10 Buah Tangan Unik Khas Rusia Selain Matryoshka

Salah satu yang diharapkan keluarga dan orang terdekat saat Anda berwisata selain keselamatan dan kebahagiaan Anda selama berada di negeri asing adalah buah tangan atau oleh-oleh. Mereka ingin mengetahui apa saja yang unik dan menjadi ciri khas dari negara tempat Anda berwisata. Jika Anda berwisata atau studi ke Rusia, Matryoshka menjadi buah tangan paling umum, paling banyak dibeli wisatawan karena memang telah terkenal sebagai buah tangan khas Rusia.

Matryoshka adalah set boneka yang telah menjadi ikon negara Rusia, Matryoshka menampilkan boneka dengan tema yang bervariasi, penuh warna dan menarik untuk dijadikan buah tangan terutama bagi wisatawan luar negeri. Matryoshka dibuat oleh para pengrajin dan memiliki gambar beragam, bahkan ada juga gambar orang terkenal di Indonesia seperti Presiden Jokowi, dan mantan Presiden Indonesia SBY serta Habibie.

Jika Anda melancong ke Rusia dan ingin memberikan buah tangan untuk beberapa orang terdekat, sepertinya kurang tepat jika hanya membelikan Matryoshka untuk semua keluarga atau teman anda. Terlebih jika Anda mengunjungi Rusia untuk yang kesekian kalinya, lucu bukan jika selalu memberi buah tangan yang sama? Anda perlu mencari buah tangan lain yang unik dan asli khas Rusia.

Nah, agar Anda tak bingung saat melancong kesana, buah tangan unik khas Rusia selain matryoshka berikut ini bisa menjadi pilihan Anda, buah tangan ini mudah untuk Anda dapatkan di berbagai pusat Souvenir di Rusia. Anda tidak harus membelinya langsung di Rusia, pesan secara online untuk menghemat biaya bagasi pesawat juga bisa loh! Yuk simak selengkapnya.

1. Sabun Khas Rusia

Sabun terdengar unik dan sangat jarang dijadikan sebagai buah tangan. Sabun digunakan untuk mandi sehari-hari, akan sangat berguna jika Anda membelikan oleh-oleh sabun untuk kekasih atau keluarga terdekat. Eits, tapi bukan sembarangan sabun yang dibeli di swalayan atau mini market ya.

sabun buah tangan khas rusia

Buah tangan sabun khas Rusia ini adalah sabun buatan rumahan yang terbuat dari komponen alami, sabun ini memiliki wangi yang khas dan beragam mulai dari vanilla, juniper, coklat, hingga lavender.

Aromanya yang menyegarkan bisa memberi sensasi tenang saat memakainya, juga lebih aman dan sehat karena terbuat dari bahan alami yang lebih ramah untuk semua jenis kulit.

Tentunya unik dan tak mudah ditemui di pasaran ya? Anda bisa membeli langsung di Rusia, atau juga bisa memesannya per blok secara online dengan harga sekitar 200 – 400 Rubel (3,5 – 5 Dolar AS). Cari saja Les Soap di berbagai toko online.

2. Madu, Teh, dan Selai

Membawakan buah tangan berupa hasil pertanian khas Rusia yang alami dan menyehatkan juga bisa membuat orang terdekat Anda terkesan. Anda bisa memilih beberapa produk pertanian dengan cita rasa khas yang berbeda atau tak ditemukan di Indonesia, seperti selai kacang pinus, teh herbal Altai, atau madu lavender dari Krimea.

madu, teh, selai buah tangan khas rusia

Beberapa makanan alami tersebut mungkin ada di Indonesia, namun tentunya memiliki kelezatan yang berbeda. Buah tangan ini cocok untuk Ayah, Ibu, atau keluarga Anda yang menyukai gaya hidup sehat, memberikan pada mereka tentunya membuat mereka merasa lebih bangga bisa menikmati berbagai cita rasa alami dari negara lain.

3. Casing Ponsel Kulit

Menemukan case ponsel dari plastik atau silikon sangatlah mudah, tapi tidak dengan casing ponsel dari kulit yang bisa Anda dapatkan di Rusia sebagai buah tangan untuk teman Anda. Sarung ponsel dari kulit ini dibuat oleh pengrajin Rusia dengan warna polos dan gambar yang simple, manfaatnya tidak hanya sebagai pelindung ponsel saja, namun juga bisa menghindarkan ponsel dari goresan dan menjaganya tetap hangat (maklum Rusia itu dingin).

casing ponsel kulit bulu buah tangan khas rusia

Case ponsel ini memiliki tekstur yang halus, bentuknya juga bagus dan tidak membuat ponsel terlihat berat. Warna-warnanya yang sederhana dan berbulu terlihat unik dan pastinya tidak pasaran. Anda juga bisa mencucinya dengan hati-hati jika sewaktu-waktu casing ponsel ini kotor, cukup dengan sabun dan air hangat saja.

Memiliki sarung ponsel dari kulit ini akan membuat teman Anda bangga memakainya dan terus mengingat bahkan mungkin juga ikut penasaran dengan keindahan Negara Rusia.

4. Aksesoris Khas Rusia

Aksesoris merupakan buah tangan yang paling mudah didapat, bisa dibeli di berbagai lokasi wisata populer dunia, termasuk Rusia. Aksesoris Rusia memiliki ciri khas tersendiri, berupa warna-warna yang cerah dan seringkali dihiasi dengan gambar wanita Rusia atau tulisan.

aksesoris buah tangan khas rusia

Buah tangan aksesoris seperti patch border dengan tulisan Rusia, anting-anting atau liontin berbentuk matryoshka, manset berhiaskan simbol negara, cincin dengan frasa Rusia, dan masih banyak variasi aksesoris lainnya bisa menjadi pilihan buah tangan yang unik dan simple tanpa membuat penuh bagasi Anda.

Memberikan aksesoris untuk sepupu atau teman Anda yang masih muda bisa dijadikan koleksi tambahan mereka, siapa yang tak bangga pakai aksesoris unik dari luar negeri? Tentunya mereka jadi semakin menyayangi Anda ya.

5. Kaos Kaki

Kaos kaki khas Rusia punya gaya unik yang tak ditemui di negara lain, di antaranya mainan Zhostovo, Dvina Utara, Dymkovo, Gzhel, dan Gorodets. Soxess adalah salah satu nama brand yang terkenal. Harganya terjangkau, terbuat dari 100% katun, dan diklaim awet, tidak berubah warna atau bentuk dalam waktu yang lama. Buah tangan unik khas Rusia ini cocok untuk adik cowok atau cewekmu yang suka bergaya trendy.

kaus kaki buah tangan khas rusia

Selain itu, kaos kaki ini punya warna-warna terang yang cocok untuk olahraga. Memakai kaos kaki unik khas Rusia yang berkualitas ini terasa lembut di kulit karena bahannya yang berkualitas, produknya diklaim adem dan tidak panas sekalipun dipakai di musim panas atau di area outdoor.  Meskipun hanya sebuah kaos kaki, tapi kualitasnya tak bisa diremehkan ya.

6. Sepatu Khas Rusia

Ingin memberikan buah tangan unik khas Rusia yang bisa dipakai saat musim dingin? Sepatu berwarna abu-abu dari bulu rubah yang super hangat dari Siberia bisa menjadi pilihan. Harganya cukup mahal, sekitar 355 Dolar AS. Sepatu musim dingin ini hasil dari kerajinan tangan dan awet. Harga jualnya sepadan dengan bentuknya yang menarik.

sepatu bulu rubah buah tangan khas rusia

Meskipun Indonesia bukan negara yang beriklim dingin, namun Anda tetap bisa memberikan sepatu bulu rubah ini sebagai buah tangan, sepatu ini cocok untuk dipakai di malam hari atau dipakai saat hangout, tentunya berikan pada anak muda yang memang suka memakai barang-barang bergaya ya.

sepatu az art buah tangan khas rusia

Pilihan sepatu unik khas Rusia lainnya yang bisa Anda jadikan buah tangan adalah sepatu boot dari brand Az-Art yang berwarna hitam dan simple, harganya sekitar 106 Dolar AS. Sepatu ini juga bisa dipakai untuk santai atau jalan-jalan.

7. Baju bertema Rusia

Brand Pavluque menjual beragam baju bertema Rusia , yang paling populer ialah kaos. Dimana kaos memang salah satu baju paling nyaman yang cocok dipakai oleh pria maupun wanita semua umur. Ukurannya juga beragam , bisa dijadikan buah tangan untuk orang dewasa atau pun anak-anak.

baju tema rusia buah tangan khas

Kaos dari Pavluque ini memiliki desain simple dengan warna dan gambar unik yang membuat pemakainya selalu mengingat Rusia seperti adanya gambar patung Lenin, boneka Matryoshka, dan ilustrasi suasana kota Rusia tempo dulu.

Harganya sekitar 56 – 62 Dolar AS. Bahannya dari katun yang adem dan berkualitas. Memberikan kaos unik bertema Rusia untuk orang terdekatmu tentu bisa bermanfaat untuk mereka serta membuat mereka tampil lebih gaya.

8. Bingkai Foto

Bingkai foto khas Rusia yang terbuat dari kayu dan memiliki ukiran unik berupa gambar tempo dulu terlihat indah dan cocok sebagai buah tangan karena keunikannya. Bingkai foto tersebut terlihat seperti benda antik yang berasal dari abad lalu. Frame-nya selalu menampilkan ilustrasi seniman Rusia terkemuka sehingga terlihat indah dan berharga. Anda bisa mendapatkannya seharga 3.000 – 5.000 Rubel atau 53 – 88 Dolar AS.

bingkai foto buah tangan khas rusia

Bingkai foto cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk teman terdekat Anda, dengan demikian mereka bisa mengisinya dengan foto keluarga atau foto indah bersama Anda. Dan bingkai foto ini juga bisa dijadikan sebagai cermin loh, cocok untuk mempercantik meja rias.

9. Mainan imut yang bisa bergerak

Punya adik kecil atau sepupu yang masih balita? Tentunya mereka senang sekali ketika diberi mainan ya, terlebih mainan unik yang jarang ada di Indonesia. Rusia punya produk unik berupa mainan yang bisa bergerak dan berjalan, dibuat oleh Mazyuk dan Metelev. Mainan ini punya berbagai bentuk yang disukai anak-anak mulai dari hewan hingga kartun terkenal seperti Winnie The Pooh.

mainan bergerak buah tangan khas rusia

Uniknya mainan ini bisa bergerak bukan karena tenaga baterai atau mekanisme penggulungan. Mainan ini penuh dengan lukisan warna-warni yang menghibur. Mainan menggemaskan ini bisa Anda dapatkan seharga 16,99 Dolar AS. Tak hanya untuk anak-anak, Anda juga bisa menjadikannya koleksi atau pajangan di meja ruang tamu Anda.

10. Peralatan Makan dari Kerajinan Tangan

Makan dengan peralatan yang unik dan indah bisa menambah selera makan dan memberi kenyamanan tersendiri, Anda bisa menyenangkan ibu atau nenek Anda dengan peralatan makan khas Rusia yang dibuat dengan tangan. Produk ini dibuat oleh perusahaan Rusia Matrena. Memproduksi beragam peralatan makan dari kerajinan tangan seperti mug atau seperangkat cangkir teh.

mug, cangkir, gelas, alat makan buah tangan khas rusia

Desain dan warnanya tak biasa, terlihat menonjol karena teknik ukiran unik yang tak ditemui di keramik lainnya. Barang-barang ini juga memiliki pola gaya Rusia dan karakter dongeng seperti Konek Gorbunok atau Firebird yang lebih menarik perhatian.

Produk ini dijual dengan harga yang tidak murah, sekitar 34 Dolar AS untuk satu buah mug dan 355 Dolar AS untuk set minum teh berisi 10 cangkir. Memang harga yang ditawarkan sesuai dengan desainnya, semakin tinggi tingkat kesulitannya dan semakin rinci ukirannya maka harganya semakin mahal. Anda akan memilikinya sebagai produk yang terbatas (limited edition), tidak akan menemui barang sejenis secara masal pastinya.


Tidakkah anda ingin memberikan kebahagiaan untuk orang-orang terdekat anda? Memberikan buah tangan unik khas Rusia yang sesuai dengan kebutuhan atau karakter mereka juga bisa menjadi salah satu hadiah yang membahagiakan. Tandanya Anda mengingat dan membagi kesenangan wisata Anda bersama mereka. Selamat memilih.

Sumber foto: Russia Beyond