3 Keuntungan Menggunakan Blog untuk Public Relation (PR)

Baru-baru ini, saya dipercayakan untuk mengelola sebuah blog dari sebuah perusahaan yang menjual produk-produk alat pemadam api, brankas, dan CCTV.

Produk pemadam api yang mereka jual dulunya dikenal dengan nama Chubb namun karena telah melakukan re-branding merek, maka perusahaan ini merasa perubahan nama ini perlu diinformasikan kepada para customer ataupun calon customer potensial mereka melalui Public Relation (PR).

Itulah sebabnya mengapa mereka membuat blog, yaitu sebagai salah satu media PR dalam menginformasikan perubahan mereka produk pemadam ini.

Pertanyaannya: mengapa blog dijadikan sebagai salah satu tool PR perusahaan tersebut?

Perkembangan dunia digital dan internet telah membuat dunia terbagi menjadi dua bagian, yaitu offline dan online. Para stakeholder kini tidak lagi hanya hidup di dunia offline, namun mereka juga banyak menghabiskan waktu  mereka di dunia online. Artinya, apa yang Anda lakukan atau Anda komunikasikan di dunia offline harus Anda lakukan juga di dunia online.

Nah, untuk kebutuhan Public Relation, media online yang cocok untuk digunakan adalah BLOG. Lalu, apa kelebihan menggunakan blog sebagai media PR dibandingkan dengan media lainnya?

1. Blog untuk PR itu Murah dan Mudah

Dibandingkan dengan mengadakan Press Release di media elektronik, tentu saja penyampaian informasi perusahaan lewat blog relatif gratis (kecuali Anda membayar orang melakukannya) dan mudah.

Ada banyak sekali platform blog yang gratis, misalnya WordPress dan Blogger (untuk corporate saya lebih menyarankan WordPress) dimana setup-nya pun sangat mudah dan cepat. Itulah sebabnya banyak perusahaan kecil dan menengah yang menggunakan blog untuk tujuan Public Relation.

Dengan memiliki blog, artinya Anda memiliki “channel PR” Anda sendiri untuk perusahaan Anda.

2. Peluang Untuk Muncul di Search Engine

Jika stakeholder Anda adalah orang-orang yang familiar dan sering menggunakan internet, maka bisa dipastikan mereka memiliki behavior yaitu mencari informasi melalui search engine seperti Google.

Nah, dengan melakukan blogging sebagai strategi PR Anda, maka informasi yang Anda posting di blog Anda tersebut memiliki peluang untuk muncul di halaman 1 Search Engine (jika blog Anda dioptimasi dengan baik).

Sehingga, ketika ada calon customer potensial yang mencari informasi seputar produk dan isu-isu perusahaan Anda, mereka dapat segera menemukannya di halaman 1 search engine. Pastikan mereka mendapatkan informasi seputar perusahaan Anda langsung dari blog Anda, bukan dari sumber lain.

3. Kemudahan Stakeholder untuk Berinteraksi

Jika (misal) Anda mengadakan press release dengan mengundang wartawan media cetak atau pun televisi untuk keperluan PR, maka biasanya interaksi atau feedback yang muncul sangat terbatas (biasanya feedback hanya datang dari wartawan) , dan sulit bagi customer atau pun stakeholder Anda untuk bisa berinteraksi langsung dengan perusahaan Anda.

Namun, melalui blog, siapapun dapat langsung memberikan feedback berupa komentar atau pun pertanyaan seputar topik PR yang Anda sampaikan. Hal ini bisa menciptakan interaksi langsung antara perusahaan Anda dengan stakeholder dan interaksi tidak hanya dibatasi kepada pihak tertentu saja.

Tentu saja masih ada banyak manfaat-manfaat lainnya menggunakan blog untuk kebutuhan Public Relation. Intinya adalah, pemanfaatan media online sebagai tool yang membantu berbagai aktivitas perusahaan Anda (mulai dari marketing hingga PR) merupakan poin penting jika Anda tidak ingin ketinggalan oleh pesaing-pesaing Anda.

Nah, bagi Anda para penggiat PR, apakah Anda sudah mulai mempertimbangkan blog sebagai salah satu channel Public Relation Anda?

Hendra. Saat ini saya mengelola blog yang berisi informasi dan tips seputar CCTV, brankas, dan alat pemadam api. Silahkan klik link tersebut untuk mengunjunginya. Salam blogger.

Catatan redaksi: Arsip artikel guest blog 16 Agustus 2011, link dihapus karena sudah tidak aktif.

Tags:,