Google Pagerank Masih Penting

Belakangan ini berkembang pandangan bahwa PageRank (PR) sudah tidak penting, tapi kalau saya amati pernyataan tersebut seringkali terlalu didramatisir dan mencerminkan persepsi terbatas (mungkin juga disebabkan frustasi karena periode pembaruan nilai PageRank yang terlalu lama, sehingga efeknya sulit diamati).

Update 28 Juli 2019: Google sudah sejak lama tidak mempublikasikan nilai PageRank lagi. Banyak webmaster yang menggunakan substitusi dengan metrik lain seperti Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang dibuat oleh pihak ketiga (Moz).

Google PageRank masih penting. Pernyataan ini bukan karena alasan komersil penggunaan PageRank untuk patokan harga dalam aktivitas jual beli tautan, namun karena kenyataannya Google juga masih menggunakan PageRank dalam proses crawling, indexing, dan ranking-nya.

Bagaimana PageRank (PR) mempengaruhi situs anda?

  • Sebuah halaman situs (web page) butuh level PR tertentu sebelum Google bot mengunjunginya – jadi agar situs anda terjelajah sepenuhnya oleh Google (Google membaca semua halaman pada situs), situs tersebut harus mendapat PageRank tertentu. Perhatikan, tool apapun yang anda pakai untuk melihat PageRank semuanya menampilkan PR yang sudah out-of-date, tapi itulah indikator terbaik yang kita punya.
  • Walaupun tidak selalu benar, PageRank tinggi sering dihubungkan dengan situs-situs yang punya otoritas (authority). Tautan dari halaman/situs dengan PR tinggi (tentu bila sekaligus relevan dan tepat konteks) adalah cara yang baik untuk membangun authority links.
  • Kalau semua aspek dianggap sama, tautan dengan PageRank tinggi lebih berharga daripada tautan dengan PR rendah.
  • PageRank sekaligus berperan dalam mengukur link popularity (berapa banyak tautan ‘menunjuk’ sebuah situs/halaman web), dan setelah kita tahu bahwa Yahoo dan MSN memberi bobot lebih pada link popularity, maka PR dapat menjadi indikator yang baik untuk mengetahui bagaimana situs anda akan tampil di mesin pencari.

PageRank kalau berdiri sendiri tidak menjamin posisi di mesin pencari. Situs dengan PR tinggi belum tentu posisinya top pada SERP. Jadi jangan terlalu ‘membanggakan dan mendambakan’ PageRank tinggi.

Meski demikian Google PageRank masih menjadi metrik penting dalam memperhitungkan nilai tautan dan berperan terbatas dalam memberi peringkat pada halaman hasil pencarian.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!

Reviewer: Dhany Esperanza

Google Pagerank Masih Penting 1WordPress enthusiast, gamer, aquarist, teacher, farmer, researcher. An eternal student that love to learn anything new.