Cara Membersihkan Aquarium Terlengkap

Sending
Rating Pembaca (Klik Bintang)
0 (0 votes)
Rating dari Komentar 0 (0 reviews)

Aquarium yang bersih bukan saja membuat senang pemiliknya, namun juga mampu menjaga ikan Anda tetap sehat dan bahagia karena hidup di dalam lingkungan air yang bersih. Membersihkan aquarium tidaklah sulit apalagi jika Anda melakukannya dengan rutin dan telaten sehingga tidak menjadi kotoran yang berkerak atau menumpuk.

Artikel kali ini menjelaskan cara membersihkan aquarium secara lengkap baik akuarium air tawar, maupun air laut, serta aquarium yang sudah sangat kotor atau bermasalah.

Cara Membersihkan Aquarium Air Tawar

Aquarium air tawar merupakan akuarium yang dapat diisi air dengan mudah karena air tawar bisa didapatkan dimana saja, lakukan langkah berikut untuk membersihkannya.

Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Air bersih yang baru dan tidak mengandung kaporit seperti air PDAM.
  2. Pembersih berserabut untuk membersihkan bagian dalam aquarium.
  3. Ember besar.
  4. Alat penyedot kotoran.
  5. Bahan penyaring (cartridge penyaring).
  6. Pembersih akuarium atau pembersih kaca berbahan dasar cuka putih.

Langkah membersihkan aquarium air tawar:

  1. Tambahkan atau ambil air aquarium yang lama ke dalam air yang baru agar ikan bisa beradaptasi terhadap perubahan air.
  2. Bersihkan bagian dalam akuarium dengan pembersih berserabut.
  3. Bersihkan seluruh kaca bagian dalam, jika Anda menemukan kerak atau kotoran yang melekat, Anda bisa menggunakan silet plastik.
  4. Pakai sarung tangan karet yang tidak mengandung bahan kimia.
  5. Jangan gunakan pembersih dari tempat mencuci piring di dapur atau lainnya yang mengandung bahan kimia pembersih, Anda perlu memiliki pembersih berserabut khusus untuk membersihkan aquarium.
  6. Lakukan setelah air yang lama dicampurkan dengan air yang baru sekitar 10 – 20%.
  7. Tentukan berapa banyak air aquarium yang akan Anda ganti. Jika Anda rutin membersihkan setidaknya seminggu sekali dan ikan dalam keadaan sehat, mengganti 10 – 20% air sudah cukup, namun jika ikan Anda dalam kondisi sakit, ganti air lebih banyak setidaknya 25 – 50%.
  8. Sedot  air akuarium yang lama atau Anda juga bisa mengeluarkannya secara manual dengan memakai gayung.
  9. Bersihkan batu atau hiasan dalam aquarium. Anda bisa membersihkan dengan spons khusus atau penyedot kotoran. Pastikan sisa makanan dan kotoran lainnya telah bersih.
  10. Jika Anda memiliki pasir sebagai hiasan aquarium, hindari menyedot kotoran dalam jarak yang terlalu dekat, sedotlah dalam jarak 2,5 cm dari permukaan pasir, Anda bisa sambil mengaduk pasir secara hati-hati kotoran yang tertimbun di bagian dalam bisa terangkat dan tersedot keluar.
  11. Masukkan air tawar yang segar dan bersih. Tunggu beberapa jam untuk mengamati air keruh yang masih tersisa hingga aquarium menjadi jernih.
  12. Bersihkan bagian luar akuarium dengan pembersih kaca atau Anda bisa membuat sendiri dengan bahan yang mengandung cuka putih.
  13. Ganti cartridge penyaring setidaknya sebulan sekali, atau tergantung jenisnya. Ada banyak bakteri berbahaya yang bisa tinggal di cartridge penyaring tersebut, membilas saja tidak cukup untuk membuat bakteri hilang, tetap bisa membuat air aquarium kotor dan menjadi penyakit bagi ikan, sebab itu perlu untuk Anda ganti secara rutin.

Cara Membersihkan Aquarium Air Laut

Aquarium air laut memerlukan perawatan khusus, Anda bisa membersihkannya sebagaimana ketika membersihkan aquarium air tawar dengan menggunakan beberapa bahan tambahan.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan:

  1. Air yang layak sebanyak air yang ingin diganti (bisa air laut atau air suling/tawar, lihat keterangan di bawah).
  2. Pembersih berserabut.
  3. Ember besar.
  4. Alat penyedot kotoran.
  5. Bahan penyaring (cartridge).
  6. Pembersih aquarium atau pembersih kaca.
  7. Campuran garam.
  8. Alat pengukur tingkat keasaman (pH meter atau kertas lakmus yang murah), pengukur kadar garam (hydrometer), dan pengukur suhu (thermometer).
  9. Larutan pemutih 10%.
  10. Pembersih ganggang.

Langkah membersihkan aquarium air laut:

  1. Pakai pembersih berserabut untuk membersihkan ganggang, jika Anda menemui kotoran yang sulit dibersihkan, gunakan silet biasa atau silet plastik agar bisa lepas dari dinding akuarium. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan goresan.
  2. Sedot keluar air. Untuk aquarium air laut, wajib untuk mengganti 10% air setiap 2 minggu agar kandungan nitrat di dalamnya berkurang dan tidak mengganggu kesehatan ikan.
  3. Bersihkan batu-batuan. Tekan alat penyedot ke arah batu-batuan agar kotoran dan sisa makanan tersedot. Sama seperti cara membersihkan aquarium air tawar, jika Anda memiliki hiasan pasir, posisikan mulut penyedot 2,5 cm dari permukaan pasir dan bolak-balik pasir agar kotoran bersih sempurna.
  4. Bersihkan hiasan atau dekorasi. Bersihkan dekorasi atau hiasan di aquarium air laut Anda dengan sikat gigi halus berbulu yang sudah tak terpakai, Anda juga bisa memaksimalkannya dengan merendam di larutan air pemutih (10% pemutih) selama 15 menit.
  5. Periksa jejak garam. Saat air aquarium air laut menguap, seringkali meninggalkan sisa atau bekas di kaca, bersihkan jejak garam tersebut dengan spons agar air di dalamnya tidak menjadi keruh.

Mengisi air laut

Lakukan langkah ini jika Anda ini mengisi air aquarium laut secara manual atau tidak memakai air laut asli

  • Belilah air yang disuling atau air yang telah berulang kali disaring, letakkan di ember plastik khusus yang tidak dipakai untuk hal lain.
  • Hangatkan air dengan alat penghangat dan tambahkan campuran garam sekali pakai yang bisa Anda beli di toko perlengkapan ikan. Kadarnya ialah setengah gelas campuran garam per 3 liter air.
  • Biarkan air semalaman, pagi harinya, periksa kadar air dengan higrometer. Kadar terbaik adalah 1,021 dan 1,025. Periksa pula suhunya, temperatur harus berada dalam kisaran 23 – 28 derajat Celcius untuk bisa menjadi tempat tinggal yang layak bagi ikan laut.

Sedangkan jika Anda mengisinya dengan air laut asli, bisa dilakukan setelah semua peralatan Anda bersihkan. Setelah air disedot sebagian, segera ganti dengan air laut yang baru.

Bersihkan dinding luar aquarium

Bersihkan dinding/kaca luar akuarium agar bersih total luar dan dalam.

Cara Membersihkan Aquarium Tanpa Menguras

Lumut di kaca aquarium bisa Anda hilangkan tanpa harus mengosongkan airnya. Alat yang dibutuhkan ialah magnet pembersih akuarium yang bisa Anda beli di toko hewan peliharaan atau online. Alat ini ada 2 bagian berbentuk seperti penghapus papan tulis yang memiliki magnet di dalamnya. Ada beberapa ukuran, pilih yang sesuai dengan ukuran aquarium Anda.

Jika Anda sudah memiliki alatnya, lakukan langkah di bawah ini:

  1. Sebaiknya tidak ada hiasan pasir di aquarium Anda agar magnet pembersih tidak menangkap pasir dan berakibat menggores kaca.
  2. Masukkan magnet pembersih ke dalam akuarium, tempelkan pada bagian lain di sisi luar kaca untuk menarik bagian pembersih.
  3. Gerakkan bagian yang ada di luar ke seluruh bagian kaca aquarium, bagian dalam pun akan mengikuti karena telah menempel dengan magnet. Hindari menggerakkan alat terlalu kuat.
  4. Biarkan beberapa saat hingga kotoran yang terlepas mengendap di dasar aquarium, lalu sedot dengan hati-hati dengan alat penyedot kotoran, lakukan pelan-pelan agar ikan di dalamnya tidak terganggu, jika perlu Anda bisa mengeluarkan hiasan atau dekorasi akuarium agar lebih leluasa saat membersihkan.

Dengan bantuan alat magnet pembersih aquarium ini,seharusnya bisa membantu Anda untuk rutin membersihkannya minimal seminggu sekali. Perawatan dengan alat ini lebih cepat dan sederhana sebab lebih ringkas dan tidak terlalu mengganggu ikan di dalamnya. Air yang terbuang pun tidak terlalu banyak. Cek juga cara-cara menghemat air.

Memanfaatkan ikan pembersih

Nah, walaupun ikan pembersih seperti ikan sapu-sapu atau ikan oto (otocinclus) tidak bisa membersihkan aquarium yang kotor, namun bisa mencegah. Anda bisa memeliharanya bersama dengan ikan lain di akuarium Anda maka ia akan dengan rutin memakan alga/ganggang yang ada di aquarium.

Aquarium aquascape bersih. Cara membersihkan aquarium agar sejuk dipandang seperti ini.
Cara membersihkan aquarium agar sejuk dipandang seperti ini

Cara Membersihkan Aquarium yang Sangat Kotor

Penting! Bila masih ada ikan yang hidup di aquarium kotor anda pindahkan dulu ikan tersebut ke wadah lain dengan campuran 50% air akuarium lama dan 50% air bersih baru. Bagaimanapun cara-cara membersihkan aquarium berikut ini akan mengganggu ikan dan bahan yang digunakan sebagian beracun bagi ikan.

Aquarium kotor atau sangat kotor terlihat dari bagian luar maupun dalamnya. Umumnya di bagian kaca akan muncul kerak dan air menjadi kecoklatan, hal ini tentu cukup mengganggu karena membuat kaca aquarium menjadi buram dan keindahan pemandangannya sangat kurang.

Bagi Anda yang menghadapi masalah ini, jangan khawatir, pembahasan cara membersihkan akuarium kali ini mengupas tentang cara membersihkan aquarium yang kotor seperti berkerak atau berjamur. Langkah di bawah ini sudah sering dilakukan oleh para pemilik aquarium dan berhasil. Yuk simak.

Ketahui sebabnya

Sebelum membersihkan, Anda perlu mengetahui apa penyebabnya agar tak muncul masalah yang sama di kemudian hari. Aquarium kotor tentu karena kurangnya perawatan, akuarium tidak dibersihkan secara rutin. Tentunya hal ini merupakan sebuah kesalahan. Ke depannya penting untuk lebih perhatian terhadap kebersihan dan perawatan aquarium.

1. Memakai pembersih kaca

Cara membersihkan aquarium kotor yang pertama bisa dilakukan dengan memakai pembersih kaca, Anda bisa membelinya di toko penjual aquarium. Caranya :

  1. Siapkan lap dari kuas bekas, spons kain, atau sikat gigi bekas.
  2. Ambil akuarium dan bersihkan dari benda apapun yang ada di dalamnya seperti aksesoris dan semuanya.
  3. Kaca aquarium disiram dengan air bersih, dioles dengan pembersih kaca dengan kuas.
  4. Tunggu satu menit, kerak atau jamur akan terangkat.
  5. Sikat dengan spons dan bilas dengan air dingin atau air hangat.

Kaca aquarium Anda akan kembali bening dan bersih karena semua kotoran telah terangkat.

2. Memakai pasta gigi

Anda yang kesulitan untuk membeli pembersih kaca tak perlu khawatir, odol atau pasta gigi di rumah juga bisa digunakan. Caranya:

  1. Siapkan alatnya yaitu pasta gigi, spons atau sikat, air bersih, kain bersih.
  2. Siram kaca aquarium yang kotor dengan air bersih.
  3. Lumuri dengan odol secukupnya.
  4. Ratakan pasta gigi yang telah dioles dengan spons.
  5. Tunggu selama 15 – 30 menit, sikat lagi agar benar-benar bersih hingga di bagian pojok kaca.
  6. Siram dengan air hangat dan bersihkan sisa odol dengan kain.

3. Menggunakan pembersih lantai

Cara membersihkan aquarium ini hampir sama dengan odol. Setelah disiramkan ke kaca, ditunggu selama 20 menit terlebih dahulu dan disikat ulang agar kotoran yang menempel benar-benar terangkat. Memakai pembersih lantai baunya sangat tajam dan bisa merusak kulit, Anda harus memakai sarung tangan dan bersihkan aquarium secara berulang dengan air hangat dan sabun agar bersih dan baunya hilang.

4. Memakai pemutih pakaian

Untuk cara ini, bahan yang diperlukan ialah detergen dan pemutih pakaian. Caranya juga sama, dioleskan ke kaca akuarium dan disikat hingga bersih seperti membersihkan dengan pasta gigi.

5. Membersihkan dengan sitrun dan air hangat

Sitrun dapat Anda siram ke aquarium yang kotor lalu disikat hingga bersih, setelahnya siram dengan air hangat. Jika masih ada noda, Anda bisa mengulangnya hingga bersih.

6. Memakai jeruk nipis

Ambil jeruk nipis dan belah menjadi dua bagian, taburi bagian dalamnya dengan soda kue, gunakan untuk menggosok kaca akuarium yang berkerak, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

Jangan lupa bersihkan aquarium Anda secara rutin ya. Semoga bermanfaat.