Aquarium Besar: Pilihan Desain dan Kisaran Harga

Jika kita berbicara lebih jauh mengenai aquarium, tentu saat ini telah banyak sekali model dan juga ukuran yang membuat anda menjadi semakin mudah untuk memilih aquarium yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi anda yang memiliki ikan hias yang sudah banyak jumlahnya atau mungkin memiliki hobi memelihara ikan hias yang berukuran cukup besar, tentu sangat penting sekali bagi anda untuk memiliki sebuah aquarium dengan ukuran yang dapat dikatakan besar. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa pembahasan yang terkait dengan aquarium besar. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Aquarium merupakan sebuah wadah yang biasanya terbuat dari bahan atau material kaca transparan dimana wadah ini digunakan sebagai tempat untuk habitat ikan hias. Sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat anda rasakan dengan adanya aquarium di rumah anda. Selain dapat memperindah ruangan di rumah anda dan juga dapat menghidupkan suasana di rumah anda menjadi lebih menarik, aquarium juga dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan terutama dalam hal psikologis atau mental.

Kisaran harga aquarium ukuran besar

Bagi anda yang gemar atau hobi memelihara ikan hias dimana ikan hias tersebut memiliki ukuran yang dapat dikatakan cukup besar misalnya saja seperti arwana, atau louhan, maka anda juga wajib memiliki aquarium berukuran besar sehingga dapat diisi oleh ikan hias kesayangan anda yang ukuran tubuhnya besar tersebut. Bagi anda yang tertarik dengan aquarium laut, sebaiknya anda mempertimbangkan ukuran aquarium besar – sedang. Tentunya anda juga perlu mempertimbangkan biaya-biayanya.

Nah oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui berapa sih kisaran harga aquarium besar itu, sehingga anda dapat menyiapkan budget yang sesuai dengan kebutuhan anda. Mungkin bagi anda yang sudah lama mengenal berbagai macam produk aquarium tentu anda telah memiliki gambaran tersendiri mengenai harga aquarium dari yang berukuran kecil, sedang, hingga yang besar. Namun, hal ini tentunya berbeda dengan anda yang masih awam, mungkin anda sama sekali tak memiliki gambaran mengenai berapa kisaran harga aquarium besar.

Oleh karena itu, pada bagian artikel ini, kami telah menyiapkan informasi terkait hal tersebut sehingga anda setidaknya memiliki gambaran yang cukup. Menurut salah satu penjual online, dapat kami simpulkan bahwa harga aquarium besar berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000 tergantung model dan juga kualitas bahannya serta seberapa besar ukuran tepatnya.

Misalnya saja aquarium besar dengan ukuran 150×70×70 cm (volume 735 liter) memiliki harga Rp2.950.000 dengan kondisi yang sudah benar-benar ready dan siap untuk digunakan. Harga aquarium besar ini sudah termasuk; sump filter 5 chamber, over flow, instalasi pipa, media filter, dan pompa powerhead. Belum termasuk cabinet dan ongkos kirim. Meskipun demikian tentu ada beberapa model aquarium besar yang harganya bisa lebih dari angka-angka yang disebutkan tadi.

Style Aquascape agar aquarium besar anda tampil lebih indah

Bagi anda yang memiliki aquarium dengan ukuran yang relatif besar di rumah, tentu anda dapat lebih banyak mengeksplorasi dalam mencoba membuat tampilan yang menakjubkan untuk kepuasan anda sendiri. Nah, salah satu cara membuat aquarium besar menjadi lebih menarik adalah dengan menerapkan style atau gaya Aquascape tertentu. Mungkin bagi anda yang masih awam tentu akan merasa sedikit kebingungan dengan istilah Aquascape. Lantas apa sih sebenarnya Aquascape itu? Bagi anda yang penasaran, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena di bagian artikel ini kami juga akan membahasnya.

Aquascape adalah sebuah seni dalam mengatur tanaman air, bebatuan, kayu atau koral secara alami dan juga indah di dalam aquarium sehingga aquarium tampak seperti taman di bawah air. Keberhasilan dan intuisi seni yang baik dalam membentuk aquascape sangat mempengaruhi keindahan aquarium besar anda sehingga membuat tampilan dan suasana ruangan menjadi lebih hidup dan terasa positif. Selain itu juga, ikan hias kesayangan anda akan lebih nyaman dan sehat karena sistem aquascape yang sukses bukan hanya tampak indah, namun juga memiliki keseimbangan ekosistem yang sempurna.

Nah, perlu anda ketahui bahwa saat ini juga telah banyak sekali model atau style Aquascape yang dapat anda aplikasikan di dalam aquarium besar anda. Berikut ini kami sajikan beberapa ulasan mengenai style Aquascape untuk aquarium besar, antara lain:

1. Dutch style

Aquarium besar: Aquascape Dutch Style
Aquarium besar: Aquascape Dutch Style

Pilihan gaya Aquascape pertama yang dapat anda aplikasikan pada aquarium besar di rumah anda adalah Dutch style. Desain Aquascape yang menggunakan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan ini merupakan salah satu desain Aquascape paling tua di dunia apabila dibandingkan dengan desain Aquascape yang lainnya.

Dutch style ini dipopulerkan pada tahun 1930-an di Belanda dimana desainnya sama sekali tidak menggunakan hardscape seperti bebatuan atau kayu, melainkan hanya menggunakan tanaman saja. Biasanya tanaman yang digunakan pada desain gaya Aquascape Dutch style adalah tanaman stem (tanaman air berbatang) yang memiliki jenis dan warna yang beragam sehingga membuat aquarium menjadi lebih menarik.

Bila ingin tanaman aquascape tetap tampak indah dan sehat, tentunya membutuhkan pencahayaan yang baik/cukup, pupuk tambahan atau dalam bentuk substrat yang ditanam di dasar pasir aquascape, dan perangkat CO2 (karbon dioksida). Pertimbangkan beragam hal ini sebagai biaya perawatan dan operasional dalam aquarium besar anda.

2. Iwagumi style

Aquarium besar: Aquascape Iwagumi Style
Aquarium besar: Aquascape Iwagumi Style

Style Aquascape kedua yang dapat Anda aplikasikan pada aquarium besar di rumah anda adalah Iwagumi style. Gaya Aquascape yang satu ini memang dikenal sebagai desain Aquascape yang cukup simpel (bukan berarti murah dalam biaya perawatannya). Desain Aquascape yang berasal dari Jepang ini di kembangkan oleh Takashi Amano secara unik dan juga minimalis.

Salah satu ciri khas dari desain Aquascape yang satu ini adalah menata batu (hardscape) dengan jumlah ganjil yang mencerminkan budaya Jepang. Tak hanya sekedar menata batu secara suka-suka, karena ukuran batu dalam style Iwagumi juga harus diperhatikan. Hal ini karena dalam desain aquascape Iwagumi style ini harus terdapat keseimbangan ukuran batu mulai dari yang besar sampai yang berukuran kecil.

3. Nature Style

Aquarium besar: Aquascape Nature Style
Aquarium besar: Aquascape Nature Style

Pilihan style Aquascape ketiga yang dapat anda aplikasikan pada aquarium besar di rumah anda adalah nature style. Gaya Aquascape yang satu ini menjadi pilihan umum karena memang memiliki tampilan yang sama persis dengan alam pada umumnya (natural).

Dengan adanya tampilan bukit, lembah dan berbagai macam suasana alam, tentu telah membuat banyak orang yang mengakui keindahan gaya Aquascape yang satu ini. Lebih tepatnya Aquascape nature style ini akan terlihat seperti sebuah pulau dengan banyak pepohonan, pasir, dan bukit berumput di bawah air yang tampak sangat indah untuk dipandang.

4. Taiwanese Style

Aquarium besar: Aquascape Taiwanese Style
Aquarium besar: Aquascape Taiwanese Style

Gaya Aquascape keempat yang mungkin dapat anda pertimbangkan untuk diaplikasikan pada aquarium besar di rumah anda adalah Taiwanese style. Desain Aquascape bergaya Taiwan ini memiliki karakteristik yang sangat mudah dikenali. Meskipun sekarang gaya Aquascape yang satu ini sudah jarang digunakan, tetapi di masa lalu Taiwanese style sangat populer sebagai desain Aquascape yang indah.

Salah satu ciri khas dari gaya Aquascape yang satu ini adalah menggunakan berbagai macam aksesoris yang menyerupai kehidupan manusia misalnya saja seperti rumah-rumahan, patung, jembatan, hingga miniatur manusia dan juga hewan serta hiasan lainnya. Tetap tampak indah bila dilakukan dengan benar, walaupun bila anda menginginkan gaya natural mungkin kurang sesuai.

5. Biotope style

Aquarium besar: Aquascape Biotope Style
Aquarium besar: Aquascape Biotope Style

Pilihan style Aquascape yang selanjutnya dapat anda aplikasikan pada aquarium besar di rumah anda adalah biotope style. Biotope style merupakan gaya aquarium yang di desain mirip dengan ekosistem perairan tertentu yang ada di alam. Desain ini memberikan tampilan replika dari suatu tempat yang sudah ada ke dalam bentuk yang lebih kecil di aquarium.

Tidak hanya tata letak tanamannya saja yang disusun sedemikian rupa, namun juga spesies ikan dan temperatur air yang juga disesuaikan dengan aslinya. Sehingga tak heran apabila gaya Aquascape yang satu ini sering digunakan juga dalam penelitian. Sebenarnya gaya Aquascape biotope style ini hampir mirip dengan nature style dengan pemandangan alamnya namun untuk biotope style ini terkesan lebih detail dan mempertimbangkan banyak hal.

6. Jungle style

Aquarium besar: Aquascape Jungle Style
Aquarium besar: Aquascape Jungle Style

Style Aquascape yang selanjutnya dapat anda pilih untuk diterapkan pada aquarium besar di rumah anda adalah jungle style. Desain Aquascape yang tampak seperti hutan ini sangat cocok sekali anda aplikasikan pada aquarium besar agar tampak lebih menawan dan juga tentunya menakjubkan. Dengan tampilan ekosistem tanaman hutan yang liar tentu membuat mata anda akan terpesona saat melihat desain Aquascape jungle style ini.

Hanya saja anda juga harus rajin dalam merawatnya agar aquarium anda selalu terlihat segar dan cantik. Salah satu ciri khas dari desain Aquascape jungle style ini adalah rancangannya yang menunjukkan beragam variasi tanaman yang ada di dalamnya. Desain Aquascape jungle style yang satu ini juga mengijinkan pemilik aquarium untuk bisa bebas dalam mengekspresikan kreativitasnya.

7. The Walstad method

Aquarium besar: Aquascape Walstad Method
Aquarium besar: Aquascape Walstad Method

Gaya Aquascape terakhir yang dapat Anda aplikasikan pada aquarium besar di rumah anda adalah The Walstad method. Mungkin desain Aquascape yang satu ini cukup asing di telinga anda. Hal ini karena desain Aquascape the Walstad method ini masing jarang sekali anda temukan di aquascaping pada umumnya.

Salah satu ciri khas dari The Walstad method adalah menggunakan berbagai macam jenis tanaman dan juga bebatuan dimana keduanya di susun secara acak. Desain Aquascape yang satu ini menganut filosofi keindahan alam nyata di kehidupan ini terjadi secara alamiah dan acak tanpa ada satu pun elemen yang sengaja di susun agar tampak indah. Bahkan tanaman yang tumbuh dalam style Aquascape yang satu ini dibiarkan agar tetap tumbuh seadanya.

Selain itu, metode Walstad ini tidak menuntut penggunaan alat aquascape yang canggih dan mahal seperti peralatan CO2 (karbon dioksida) dan perangkat lampu khusus. Pertumbuhan tanaman juga lebih lambat, karena tidak diberikan tambahan pupuk, hanya mengandalkan dari pelapukan alami yang berasal dari kotoran ikan. Biasanya peralatan tambahan, lampu khusus (misal LED atau metal halide, minimal lampu neon HO-High Output) dan pupuk digunakan pada gaya Aquascape selain metode Walstad (kecuali mungkin pada biotope style juga).

Konsekuensinya Anda juga tidak dituntut untuk terlalu sering mengganti air pada aquarium dan biaya operasional yang lebih murah.


Demikianlah beberapa ulasan terkait dengan harga dan desain aquarium besar. Bila anda merasa aquascape atau aquarium laut terlalu merepotkan dan berbiaya tinggi untuk aquarium berukuran besar, anda selalu dapat kembali ke hobi dasar aquarium, yaitu untuk memelihara ikan saja.

Akuarium memang menjadi pilihan yang paling tepat dan cocok sekali bagi anda yang gemar atau hobi memelihara ikan hias. Dengan adanya aquarium maka anda dapat lebih mudah menikmati keindahan warna-warni ikan hias kesayangan anda kapan pun saat anda inginkan. Anda juga tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk membuat kolam khusus ikan hias kesayangan anda.

Oleh karena itu bagi anda yang hobi memelihara ikan hias, aquarium merupakan solusi yang tepat untuk menciptakan habitat ikan kesayangan. Semoga dengan artikel ini membuat anda dapat menentukan desain aquarium yang cocok dan sesuai dengan selera anda sehingga anda dapat memiliki aquarium besar dengan tampilan yang indah dan tentunya menawan.