Ulasan 6 Ayunan Bayi Besi Pilihan untuk Kualitas Tidur Bayi

Bagi bayi, tidur yang berkualitas sangat penting karena berpengaruh pada perkembangannya. Bayi yang kurang tidur akan rentan diserang penyakit karena daya tahan tubuhnya kurang.

Tidak sedikit orangtua yang mengeluhkan bahwa tidur bayinya tidak nyenyak, akibatnya bayi rewel sepanjang malam. Jika ini dibiarkan berlarut-larut tentu saja tidak baik bagi kesehatan bayi.

Bukan hanya itu, ibu yang kurang istirahat juga menjadi mudah terserang penyakit. Jika ibu sakit, akan banyak dampak buruknya terhadap bayi. Bayi jadi kurang terurus, dan juga bayi bisa beresiko tertular penyakit dari ibunya. Itulah sebabnya tidur yang berkualitas bagi bayi itu sangatlah penting.

Untuk membantu bayi (dan ibu) mendapat tidur berkualitas, ada beberapa produk ayunan bayi yang dapat membantu. Material yang biasa digunakan dalam membuat ayunan bayi antara lain besi (stainless steel), dan rotan. Pada review kali ini kami sajikan beberapa model ayunan bayi besi.

Macam-macam ayunan bayi besi berkualitas tinggi:

1. Ayunan Bayi Besi Elektrik Otomatis

Ayunan Bayi Besi dilengkapi Elektrik Otomatis buatan tiongkok warna hijau murah

Ayunan bayi elektrik otomatis ini berupa 5 buah per besi yang bisa dilepas sesuai dengan berat badan bayi. Ayunan bayi besi ini juga dilengkapi dengan musik yang cocok untuk bayi. Selain itu juga terdapat pengaturan kecepatan. Dengan menggunakan ayunan bayi besi elektrik otomatis ini bayi tidur lebih lama, dan sementara itu ibu bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan tenang.

Kain ayunan terbuat dari bahan yang kuat namun tetap aman untuk bayi. Jangan khawatir bayi Anda akan mengalami cedera karena kain ayunan ini bisa menampung beban hingga 16 kg.

Terkait: Model Ayunan Bayi Rotan untuk Mencegah Shaken Baby Syndrome

Musik yang tersedia juga sangat merdu dan indah, memberikan efek yang menenangkan pada bayi. Musik yang lembut juga membuat bayi mudah tertidur.

Cara menggunakannya mudah, pasang per besi secara simetris sesuai dengan berat badan bayi. Untuk bayi dengan berat kurang dari 5 kg cukup gunakan 2 per besi saja, 5-9 kg gunakan 3 per, 9-13 kg gunakan 4 per, dan di atas 13 kg gunakan 5 per besi.

Kelebihan produk:

  • Otomatis, bisa berayun sendiri.
  • Mudah dipasang dan dilepas.
  • Dilengkapi pengatur kecepatan.
  • Dilengkapi musik.

Kekurangan produk:

  • Tidak ada slot baterai, hanya mengandalkan listrik, jika listrik padam ayunan otomatis tidak berfungsi.
  • Kabel power terlalu kecil, rentan panas dan terbakar.
  • Tempat ayunan harus disiapkan manual.

Harga: Rp299.000

2. Ayunan Bayi Besi dengan Kain Kelambu

Ayunan Bayi Besi dilengkapi Kain Kelambu

Ayunan bayi besi ini dilengkapi kelambu yang pastinya melindungi bayi dari gigitan nyamuk. Bentuknya sangat sederhana, berupa hanger besi yang padanya dikaitkan kain ayunan.  Kain ayunan ini berbentuk jala, sehingga memberikan sirkulasi udara yang cukup saat bayi berada di dalamnya sehingga  bayi bisa tidur dengan nyaman tanpa rasa gerah.

Cara pemasangan:

  • Buat kain jala seperti lingkaran atau huruf ‘O’.
  • Kaitkan kain jala pada sisi hanger besi.
  • Kaitkan per pada hanger.
  • Setelah selesai, pasangkan kelambu dari arah bawah.
  • Ayunan siap untuk digunakan.

Kelebihan produk:

  • Ayunan tidak berat.
  • Mudah digunakan.
  • Anak terlindungi dari nyamuk.

Kekurangan produk:

  • Ayunan harus diayun manual.
  • Tempat pemasangan ayunan tidak ada.

Harga: Rp148.000

3. Ayunan Bayi Besi Merk Orient

Ayunan Bayi Besi Merk Orient. Per besi dilengkapi tiang gawang, dengan kain ayunan, tanpa kelambu.

Ayunan bayi besi merk Orient ini berupa paket lengkap karena sudah dilengkapi dengan tiang gawang tempat pemasangan ayunan. Jadi tidak perlu menjebol plafon rumah lagi untuk menggantungkan ayunan bayi. Dengan adanya tiang ayunan, ayunan bayi besi ini menjadi mudah dibawa-bawa atau berpindah ruangan. Jadi ibu bisa tempatkan ayunan di mana saja ibu berada, selama tempatnya rata dan tidak basah.

Kain ayunan pun terbuat dari bahan yang kuat, namun tetap ramah anak. Permukaannya tetap lembut sehingga tidak akan menggores kulit bayi. Bayi pun bisa tidur pulas tanpa khawatir akan cedera.

Kelebihan produk:

  • Tersedia tiang tempat pemasangan ayunan.
  • Bisa dibawa-bawa berpindah ruangan.
  • Sudah dilengkapi kain ayunan.

Kekurangan produk:

  • Tidak dilengkapi kelambu.

Harga: Rp690.000

4. Rangka Tiang Ayunan Bayi Besi/Stainless Model Pancing

Rangka Tiang Ayunan Bayi Model Pancing Stainless steel

Tiang ayunan bayi yang satu ini bentuknya unik menyerupai tangkai pancing. Terbuat dari bahan chrome stainless anti karat, membuat ayunan ini kuat dan tahan lama. Rangka ayunan juga dilengkapi roda, sehingga mudah digeser atau dipindahkan. Paket pembelian hanya berisi tiang ayunan bayi besi stainless, tanpa hanger untuk ayunan.

Keunggulan produk:

  • Fleksibel, bisa digunakan dengan posisi ibu sambil tiduran di tempat tidur.
  • Bahan kokoh dan tebal, bisa menampung hingga 30 kg.
  • Dilengkapi roda, mudah digeser dan dipindahkan.

Kekurangan produk:

  • Tidak ada kelambu.
  • Tidak ada kain ayunan
  • Tidak ada hanger tempat kain ayunan.

Harga: Rp670.000

5. Dialogue Kelambu, Ayunan Bayi Kombinasi Jala Besar (DLK0032)

Ayunan bayi dengan kombinasi jala besar dan kelambu, termasuk hanger gantungan

Ayunan bayi besi dengan kombinasi jala besar yang terbuat dari bahan kain tuil kombinasi katun polka yang lembut dan nyaman untuk bayi. Permukaan lapisan dalam ayunan terbuat dari bahan yang sangat lembut sehingga dapat memberikan kenyamanan tambahan pada bayi  ketika sedang tidur, dengan adanya penopang dari jala besar membuat pergerakan pada bayi semakin bebas dan aman.

Terkait: Ayunan Bayi Modern (Baby Bouncer) untuk Stimulasi Pertumbuhan Anak

Terdapat pula kelambu untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan per beserta hanger sebagai gantungan ayunan yang aman dan kuat .

Memiliki 2 varian warna yaitu hijau dan jingga, dengan ukuran 50×70 Cm. Bahannya kokoh dan tebal, sehingga dapat digunakan sesuai dengan bobot dan ukuran buah hati Anda.

Kelebihan produk:

  • Sudah dilengkapi dengan per, hanger, dan kelambu.
  • Desain menarik.
  • Dengan adanya jala, pergerakan bayi jadi lebih leluasa.

Kekurangan produk:

  • Tidak dilengkapi dengan tiang.
  • Cincin per ada yang tidak bisa dipasang.

Harga: Rp324.269

6. Polar Ayunan Bayi Besi Elektrik/Listrik/Otomatis dengan Remote Control

Ayunan Bayi Besi Elektrik, Listrik, Otomatis dengan Remote Control merk Polar

Polar Remote Control Ayunan Bayi Listrik ini adalah sebuah inovasi baru dari ayunan bayi tradisional. Mesin elektrik digerakkan dengan menggunakan adaptor (DC 12 V), dilengkapi dengan remote control yang memudahkan mengatur dan menyalakan mesin dari jarak jauh.

Bahannya kuat dan kokoh sehingga dapat disesuaikan dengan berat bayi sampai dengan 24 kg. Terdapat  5 tingkat kecepatan ayun, jadi bisa diatur sesuai keinginan. Mesin ayun ini juga bisa digunakan di semua tempat tanpa harus di tiang gantungan khusus. Bisa digunakan dengan pengaturan manual atau menggunakan remote control.

Bagi ibu sendiri akan mendapatkan keuntungan karena sudah tidak perlu menggendong seharian dan dapat menghemat biaya karena dapat menggantikan seorang penjaga bayi khusus.

Kelebihan produk:

  • Tidak membutuhkan tiang khusus.
  • Dilengkapi remote control.
  • Hemat listrik.

Kekurangan produk:

  • Belum dilengkapi kelambu.

Harga: Rp664.050

Itulah 6 model ayunan bayi berbahan besi yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih ayunan besi untuk bayi. Semuanya hadir dengan spesifikasi yang berbeda, dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Apapun pilihan Anda, jadikanlah bayi sebagai perhatian utama dalam memilih ayunan bayi ini, bukan desain apalagi harga.

Pilihlah ayunan bayi besi yang ramah, aman dan nyaman untuk bayi. Karena di atas harganya, tentu saja keselamatan bayi yang utama.

Ketika bayi mendapatkan tidur yang berkualitas, maka hormon-hormon pertumbuhannya akan bekerja secara maksimal dan juga memperbaiki sel-sel yang rusak.

Bagaimana ciri-ciri bayi telah mendapatkan tidur berkualitas?

Ciri-ciri bayi tidur berkualitas sangat mudah diketahui. Wajahnya rileks, ototnya lemas, dan juga saat bangun dia tampak ceria. Nah, jika bayi Anda nampak memiliki ciri-ciri seperti itu, maka berbahagialah karena itu tandanya si bayi telah mendapatkan tidur yang berkualitas.

Bagaimana caranya agar bayi mendapatkan tidur berkualitas?

Ada beberapa cara yang ibu harus siapkan sebelum menidurkan bayi agar bayi mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Ciptakan suasana yang tenang. Sejak dalam kandungan bayi sudah terbiasa mendengarkan irama circadian atau suara-suara alami yang tercipta pada jam biologis tubuh. Bayi menyukai irama circadian ini, sehingga tubuhnya pun mengikutinya. Sampai saat ia dilahirkan kemudian beradaptasi dengan lingkungan. Agar bayi tidur nyenyak, ciptakan suasana yang tenang dan tenteram, dengan begitu secara otomatis tubuh bayi akan bereaksi dan mengenali bahwa itu adalah saatnya untuk tidur.
  2. Pastikan perut bayi kenyang. Sebelum tidur, berilah bayi susu agar bayi tidak terbangun karena lapar atau haus. Bayi yang mengkonsumsi ASI akan tetap terbangun setiap 2-3 jam sekali untuk menyusu, tetapi itu adalah hal yang wajar karena ASI lebih mudah dicerna oleh tubuh, beda dengan susu formula yang  membuat metabolisme  tubuh bayi menjadi lebih lambat.
  3. Gunakan popok dengan daya serap tinggi. Bayi terbangun dari tidurnya bukan hanya karena bayi merasa lapar atau haus, tetapi juga bisa disebabkan karena bayi merasa resah oleh popoknya yang basah. Oleh karena itu pergunakanlah popok dengan daya serap tinggi sehingga bayi tidak akan terbangun meskipun sudah pipis beberapa kali.
  4. Mandikan dengan air hangat. Air hangat bisa menenangkan dan membantu anak untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, karena itu memandikan atau membasuh bayi dengan air hangat sekitar 2-3 jam sebelum tidur bisa membuat bayi merasa rileks dan tidur lebih lama.
  5. Atur pola tidur bayi sedini mungkin. Untuk bayi usia 0-4 bulan memang belum bisa diterapkan pola tidur yang khusus, karena bayi yang baru lahir masih terbawa kebiasaannya dalam rahim. Tetapi untuk bayi yang telah berusia di atas 4 bulan sudah bisa mulai diatur pola tidurnya karena otak anak sudah bisa mengenali siang dan malam. Terapkan tidur siang dan tidur malam dengan waktu yang konsisten. Usahakan waktu tidur siang lebih pendek dari tidur malam, karena siang adalah waktunya bayi untuk ber-eksplorasi dalam pertumbuhannya. Jika waktu siang dihabiskan dengan banyak tidur maka bayi akan mengalami keterlambatan dalam tumbuh kembangnya.
  6. Gunakan ayunan bayi yang berkualitas. Tidak bisa dipungkiri bayi tidur bayi akan lebih nyenyak apabila diayun. Tetapi pemilihan ayunan yang tidak tepat justru membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga tidurnya pun tidak nyenyak. Ayunan bayi besi yang kualitasnya tidak bagus biasanya ditandai dengan suara yang berisik, gerak ayunan yang tidak stabil, dan bantalan ayunan yang keras sehingga membuat bayi kesakitan. Karena itu gunakan ayunan bayi yang berkualitas tinggi.

Jadi, kualitas tidur bayi memang tidak bisa diabaikan sama sekali karena berpengaruh besar dalam tumbuh kembangnya. Jika ingin bayi Anda tumbuh dengan optimal, selain memberikan asupan nutrisi yang terbaik, maka pastikan bayi Anda mendapatkan tidur yang berkualitas dengan memanfaatkan ayunan bayi.

Rating apa yang cocok menurut Anda?

Klik pada bintang!

Rerata rating / 5. Total vote:

Terima kasih atas rating positifnya...

Jangan lupa like dan follow kami juga ya. Terima kasih!

Maaf ulasan ini tidak berguna untuk Anda...

Akan kami perbaiki!