Cara Membuat Aquarium Paling Mudah (Video)

Tentu saat ini sudah banyak sekali model dan juga ukuran aquarium yang membuat anda dapat dengan mudah untuk memilih aquarium yang sesuai dengan kebutuhan anda. Oleh karena itu, anda tidak perlu repot-repot membuat aquarium khusus untuk ikan hias kesayangan anda. Namun, bagi anda yang penasaran tentang bagaimana cara membuat aquarium, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini kami akan menghadirkan ulasan mengenai cara membuat aquarium simpel. Berikut adalah penjelasan selengkapnya, atau langsung cek videonya.

Aquarium merupakan sebuah wadah yang biasa terbuat dari bahan atau material kaca transparan di mana wadah kaca ini digunakan sebagai tempat untuk memelihara ikan hias. Sebenarnya aquarium memiliki banyak sekali manfaat yang dapat anda rasakan. Salah satu manfaat aquarium adalah dapat memperindah ruangan dan juga menghidupkan suasana di rumah kamu agar menjadi lebih menarik. Selain itu juga, dengan adanya aquarium di rumah anda, maka dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan terutama psikologis atau mental.

Aquarium merupakan solusi paling tepat bagi anda yang memiliki hobi atau gemar memelihara ikan hias. Selain dapat menghemat pengeluaran untuk membuat kolam ikan, dengan adanya aquarium membuat Anda dapat dengan mudah untuk menikmati keindahan warna dari setiap ikan hias kesayangan anda kapan pun saat anda mau. Oleh karena itu, bagi anda yang benar-benar hobi dan gemar memelihara ikan hias, maka aquarium merupakan benda yang wajib anda miliki.

Bahan dan alat untuk membuat Aquarium

Aquarium memang menjadi solusi yang paling tepat untuk tempat hidup ikan hias kesayangan anda. Oleh karena itu, banyak sekali para penggemar ikan hias yang memiliki aquarium di rumah mereka. Sebenarnya, cara membuat aquarium ini dapat dikatakan cukup mudah walaupun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bagi anda yang ingin mencoba membuat aquarium, maka anda tidak perlu khawatir akan merasa kesulitan akan hal itu. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat aquarium, tentu ada beberapa bahan yang harus anda persiapkan  terlebih dahulu. Nah, berikut adalah bahan yang harus anda persiapkan untuk membuat aquarium, antara lain:

1. Kaca

Bahan pertama yang harus anda siapkan sebelum membuat aquarium adalah kaca. Kaca merupakan bahan paling penting dalam cara membuat aquarium ini, karena kaca dapat dikatakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan aquarium. Walaupun ada bahan lain, seperti akrilik, namun kaca adalah bahan yang paling sering digunakan dalam membuat aquarium. Pilihlah kaca yang memiliki ketebalan yang bagus untuk aquarium. Kemudian, untuk ukurannya sendiri, anda dapat menyesuaikannya dengan budget atau pun ukuran ikan hias kesayangan anda.

2. Pemotong kaca

Kemudian, alat lainnya yang harus anda siapkan sebelum membuat aquarium adalah pemotong kaca. Tentu alat ini sangat berguna untuk memotong kaca yang telah anda ukur dengan seksama. Bagian memotong kaca ini cukup sulit untuk dilakukan sendiri apabila tidak berpengalaman, dan anda dapat melukai diri sendiri dalam prosesnya. Ada baiknya anda memesan potongan kaca kepada tukang kaca berpengalaman, dengan ukuran yang telah Anda tentukan sebelumnya (tentukan dulu bentuk dan ukuran akuarium).

3. Lem silikon (lem tembak)

Bahan kedua yang perlu anda siapkan pada cara membuat aquarium paling gampang ini adalah lem silikon atau biasa di sebut dengan lem tembak. Lem silikon ini memiliki fungsi untuk merekatkan potongan-potongan kaca yang nantinya akan berbentuk sebuah balok aquarium. Mengapa harus lem silikon? Karena lem silikon merupakan jenis lem yang sangat cocok untuk merekatkan bahan atau material seperti kaca, dan sifatnya yang tidak bereaksi dan hancur di dalam air.

4. Alat lem tembak

Peralatan yang perlu anda disiapkan sebelum membuat aquarium berikutnya adalah alat lem tembak. Nah, dengan adanya alat lem tembak ini akan membantu anda dalam menuangkan lem ke setiap sudut rangkaian kaca akuarium pada cara membuat aquarium mudah ini. Intinya, alat lem tembak ini akan memudahkan anda dalam melakukan proses perekatan kaca aquarium nanti.

5. Pisau cutter

Peralatan yang selanjutnya anda disiapkan sebelum memulai membuat aquarium adalah pisau cutter. Pisau cutter ini berguna untuk membersihkan sisa-sisa lem tembak yang tidak rata dan tercecer di permukaan kaca aquarium. Dengan pisau cutter ini, anda dapat dengan mudah merapikan lapisan lem yang tidak rata. Selain itu, pisau cutter dapat anda gunakan juga untuk memotong lakban dan kertas background yang bisa di tempelkan di sisi belakang aquarium.

6. Mistar dan spidol

Peralatan yang selanjutnya wajib anda siapkan adalah mistar dan spidol. Kedua alat ini tentu akan sangat membantu anda dalam membuat ukuran kaca aquarium dengan rapi agar semua ukurannya sama. Anda bisa menggunakan mistar biasa atau mistar siku (seperti yang digunakan di dalam video Cara Membuat Aquarium Sendiri di bawah) untuk hasil yang lebih baik.

7. Lakban

Lakban berfungsi sebagai perekat kertas background aquarium yang nantinya akan ditempelkan di sisi belakang aquarium. Selain itu juga lakban sangat membantu anda dalam proses perekatan saat merangkai kaca aquarium menjadi berbentuk balok. Jadi, lakban berguna untuk menahan bentuk balok kaca aquarium agar tetap pada tempatnya saat lem silikon belum kering.

8. Obeng (opsional)

Obeng berfungsi untuk membantu anda dalam memisahkan kaca yang telah anda potong agar dapat terpisah dengan mudah. Hal ini karena terkadang kaca yang telah dipotong biasanya tidak langsung lepas begitu saja melainkan masih menempel oleh karena itu, obeng berguna untuk memisahkan bagian kaca yang telah terpotong dengan menggunakannya untuk mengetuk bagian kaca yang dipotong dengan perlahan.

Cara membuat aquarium sederhana (Video)

Setelah semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan aquarium telah siap, maka langkah selanjutnya adalah langsung membuat aquarium itu sendiri. Nah, bagi anda yang masih awam dan bingung mengenai langkah-langkah dalam membuat aquarium, maka anda tidak perlu khawatir. Bila malas membaca, tonton video mudah cara membuat aquarium berikut:

Berikut ini adalah penjelasan langkah membuat aquarium sederhana:

1. Tentukan bentuk aquarium

Langkah pertama dalam cara membuat aquarium mudah adalah dengan menentukan terlebih dahulu bentuk aquarium yang akan anda buat. Apakah anda akan membuat bentuk aquarium segi enam, segi delapan, tabung atau mungkin bulat. Apakah ruang dalamnya perlu disekat menjadi beberapa ruang (seperti pada filter sump). Karena bentuk tabung dan bulat dapat cukup rumit, maka kami sarankan bagi anda untuk membuat aquarium dengan bentuk sederhana seperti pada umumnya, yaitu balok atau kubus.

2. Pastikan ukuran aquarium

Langkah kedua dalam pembuatan aquarium sederhana adalah menentukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dalam menentukan ukuran aquarium ini anda dapat menyesuaikan dengan luas ruangan di rumah anda dan juga dengan memperhatikan jumlah dan jenis ikan hias kesayangan anda, jika anda memiliki ikan hias dengan ukuran yang relatif kecil, maka lebih baik anda membuat aquarium dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

3. Memotong kaca

Langkah selanjutnya dalam cara membuat aquarium mudah ini, setelah Anda menentukan bentuk dan juga ukuran aquarium adalah memotong kaca sesuai dengan ukuran yang telah di rencanakan tadi. Namun, dalam memotong kaca ini, anda harus ekstra hati-hati agar tidak terkena serpihan kaca. Berikut adalah langkah-langkah dalam memotong kaca, yaitu:

  • Sediakan alas atau meja datar sebagai tempat meletakkan kaca.
  • Sebelum dipotong, buatlah pola dan juga tanda pemotongan pada lembaran kaca menggunakan spidol sesuai ukuran.
  • Letakkan cairan pemotong kaca di dalam alat pemotong.
  • Potong kaca sesuai dengan pola dan ukuran.
  • Tak perlu memotong kaca sampai putus, cukup potong kira-kira setengah dari ketebalan kaca kemudian anda dapat mengetoknya dengan obeng secara perlahan maka kaca akan terpisah dengan sempurna.
  • Ambil bekas potongan kaca dan taruh di tempat yang aman dari tersenggol atau terinjak.
  • Menghaluskan pinggiran kaca (wajib).

Setelah memotong lembaran kaca menjadi beberapa bagian, tentu lembaran kaca ini masih memiliki sisi yang kasar dan juga tajam akibat dari hasil pemotongan tadi. Oleh karena itu, sebelum merangkainya, haluskan dulu sisi kaca yang tajam dengan batu asahan karborundum atau gerinda.

4. Tempelkan lakban pada sisi kaca

Langkah selanjutnya adalah menempelkan lakban pada lembaran kaca yang akan menjadi alas aquarium. Penempelan lakban ini berguna agar antara kaca yang akan menjadi sisi depan, belakang, kanan, dan kiri dapat berdiri dengan tegak dan tidak bergeser. Selain itu, anda juga perlu menempelkan lakban di bagian kaca lainnya agar dapat membatasi lem yang telah dioleskan tidak merambat keluar dan rangkaian kaca dapat bertahan sesuai bentuk sampai lem kering.

5. Lem pinggir kaca dengan lem silikon

Setelah menempelkan lakban pada kaca yang menjadi alas aquarium, maka langkah selanjutnya dalam cara membuat aquarium mudah ini adalah menambahkan lem silikon pada pinggiran kaca yang akan menjadi alas aquarium tadi. Selain itu pula, ambilah satu lembaran kaca sebagai dinding aquarium lalu tambahkan juga lem silikon di pinggiran kaca tersebut.

6. Susun potongan kaca sesuai bentuk aquarium

Setelah menambahkan lem silikon pada pinggiran alas aquarium, maka selanjutnya adalah merangkai atau menyusun potongan-potongan kaca sesuai dengan bentuk yang telah ditentukan. Berikut adalah penjelasannya:

  • Tempelkan kaca (dinding aquarium) dengan lembaran kaca yang menjadi alas aquarium yang telah diberi lem tadi. Tempelkan di atas lakban.
  • Lakukan hal yang sama saat menempelkan bagian-bagian aquarium yang lainnya.
  • Tambahkan lem silikon di sudut-sudut yang terbentuk agar lebih kokoh dan kuat.
  • Tempelkan lakban antar dinding aquarium agar kaca tidak jatuh.
  • Jika sudah kering, buang lakban dan sisa lem yang tidak rapi.

7. Keringkan, rapikan, dan cek kebocoran

Langkah paling akhir dalam dalam cara membuat aquarium mudah ini yaitu setelah semua bagian kaca aquarium yang dilem telah kering, maka anda boleh melepaskan lakban dan juga membersihkan sisa-sisa lem yang tidak rapi dengan menggunakan pisau cutter.

Dalam proses ini juga anda dapat melakukan pengecekan apakah aquarium mengalami kebocoran atau tidak dengan mengisinya air. Selain itu, anda juga dapat sekaligus membersihkan aquarium, namun jangan sampai anda menggunakan sabun saat membersihkan karena dapat mempengaruhi kualitas air akuarium nantinya.

8. Jika semuanya sudah ok, anda dapat menghias aquarium

Nah, setelah semuanya tampak baik, anda dapat menghias aquarium dengan menempelkan background dan juga menata berbagai macam aksesoris hiasan aquarium pada umumnya. Anda juga dapat langsung memasang filter/skimmer dan juga pompa powerhead pada tahap ini. Dan setelah itu, baru anda dapat memasukkan air dan juga ikan hias kesayangan anda ke dalam aquarium yang telah anda buat tadi. Ingat, jangan terlalu banyak memasukkan ikan atau ukuran ikan yang terlalu besar dibandingkan ukuran aquariumnya.

Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara membuat aquarium sederhana. Bagaimana cukup mudah bukan? Setelah aquarium anda sudah jadi, tentu tugas anda selanjutnya adalah merawat ikan beserta kondisi aquarium anda.