14 Desain Aquarium Unik dan Cara Membuatnya

Aquarium umumnya tak jauh dari bentuk persegi, bulat, atau persegi panjang dan diletakkan di meja sebagai hiasan, apapun ikan di dalamnya bisa memberikan kesenangan tersendiri karena melihat ikan berenang di aquarium tersebut bisa memberikan ketenangan dan pikiran lebih nyaman. Memiliki akuarium di rumah memang bermanfaat untuk kesehatan bagi pemiliknya.

Nah, bagaimana jika memiliki aquarium dengan bentuk yang unik dan tak biasa? Tentunya bisa memberi kesenangan lebih dan menjadi inspirasi untuk tata ruang ya…

Desain Aquarium Unik

Bagi Anda yang hobi memasang aquarium di rumah namun bosan dengan desain yang itu-itu saja, Anda bisa menerapkan inspirasi desain akuarium unik dalam artikel ini. Yuk disimak.

1. Aquarium Wadah Selai atau Toples

Aquarium unik Wadah Selai atau Toples
Klik pada gambar.

Wadah selai Anda yang berbentuk botol atau tabung dan toples kaca bekas yang tak dipakai lagi bisa Anda jadikan aquarium mini, bentuknya yang kecil dan unik cocok untuk Anda tempatkan dimanapun seperti di meja tamu sudut, meja televisi, atau di meja kamar.

Bahan ini paling mudah didapat dan hemat biaya. Namun anda tak bisa memasukkan banyak ikan di dalamnya, Anda hanya bisa mengisinya dengan ikan kecil dan menambah tanaman air atau bebatuan di dalamnya sebagai hiasan. Selengkapnya disini.

Baca juga: 150+ Cara Menghemat Air

2. Aquarium Teko

Aquarium Teko unik

Anda punya teko mangkrak yang tidak pernah dipakai? Bisa loh dimanfaatkan untuk membuat akuarium kecil, ikan dan hiasan di dalamnya bisa memperindah tampilan kamarmu dan membuat anda jadi lebih kreatif.

3. Aquarium dari Bohlam

Aquarium dari Bohlam unik

Bohlam bekas dari jenis lampu pijar yang berukuran sedang atau besar bisa dibuat menjadi aquarium unik. Untuk ini Anda harus bisa berkreasi seperti melepas, mengelem, dan memberi lubang udara sehingga ikan di dalamnya tetap bisa hidup dan bergerak. Tambahkan tanaman air yang berukuran mini untuk kesan yang lebih segar.

Caranya mulai dengan membersihkan lampu bohlam yang sudah tidak terpakai, keluarkan semua komponen di dalamnya dan bersihkan ulang. Setelah itu, masukkan tanaman air serta batu alam dan hiasan lain dan atur sesuai selera Anda.

Masukkan ikan yang berukuran kecil. Aquarium unik dari bohlam ini bisa Anda tempatkan di sebuah alas seperti meja dengan memakai lem tembak atau perekat jenis lainnya agar tidak terjatuh.

4. Aquarium Gelas Wine

Aquarium gelas anggur unik

Pernah melihat gelas wine? Gelas anggur ini memiliki bentuk yang bulat dan besar dengan bagian atas yang terbuka, gelas ini bisa dibuat menjadi aquarium unik, permukaannya yang tidak tertutup bisa dengan mudah Anda bersihkan, juga saat Anda memberi makan ikan yang ada di dalamnya.

Akuarium dari gelas wine ini sebaiknya Anda tempatkan di posisi yang tidak mudah dijangkau atau tidak mudah diraih oleh anak-anak, mengingat ukurannya yang mini dan bentuknya yang terbuka, meletakkannya di tempat yang tepat bisa mencegah aquarium ini dari pecah atau tersenggol dan jatuh.

5. Aquarium Pot Tanaman

Aquarium Pot Tanaman unik

Suka aquarium sekaligus tanaman? Atau Anda menyukai segala sesuatu yang ramah lingkungan? Aquarium unik dari pot tanaman bisa menjadi jawaban untuk mewujudkan hobi Anda. Akuarium unik ini berbentuk seperti pot tanaman yang dibagi menjadi dua bak lingkaran terbelah, bagian kaca yang bening dijadikan sebagai akuarium, dan bagian lainnya dipakai sebagai pot tanaman.

Kedua bagian tersebut saling menguntungkan, kotoran yang dihasilkan ikan bisa berguna untuk nutrisi tanaman di pot, air yang diguyurkan ke tanaman juga bisa diserap dan disaring agar menjadi bersih dan nyaman untuk tempat hidup ikan.

Air tersebut bisa dialirkan ke sisi aquarium agar ikan mendapat air yang bersih secara alami. Anda bisa mendapatkan aquarium unik ini secara online atau bisa juga berkreasi sendiri untuk membuatnya.

6. Aquarium Sepatu

Aquarium Sepatu unik

Untuk aquarium unik jenis ini, mungkin Anda belum pernah melihatnya. Aquarium sepatu pernah dibuat di Jepang oleh W+K Tokyo Lab dalam Project The Nike 78. Aquarium ini berbentuk sepatu Nike tipe Air Max 360. Bentuknya unik dan mampu menjadi rumah untuk ikan-ikan hias kecil. Aquarium unik ini belum pernah ditemui atau dibuat di negara lain, mungkin Anda berminat untuk membuat jenis aquarium yang lebih unik?

7. Aquarium Sekat Ruangan

Aquarium Sekat Ruangan unik

Sekat ruangan yang terbuat dari dinding atau lemari mungkin sudah sering Anda lihat, namun untuk memiliki ruangan lebih cantik sekaligus mempunyai desain yang unik, Anda bisa menambahkan akuarium di sekat ruangan, sehingga aquarium berada pada sisi dinding.

Caranya Anda bisa membuat sekat ruangan yang memiliki lubang kotak di bagian tengahnya, baik itu dari batu bata maupun dari kayu. Di tengah lubang tersebut isi dengan aquarium dengan ukuran yang sama, tentunya ruangan Anda akan tampak jauh lebih indah dan menarik. Contoh lain ide ini bisa dilihat disini.

8. Aquarium Meja

Aquarium Meja unik

Anda juga bisa menjadikan meja di ruang tamu menjadi aquarium sehingga memiliki 2 fungsi sekaligus, sebagai media perjamuan tamu sekaligus hiasan. Pemandangan ini bisa membuat Anda dan tamu betah, tak cepat bosan.

Caranya bisa dengan membuat aquarium berbentuk kotak di bawah meja, Anda tinggal menambahkan kaca bening di atasnya. Aquarium meja juga bisa Anda tempatkan di ruang keluarga, bisa menemani Anda berkumpul dengan keluarga atau makan malam sambil menikmati indahnya dunia air. Lebih lengkap disini.

9. Aquarium Berbentuk Wastafel

Aquarium unik Berbentuk Wastafel

Tak ada salahnya meletakkan aquarium di toilet, Anda bisa menjadikannya seperti wastafel sehingga kegiatan mencuci muka atau sikat gigi Anda terasa lebih menyenangkan. Akuarium berbentuk wastafel ini mungkin bisa Anda dapatkan di toko online atau toko aquarium terkemuka di kota Anda. Umumnya aquarium sudah dijual dalam satu set, termasuk keran air, filter, lampu kaki, pompa, dan sebagainya.

10. Aquarium dari TV/Monitor Jadul

Aquarium unik dari TV atau Monitor Jadul

TV tabung jadul bekas yang sudah tak terpakai lagi tak perlu buru-buru Anda buang. TV atau monitor jadul tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuat aquarium unik, yakni membuat aquarium kotak yang besarnya disesuaikan dengan tabung TV.

Anda bisa menempatkannya sebagaimana TV dengan tetap mempertahankan perabotan dan TV lainnya. Aquarium Anda pun benar-benar tampak unik layaknya melihat ikan di TV.

11. Aquarium di Dapur

Aquarium unik di Dapur

Jika Anda punya ruangan dapur yang luas, Anda bisa membuatnya lebih indah lagi dengan aquarium unik, Anda perlu membuat akuarium berukuran besar dan memberi papan di atasnya, papan tersebut bisa Anda gunakan juga untuk memasak. Masih banyak ide aquarium dapur ini, cek disini ya.

12. Aquarium Tangga

aquarium unik bawah tangga

Bentuk aquarium yang Anda tempatkan di bawah tangga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang memiliki rumah minimalis. Ruang bawah tangga bisa Anda hias dengan aquarium. Untuk mendapat bentuk yang unik bisa Anda diskusikan dengan toko akuarium kepercayaan Anda untuk membuatkannya atau mungkin Anda bisa mendapatkannya secara online.

aquarium unik sekat tangga

Bentuk unik lain bisa Anda tempatkan sebagai dinding atau sekat pada tangga. Untuk aquarium unik ini Anda membutuhkan ukuran yang lebih besar karena memiliki desain seperti dinding.

13. Aquarium Sofa

Aquarium Sofa

Aquarium ini sangat unik, berupa sofa yang memiliki aquarium di sisi kanan dan kirinya. Aquarium ini pernah dijual di Jepang dengan harga sekitar 146 juta rupiah. Hmm.. Mahal sekali ya? Mungkin Anda bisa berkreasi dengan kursi sofa rumah Anda untuk mendapatkan harga yang lebih hemat.

14. Aquarium Bedroom

Aquarium kamar tidur unik

Anda dapat menghadirkan aquarium ke dalam kamar tidur Anda atau pun kamar anak Anda, akuarium bisa diletakkan di dinding belakang tempat tidur, suasana tidur bisa terasa romantis dan menenangkan, tidur pun akan terasa lebih nyenyak. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa meletakannya di buffet atau menempatkan buffet dengan aquarium di belakang tempat tidur Anda.

Bagaimana cara membuat aquarium unik?

Membuat aquarium unik yang sederhana tidaklah sulit, Anda dapat melakukannya sendiri (DIY: Do It Yourself) atau mendatangi toko aquarium untuk mendapat informasi desain seperti apa yang ingin buat dan mengikuti langkah berikut:

  1. Persiapan membuat aquarium unik. Jika Anda ingin aquarium dari bahan bekas seperti gelas wine, bohlam lampu, atau teko seperti yang diulas di atas, maka Anda perlu membersihkan wadah tersebut terlebih dahulu dan memastikan tempat bekas tersebut layak untuk ditempati ikan. Namun jika Anda ingin membuat akuarium yang memiliki bentuk khusus seperti akuarium di sisi tangga atau sebagai meja, maka Anda perlu membeli barang-barang yang dibutuhkan.
  2. Siapkan bahan umum yang Anda butuhkan seperti kaca dengan ketebalan yang tepat, lem silikon untuk merekatkan kaca, alat lem tembak, pisau cutter, lakban, spidol, pemotong kaca, dan obeng.
  3. Tentukan ukuran dan dimensinya. Misalnya jika aquarium akan ditempatkan di buffet sebagai penghias kamar tidur, maka buat ukuran yang pas untuk dibuat di bagian tengah buffet tersebut.
  4. Selanjutnya Anda bisa memotong dan menghaluskan kaca sesuai dimensi ukuran yang Anda buat, tempelkan kaca yang telah dipotong dengan lakban agar tidak bergeser ketika direkatkan. Lakban juga bisa Anda jadikan sebagai tempelan di sisi bawah kaca sebagai alas atau pembatas agar lem silikon tidak meleber ke bagian lain.
  5. Rekatkan susunan kaca tersebut dengan lem kaca, lakukan di setiap sisinya, pada bagian sudut, tambahkan lem agar lebih kuat dan rekatkan kembali dengan lakban agar benar-benar kokoh.
  6. Anda dapat menyusun potongan kaca sesuai keinginan, jika semua bagian sudah menempel, biarkan terlebih dahulu selama beberapa jam. Setelahnya Anda bisa membuka lakban dan membersihkan sisa lem setelah kering sepenuhnya.
  7. Periksa apakah aquarium unik yang Anda buat telah rapat dan kokoh, pastikan tidak ada kebocoran, cek dengan memasukkan air ke dalam akuarium, hal ini juga sekaligus untuk membersihkan debu atau sisa lem yang masih tertinggal di dalam aquarium.
  8. Setelahnya pasang alat pendukung seperti aerator, filter dan skimmer bila diperlukan, dan sediakan jalur power atau listriknya. Pastikan posisi stop kontak listrik tidak akan terkena air dari aquarium, terutama saat anda perlu membersihkannya.
  9. Nah, kini Anda bisa memasukkan air dan ikan di dalamnya serta menghias aquarium tersebut dengan batu atau tanaman. Untuk air tawar jangan gunakan air ledeng/PDAM karena mengandung kaporit/chlorine (klorin) yang bisa membunuh ikan atau tanaman hidup. Chlorine bisa cepat hilang bila air di-aerasi, atau ditempatkan di wadah terbuka lainnya selama setidaknya 24 jam.

Itulah beberapa desain aquarium unik dan cara membuat aquarium unik yang bisa Anda jadikan inspirasi, ada yang bisa Anda buat sendiri, ada pula yang sebaiknya Anda beli atau pesankan untuk membuatnya. Dari semua akuarium unik tersebut tentunya harus diperlakukan sama seperti pada aquarium pada umumnya.

Yakni dengan rutin membersihkan dan mengganti airnya secara berkala, Anda juga perlu untuk meletakkannya di dekat sumber cahaya (jangan kenakan langsung ke sinar matahari) agar aquarium nampak lebih segar dan memudahkan saat perawatan ikan, seperti saat memberi makan ikan. Rawat aquarium unik Anda dengan baik agar bisa dipakai dan nampak indah dalam jangkau waktu lama.

Selamat berkreasi.

14 Desain Aquarium Unik dan Cara Membuatnya

Itulah beberapa desain aquarium unik dan cara membuatnya yang bisa Anda jadikan inspirasi, ada yang bisa Anda buat sendiri, ada pula yang sebaiknya Anda beli atau pesankan untuk membuatnya.

Editor's Rating:
4.9