiatan rutin dalam membersihkan seluruh lingkungan kampus termasuk toilet kampus, dan tiap himpunan mahasiswa di tiap fakultas juga memiliki program rutin yaitu Jumsih (jumat bersih) dalam membersihkan lingkungan fakultas, musholla, dan toilet tiap fakultas.

10. Metode pengajaran di Unsika

Metode pengajaran oleh dosen disusun secara sistematis dan juga komprehensif. Mulai dari pengenalan teori hingga studi kasus dan akan dipraktikkan dalam praktikum.

Metode diskusi. Metode ini efektif karena diskusi menuntut mental dan pikiran serta tukar menukar pendapat antara dosen dan mahasiswa. Selain itu, dengan diskusi juga penyampaian materi lebih komunikatif, mampu menjelaskan hal-hal yang masih belum mahasiswa pahami, dan mampu mengungkap tingkat keaktifan setiap mahasiswa.

Metode studi kasus, Metode ini relevan terutama untuk program studi yang menekankan penerapan suatu hukum terhadap suatu kasus, misalnya di fakultas hukum atau fakultas pertanian, dan lain-lain. Suatu kasus dijadikan bahan untuk diskusi mahasiswa di bawah bimbingan dosen.

Metode tutorial, Metode ini berupa penugasan kepada beberapa mahasiswa tentang suatu objek tertentu, lalu mereka mendiskusikannya dengan pakar yang telah berpengalaman di bidangnya untuk memastikan kebenaran pemahaman mereka tentang objek tersebut, misalnya dalam bentuk observasi.

11. Website dan administrasi Unsika

Segala informasi kampus dapat dilihat di website resmi Universitas Singaperbangsa Karawang di unsika.ac.id. Kemudian untuk berbagai pertanyaan lainnya, kamu bisa mengirim email ke info@unsika.ac.id atau kamu juga bisa datang langsung ke bagian informasi dan disana akan dilayani dengan baik semua informasi dan berbagai kebutuan administratif Universitas Singaperbangsa Karawang.

12. Kelebihan lainnya

Universitas Singaperbangsa Karawang merupakan Perguruan Tinggi Negeri satu-satunya di Karawang, dan terakreditasi B oleh BAN/PT. Karawang juga merupakan kota industri sehingga mahasiswa khususnya yang ingin berkecimpung di dunia industri maju di Karawang memiliki kesempatan untuk observasi langsung dan berkarir di kawasan industri terbesar di Indonesia.

13. Kekurangan yang belum disebutkan

Menurut saya tidak banyak kekurangan di UNSIKA, karena sebagai Perguruan Tinggi yang baru beralih menjadi Perguruan Tinggi Negeri, UNSIKA masih tahap perubahan, baik dari fasilitas dan juga gedung kampus baru yang sedang dalam tahap renovasi.

14. Kesan dan pengalaman pribadi kuliah di Unsika

Saya bangga dapat lulus test SBMPTN dan diterima di prodi S1 Akuntansi, satu-satunya Kampus negeri yang ada di Karawang. Biaya kuliah pun cukup terjangkau. Fasilitas–fasilitas yang ada di kampus ini sangat membantu dan mempermudah saya dalam menerima mata kuliah yang diberikan dosen.

Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di Universitas Singaperbangsa Karawang juga cukup besar, asalkan mahasiswa bisa mempertahankan prestasinya, saya menerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Kemenristekdikti.

Ucapan terima kasih

Saya ucapkan banyak terima kasih yang pertama kepada Allah SWT, yang telah memberi rahmat dan kesempatan kepada saya untuk bisa melanjutkan kuliah di Universitas Singaperbangsa Karawang.

Kedua, saya ucapkan terima kasih kepada kedua orang tua saya yang telah mendukung secara moril dan materil sehingga saya bisa menyelesaikan studi di Universitas Singaperbangsa Karawang.

Tidak lupa saya sampaikan banyak terima kasih kepada keluarga, sahabat dan teman yang selalu mendukung saya hingga saya bisa menjadi seperti ini. Proses saya menjadi mahasiswa sampai lulus dari Universitas Singaperbangsa Karawang tentu tidak mudah, terutama untuk tetap konsisten dalam berorganisasi dan tetap berprestasi akademik.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang diploma atau sarjana, Universitas Singaperbangsa Karawang menunggu kamu sebagai mahasiswa terbaik yang akan menempati bangku perkuliahaan di Universitas Singaperbangsa Karawang selanjutnya.

Review kampus Universitas Singaperbangsa Karawang oleh Dwi Agiarti, alumni S1 Akuntansi Unsika.


Ada yang Terlewat?