Jenis, Tips Memilih, dan Rekomendasi Sepeda Lowrider Terbaik

Sepeda lowrider ini biasa dikenal di masyarakat Indonesia sebagai sebutan untuk sepeda custom. Bagaimana tidak, sepeda ini memiliki tampilan dan body yang unik. Sangat mudah untuk mengenali sepeda-sepeda ini ketika kita melihatnya di jalanan. Sepeda low rider ini sendiri memiliki banyak jenis dan spesifikasi tersendiri yang akan kita bahas pada ulasan kali ini.

Sejarah Sepeda Lowrider di Indonesia

Pastinya anda sedikit penasaran kenapa sepeda ini bisa berkembang di Indonesia bukan? Sepeda ini mulai banyak dikenal di Indonesia semenjak trend film Wild One pada tahun 1985. Film ini memang menceritakan tentang pesepeda yang menggunakan sepeda keren dengan tipe setang ape hanger.

Dengan trend tersebut, sepeda yang menggunakan body serta spesifikasi yang sama menjadi sangat booming dan banyak yang mendesain sepeda mereka mengikuti trend tersebut. Sebelumnya pada tahun 1970 sepeda mini alias sepeda stingray masuk di pasar Indonesia. Hingga pada akhirnya pada akhir tahun 1990 sudah ada beberapa orang Indonesia yang memiliki sepeda lowrider ini.

Jenis-Jenis Sepeda Lowrider

Setelah kita membahas tentang sejarah singkat masuknya sepeda lowrider di Indonesia, maka kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenisnya, yaitu:

1. Under 20

Ini merupakan jenis sepeda lowrider yang ukurannya tidak sampai 20 inci atau dibawah 20 inci. Ukuran sepeda low rider tipe ini adalah 12, 16, dan juga 18. Melihat ukurannya, sepeda ini adalah sepeda yang dibuat untuk anak yang masih berumur 4 hingga 8 tahun. Sepeda ini memang dibuat dengan ukuran yang lebih kecil tentunya untuk menyesuaikan dengan bentuk badan anak-anak tersebut.

2. Restorasi klasik

Ini merupakan jenis sepeda lowrider yang dimodifikasi agar tetap terlihat seperti bentuk pertama dari rilisnya, sebuah sepeda kuno atau sepeda tua. Untuk melakukan modifikasi sesuai dengan produksi awal, biasanya menggunakan petunjuk pada buku panduannya atau pun panduan dari materi iklan.

Sepeda ini juga memiliki ukuran di bawah 20 inci dan juga mengalami proses restorasi. Proses ini merupakan perubahan dari bentuk asli sepeda itu sendiri. Misalnya saja:

  • Pergantian warna cat.
  • Perubahan bentuk frame
  • Pergantian part penting.

Perubahan ini biasanya bertujuan untuk mengembalikan atau sebaliknya merombak sepeda dari bentuk awal produksinya.

3. Custom Under 20

Ini merupakan jenis sepeda lowrider yang sebelumnya telah dilakukan perubahan alias modifikasi dalam tahapan ringan atau bahkan ekstrim. Proses modifikasi yang dilakukan sesuai dengan tahapan kesulitan dari proses dasar pembuatan sepeda itu sendiri.

4. Cruiser

Ini merupakan jenis yang sering kali digunakan di Amerika. Desain dan tipenya akan mirip dengan sepeda lowrider. Namun, salah satu ciri khas yang dimiliki oleh jenis ini adalah frame rainbow baik untuk perempuan maupun laki-laki. Sepeda ini juga memiliki setang jenis half moon, fork original dan ban besar.

5. Chopper

Jika anda menemui fitur triple tree fork, maka ini adalah jenis sepeda lowrider chopper. Sedangkan untuk bagian frame, akan dibuat dari frame limo maupun jenis frame sepeda cruiser. Tidak jarang juga jenis sepeda ini menggunakan frame custom yang dibuat sendiri berdasarkan keinginan sang pemilik.

6. Trike

Sepeda jenis ini merupakan sepeda dengan ukuran 20, 24 hingga 26 inci dan memiliki tiga buah roda yang digunakan sebagai penggerak. Sesuai dengan namanya, sepeda ini memang memiliki tiga buah roda yang digunakan. Sedangkan frame nya terbuat dari bahan yang sesuai dengan permintaan custom pemilik.

Tips Memilih Sepeda Low rider Terbaik

Karena sepeda ini tergolong sepeda custom, maka anda perlu mengetahui beberapa tips agar bisa mendapatkan sepeda lowrider terbaik, yaitu:

1. Ketahui Bahan Pembentuk

Anda wajib mengetahui bahan yang digunakan dalam pembuatan sepeda low rider tersebut. Apalagi jika anda membeli sepeda custom rakitan yang harus diteliti dengan baik apakah bahan yang digunakan akan awet atau tidak. Untuk itu, anda juga harus mengetahui perbandingan antara beberapa macam bahan pembentuk sepeda.

Mengenali kelebihan dan kekurangan setiap bahan ini akan membantu anda memilih salah satu yang terbaik nantinya. Misalnya saja mengetahui jenis bahan pembentuk frame sepeda, kemudian bahan yang digunakan dalam pembuatan velg dan lainnya. Bahkan mengetahui jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan pedal juga penting. Pasalnya, pedal akan berperan penting pada nyaman atau tidaknya anda berkendara dengan sepeda tersebut nantinya.

2. Desain dan Modifikasi

Tidak bisa diingkari, bahwa penggemar sepeda lowrider ini adalah orang-orang yang menginginkan sepeda khusus dengan seleranya sendiri. Jadi, tak jarang banyak yang memodifikasi sesuai dengan gaya dan keinginan mereka. Matangkan desain yang anda pilih. Apakah sudah cocok dengan keinginan anda? Jika tidak, apa yang masih kurang.

Di saat anda hendak membeli sepeda custom, maka desain amat sangat penting untuk dipertimbangkan. Namun, ketahui juga, bahwa sepeda yang terlalu banyak dimodifikasi akan meningkatkan kemungkinan human error. Perhatikan sambungan pengelasan dan hal penting lainnya. Apakah terlihat sudah kokoh dan aman?

3. Kelengkapan fitur

Memeriksa kelengkapan fitur adalah hal yang wajar sebelum membeli sebuah produk sepeda tipe apapun termasuk sepeda lowrider ini. Cobalah teliti lebih lanjut entah itu masalah rem yang digunakan, cek apakah bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Apakah posisi sadel bisa membuat anda nyaman atau tidak.

Cek juga itu bagian pedal, terlalu keras atau tidak? Bagaimana sistem percepatan dan operan giginya, terasa halus atau tidak? Atau mungkin ketinggian dan bentuk setang, membuat anda nyaman atau tidak? Jika sudah diperiksa dengan teliti, tentunya anda akan mendapat kepuasan maksimal dari sepeda impian.

Rekomendasi Produk Sepeda Lowrider Terbaik

Setelah sebelumnya kita mengetahui sejarah dan jenis-jenisnya, maka kali ini kita akan membahas tentang rekomendasi sepeda low rider, yaitu:

1. Lowrider Limo

Sepeda lowrider yang satu ini bisa dibeli dengan harga Rp2.500.000. Sepeda ini memang sengaja dibuat secara custom dengan menyerupai bentuk limo yang sangat legendaris. Memiliki setang batangan yang sangat panjang dengan bentuk mengkilap. Frame yang terbuat dari hi-ten steel terlihat sangat kokoh dan aman dengan cat warna merah yang menawan. Bagi anda yang menggemari jenis-jenis sepeda unik, pastinya akan menyukai sepeda yang satu ini.

Sepeda Lowrider Limo

Bagian pedal dibuat lebih kokoh dan nyaman agar bisa dikendarai dalam waktu perjalanan yang lama sekalipun, memiliki bagian tempat duduk solo/tunggal yang lembut dan nyaman untuk digunakan oleh pengendara. Sepeda Low rider Limo ini sangat gagah dan keren dengan desain besar dan menggunakan ban lebar. Tentunya produk ini tetap dilengkapi dengan rem terbaik.

2. Lowrider 20

Sepeda ini dijual seharga Rp4.100.000. Ini adalah sepeda custom yang sudah dirangkai dan didesain dengan baik. Sehingga menghasilkan perpaduan body dan desain yang minimalis namun tetap berkelas. Bagian tempat duduk tunggal/solo memanjang hingga bagian besi penyangga di bagian belakang. Sehingga pengendara akan merasa lebih nyaman dengan adanya sandaran tersebut. Bagian frame terlihat sangat kokoh, mengkilap dan anti karat.

Sepeda Lowrider 20

Sepeda Lowrider 20 ini didominasi warna coklat yang terlihat lebih manis dan cool. Perpaduan velg yang kokoh dengan ban tinggi ramping sangat unik dan terkesan lebih modern. Dengan ciri khas bagian stang yang tinggi, sepeda ini sangat cocok bagi penggemar sepeda lowrider. Setang sepeda yang dibuat lebih tinggi ini berdiri lurus ke atas bukan ke samping.

3. Lowrider DTWIST

Sepeda lowrider ini dijual seharga Rp2.600.000.  Produk ini menggunakan frame simking dengan kondisi pengecatan yang sangat mulus. Menggunakan fitur velg jari-jari yang biasanya digunakan untuk jenis motor torpedo. Spare part yang digunakan adalah merk DTWIST yang berkualitas baik dan unggulan. Produk ini juga dilengkapi dengan fitur banana glitter serta hand grip glitter.

Sepeda Lowrider DTWIST

Pada bagian stang sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga terlihat unik dengan bentuk huruf Y yang sedikit melengkung. Sedangkan pada bagian tempat duduk berwarna merah dan bisa digunakan untuk dua orang sekaligus. Pada bagian belakang terdapat besi penyangga yang tidak terlalu panjang. Fitur-fitur terbaik dari sepeda low rider DTWIST ini bisa digunakan untuk mengikuti kontes sepeda. Jadi, jangan ragu dengan keindahannya.

4. Micargi USA

Sepeda yang satu ini dijual seharga Rp4.500.000. Ini merupakan sepeda lowrider impor yang bisa dibeli bagi pecinta sepeda unik. Seperti halnya jenis sepeda low rider lainnya, sepeda ini juga memiliki bagian sadel yang lebih rendah daripada bagian setang depan. Namun, sadel sepeda ini tidak terlalu rendah, sehingga anda masih bisa duduk dengan nyaman. Sedangkan untuk bingkai atau frame terbuat dari bahan alloy yang pastinya aman, kokoh dan populer.

Sepeda lowrider Micargi USA

Bobot dari sepeda ini juga tidak terlalu berat, sehingga mudah untuk dikendarai bahkan bagi pemula sekalipun. Sepeda ini didesain dengan dominasi warna gelap yakni hitam. Bagian ban terlihat fitur velg yang kokoh dan kuat dalam menyangga ban sepeda tersebut. Bannya tidak besar namun terlihat tinggi dan ramping. Sepeda lowrider Micargi USA ini memiliki setang yang tidak terlalu tinggi dengan bentuk huruf Y dan sedikit berlekuk. Sekilas nampak ada nuansa model sepeda onthel yang kuat.

5. Fat Bike United

Sepeda lowrider ini dijual seharga Rp3.000.000. Sepeda low rider produksi pabrikan United yang satu ini tergolong unik. Menggunakan jenis ban lebar yang sangat keren juga mudah untuk dikendalikan jika digunakan pada jalanan yang licin seperti jalanan berpasir. Anda tentu bisa menggunakannya juga untuk berlomba atau pun untuk mengikuti kontes sepeda. Sepeda ini disertai dengan balutan frame yang kokoh, aman dan tahan dari masalah karat.

Sepeda lowrider Fat Bike United

Desain yang dimiliki oleh sepeda lowrider Fat Bike United ini sangat modern, unik dan keren. Bentuknya sangat kontras dengan warna cokelat muda yang lembut. Pada bagian setang sepeda dibuat menyerupai lekukan huruf Y dan tidak terlalu tinggi. Sehingga mudah dan nyaman untuk dijangkau bagi pengendara yang badannya pendek sekalipun. Sepeda ini juga dilengkapi dengan fitur rem cakram yang mudah dikendalikan. Bagian sadel tempat duduk dibuat sedikit memanjang dengan busa yang super nyaman.


Demikianlah pembahasan mengenai sejarah, jenis-jenis dan rekomendasi produk sepeda low rider pada review kami. Pastikan anda memilih sepeda terbaik yang sesuai dengan keinginan serta budget yang anda miliki. Pada dasarnya, sepeda lowrider ini sangat unik dan bisa dijadikan sebagai koleksi sepeda antik. Karena bentuknya sangat menarik dan tidak seperti sepeda biasa kebanyakan.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!

Reviewer: Rev

Jenis, Tips Memilih, dan Rekomendasi Sepeda Lowrider Terbaik 1Admin inReview. Mau berbagi ulasan produk, tempat, kampus, event, atau review apa pun untuk dibaca ribuan orang? Lagi cari website yang terima guest blog atau endorse?
Ngobrol yuk. E-mail: inreview.id@gmail.com