Review Kampus Udinus Semarang

1. Alasan Kuliah di Universitas Dian Nuswantoro

Alasan saya kuliah di kampus Udinus adalah karena diarahkan oleh orang tua saya karena lokasinya yang sangat strategis berada di tengah kota, selain itu juga dekat dengan rumah maka tidak memerlukan kos.

Alasan lain yang membuat orang tua saya mengarahkan saya untuk berkuliah di Udinus karena kampus Universitas Dian Nuswantoro terkenal maju, kompeten dan juga bermutu terlebihnya dalam bidang ilmu komunikasi dan juga ilmu komputer atau IT.

Hal itu sengaja dipilihkan oleh orang tua saya agar saat lulus tidak hanya mampu dalam menjalani jurusan kuliah yang saya pilih supaya bisa bersaing dalam dunia kerja, namun juga memiliki nilai dan kemampuan lebih terutama pada bidang komputer dan IT yang saat ini terus maju dan berkembang.

2. Proses pendaftaran mahasiswa baru di Udinus

Seperti kampus lainnya yang memiliki beberapa cara untuk melakukan proses penerimaan mahasiswa baru, demikian juga dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Udinus memiliki beberapa  sistem dan juga cara saat melakukan penerimaan mahasiswa baru.

Adapun sistem itu adalah sistem online, sistem pendaftaran langsung, dan sistem jalur prestasi. Di mana masing masing sistem itu memiliki cara yang berbeda beda.

Pada sistem online adalah di mana calon mahasiswa baru mendaftar secara daring tanpa perlu datang ke kampus untuk mendaftar. Sedangkan untuk proses pendaftaran langsung adalah di mana calon mahasiswa baru datang ke kampus untuk melakukan proses pendaftaran biasanya sesudah setelah mendaftar pihak calon mahasiswa harus mengikuti test 4 mata pelajaran yang diadakan oleh pihak kampus.

Sedangkan pada sistem pendaftaran yang terakhir ini bisa dibilang istimewa. Mengapa? Karena pada sistem jalur prestasi ini di mana calon mahasiswa baru ini hanya menyerahkan nilai raport selama mereka belajar di SMA. Selain itu kelebihan lain dari pendaftaran lewat jalur prestasi adalah di mana calon mahasiswa baru mendapat potongan biaya dari harga umum. Semakin tinggi nilai yang dimiliki calon mahasiswa itu maka semakin besar pula potongan biaya yang diberikan.

Namun rupanya pada  kuota jalur prestasi ini tidak banyak seperti jalur yang lain. Maka biasanya pada jalur ini hanya dibuka pada awal awal masa pendaftaran kuliah.

Universitas Dian Nuswantoro memiliki beberapa fakultas yang dapat dipilih sesuai dengan bakat dan juga minat yang dimiliki masing masing individu. Adapun fakultas yang ditawarkan yaitu: Fakultas Ilmu Komputer (FIK), Fakultas Tehnik (FT), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan juga Magister Teknik informatika.

3. Proses orientasi mahasiswa baru Udinus

Tidak lengkap rasanya jika mahasiswa baru tidak mengikuti masa orientasi. Di Udinus sendiri biasanya masa orientasi mahasiswa baru ini berlangsung 4 -5 hari. Pada masa orientasi ini seorang mahasiswa baru diperkenalkan tentang suasana kampus yang tentu berbeda dibandingkan dengan saat menjalani masa belajar di SMA.

Pada pengenalan suasana kampus, mahasiswa baru diberikan arahan oleh para kakak angkatan dan juga oleh para dosen. Kemudian di akhir masa orientasi biasanya ditutup dengan pensi (pekan seni) yang seringkali mengundang band lokal maupun band ibu kota.

4. Kondisi organisasi mahasiswa Udinus

Universitas Dian Nuswantoro memiliki beberapa organisasi mahasiswa, Di mana organisasi mahasiswa ini tidak hanya terdapat pada level universitas saja tapi juga ada pada tiap fakultas dan bahkan ada di tiap jurusan. Adapun organisasi mahasiswa yang ada di kampus Udinus ini seperti: MPMKM, DPMKM, BEMKM, BEMF.

Sedangkan di fakultas saya; Fakultas Ilmu Budaya juga memiliki organisasi sendiri seperti halnya: BEM, HIKARI, HMBI. Selain itu ada juga beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bisa diikuti sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan minat mahasiswa seperti: bidang olah raga (basket, sepak bola, bulu tangkis, tae kwon do, karate, wushu, dan gulat), rohani (BAI, PKKMK, dan PMK), penalaran (pers kampus, DNCC, dan penalaran).

Semua aneka macam jenis UKM dan juga organisasi mahasiswa yang ada di Universitas Dian Nuswatoro ini dimaksudkan sebagai sarana dan juga wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan minat yang ada di diri mereka. Lokasi dan tempat organisasi mahasiswa dan juga UKM di Udinus ini berada di Gedung F.

5. Lingkungan sekitar kampus Udinus

Kampus Universitas Dian Nuswantoro berlokasi di Jln. Imam Bonjol Semarang, namun Udinus ini juga memiliki gedung lain yang berlokasi di Jln. Nakula Semarang. Kampus di Jln. Imam Bonjol berlokasi tepat di pusat kota Semarang yang tidak jauh dengan icon khas kota Semarang yaitu Monumen Tugu Muda, dan Bangunan bersejarah Lawang Sewu.

Adapun kampus yang berlokasi di Jln. Imam Bonjol memiliki fungsi sebagai rektorat, FIB, masjid, lapangan parkir, dan juga FIK.

Sedangkan kampus yang berlokasi di jalan Nakula digunakan oleh FE, FT, FKM, poliklinik, gedung organisasi mahasiswa – Unit Kegiatan Mahasiswa, lapangan basket, lapangan volley, lapangan sepak bola, lahan parkir masjid, auditorium, dan laboratorium.

6. Fasilitas pengajaran Kampus Udinus

fasilitas kuliah kampus udinus semarang

Universitas Dian Nuswantoro adalah kampus yang maju dan berkembang dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana proses belajar dan mengajar.

Baca juga: Review Kampus Universitas Singaperbangsa Karawang

Kampus Udinus juga memanfaatkan LCD projector pada tiap ruang kelasnya, ada pula white board standar dan fasilitas Si Adin Student yang berfungsi sebagai pusat informasi perkuliahan mahasiswa. Si Adin Student berisi jadwal kelas, jadwal ujian, materi kuliah, dan daftar nilai mahasiswa.

Kemudian tersedia juga software TURNITIN yang berfungsi untuk mengetahui seberapa banyak mahasiswa melakukan plagiarisme dalam mengerjakan tugas kuliah dan informasi penting lainnya.

Ada juga Si Adin Parents di mana orang tua mahasiswa bisa melihat dan memantau kegiatan jadwal kuliah, absensi kuliah dan bahkan nilai yang telah didapatkan oleh anaknya selama mereka mengikuti proses perkuliahan.

Hotspot pada tiap lantai gedung yang bisa mendukung mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah mereka, dan yang tidak kalah penting adalah Univ. Dian Nuswantoro ini memiliki ruang kelas yang nyaman dan juga bersih, yang sangat mendukung untuk membantu proses pembelajaran dalam kuliah berjalan dengan baik dan nyaman.

7. Fasilitas laboratorium kampus Udinus

Universitas Dian Nuswantoro memiliki beberapa laboratorium yang berguna untuk mendukung proses pembelajaran dan perkuliahan mahasiswa. Adapun aneka jenis laboratorium yang dimiliki Universitas Dian Nuswantoro ini antara lain: Laboratorium Komputer, Laboratorium Fotografi.

Kemudian di tiap fakultasnya ada juga laboratorium tertentu. Seperti Lab Bahasa, Lab Komputer, Lab Kesehatan, Lab Teknik, Lab Pajak dan masih banyak lagi.

8. Fasilitas perpustakaan Udinus

Ruang perpustakaan Univ. Dian Nuswantoro
Ruang perpustakaan Univ. Dian Nuswantoro. Sumber: dokumen pribadi

Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro berlokasi di Gedung B lantai 2. Di perpustakaan ini tersedia aneka macam jenis buku yang diperlukan mahasiswa dari beragam jurusan kuliah supaya bisa membantu dan mendukung mahasiswa dalam mengerjakan tugas kuliah mereka.

Selain itu perpustakaan ini dilengkapi juga dengan bangku khusus standar dan akses internet yang bisa membantu mahasiswa dalam mengerjakan aneka macam jenis tugas kuliah dan tugas akhir atau skripsi. Di sini mahasiswa juga bisa bisa meminjam aneka macam jenis buku untuk dibaca di rumah.

Di perpustakaan ini tidak hanya tersedia aneka macam buku saja, tapi juga ada kumpulan tugas akhir/skripsi dan juga kumpulan jurnal yang bisa menjadi bahan pendukung dalam pengerjaan skripsi dan juga tugas akhir yang di buat oleh mahasiswa.

9. Fasilitas lain Udinus yang belum disebutkan

Universitas Dian Nuswantoro memiliki aneka macam fasilitas lainnya. Pertama adalah masjid. Di kampus Udinus kamu bisa menemukan 2 masjid. Masjid pertama berlokasi  di jalan Nakula, sedangkan masjid yang ke dua berlokasi di jalan Imam Bonjol.

Fasilitas yang kedua adalah kantin. Sama seperti masjid tadi. Udinus memiliki 2 kantin mahasiswa. Kantin pertama bertempat di jalan Nakula yang lokasinya sangat dekat dengan Gedung Fakultas Ekonomi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Teknik. Sedangkan kantin yang kedua bertempat di jalan Imam Bonjol yang lokasinya berdekatan dengan Gedung Fakultas Ilmu Budaya, Gedung Fakultas Ilmu Komputer dan Gedung Magister IT. Harga yang ditawarkan pun harga normal yang sangat pas dan cukup ringan di kantong mahasiswa.

Fasilitas selanjutnya adalah klinik. Fasilitas klinik Udinus ini berlokasi di jalan Nakula. Klinik ini dilayani oleh dokter umum dan dokter gigi.

Fasilitas lainnya ialah bus kampus. Fasilitas bus ini bisa disewakan untuk mahasiswa Udinus yang hendak mengadakan study ke luar kampus. Terdapat 3 bus kampus yang bisa digunakan dan disewa untuk mendukung kegiatan mahasiswa.

Kemudian ada juga fasilitas hall atau aula yang biasa digunakan untuk berbagai acara kampus. Hall itu sendiri tidak hanya berguna untuk acara besar saja, namun bisa dipakai juga untuk pelaksanaan kuliah umum untuk mahasiswa.

Fasilitas lainnya adalah fasilitas rooftop. Fasilitas rooftop Udinus ini biasa dipakai oleh para mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah atau hanya sekedar nongkrong menikmati keindahan pemandangan kota Semarang dari atas. Rooftop ini berada di lantai atas Gedung H.

Adapun lamat website yang dipakai untuk memberikan aneka informasi seputar kampus Universitas Dian Nuswantoro adalah https://dinus.ac.id/

10. Kelebihan lain Universitas Dian Nuswantoro

tampak depang gedung kampus udinus

Univ. Dian Nuswantoro adalah salah satu universitas yang sudah menggunakan IT dengan baik, berlokasi sangat strategis di pusat kota Semarang, dan sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Universitas yang siap untuk mencetak lulusan yang berdaya saing di dunia kerja.

11. Kekurangan umum Universitas Dian Nuswantoro

  • Kurangnya lahan parkir yang cukup
  • Kurangnya tanaman yang seringkali membuat lingkungan kampus terasa panas
  • Beberapa sarana seperti LCD yang tidak menyala
  • Beberapa kursi mahasiswa kurang layak di pakai

Penutup

Saya bersyukur bisa belajar dan menimba ilmu di S1 Sastra Inggris Udinus ini. Berbagai fasilitas kampus Udinus cukup membantu saya selama selama belajar di sana. Sehingga akhirnya saya pun bisa lulus kuliah tepat waktu.

Ucapan terima kasih

Pertama saya mengucapkan terima kasih pada Tuhan YME karena sudah mengijinkan saya untuk berkuliah di Udinus.

Kedua, saya juga berterima kasih pada kedua orang tua dan keluarga saya yang sudah memberikan dukungann lewat moril maupun materil sehingga saya bisa lulus kuliah tepat waktu.

Untuk kamu yang ingin berkuliah. Jangan ragu lagi untuk berkuliah di Udinus. Universitas Dian Nuswantoro siap membantumu melanjutkan kuliah untuk memperoleh masa depan yang lebih  baik.

Review kampus Udinus oleh alumni S1 Sastra Inggris Universitas Dian Nuswantoro lulusan 2018 yang memilih tidak dipublikasikan namanya.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!

Reviewer: Rev

Review Kampus Udinus Semarang 1Admin inReview. Mau berbagi ulasan produk, tempat, kampus, event, atau review apa pun untuk dibaca ribuan orang? Lagi cari website yang terima guest blog atau endorse?
Ngobrol yuk. E-mail: inreview.id@gmail.com

Ada yang Terlewat?