Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila

Meneruskan studi menuju jenjang strata satu merupakan impian setiap anak muda, karena semakin tinggi menempuh pendidikan, maka semakin banyak ilmu dan pengalaman yang dapat diambil. Tidak menampik juga bahwa tujuan mengambil jurusan di bangku kuliah ialah dikarenakan faktor membuka peluang karir di masa depan. Maka dari itu perlu pertimbangan yang sangat matang dalam menentukan kampus dan juga jurusan yang akan diambil. jangan sampai tragedi “salah masuk jurusan” harus dialami.

Banyak sekali jurusan di setiap kampus negeri maupun swasta yang menawarkan kelebihannya, semua tergantung passion dari para calon mahasiswa baru. Ada yang memiliki passion di bidang sosial dan pemerintahan, maka jurusan ilmu Pemerintahan adalah jurusan yang tepat. Ada juga yang passion di bidang perdata, maka jurusan Hukum adalah pilihan yang tepat. Namun kali ini reviewer akan membahas jurusan yang begitu mulia dalam mewujudkan kecerdasan anak bangsa, yaitu pendidikan.

1. Alasan berminat kuliah di Pendidikan MIPA-Biologi Unila

Alasan utama memilih untuk masuk sebagai mahasiswa baru di kampus Universitas Lampung jurusan Pendidikan-MIPA Biologi ialah, keinginan untuk mewujudkan cita-cita sebagai seorang Pendidik maka diharuskan memilih kampus yang mumpuni dengan passing grade baik. Universitas Lampung sendiri sudah memiliki sejarah lama terhadap program Pendidikan yang menjadi jurusan tertua kedua di Unila (Universitas Lampung) setelah Jurusan Ekonomi pada tahun ajaran 1966/1967.

Melalui sejarah dan progress yang panjang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semakin tahun semakin membaik. Hal ini dapat dibuktikan dengan rekam jejak pengajar Profesor yang semakin meningkat jumlahnya, passing grade mumpuni dan mampu bersaing dengan Universitas lain baik antar Pulau Sumatera maupun Jawa.

Maka menurut saya mengambil langkah menempuh Strata 1 Jurusan Keguruan di Unila adalah yang terbaik. Sesuai dengan Visi Keguruan Universitas Lampung “Pada tahun 2021 menjadi LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) inspiratif, progresif yang professional, dan bermartabat” maka diharapkan para sarjana Keguruan dapat berguna di tengah masyarakat Lampung khususnya dan mampu memajukan pendidikan di daerah pinggiran Lampung tanpa pengecualian satu pun.

Jurusan Pendidikan-MIPA Biologi, sangat tepat bagi para calon Mahasiswa Baru yang sangat menyukai bidang Sains, Biologi, dan Pendidikan sekaligus. Meski Biologi, namun pembelajaran yang diberikan selama masa kuliah sangat lah kompleks. Semua ilmu dipelajari, karena kenyataannya ilmu biologi adalah ilmu lengkap dan terkait dengan ilmu-ilmu lainnya.

2. Proses pendaftaran

Pendaftaran sebagai mahasiswa baru di setiap Perguruan Tinggi Negeri relatif sama saja, yaitu berupa jalur undangan atau SNMPTN, lalu dilanjutkan dengan jalur tes SBMPTN dan terakhir ialah tes Mandiri.

Pengalaman pribadi, saya diterima sebagai mahasiswa baru Pendidikan Biologi melalui jalur SNMPTN pada tahun 2014. Prosesnya cukup mudah, yaitu pada tiga bulan menjelang pelaksanaan Ujian Nasional, maka seluruh siswa SMA se-Indonesia diwajibkan mendaftar kampus favoritnya melalui portal web SNMPTN yang telah disediakan.

Cukup dengan rekam jejak nilai raport lalu memilih tiga fakultas favorit dengan maksimal dua universitas berbeda maka nilai yang mencukupi passing grade jurusan akan masuk dan diterima.

Begitu juga dengan jalur tes SBMPTN dan Mandiri. Bagi calon Mahasiswa Baru yang kebingungan dalam menjalankan tes SBMPTN, banyak sekali mahasiswa Unila yang rela dan siap membantu dalam mengakses web pendaftaran bahkan membimbing dalam memilih jurusan agar tidak ada tragedi “salah jurusan” selama masa kuliah, semua dilakukan gratis.

Setelah diketahui calon mahasiswa baru diterima pada jurusan sesuai yang didaftarkan, maka selanjutnya diadakan proses pendaftaran ulang berupa berkas-berkas lengkap dimulai dari data Kartu Keluarga, data pribadi, formulir pendaftaran, foto rumah, dan masih banyak lagi.

Apabila bagi calon mahasiswa baru yang merasa tidak sanggup dalam hal biaya kuliah setiap semesternya atau SPP, maka Unila juga menyediakan Beasiswa Bidik Misi, yang tidak hanya gratis selama menempuh masa kuliah, namun juga akan diberi uang di setiap akhir semesternya.

3. Proses orientasi kampus mahasiswa baru

Proses orientasi selama menempuh menjadi mahasiswa baru cukuplah seru dan unik. Dimana seluruh para mahasiswa baru Unila akan dikumpulkan di dalam ruangan GSG (Gedung Serba Guna) Unila selama tiga hari. Selama tiga hari itulah, terjadi proses pengenalan satu sama lain, lalu diberi ilmu pembekalan berupa workshop dari para tutor terkenal, dimulai dari ilmu ketatanegaraan, ilmu politik, bahkan Kapolda Lampung dan Gubernur Lampung pun ikut andil dalam pemberian materi.

Demi meningkatkan motivasi semangat belajar para calon Mahasiswa Baru pun diberikan materi langsung dari para motivator terkenal, dan tak tanggung-tanggung juga sempat artis ibukota demi memeriahkan acara.

Terakhir, dalam penutup acara orientasi tingkat Unila maka juga ada penampilan epic dari seluruh organisasi kemahasiswaan dengan tujuan untuk menarik perhatian mahasiswa baru agar ikut andil dalam organisasi tingkat universitas itu.

Tidak cukup orientasi di tingkat Unila saja, maka tiga hari berikutnya masing-masing mahasiswa baru akan beralih ke kampus dan jurusannya masing-masing. Di sana, mahasiswa baru akan melakukan pengenalan kampus langsung oleh para dosen dan kakak tingkat.

Pengenalan kampus yang diberikan kepada mahasiswa baru Pendidikan Biologi begitu terstruktur, seperti; pengenalan nama-nama setiap dosen secara langsung lengkap dengan mata kuliah yang diampu, pengenalan ruang kelas pembelajaran, dan pengenalan laboratorium biologi yang semuanya dibimbing langsung oleh kakak tingkat.

Hal ini dapat meningkatkan tali kekeluargaan antara mahasiswa dan dosen di Pendidikan Biologi Universitas Lampung.

4. Organisasi kemahasiswaan

Kondisi kegiatan organisasi kemahasiswaan di kampus Unila begitu aktif, bahkan terbagi atas beberapa induk organisasi dan mahasiswa diperbolehkan secara bebas untuk memilih lebih dari satu organisasi, sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

Salah satu contoh organisasi yang dilingkupi jurusan Pendidikan Biologi ialah Formandibula (Forum Mahasiswa Pendidikan Biologi Unila). Keuntungan dari mahasiswa apabila bergabung dalam organisasi tersebut ialah, selain menjalin silaturahmi antar sesama mahasiswa dan dosen Pendidikan Biologi, namun juga memudahkan bagi mahasiswa baru yang merasa kebingungan akan materi perkuliahan atau pun tugas. Maka, tugas para kakak tingkat adalah memberi bimbingan secara sukarela.

Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila 1
Kegiatan orientasi mahasiswa biologi Formandibula (sumber: dok.pribadi)

Namun, bila ingin mengikuti organisasi tingkat universitas pun sangat diperbolehkan. Salah satu organisasi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bisa diikuti ialah Rakanila (Radio Kampus Universitas Lampung). Sangat cocok bagi calon Mahasiswa Baru yang sangat menyukai dunia broadcasting¸penyiaran radio, pembawa acara. Bahkan belajar menjadi event organizer pun ada di Rakanila.

Semua kegiatan organisasi kemahasiswaan baik dari tingkat jurusan bahkan sampai universitas pun berjalan nyaman dan sesuai dengan koridor dan aturan dari Rektorat Unila.

5. Kondisi lingkungan sekitar kampus

Kondisi lingkungan di sekitar kampus keguruan sangatlah asri, bahkan semakin hari semakin tertib dengan adanya sistem pelarangan memasuki wilayah kampus dengan kendaraan pribadi.

Tahun 2019 ini saja Unila sudah mewajibkan kepada seluruh elemen Universitas Lampung untuk tidak memakai kendaraan pribadi ketika menuju jurusan masing-masing, namun diwajibkan menggunakan kendaraan umum Unila berupa bis biru yang sudah tersedia sebanyak 10 bus.

Bahkan, demi keasrian dan kenyamanan di kampus Jurusan Pendidikan Biologi pun sudah dipenuhi dengan rerumputan hijau, pohon, dan beberapa tanaman hias. Lingkungan yang asri memang sangat dibutuhkan agar segala aktivitas kampus berjalan dengan lancar.

Memang tepat dikatakan dengan slogan sebagai “Kampus Hijaunya Lampung”, karena Unila begitu mengutamakan keindahan alaminya dan diiringi peningkatan kualitas gedung dan fasilitasnya.

depan gedung Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila
Kondisi lingkungan di depan kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila (sumber: dok.pribadi)

6. Fasilitas pengajaran

Fasilitas pengajaran yang diberikan pun sudah terbilang cukup lengkap. Memiliki satu gedung dengan pembagian ruang belajar sebanyak 4 ruang, lalu dilengkapi dengan sistem pembelajaran menggunakan LCD Proyektor agar penyampaian materi kuliah lebih maksimal. Praktikum dilakukan di laboratorium dengan menggunakan bahan-bahan preparat yang sudah tersedia, bahkan untuk beberapa mata kuliah mengadakan perkuliahan di luar kelas (outdoor) alias di alam secara langsung.

Meski terbilang cukup memiliki fasilitas yang lengkap, namun jujur saja ada beberapa kekurangan fasilitas ketika pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Seperti, kurangnya bangku kuliah ketika sistem belajar rolling berlangsung, hal ini terjadi akibat tidak meratanya jumlah bangku yang tersedia di masing-masing kelas.

Lalu kekurangan lainnya ialah, sering kali dalam kegiatan praktikum seperti mikrobiologi, sangatlah diperlukan mikroskop elektronik yang dapat menangkap objek preparat lebih detail. Dikarenakan keterbatasan mikroskop di laboratorium Pendidikan Biologi  sendiri yang saat itu masih banyak menggunakan mikroskop cahaya dan mikroskop electron dengan resolusi rendah, maka kegiatan praktikum pun diadakan di luar jurusan melainkan menggunakan laboratorium jurusan Biologi murni (MIPA).

Namun kekurangan-kekurangan tersebut bukanlah masalah besar, karena masih dapat teratasi dan lumrah terjadi.

Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila 2
Salah satu kegiatan perkuliahan dengan memanfaatkan fasilitas kelas (sumber: dok.pribadi)
Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila 3
Salah satu kegiatan perkuliahan ekologi di hutan Waykanan, Way Kambas, Lampung Timur (sumber: dok.pribadi)

Baca juga: Review Kampus Telkom University

7. Fasilitas laboratorium

Meski telah disebutkan sebelumnya bahwa untuk masalah mikroskop terdapat sedikit kekurangan pada laboratorium milik Pendidikan Biologi Unila, namun saat ini terjadi peningkatan kualitas laboratorium dengan adanya berbagai penambahan preparat terbaru. Jumlah mikroskop, pembenahan ruangan, awetan objek hewan laut ditambah, adanya penambahan jumlah gelas kaca, gelas ukur, dan beberapa bahan penting dalam kegiatan praktikum, serta pergantian lemari kaca yang sesuai dengan standar kualifikasi laboratorium.

Sudah sejak dulu laboratorium milik Pendidikan Biologi Unila rutin digunakan sebagai tempat bahan edukasi seminar pengelolaan laboratorium untuk tingkat sekolah se-Lampung. Bahkan beberapa kali mahasiswa tingkat lanjut dari Universitas lain seperti IPB (Institut Pertanian Bogor) melakukan penelitian untuk tesisnya dengan memanfaatkan laboratorium ini.

Hal ini membuktikan bahwa laboratorium Pendidikan Biologi sudah memenuhi standar laboratorium yang baik dan juga selalu melakukan pembenahan setiap tahunnya demi meningkatkan kualitas pembelajaran praktikum.

Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila 4
Kegiatan praktikum oleh beberapa mahasiswa pendidikan biologi Unila pada tahun 2019 (sumber: dok.pribadi)

8. Fasilitas perpustakaan

Perpustakaan menjadi tempat wajib dan juga favorit mahasiswa di Unila. Terkhusus bagi mahasiswa Pendidikan Biologi, karena setiap praktikum yang dilakukannya memerlukan laporan dengan tinjauan pustaka langsung dari sumber buku, bukan dari internet, sehingga banyak sekali mahasiswa yang menuju perpustakaan Unila demi mendapatkan literatur yang diinginkan.

Sistem perpustakaan di Unila juga sudah semakin maju, bahkan sudah mendapatkan Akreditasi A dari Perpustakaan Republik Indonesia. Perpustakaan Unila sudah menjadi centralnya kampus hijau ini. Dalam hal pencarian, peminjaman, dan pengembalian bukupun cukup dengan menggunakan komputer yang sudah tertera di sudut pintu perpustakaan. Sehingga cara manual sudah tidak lagi dipakai kecuali untuk pengurusan denda dan pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan.

Fasilitas Perpustakaan Unila juga semakin baik, selain dengan banyaknya jurnal-jurnal yang tersedia, ruangan yang ber-AC serta disediakannya Wifi gratis khusus bagi mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas secara aman dan nyaman pun tersedia.

Hal-hal inilah yang menjadikan Perpustakaan Unila sering dijadikan sebagai fasilitas penyedia tempat seminar-seminar edukasi.

Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila 5
Kondisi salah satu sudut ruangan baca perpustakaan Unila (sumber: dok.pribadi)

9. Fasilitas lain yang belum disebutkan

Fasilitas lain yang diberikan oleh Fakultas Keguruan terkhusus Jurusan Pendidikan Biologi ialah adanya laboratorium tambahan khusus pendidik, yaitu Laboratorium Microteaching.

Khusus untuk Fakultas Keguruan, keberadaan laboratorium ini sangatlah diperlukan sebagai tempat evaluasi proses mengajar para mahasiswa agar sebelum menuju ke dunia pengajaran sesungguhnya setelah lulus, mahasiswa  sudah terlatih dalam hal mendidik dan mengajar secara professional.

Laboratorium ini khusus terletak di luar area kampus dan memiliki bangunan tersendiri. Laboratorium selalu digunakan untuk pengampu mata kuliah micro-teaching (kegiatan mengajar dan belajar), pengambilan video ujian micro-teaching, dan juga event lomba micro-teaching.

Di dalamnya terdapat beberapa fasilitas yang umumnya dibutuhkan dalam pelaksanaan micro-teaching, seperti LCD projector, layar, papan tulis putih, bangku-bangku untuk para peserta didik, kamera untuk merekam kegiatan micro-teaching, dan juga beberapa alat tulis yang diperlukan. Beberapa event lomba micro-teaching juga sering menggunakan laboratorium ini, karena sudah memenuhi standar kualitas dan bisa digunakan.

Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila 6
Kegiatan setelah melakukan ujian micro-teaching (sumber: dok.pribadi)

10. Kebersihan kamar mandi atau WC kampus

Kebersihan kamar mandi atau WC kampus dikatakan sudah memenuhi standar kebersihan dengan adanya alat-alat kebersihan WC yang lengkap. Namun, untuk kenyataan di lapangannya, beberapa mahasiswa/i yang kurang bertanggung jawab tidak ikut andil dalam menjaga kebersihan kamar mandi atau WC itu sendiri. Seperti, masih ditemukannya buangan kotoran sampah di WC, alat-alat kebersihan yang hilang, bahkan keberadaan air di bak mandi yang sengaja tidak diisi kembali setelah digunakan.

Padahal, petugas kebersihan sudah ikut andil dan bertanggung jawab akan kebersihan kamar mandi atau WC tersebut. Kejadian ini bisa ditanggulangi dengan meningkatnya kesadaran mahasiswa/i untuk semakin bertanggung jawab akan kebersihan kamar mandi atau WC, karena bukan untuk kepentingan pribadi, namun untuk kepentingan bersama.

Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila 7
Kondisi WC di jurusan MIPA-Biologi Unila

11. Kebersihan kampus secara umum

Umumnya kondisi kebersihan di lingkungan kampus sudah sesuai standar dan bahkan cenderung rapi, asri, dan bersih. Meski ditumbuhi banyak pepohonan dan juga tanaman-tanaman bunga ataupun perdu, lingkungan sekitar kampus tidak pernah kotor. Hal ini dikarenakan, kesadaran akan kebersihan lingkungan oleh para mahasiswa dan staff kampus itu tinggi.

Bukan hanya terhindar dari sampah organik, untuk beberapa sampah hasil dari sisa makanan para mahasiswa seperti bungkus plastik dan sebagainya, pun sudah disediakan dua jenis kotak sampah untuk pembuangannya di setiap sudut gedung, yaitu untuk sampah organik dan non-organik, sehingga setiap mahasiswa bisa membuang sampah berdasarkan kriteria yang disediakan.

Ditambah lagi dengan adanya mata kuliah tumbuhan, maka beberapa dosen mewajibkan para mahasiswanya untuk menanam tanaman di sekitar gedung kampus dan juga lahan belakang yang masih terlihat gersang. Tujuannya ialah, untuk menambah penghijauan dan pemandangan alami di sekitar kampus sehingga mahasiswa pun akan semakin betah untuk belajar.

12. Struktur kurikulum

Selama mengikuti perkuliahan dan pengambilan mata kuliah yang berjumlah 146 SKS selama kurang lebih 4 tahun di Program Studi Pendidikan Biologi, sudah sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku. Pada masa awal atau semester baru yaitu untuk semester 1 dan 2, maka seluruh mata kuliah merupakan mata kuliah wajib dan harus lulus, jika tidak lulus, maka mahasiswa wajib mengambil ulang di semester yang sama, yaitu ganjil dengan  ganjil dan genap dengan genap.

Sampai di semester 6 ataupun 7, setelah mata kuliah wajib selesai diambil, maka mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah pilihan, berdasarkan minat, demi memenuhi kebutuhan SKS agar bisa menempuh mata kuliah puncak, yaitu skripsi.

Pendidikan Biologi identik dengan kegiatan praktikum, maka dari itu, untuk beberapa mata kuliah wajib jurusan yang menerapkan sistem praktikum menggunakan pembagian nilai, dimana nilai praktikum sekitar 20-40% dan nilai teori sekitar 60-80%, yang kemudian akan dikalkulasi menjadi nilai akhir.

13. Metode pengajaran dosen

Metode pengajaran oleh Dosen bisa reviewer katakan ialah semi aktif. Dikatakan demikian, karena ada beberapa dosen yang selalu aktif menyampaikan materi perkuliahan kepada mahasiswa, lalu setelah materi selesai akan diadakan ujian kemampuan materi tersebut. Hal ini wajar dilakukan, mengingat beban materi mata kuliah sangat banyak dan harus ditempuh dalam waktu yang singkat.

Namun, sebagian besar dosen juga sudah menerapkan sistem aktif kepada mahasiswa selama proses pembelajaran di kelas berlangsung. Sebagai contoh, dosen akan rutin memberikan tugas presentasi hasil penelitian atau studi literatur oleh mahasiswanya. Lalu bagi mahasiswa peserta diberikan tugas untuk bertanya, menjawab, bahkan mengevaluasi.

Tidak hanya praktek di dalam kelas saja, ketercapaian kompetensi para pendidik Biologi juga dihitung dengan kemampuannya dalam melakukan praktikum di luar kelas, seperti pengamatan objek mikro dengan mikroskop, peduli lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di sekitar kampus, dan juga projek kuliah di lapangan secara langsung.

Sungguh bervariasi metode pengajaran yang digunakan oleh setiap dosen.

14. Website dan prasarana IT kampus

Website kampus yang disediakan pun cukup membantu para mahasiswanya begitu pun para alumni, dalam hal mengurus berbagai berkas penting di dekanat. Sebagai contohnya saja dalam hal pengurusan berkas legalisir ijazah dan transkrip nilai untuk para alumni. agar tidak terjadi penumpukan berkas dan juga keterlambatan ACC legalisir berkas tersebut, diwajibkanlah membuka web kampus dan mendaftarkan nama lengkap dengan NPM dan keperluannya.

Hal ini sungguh mempermudah urusan administrasi, sehingga ketika nama sudah terdaftar di web, maka tanpa mengantri, cukup menyerahkan berkas langsung ke loket dekanat dan tinggal menunggu waktu untuk bisa diambil.

Perkembangan IT kampus sendiri sudah cukup maju, jadi untuk beberapa info seperti jadwal pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru), pendaftaran strata-2, pendaftaran wisuda, jadwal kuliah, informasi beasiswa, dan masih banyak lagi juga sudah tersedia di website kampus yang di-update setiap harinya di: https://www.unila.ac.id/

Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila 8
Tampilan website Fakultas Keguruan Universitas Lampung (sumber: dok.pribadi)

15. Kemudahan mengurus berbagai kebutuhan administratif intra kampus

Untuk beberapa organisasi di luar kampus Unila, seperti beberapa sekolah menengah atas dan kampus-kampus di seluruh Lampung yang ingin mengurus berbagai kebutuhan administratif guna memenuhi rangkaian acara yang melibatkan Unila secara langsung, maka akan diberikan kemudahan.

Kemudahan yang dimaksud ialah, para perwakilan sekolah atau kampus tersebut akan dengan mudah menemui target subjek yang ingin dituju, asalkan tujuannya jelas. Lalu dalam hal prosedur pengurusan administrasinya pun cukup mudah, bisa langsung menuju dekanat apabila urusan yanag dimaksud ialah se-tingkat fakultas, namun juga bisa diurus ke petugas tata usaha masing-masing jurusan apabila urusannya hanya seputar lingkup jurusan.

Semua dipermudah, asal tujuan yang akan dilakukan jelas dan tidak merugikan pihak kampus.

Namun untuk saat ini, pengurusan melalui website yang langsung terkait dengan pengurusan administratif intra kampus belum lah tersedia, sehingga prosesnya pun harus dilakukan secara langsung menuju ke subjek tujuan masing-masing.

16. Kelebihan kampus secara umum

Kelebihan kampus Unila pada jurusan Pendidikan Biologi yang paling utama ialah, prestasinya yang semakin tahun semakin meningkat. Prestasi yang sering diraih ialah, beberapa kali mahasiswa Pendidikan Biologi menorehkan prestasi lomba microteaching tingkat nasional.

Bukan itu saja, prestasi dari para dosennya pun juga ada, seperti beberapa dosen yang berhasil menemukan teori model pembelajaran yang baru dan terbarukan dan sangat cocok untuk diterapkan pada sistem pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah-sekolah.

Selain akreditasi yang semakin meningkat, fasilitas  seputar kampus juga meningkat drastis, jadi tidak hanya kenyamanan saja akan tetapi keamanan para mahasiswa juga diutamakan. Hal ini terlihat jelas dari sudah berlakunya sistem parkir online, sehingga orang-orang asing yang tidak memiliki kartu parkir khusus mahasiswa jurusan tidak akan bisa masuk, pencurian pun bisa terhindari.

17. Kekurangan kampus secara umum

Meski banyak memiliki kelebihan, namun kampus tempat reviewer menempuh pendidikan pun juga ada beberapa kekurangan yang belum disebutkan, seperti masih sedikitnya jumlah dosen pembimbing yang aktif saat ini dikarenakan beberapa dosen sedang menempuh kuliah lanjut.

Hal ini berdampak bagi mahasiswa akhir yang sedang menjalani skripsi. Menumpuknya tugas dosen yang tak sebanding dengan sumber daya yang tersedia, menyebabkan waktu untuk bimbingan skripsi yang ditempuh mahasiswa cenderung menjadi lebih lama.

Sebagai contoh, apabila di semester 6 mahasiswa sudah bisa mengajukan judul skripsi, namun karena keterbatasan jumlah dosen maka ACC judul baru terealisasi di semester selanjutnya.

Belum lagi pelaksanaan bimbingan, kadang terjadi penundaan bimbingan yang disebabkan oleh menumpuknya kewajiban dan tugas dosen di luar kampus.

Penutup. Kesan dan pengalaman pribadi saat reviewer kuliah

Banyak kesan yang reviewer dapatkan terutama sebagai angkatan 2014 ketika menempuh pendidikan di Universitas Lampung khususnya pada jurusan Pendidikan MIPA-Biologi. Kesan yang pertama pastinya ialah bertemu dengan teman-teman baru dan berasal dari berbagai daerah, bahkan dari Papua pun ada. Lingkup pertemanan menjadi semakin luas, dan berkembang menjadi rasa persaudaraan yang kuat hingga kini.

Teman-teman yang berbeda suku, agama, watak, dan juga sikap ini membuat diri reviewer semakin berkembang menjadi lebih baik dan juga dewasa. Dewasa yang dimaksud ialah, ketika teman-teman sudah menyelesaikan tugas kuliah dengan cepat, mendapatkan nilai ujian bagus, atau bahkan mendapatkan beasiswa, maka reviewer semakin termotivasi untuk belajar dan mandiri dalam belajar.

Selain kesan akan pertemanan yang baru baik dari jurusan ataupun dari organisasi di luar jurusan kuliah, kesan mendalam juga didapatkan karena adanya berbagai kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas atau disebut dengan outdoor. Hal ini sungguh menyenangkan, karena belajar hanya di dalam kelas saja akan membuat jenuh, namun dengan belajar dan praktik langsung di alam, maka menimbulkan pembelajaran yang bermakna.

Hal ini sangatlah perlu dilakukan, karena sebagai calon pendidik, sudah harus berlatih sejak di bangku kuliah bagaimana menerapkan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik kelak. Sungguh ilmu yang sangat bermanfaat dan pastinya tidak sia-sia untuk didapatkan selama menempuh mata kuliah tersebut.

Terakhir, kesan yang sangat mendalam setelah menempuh masa kuliah di Program Pendidikan Biologi Universitas Lampung ini ialah para dosennya. Berbagai latar belakang pendidikan, beragam suku, dan juga agama, para dosen di Pendidikan Biologi begitu visioner dalam mengajar mahasiswanya. Bahkan, untuk dosen yang cenderung lebih tegas pun memberikan kesan mendalam secara pribadi bagi reviewer.

Kesan mendalam tersebut ialah, rasa sabar dan bersyukur yang teramat dalam, pelatihan mental agar tidak mudah runtuh apabila dijatuhkan, tidak mudah kecewa apabila mendapatkan hasil yang tidak memuaskan, dan pastinya tidak runtuh oleh sifat pesimisme akan keadaan.

Semua dosen begitu memberikan kesan masing-masing, karena setiap dosen memiliki karakter yang berbeda, namun satu kesamaannya, yaitu ingin menghasilkan mahasiswa Pendidikan Biologi berdaya saing dan bermartabat setelah lulus nanti.

Ucapan terima kasih kepada:

Para Dosen Pendidikan Biologi dan khususnya untuk almarhum pembimbing skripsi reviewer yang sudah dengan sabar membimbing hingga akhir, dan teman-teman seperjuangan sampai saat ini.

Ulasan kampus oleh seorang alumni Pendidikan MIPA-Biologi Unila angkatan 2014 yang memilih untuk tidak dipublikasikan namanya.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!

Reviewer: Rev

Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila 9Admin inReview. Mau berbagi ulasan produk, tempat, kampus, event, atau review apa pun untuk dibaca ribuan orang? Lagi cari website yang terima guest blog atau endorse?
Ngobrol yuk. E-mail: inreview.id@gmail.com

10 Replies to “Review Kampus Jurusan Pendidikan MIPA-Biologi Unila”

  1. Unila adalah universitas negeri pertama dan tertua di Provinsi Lampung. Pastinya sudah tidak diragukan lagi untuk dijadikan rekomendasi bagi teman teman yang melanjutkan pendidikan Strata. 😉

  2. Mantap, ini pilihan generasi sains milenial. Pilihan yang tepat kalo kuliah di Unila. Maju terus FMIPA Unila😁

  3. Kampus UNILA sudah memberikan pelayanan pendidikan maupun sarana dan prasarana yang sesuai sehingga akan mampu menghasilkan lulusan yang mumpuni dibidangnya

Ada yang Terlewat?