Ulasan 8 Ayunan Bayi Modern (Baby Bouncer) untuk Stimulasi Pertumbuhan Anak

Ayunan memang sudah lama digunakan oleh para orangtua sebagai alat bantu dalam pengasuhan bayi. Bahkan tidak sedikit orangtua yang memanfaatkan ayunan untuk membuatnya tertidur. Seiring berkembangnya ilmu kesehatan, belakangan ini para ahli medis  banyak yang tidak merekomendasikan bayi tidur lama di ayunan. Selain bisa menghambat proses tumbuh kembang bayi, tidur di ayunan dalam waktu lama juga beresiko cedera pada bayi.

Seiring perkembangan zaman, orang pun semakin cerdas berpikir dan berinovasi menghadirkan ayunan dengan balutan teknologi. Ayunan bayi modern (baby bouncer) tidak lagi sekedar digunakan untuk menidurkan bayi, namun fungsinya lebih dari pada itu. Bisa digunakan sebagai alat untuk men-stimulasi pertumbuhan bayi.

Berikut ragam ayunan bayi modern yang dilengkapi sarana musik dan mainan untuk stimulasi pertumbuhan bayi.

1. Ayunan Bayi Modern Sugar Baby Bouncer 10 in 1 Premium Pink

Ayunan Bayi Modern Sugar Baby Bouncer 10 in 1 Premium Pink

Sugar Baby 10 In 1 Bouncer Pink ini adalah ayunan bayi modern yang sempurna untuk menjaga si kecil agar dapat duduk maupun tidur dengan nyaman. Dengan bantalan yang sangat nyaman dan tiga titik sabuk pengaman atau safety belt untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bayi saat bermain atau tidur di baby bouncer ini.

Selain itu terdapat pula 3 buah mainan edukasi serta teether bebas BPA sebagai stimulan tumbuh kembang bayi. Tangkai mainan bisa dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan sehingga memudahkan orangtua untuk menaruh dan mengangkat bayi.

Jika ingin mengayun bayi, mudah saja tinggal melipat kick stand ke belakang. Jika ingin bouncer tidak berayun, pasang kick stand pada posisinya.

Sugar Baby 10 in 1 Bouncer Pink ini adalah ayunan bayi modern yang juga dilengkapi vibration machine yang getarannya dapat menenangkan sehingga membuat bayi tetap rileks.

Perawatan baby bouncer ini juga mudah, karena bahannya terbuat dari kain lembut yang aman untuk kulit bayi yang sensitif, bisa dicuci sehingga kebersihannya selalu terjaga.

Kelebihan produk:

  • Perawatannya mudah.
  • Fiturnya banyak.
  • Bisa menampung berat bayi hingga 20 kg.

Kekurangan produk:

  • Beresiko bila digunakan oleh bayi yang sudah bisa tengkurap, sebaiknya jangan tinggalkan bayi tanpa pengawasan.

Harga: Rp470.000

2. Baby Rocker Bouncer Fisher Price Deluxe Infant to Toddler

Ayunan Bayi Modern Baby Rocker Bouncer Fisher Price Deluxe Infant to Toddler

Baby Rocker Bouncer Fisher Price Deluxe Infant to Toddler ini adalah ayunan bayi modern yang bisa dipakai sebagai kursi atau rocker untuk bayi yang baru lahir. Kemudian, pada saat anak mulai besar, dengan mudah dapat diubah ke kursi bayi dengan ditambahkan mainan interaktif, kemudian menjadi rocker balita. Jadi, satu ayunan bayi modern ini dapat digunakan mulai anak masih bayi sampai balita.

Kelebihan produk:

  • Terdapat getaran untuk menenangkan bayi.
  • Terdapat musik yang menarik.
  • Dapat dilipat dan memiliki pegangan built-in, sehingga dapat dibawa kemana-mana.
  • Mainan yang dapat di bongkar pasang.
  • Ketinggian dapat di setel.
  • Profil bingkai rendah, cocok untuk bayi yang baru lahir (dapat diperpanjang pada saat bayi mulai besar).
  • Untuk berat anak maximum 18 kg.

Kekurangan produk:

  • Hanya mengandalkan vibrasi, tidak bisa diayun.

Harga: Rp715.000

3. Baby Bouncer Mastela Soothing Vibration 6706

Ayunan Bayi Modern Baby Bouncer Mastela Soothing Vibration 6706

Baby Bouncer Mastela Soothing Vibration 6706 ini dapat digunakan dari bayi usia 0 sampai 12 bulan dengan beban maksimal 11 Kg. Ayunan bayi modern ini sangat fleksibel karena memiliki 2 posisi yang bisa diatur, yaitu duduk dan sedikit tidur. Bar mainan bisa dilepas, sehingga memudahkan orangtua untuk menaruh dan mengangkat bayi dari bouncer.

Terdapat 3 mainan mewah termasuk teether. Selain itu baby bouncer ini juga dilengkapi dengan safety belt 3 titik untuk memastikan bayi aman saat berada di dalam ayunan. Kursi yang besar dan empuk memberikan kenyamanan dan keleluasaan untuk bayi dalam bergerak sehingga bayi tidak mudah cedera. Ayunan bayi modern ini dilengkapi dengan 7 melodi yang indah untuk memberi stimulasi kecerdasan musikalnya. Selain itu juga terdapat mesin vibrasi yang getarannya memberikan ketenangan pada bayi.

Terkait: Ayunan Bayi Rotan untuk Mencegah Shaken Baby Syndrome

Kelebihan produk:

  • Dilengkapi melodi musik.
  • Bisa disetel menjadi rocker dan bouncer.
  • Aman dan nyaman untuk anak.

Kekurangan produk:

  • Hanya menahan beban hingga 11 kg.

Harga: Rp290.000

4. Sugar Baby Premium Swing Bouncer

Ayunan Bayi Modern Sugar Baby Premium Swing Bouncer

Sugar Baby Premium Swing Bouncer ini dapat berayun otomatis karena terhubung secara elektrik dengan menggunakan baterai atau adaptor. Ayunan bayi modern ini sangat lembut karena dirancang khusus menyerupai gendongan ibu yang dapat diatur dengan 5 kecepatan.

Sugar Baby Premium Swing Bouncer ini sesuai dengan standar kesehatan yang tidak menyarankan bayi untuk tidur lama di ayunan. Karena itulah ayunan bayi modern ini dilengkapi dengan timer otomatis yang membatasi waktu penggunaan pada 3 pilihan yaitu 10 menit, 15 menit, dan 30 menit. Selain itu demi bentuk kepala bayi yang normal, terdapat juga bantal anti peyang.

Untuk memberi stimulasi pada kecerdasan anak, ayunan bayi modern ini dilengkapi dengan musik-musik lembut yang memberi ketenangan pada bayi. Kemudian untuk menstimulasi kecerdasan kognitif bayi, baby bouncer ini juga dilengkapi dengan mainan edukasi yang pastinya akan merangsang anak untuk cepat berinteraksi dengan warna, tekstur, dan bunyi.

Kelebihan produk:

  • Mudah disimpan karena bisa dilipat.
  • Fitur yang lengkap.
  • Sesuai dengan standar kesehatan.

Kekurangan produk:

  • Hanya bisa menahan beban maksimal 11 kg. Tidak untuk digunakan pada waktu yang lama.

Harga: Rp568.000

5. Sugar Baby Premium Healthy Bouncer Musical Deluxe

Ayunan Bayi Modern Sugar Baby Premium Healthy Bouncer Musical Deluxe

Sugar Baby Premium Healthy Bouncer Musical Deluxe ini adalah baby bouncer lainnya produksi Sugar Baby yang juga mengusung konsep healthy alias ayunan bayi modern yang mengikuti standar kesehatan. Baby bouncer ini bisa diatur pada 3 posisi yaitu posisi tidur, setengah tidur, dan duduk. Jadi bisa digunakan untuk bayi tidur dan bermain.

Demi kesehatan bayi dan bentuk kepala bayi yang normal, baby bouncer ini dilengkapi dengan bantal anti peyang. Untuk keamanan bayi, pada bouncer ini terdapat 3 titik harness yang mudah dipasang.

Pada kedua sisi ayunan bayi modern ini terdapat tempat untuk memasang tiang mainan. Tiang mainan ini mudah dilepas dan dipasang, sehingga memudahkan orangtua saat memasukkan bayi dan mengeluarkan bayi dari ayunan.

Untuk memberikan stimulasi kecerdasan bayi, bouncer dibuat dengan warna-warna yang cerah, dan juga mainan-mainan edukasi. Selain itu ayunan bayi modern ini juga dilengkapi mesin vibrasi yang bisa memberikan ketenangan kepada bayi, dan juga musik-musik lembut untuk merangsang kecerdasannya.

Kelebihan produk:

  • Anti selip.
  • Mudah dibawa.
  • Bersertifikat dari Eropa (EN 12790 Tested)
  • Mainan dan alas bisa dilepas, dan bisa dicuci.

Kekurangan produk:

  • Maksimal hanya 11 kg, jadi tidak memungkinkan untuk dipakai lama.

Harga: Rp299.000

6. Baby Rocker New Cyber

Ayunan Bayi Modern Baby Rocker New Cyber

Baby Rocker New Cyber ini inovasi baru dari baby bouncer yang dirancang sangat kuat dengan bahan karbon baja dan kain katun. Desainnya yang ergonomis memberikan kenyamanan untuk kepala, punggung, dan leher bayi yang baru lahir. Banyaknya posisi yang bisa diatur membuat orangtua dapat dengan mudah menyesuaikan posisi terbaik agar bayi merasa nyaman.

Ayunan bayi modern ini ini memang tidak bisa diayun, tetapi dirancang khusus agar bisa bergerak sendiri sesuai dengan gerakan bayi, dengan begitu memberi rangsangan kepada bayi untuk terus bergerak aktif. Tersedia 4 posisi ayunan yaitu bermain, beristirahat, tidur, dan mode penyimpanan.

Kelebihan produk:

  • Tidak membutuhkan listrik dan baterai.
  • Bisa menahan beban hingga 15 kg.
  • Aman untuk bayi usia 1 bulan hingga 6 tahun.

Kekurangan produk:

  • Tidak dilengkapi mainan edukasi.

Harga: Rp295.000

7. Baby Elle Automatic Cradle Swing

Ayunan Bayi Modern Baby Elle Automatic Cradle Swing

Baby Elle Automatic Cradle Swing ini adalah baby bouncer yang didesain sedemikian rupa untuk keamanan dan kenyamanan bayi karena dilengkapi dengan kelambu dan kanopi, anak pun terhindar dari gigitan nyamuk. Bisa berayun otomatis karena dilengkapi adaptor. Tersedia 6 pilihan kecepatan ayun. Untuk menstimulasi kecerdasan bayi, ayunan bayi modern ini dilengkapi dengan musik.

Kelebihan produk:

  • Dilengkapi kelambu dan kanopi.
  • Kaki dilapisi karet anti selip.
  • Dilengkapi musik.

Kekurangan produk:

  • Posisi tidak bisa disetel, hanya untuk tidur saja.

Harga: Rp830.000

8. Baby Bouncer Mamalove

Ayunan Bayi Modern Baby Bouncer Mamalove

Baby Bouncer Mamalove ini didesain dengan gaya Eropa, dilengkapi kanopi untuk menjaga mata bayi dari cahaya yang menyilaukan. Ayunan bayi modern ini bisa disetel pada 3 posisi yaitu, tidur lurus, setengah duduk, dan duduk santai.

Terkait: Ayunan Bayi Besi Pilihan untuk Kualitas Tidur Bayi

Untuk hiburan dan stimulasi kecerdasan bayi, terdapat toy bar dengan mainan-mainan edukasi. Selai itu ayunan bayi modern ini juga dilengkapi dengan musik dan vibrasi untuk menenangkan bayi.

Tersedia penahan stand untuk pengunci goyangan, jadi bayi pun semakin nyaman berada di dalam baby bouncer. Bahan yang kokoh dan kuat bisa menahan beban hingga 26 kg.

Kelebihan produk:

  • Dilengkapi kanopi.
  • Posisi bisa disetel.

Kekurangan produk:

  • Tidak bisa diayun.
  • Tidak dilengkapi kelambu.

Harga: Rp650.000

Nah, itulah ragam ayunan bayi modern yang selain bisa digunakan untuk menidurkan bayi, bisa juga sebagai alat yang memberi stimulasi kecerdasan untuk bayi. Bayi pun semakin sehat dan cerdas bermain di baby bouncer ini.

Adalah harapan semua orangtua agar anak-anaknya tumbuh dan berkembang dengan optimal. Oleh karena itu berbagai stimulasi diberikan oleh orangtua untuk anaknya mulai dari dalam kandungan hingga anak itu lahir. Orangtua masa kini sudah memahami dengan baik bahwa periode emas masa pertumbuhan anak dimulai sejak dalam kandungan. Anak pun diberi beragam stimulasi mulai dari mendengarkan musik klasik, hingga memaksimalkan asupan nutrisi ibu saat hamil.

Setelah anak lahir, stimulasi pun semakin gencar diberikan agar tahapan perkembangan bayi tercapai pada setiap periodenya. Salah satu hal yang tidak boleh luput pada saat memberikan anak stimulan adalah perasaannya. Terlepas dari semua perkembangan motoriknya, perkembangan mental bayi adalah yang paling utama. Bayi yang bahagia akan lebih mudah menyerap stimulasi yang diberikan dari pada bayi yang sedang bersusah hati.

Wah, bayi bisa mengalami susah hati juga, ya?

Benar.

Justru mood bayi sangat mudah berubah-ubah. Karena itu perlu usaha yang konstan dari orang-orang di sekitarnya untuk selalu membuat bayi bahagia. Coba saja perhatikan, bayi pasti lebih mudah merespon setiap hal yang dilakukan orang di depannya saat ia dalam keadaan sehat dan senang. Disodori mainan, dia pasti cepat tanggap dengan menggerak-gerakkan jarinya. Diajak bicara dia pasti merespon dengan mengeluarkan suara. Itu semua tidak akan didapat jika bayi sedang menangis. Karena itulah sangat penting membuat bayi selalu sehat dan senang.

Salah satu cara untuk membuat bayi senang adalah dengan menggunakan ayunan bayi (baby bouncer). Memang perasaan tenang saat berada dalam ayunan itu masih bisa dirasakan dari anak-anak sampai dewasa nanti.