Aquarium Kecil: 4 Inspirasi Model dan Tips Perawatannya

Aquarium merupakan sebuah wadah yang biasanya terbuat dari bahan kaca dimana wadah ini digunakan untuk memelihara ikan hias. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh dengan adanya aquarium di rumah anda. Selain dapat memperindah dan menghidupkan suasana ruangan rumah anda, aquarium juga dapat memberikan manfaat lain terutama dalam menjaga kesehatan psikologis.

Jika berbicara lebih jauh mengenai aquarium, tentu saat ini ada banyak sekali model dan juga ukuran yang membuat anda dapat memilih aquarium sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, bagi anda yang ingin memiliki sebuah aquarium yang berukuran kecil alias mini dengan desain atau model yang menarik, maka anda tidak perlu khawatir lagi. Mengapa demikian? Karena pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa ulasan terkait aquarium kecil (dan mini) dan tips perawatannya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Model aquarium kecil (mini) yang menarik untuk ikan hias kesayangan

Ikan merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup mudah untuk dipelihara. Hal ini karena beberapa ikan hias tidak memerlukan perhatian khusus dalam perawatan. Selain itu juga, anda juga dapat dengan mudah membelinya baik di pasar atau pun di mall. Nah, bagi anda yang gemar dan hobi memelihara ikan hias, tentu aquarium menjadi salah satu benda yang wajib anda miliki. Salah satu model aquarium yang unik dan tentunya simple adalah aquarium model minimalis. Anda dapat melihat juga beberapa desain aquarium unik pada ulasan sebelumnya.

Aquarium kecil akan sangat cocok sekali bagi ikan hias kesayangan anda yang memiliki ukuran yang relatif kecil dan mungil. Selain itu, dengan model aquarium kecil yang bagus tentu akan menambah keindahan ruangan di rumah anda, dan tidak membutuhkan ruang yang luas. Nah, bagi anda yang sedang mencari dan membutuhkan inspirasi untuk mendesain aquarium mini yang unik, maka berikut ini kami telah menyiapkan beberapa model aquarium kecil yang menarik untuk ikan hias kesayangan anda, antara lain:

1. Aquarium mini bohlam lampu

aquarium kecil bohlam lampu

Sebenarnya ada banyak sekali benda di kehidupan sehari-hari yang dapat anda manfaat untuk menjadi inspirasi aquarium kecil sebagai tempat ikan hias kesayangan anda. Salah satu benda atau barang keseharian tersebut adalah bohlam lampu bekas yang sudah tidak berfungsi lagi. Anda dapat memanfaatkannya sebagai aquarium mini untuk ikan hias kesayangan anda.

Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu mengeluarkan berbagai komponen yang ada di dalam bohlam tersebut, kemudian bersihkan bohlam tersebut. Setelah itu, anda dapat memasukkan berbagai macam hiasan misalnya saja seperti tanaman, serta bebatuan kecil alami dan tata sedemikian rupa hingga terlihat lebih menarik baru kemudian masukan air dan juga ikan hias kesayangan anda.

Agar aquarium mini bohlam lampu tidak mudah terjatuh, maka letakkan aquarium mini bohlam lampu tersebut di sebuah alas yang telah di beri lem tembak terlebih dahulu. Cukup mudah bukan?

2. Aquarium kecil gelas wine

aquarium kecil gelas wine

Barang atau benda kehidupan sehari-hari yang dapat anda manfaatkan sebagai inspirasi model aquarium kecil untuk habitat ikan hias kesayangan anda adalah gelas wine. Untuk model aquarium kecil gelas wine yang satu ini dapat dikatakan lebih mudah perawatannya. Jadi, berbeda dengan model aquarium mini bohlam lampu sebelumnya, gelas wine memiliki permukaan yang terbuka di bagian atasnya sehingga hal ini akan sangat memudahkan anda dalam membersihkannya. Selain itu juga, anda dapat dengan mudah memberi makan ikan hias kesayangan anda.

Dengan model aquarium kecil gelas wine ini tentu akan membuat suasana ruangan di rumah anda menjadi lebih indah. Namun, anda juga harus memperhatikan tempat yang aman untuk meletakkan aquarium gelas wine ini. Pasalnya dengan bentuk seperti itu, tentu membuat aquarium kecil gelas wine ini sangat mudah untuk terjatuh. Oleh karena itu, anda perlu meletakkannya di tempat yang tidak mudah untuk dijangkau misalnya saja seperti meja teras depan rumah anda.

3. Aquarium mini mesin permen gumball atau dispenser air

Model aquarium mini selanjutnya yang dapat anda gunakan sebagai inspirasi aquarium mini untuk ikan hias kesayangan di rumah anda adalah mesin permen gumball. Anda juga bisa menggunakan dispenser air minum (bekas tentunya). Nah, anda dapat mencari mesin permen gumball bekas yang sudah tidak digunakan ditempat-tempat penjualan barang bekas yang tidak terpakai, atau menggunakan mesin dispenser air minum yang sudah tidak berfungsi lagi mesinnya. Kemudian anda perlu membersihkan semua bagian mesin tersebut.

Setelah itu, anda dapat memasukkan aksesoris aquarium pada umumnya misalnya seperti bebatuan kecil dan sebagainya. Tata sedemikian rupa agar nantinya dapat tampak menarik. Agar tidak mengalami kebocoran saat diisi air, maka tutuplah bagian lubang keluar permen pada mesin permen gumball tersebut. Untuk dispenser air minum lebih praktis karena anda bisa langsung pakai, dan anda dapat memanfaatkan keran pengeluaran air sebagai sarana untuk membuang air saat pergantian.

Selain itu juga, pastikan bahwa tutup mesin yang ada di bagian atas masih sedikit terbuka agar ikan hias kesayangan anda dapat memperoleh oksigen.

4. Aquarium kecil televisi bekas

aquarium kecil tv

Model aquarium kecil selanjutnya yang dapat anda jadikan sebagai inspirasi aquarium untuk ikan hias kesayangan di rumah anda adalah aquarium kecil dari televisi bekas. Nah, bagi anda yang memiliki televisi tabung bekas jaman dulu tentu anda dapat memanfaatkannya sebagai aquarium mini yang sangat menarik. Anda perlu membongkar bagian dalam televisi dengan bantuan teknisi. Keluarkan semua bagian atau komponen-komponen elektronik yang ada di dalamnya.

Pastikan bahwa tidak ada elemen berbahaya seperti kabel listrik yang tertinggal di dalam televisi. Kemudian, anda dapat mengganti layar televisi dengan kaca yang lebih transparan lalu setelah itu, baru anda dapat memasukkan berbagai macam aksesoris aquarium seperti pada umumnya. Dan langkah terakhir adalah memasukkan air beserta perlengkapan aquarium misalnya seperti filter dan lain sebagainya.

Tips memelihara ikan hias di dalam aquarium kecil (minimalis)

Mungkin ada beberapa orang yang mengatakan bahwa memelihara ikan hias di dalam aquarium yang kecil akan membuat ikan hias kesayangan anda cepat mengalami stres sehingga akan berakibat sangat fatal bagi ikan hias kesayangan anda. Bahkan dampaknya bisa membuat ikan hias kesayangan anda mati.

Sebenarnya permasalahan ini kerap menghampiri penggemar ikan hias yang masih awam untuk menggunakan aquarium kecil. Namun, anda tak perlu khawatir karena ada solusi untuk mengatasi hal tersebut, sehingga ikan hias kesayangan anda akan tetap baik-baik saja walaupun hidup di dalam aquarium mini.

Akan tetapi anda juga memang harus lebih telaten dalam mengurus aquarium kecil, terlebih lagi bila digunakan untuk memelihara ikan kesayangan. Oleh karena itu, berikut ini kami telah menyiapkan beberapa tips memelihara ikan hias di dalam aquarium kecil, antara lain:

1. Aquarium kecil harus memadai

Tips pertama dalam memelihara ikan hias di dalam aquarium kecil adalah kondisi aquarium kecil anda harus benar-benar memadai. Maksudnya adalah pastikan bahwa aquarium untuk ikan hias kesayangan anda benar-benar bersih dan tidak kotor, rajinlah membuang kotoran dan sisa makanan ikan setiap hari. Selain itu, anda juga harus memperhatikan ketinggian air di dalam aquarium kecil anda. Pada umumnya aquarium diisi dengan 2/3 air dan menyisakan 1/3 dari bagian aquarium itu sendiri. Hal ini bertujuan agar air akuarium lebih mudah mendapat oksigen dari udara di atasnya.

2. Pilihlah ikan yang tepat

Tips memelihara ikan hias dalam aquarium kecil yang kedua adalah pilihlah jenis ikan hias yang sesuai dengan ukuran aquarium yang telah anda siapkan. Sebaiknya anda mempertimbangkan dahulu ukuran aquarium kecil apakah sesuai dengan ukuran ikan hias yang akan anda pelihara. Jadi, jangan sampai ikan hias anda memiliki ukuran yang cukup besar sehingga apabila dimasukkan ke dalam aquarium mini anda tidak bisa berenang dengan bebas. Nah, untuk ikan hias yang cocok untuk dipelihara dalam aquarium kecil adalah ikan-ikan hias yang cenderung memiliki tubuh kecil misal saja seperti ikan cupang, guppy, dan lain sebagainya yang memiliki ukuran kecil.

3. Buatlah ventilasi pada aquarium kecil

Tips ketiga yaitu pastikan bahwa aquarium kecil untuk ikan hias kesayangan anda memiliki lubang ventilasi sehingga udara dari luar (oksigen) dapat masuk ke dalam aquarium sehingga ikan hias kesayangan anda juga dapat memperoleh udara segar. Gunakan akal sehat, jangan memelihara ikan hias di dalam akuarium yang tertutup rapat, bahkan walaupun ukuran akuariumnya tidak kecil.

4. Rajinlah mengganti air dalam aquarium kecil

Kemudian buatlah jadwal untuk mengganti air di dalam aquarium mini anda paling lambat satu minggu sekali. Bila anda menempatkan ikan dalam akuarium, maka semakin kecil ukuran aquariumnya, semakin sering anda harus mengganti air. Pastikan bahwa air di dalam aquarium kecil anda selalu bersih sehingga membuat ikan hias kesayangan anda tidak stress. Lakukan penggantian air ini secara berhati-hati agar ikan tidak stress karena guncangan atau ikut terbuang bersama air.

5. Mencegah jamur dan penyakit

Tips memelihara ikan hias di dalam aquarium kecil yang selanjutnya ialah pastikan bahwa selalu memperhatikan perawatan aquarium mini anda. Jangan sampai di aquarium kecil tempat ikan hias kesayangan anda itu terdapat jamur dan bibit penyakit. Oleh karena itu sebaiknya anda menghindari permasalahan tersebut dengan memasukkan garam ikan ke dalam aquarium mini anda (0,1% dari volume air saja).

6. Menghindari paparan sinar matahari secara langsung

Selanjutnya adalah hindarkan aquarium kecil anda dari paparan sinar matahari secara langsung karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan ikan hias kesayangan anda. Hal ini karena paparan sinar matahari secara langsung akan memicu timbulnya ganggang yang membuat air di dalam aquarium anda menjadi kehijauan. Selain itu juga hal ini dapat membuat suhu air di dalam aquarium kecil anda berubah-ubah secara drastis dari dingin ke panas saat siang dan sebaliknya saat malam. Pasalnya suhu air yang cocok untuk ikan hias adalah 26-28°C, apabila cukup lama berada di luar rentang temperatur ini, dan perubahannya cukup drastis dan sering akan membuat ikan menjadi stres dan lebih rentan terhadap penyakit, atau bahkan langsung mati.

Nah, demikianlah beberapa ulasan  mengenai aquarium kecil yang dapat kami berikan. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberikan manfaat dan inspirasi tentang model aquarium kecil yang unik dan perawatannya. Sebenarnya tidak sulit memelihara ikan hias dalam aquarium mini apabila anda benar-benar telaten dan melakukan tips-tips di atas.

Selain itu pula, aquarium merupakan pilihan yang sangat tepat dan cocok bagi anda yang gemar dan hobi memelihara ikan hias. Dengan adanya aquarium di rumah anda, maka anda tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup banyak untuk membuat kolam. Anda juga dapat setiap saat melihat atau menikmati keindahan warna ikan hias kesayangan anda kapan pun anda inginkan. Oleh karena itu bagi anda yang hobi memelihara ikan hias maka aquarium menjadi salah satu solusi untuk habitat ikan hias kesayangan anda.

Untuk meng-eksplorasi model akuarium mini dan kecil lainnya dapat dilihat pada galeri gambar ini.