17 Cara Mendukung Usaha Kecil

Jika Anda membaca artikel ini, mungkin tidak perlu diberi tahu lagi tentang pentingnya mendukung usaha kecil — tetapi kami tetap akan mengingatkan. Bahwa bisnis kecil merupakan bagian integral dari ekonomi yang sehat dan berkembang. Setiap orang wajib berkontribusi untuk mendukung usaha kecil di lingkungan lokal mereka.

Jika Anda perlu ide untuk mendukung usaha kecil, teruskan membaca. Kami telah memikirkan beberapa cara untuk mendukung bisnis kecil di sekitar Anda. Tapi sebelum sampai ke sana, kami pikir penting dipahami dulu mengapa mendukung usaha kecil adalah hal yang sangat berharga, mulia, dan mengapa kami meyakininya.

Disclaimer: Artikel ini bukan tentang cara memulai usaha, atau ide untuk memulai bisnis kecil, tapi tentang edukasi pemberdayaan masyarakat. Dengan cara mengembangkan cara-cara untuk mendukung usaha kecil yang ada di sekitar kita. Bila Anda adalah calon entrepreneur yang sedang mencari ide usaha atau hendak mendirikan usaha, teruslah langkah Anda dan ingatlah bahwa kami siap mendukung Anda.

Mengapa kita Harus Mendukung Usaha Kecil

Mengapa kita harus mendukung bisnis kecil? Ada banyak alasan bagus.

Mendukung Ekonomi Lokal Kita Sendiri

Berinvestasi uang dan waktu serta atensi kita pada bisnis kecil di sekitar kita artinya mempertahankan uang tetap di sekitar kita, untuk membiayai hal penting lainnya yang kita butuhkan, dari pajak penjualan: mulai dari pendidikan, keamanan, penerangan, taman publik, perbaikan jalan, dan banyak program lainnya. Mengambil contoh di Amerika Serikat, menurut American Express, sekitar dua pertiga dari setiap dolar yang dibelanjakan untuk bisnis kecil tetap berada dalam komunitasnya.

Menciptakan Lapangan Kerja Lokal

Bisnis kecil adalah jantung ekonomi, bahkan di sebuah negara seperti Amerika Serikat yang sering kita sebut kapitalis dan warganya cenderung individualis. Menurut Small Business Administration , 99,7% dari perusahaan pencipta lapangan kerja di AS. adalah bisnis kecil, dan sejak resesi terakhir, mereka menyumbang 67% dari total pekerjaan baru. Mendukung bisnis kecil artinya menciptakan pekerjaan di dalam komunitas Anda sendiri. Sesederhana itu.

Pengalaman Belanja yang Unik

Berbelanja di toko lokal menciptakan pengalaman unik yang tidak bisa kita miliki dari belanja online yang saat ini sedang nge-tren di Indonesia. Usaha kecil cenderung memberikan pengalaman belanja lebih pribadi dan menawarkan hal-hal khusus yang tidak akan kita temukan di tempat lain.

Bisnis Kecil Menyatukan Komunitas

Dari mana pun asal Anda, kemungkinan ada bisnis kecil yang memainkan peran penting dalam hidup Anda. Mungkin itu adalah warung pecel lele yang biasa Anda kunjungi, restoran bubur ayam yang Anda dan keluarga kunjungi saat Minggu pagi untuk sarapan, tukang cukur rambut langganan saat kecil. Atau jasa reparasi elektronik yang memberi pekerjaan pertama dalam hidup Anda. Mungkin tidak terpikir oleh Anda saat itu, tetapi bisnis kecil ini membantu menjadikan komunitas Anda seperti saat itu adanya.

Usaha kecil mengikat komunitas bersama. Membentuk karakter lingkungan, mengubah tempat-tempat yang tidak nyaman menjadi daerah di mana orang ingin berkumpul dan menghabiskan waktu.

Sebagai Tindakan Menghargai

Memulai bisnis apa pun itu berisiko. Melindungi bisnis lokal adalah pengakuan atas risiko itu dan tantangan yang melekat dalam menjalani hidup kita sendiri. Selain itu, kita menunjukkan kepada pelaku usaha kecil bahwa kita lebih memilih mereka daripada pesaing yang lebih besar dan memiliki lebih banyak sumber daya.

Produk yang Lebih Baik

Di saat bisnis besar dengan dewan direksi dan para pemegang sahamnya disibukkan dengan efisiensi, margin keuntungan, dan ekspansi, banyak bisnis kecil lebih berorientasi pada produk. Ini artinya kita sering kali menemukan produk yang lebih unik dengan tingkat penciptaan dan kualitas yang berbeda, karena banyak pemilik usaha kecil melihat produk mereka sebagai cerminan diri mereka sendiri.

Lebih Baik untuk Lingkungan

Berbelanja di toko lokal berarti menghabiskan lebih sedikit waktu bepergian dengan mobil. Mungkin Anda bisa meninggalkan mobil di rumah dan menuju tujuan Anda dengan berjalan kaki atau bersepeda. Lebih sedikit mobil di jalan berarti lebih sedikit lalu lintas, lebih sedikit kebisingan, dan lebih sedikit polusi.

Mendukung mimpi

Bisnis kecil seringkali merupakan realisasi dari tujuan atau impian seumur hidup pemiliknya. Produk yang dijual mewakili imajinasi, semangat, dan dedikasi pemilik usaha kecil. Kita semua memiliki mimpi, dan kita semua ingin mimpi kita didukung. Ingatlah bahwa ketika Anda berbelanja produk lokal, Anda mendukung impian manusia lain.

Meskipun mungkin terasa lebih mudah untuk membuka web e-commerce favorit Anda di browser komputer atau mengisi keranjang belanja dengan produk idaman kita di aplikasi ecommerce, kami merasa alasan-alasan yang disebutkan di atas membuat mendukung usaha kecil menjadi pengalaman yang lebih manusiawi dan berharga.

17 Cara Mendukung Usaha Kecil 1

https://inreview.id/cara-mendukung-usaha-kecil/

17 Cara Mendukung Usaha Kecil

Jadi bagaimana caranya kita bisa mendukung usaha kecil — baik sebagai konsumen atau sesama pemilik usaha kecil — kami memiliki daftar panjang yang tidak ada di tempat lain.

1. Berbelanja di Toko Usaha Kecil Lokal

Jelas sekali kan. Apa ada cara yang lebih baik untuk mendukung bisnis kecil selain dengan memberikan apa yang mereka harapkan? Kita bisa melakukan ini kapan saja, di mana saja. Hanya melangkah keluar dari rumah dan sedikit berjalan-jalan.

2. Berpartisipasi dalam “Car Free Day” (CFD)

Car Free Day adalah acara komunitas di mana kendaraan bermotor tidak diizinkan masuk/lewat yang biasanya diselenggarakan pada hari Minggu di banyak kota besar di Indonesia. Banyak kegiatan komunitas yang diselenggarakan pada event ini. Hari di mana pebisnis kecil dapat menarik lebih banyak pelanggan dan memperkenalkan produknya dengan memberikan penawaran dan diskon, atau sesuatu yang istimewa. Berikut ini dari situs https://www.infocarfreeday.net: “While Car Free Day: No Flyers, No Politics, No Automotive, No genset. (Only) Sports, Art & Culture, Environment, Health.”

Baik kita sebagai konsumen atau pemilik usaha kecil, mempromosikan CFD pada dasarnya mempromosikan usaha kecil dengan membantu mereka memperoleh lebih banyak income selama hari libur. Ini mengingatkan orang bahwa walaupun mereka bisa mendapatkan penawaran hebat di department store atau outlet terkenal pada event-event great sale online, masih ada cara untuk berbelanja secara lokal dan mendapatkan banyak deal yang tidak kalah hebat.

3. Lewatkan Event Great Sale

Pertimbangkan untuk tidak berbelanja pada event great sale. Salah satu cara untuk mendukung bisnis kecil adalah dengan tidak membelanjakan uang kita di bisnis besar yang menggurita seperti department store atau toko-toko franchise merek nasional dan internasional. Event seperti itu sebetulnya memiliki sejumlah aspek yang tidak transparan bagi konsumen dan kunjungi bisnis kecil di dekat kita sebagai gantinya.

4. Pilih Usaha Kecil Selama Liburan

Liburan selalu menjadi pendorong utama bagi bisnis — di Amerika Serikat, pengeluaran musim liburan 2018 yang lalu melampaui $850 miliar, naik 5,1% dari tahun sebelumnya — dan selalu berkontribusi pada persentase pembelanjaan konsumen yang sehat di suatu negara untuk tahun berjalan.

Berkaca pada kenyataan tersebut, yang trend-nya banyak diikuti di negara lain termasuk Indonesia, coba pikirkan di mana Anda akan menghabiskan uang Anda pada musim liburan ini. Meskipun e-commerce menjadi semakin signifikan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi — karena kemudahan pengiriman dan gencarnya iklan ecommerce di media nasional — penting juga dipertimbangkan bagaimana kita bisa mendukung bisnis kecil selama periode yang sangat penting ini.

5. Dari Mulut ke Mulut (Word of Mouth)

Jika Anda memiliki pengalaman yang baik dengan bisnis kecil, bicarakanlah! Pemasaran dari mulut ke mulut mendorong $6 triliun pengeluaran konsumen tahunan dan menyumbang 13% dari seluruh penjualan konsumen. Semakin banyak orang yang bisa kita beri tahu tentang sebuah bisnis kecil, semakin banyak kita membantu usaha tersebut.

6. Buat Panduan untuk Bisnis Kecil Lokal

Ini dapat dipublikasikan secara online atau sebagai buletin cetak. Bagikan daftar bisnis kecil yang luar biasa di daerah Anda dan apa yang membuatnya sangat mengagumkan. Panduan ini juga bisa digunakan sebagai kupon untuk ditebus di bisnis kecil yang tercantum dalam daftar. Anda bisa bekerja sama dengan para pemilik usaha kecil untuk memberikan insentif bagi pelanggan yang menemukan toko mereka melalui panduan ini.

7. Buka Kios Informasi untuk Bisnis Lokal

Jika ada beberapa usaha kecil yang berlokasi di sekitar Anda, kenapa tidak mendirikan pusat informasi untuk menyambut turis atau penduduk setempat dan membantu mereka mendapatkan informasi tentang semua bisnis lokal di daerah Anda. Anda dapat menawarkan booklet panduan untuk bisnis lokal, kupon, dan banyak lagi.

Dirikan di tempat yang akan terlihat oleh orang lewat, dan pada hari-hari dengan lalu lintas yang tinggi seperti akhir pekan, dan CFD Minggu. Ini akan mendorong pembeli untuk berbelanja di bisnis lokal yang ada di lingkungan Anda.

8. Bermitra dengan Bisnis Kecil Lainnya

Jika Anda seorang pemilik bisnis, temukan cara mempromosikan bisnis Anda secara gabungan dengan bisnis kecil lainnya untuk menghasilkan pendapatan bagi pihak-pihak yang bekerja sama. Anda dapat mempromosikan kerjasama ini dengan nama “diskon proteksi bisnis kecil”. Calon pembeli mungkin saja lebih tertarik untuk berbelanja saat mengetahui ada misi sosial dalam kerjasama tersebut.

Misal Anda memiliki toko roti dan ingin bermitra dengan toko buah-buahan di ujung jalan, Anda dapat menawarkan diskon roti untuk orang-orang yang datang ke toko roti Anda dengan bukti pembelian dari toko buah, dan sebaliknya. Iklankan diskon sosial ini di bagian depan toko Anda dan voila — bertambahnya traffic pejalan kaki dan tertariknya konsumen pada bisnis Anda berdua. Dan semoga, lebih banyak pendapatan bagi kedua bisnis yang terlibat.

9. Host Acara untuk Para Pemilik Usaha Kecil

Berkumpul dengan pemilik bisnis kecil lainnya di komunitas/paguyuban untuk berkolaborasi ide. Mendorong kemitraan dan hal-hal lain yang bisa memberi manfaat bagi komunitas bisnis lokal secara keseluruhan. Mendorong usaha kecil untuk saling mendukung atau bekerja bersama adalah cara bagus untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas pebisnis kecil.

10. Event Komunitas

CFD bukan cuma satu-satunya acara yang meningkatkan pendapatan pada musim tertentu. Pikirkan cara-cara untuk menghasilkan promosi mulut ke mulut lebih banyak dan pelanggan bagi bisnis kecil melalui acara lainnya. Usaha kecil bisa mensponsori acara tersebut, menjual dagangan mereka, dan mempromosikan penawaran khusus. Contoh acara bisa berupa pesta komunitas lokal, karnaval, festival, atau parade.

11. Bermitra dengan Organisasi Masyarakat

Tidak ada yang lebih lokal dari pada mensponsori aktivitas warga atau bekerja sama dengan Karang Taruna pada sebuah proyek komunitas. Jika Anda adalah anggota sebuah organisasi masyarakat, pikirkan bagaimana Anda bisa bermitra dengan usaha kecil secara inovatif. Mungkin Anda bisa bekerja sama untuk membersihkan taman, atau mengundang pebisnis kecil sebagai penampil tamu di acara sekolah.

12. Belanja Menjelang Liburan

Beberapa hari menjelang Natal misalnya, belanja melalui e-commerce menunjukkan penurunan tajam. Ini karena produk yang dipesan online beberapa hari sebelum Natal dan tahun baru tidak akan dikirimkan tepat waktu seperti hari biasanya. Ini peluang besar bagi usaha kecil lokal untuk menarik konsumen ke toko lokal tradisional mereka.

Meskipun belanja online terasa nyaman, tapi pada waktu-waktu seperti ini konsumen bisa terhindar dari kekhawatiran tertundanya pengiriman saat menjelang liburan dengan berbelanja secara lokal di toko terdekat. Menginformasikan hal seperti ini dan memberi insentif untuk para “shopper menjelang liburan” adalah cara untuk mendorong lebih banyak pelanggan agar berbelanja di toko kecil lokal.

13. Dorong Keluarga dan Teman untuk Berbelanja di Toko Kecil

Jika pasangan Anda biasa berbelanja di Carrefour, dorong dia untuk mencoba mini market lokal. Bila Anda populer di lingkungan sosial Anda, beri tahu teman bahwa Anda hanya akan menerima hadiah yang dibeli dari pebisnis kecil. Tolaklah ajakan makan malam di restoran waralaba.

Ini hanya sebagian kecil cara untuk membujuk orang-orang dalam lingkup pengaruh Anda untuk mendukung bisnis kecil.

https://inreview.id/cara-mendukung-usaha-kecil/

14. Bagikan Konten Usaha Kecil di Media Sosial

Menikmati kue dari toko roti tetangga Anda? Bagikan di Instagram. Belanja hadiah di butik lokal? Check in di Facebook atau berikan ulasan di Google Maps. Berbagi di media sosial seperti itu sesungguhnya melindungi bisnis kecil dan menjadi iklan gratis untuk bisnis itu, juga cara yang bagus untuk mendorong orang lain untuk ikut melindungi.

15. Tinggalkan Ulasan Online Positif untuk Bisnis Kecil

Kita dapat membantu bisnis kecil dengan meluangkan waktu untuk meninggalkan ulasan positif di situs seperti Yelp, Foursquare, Google dan bahkan di sini. Ini akan meningkatkan visibilitas bisnis kecil dalam hasil pencarian daring ketika calon konsumen berikutnya mencari toko tertentu di dekat mereka. Tindakan ini juga akan menumbuhkan rasa percaya calon konsumen pada bisnis kecil yang pernah Anda kunjungi.

Bukan berarti kita punya peluang untuk tidak jujur atau bisa menawarkan ulasan berbayar kepada para pemilik bisnis kecil sebagai imbalan ulasan positif kita. Ulasan kita juga dapat dinilai oleh konsumen lain dan pemilik usaha juga dapat merespon ulasan kita apabila terjadi ketidak benaran.

Dan bukan berarti kita tidak boleh memberi rating bintang tiga atau bahkan satu pada ulasan kita, namun tinggalkan juga masukan kita atas apa yang seharusnya ditingkatkan pengusaha kecil tersebut.

16. Tunjukkan Apresiasi Anda

Pelaku usaha kecil bekerja keras untuk pelanggan mereka, menghidupkan ekonomi lokal, dan keluarganya. Apa cara yang lebih baik untuk menghargai mereka selain dengan menunjukkan kepada mereka seberapa besar arti mereka bagi kita dan masyarakat. Kita dapat melakukan ini dengan berbagai cara. Mungkin mengirimi mereka kartu ucapan terima kasih, atau mengirim hadiah. Kita juga bisa sekedar mengucapkan “terima kasih” setelah setiap kunjungan. Menunjukkan apresiasi kita atas kerja keras mereka memotivasi pemilik usaha kecil untuk terus melakukan pekerjaannya dengan baik.

17. Luncurkan Kickstarter

Apakah ada bisnis kecil lama di komunitas Anda yang terjatuh pada situasi sulit? Adakah bisnis baru yang kelihatan megap-megap dan butuh sedikit dukungan? Dalam situasi ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk meluncurkan kampanye crowdfunding untuk mereka. Crowdfunding memungkinkan siapa pun meluncurkan kampanye untuk mendukung bisnis kecil, baik yang memproduksi barang atau jasa.

Mungkin menyadari seseorang yang tidak terlibat dengan bisnis tersebut namun berusaha untuk membantu justru akan menghasilkan momentum yang dibutuhkan untuk membantu kampanye penggalangan dana. Bahkan jika Anda tidak mencapai target penggalangan dana Anda, tetap hal tersebut meninggalkan gestur indah dan cara yang bagus untuk menarik perhatian ke bisnis tersebut seterusnya.

suasana kedai kopi pada artikel cara mendukung bisnsi kecil

Kurangi Bicara, Lebih Banyak Aksi

Ada banyak cara untuk mendukung bisnis kecil — dengan uang kita, bisnis kita, mengorganisir komunitas, atau mempromosikan kebiasaan konsumen yang bijaksana, atau sekedar mengucapkan terima kasih. Mendukung usaha kecil di komunitas kita sesungguhnya mendukung masyarakat itu sendiri secara luas.

Kami telah memberikan ide, sekarang saatnya untuk bertindak. Mungkin Anda bisa mulai dengan mengorbankan Starbucks, alih-alih kunjungi warung kopi lokal. Atau tinggalkan ulasan yang baik untuk bengkel mobil kecil tempat Anda rutin mengganti oli motor kesayangan Anda. Ada banyak tindakan kecil yang dapat kita lakukan yang akan sangat berarti bagi pemilik usaha kecil di komunitas kita. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah!


Catatan Editorial: Setiap pendapat, analisis, ulasan atau rekomendasi yang ditulis dalam artikel ini adalah milik penulis sendiri dan para kontributor ide; tidak harus ditinjau, disetujui, atau didukung oleh siapapun. Penyebutan merek terkenal tidak memiliki tendensi negatif selain mengacu pada kelompok selain bisnis kecil.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!